Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, biasanya banyak orang yang mencari ide dekorasi hias rumah 17 Agustusan. Hal tersebut wajar karena selain turut serta memeriahkan hari bersejarah negara, ada pula sebagian orang yang memeriahkan dengan lomba hias rumah 17 Agustus. Apalagi euforia perayaan 17-an sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

Nah, bagi Sedulur yang berencana mengikuti lomba dekorasi 17 Agustus di kampung, tentunya persiapan akan dilakukan dari jauh-jauh hari, ya. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa ide dekorasi hias rumah 17 Agustusan yang dapat menjadi inspirasi, nih. Penasaran apa saja ide-ide tersebut? Simak sampai akhir ulasan berikut ini, ya Sedulur!

BACA JUGA: 40 Kata Kata Kemerdekaan untuk Kobarkan Semangat Juang

1. Vas bunga dari bahan bekas bernuansa merah dan putih

hias rumah 17 agustusan
Ramsgate Floral Designs

Salah satu perabotan rumah yang dapat mempercantik rumah adalah vas bunga. Walaupun terkadang keberadaannya tidak begitu diperhatikan, namun vas bunga tetap menjadi salah satu unsur pendukung manisnya sebuah ruangan di rumah Sedulur.

-->

Apabila vas bunga konvensional biasanya terbuat dari kaca, keramik, atau bahan-bahan lainnya, spesial untuk Hari Kemerdekaan Sedulur dapat membuat hiasan 17 Agustus dari bahan bekas. Inspirasi kemudian dapat datang dari mana saja, seperti menggunakan botol kaca bekas, bambu yang dipotong kemudian diukir, dan lain sebagainya.

Setelah menentukan bahan dasar apa yang digunakan, Sedulur dapat memulai untuk mencari akan dibuat seperti apa bentuk vas bunga ini. Tidak perlu yang rumit, wujud vas bunga yang sederhana pun akan tetap menarik perhatian setiap orang yang melihatnya apabila menggunakan warna merah putih yang terang seperti warna bendera negara kita.

Selain itu, penentuan bunga yang akan ditempatkan dalam vas tersebut juga berpengaruh, lho Sedulur. Gunakan bunga-bunga yang sekiranya tidak terlalu ramai, namun tetap terlihat cantik apabila diletakkan di sudut ruangan. Sedulur dapat menggunakan  warna dasar dari vas untuk menentukan bunga apa yang akan ditaruh, contohnya seperti mawar merah dan mawar putih, tulip putih, anggrek putih, dan lain-lain. Pun Sedulur bisa mencoba berkreasi dengan bunga sebagai hiasan 17 Agustus dari plastik kresek yang tidak digunakan di rumah.

2. Kincir angin merah dan putih untuk di halaman rumah

Pinterest

Salah satu dekorasi hias rumah 17 Agustusan yang khas adalah kincir angin. Kincir angin kecil ala-ala tersebut biasanya terbuat dari kertas tebal berwarna merah dan putih, dengan gagang yang terbuat dari irisan bambu tipis, kecil, dan kuat.

Kincir angin lazim menjadi pilihan beberapa orang pada saat mengikuti lomba hias dalam rangka Dirgahayu Indonesia karena sifatnya yang praktis dan sederhana. Beberapa juga menaruh kincir angin tersebut di sepeda-sepedanya.

Tetapi, ia juga ternyata dapat menghiasi rumah Sedulur dengan apik, loh! Setelah berhasil dibuat dan dirangkai, kincir angin tersebut dapat ditancapkan di tanah halaman depan rumah. Bisa juga Sedulur tempelkan di atas pagar, disusun rapi agar enak dipandang mata. Tinggal tunggu angin berhembus, kincir angin pun siap berputar dan menambah kesan meriah dari perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 nanti.

BACA JUGA: 85 Pantun Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

3. Lampion kertas untuk hias rumah 17 Agustusan

hias rumah 17 agustusan
Pinterest

Dekorasi hias rumah 17 Agustusan tidak terbatas pada ornamen-ornamen yang dapat dilihat jelas di siang hari, tetapi juga tentunya pada malam hari. Ketika malam tiba, salah satu dekorasi yang akan terlihat mencolok adalah dengan memasang lampu kabel panjang berwarna-warni. 

Beberapa orang ada yang memilih untuk memasang lampu tersebut secara polosan saja. Tetapi, rasa-rasanya akan lebih unik apabila kita menambahkan ornamen lampion kertas untuk tiap-tiap lampunya, ya Sedulur? Bentuk dari hiasan lampion kertas ini tidak rumit, hanya perlu dipotong dan dibentuk pada berbagai sisi-sisinya saja. Ketika sudah jadi, dijamin hunian Sedulur akan lebih mencolok dan meriah dibanding hunian lainnya.

4. Gantungan dari kain perca merah dan putih

Etsy

Memiliki kain perca yang tidak terpakai? Daripada dibuang sia-sia, kenapa tidak mencoba untuk mengintegrasikannya dengan hiasan-hiasan 17 Agustus lain? Kain perca dapat disusun dengan rapi lalu dipasangkan tali. Kemudian Sedulur dapat menggantungkannya di pagar, dinding teras, atau atap teras sekalipun. Ketika angin bertiup, kain-kain tersebut akan berkibar layaknya bendera di atas tiang. Unik sekali, ya!

BACA JUGA: Biografi Soekarno Lengkap, Bapak Proklamator Kemerdekaan

5. Ketupat untuk hias rumah 17 Agustusan? Kenapa tidak!

hias rumah 17 agustusan
Popmama

Hiasan ketupat sangat identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tetapi, ketupat tersebut juga bisa digunakan untuk menghias rumah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan negara kita, lho Sedulur!

Ketupat merupakan salah satu hidangan khas nusantara yang tentunya mencerminkan jati diri bangsa kita. Jadi, tidak perlu ragu-ragu lagi apabila Sedulur ingin mengkombinasikan dekorasi hias rumah 17 Agustusan tersebut, ya!

6. Kap lampu unik dari gelas merah dan putih

Popbela

Hampir mirip seperti ornamen lampu hias yang sudah kita bahas, Sedulur juga bisa membuat kap lampu unik dan cantik dari gelas plastik warna merah dan putih. Dengan cahaya lampu yang ada dalam kap tersebut, teras halaman Sedulur jadi seolah-olah terwarnai dengan kedua warna yang dipancarkan lampu-lampu meriah tadi.

BACA JUGA: 12+ Gambar Mewarnai Bertema Hari Kemerdekaan Indonesia

7. Hias rumah 17 Agustusan dengan snowflake merah dan putih

hias rumah 17 agustusan
Popmama

Bingung karena hiasan lain terasa biasa-biasa saja? Bagaimana kalau mencoba dekorasi 17 Agustus yang unik dengan snowflake merah dan putih? Ya, kertas yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai salju tersebut dapat menjadi salah satu alternatif lain bagi dekorasi hunian Sedulur.

Memang, hiasan snowflake sangat identik dengan perayaan Hari Natal. Terlebih lagi, kombinasi warna merah dan putihnya juga masuk ke dalam tema hari raya tahunan tersebut. Namun, tidak ada salahnya untuk berkreasi dan bereksperimen hias rumah 17 Agustusan nanti dengan ornamen salju itu, bukan?

Penempatan hiasan snowflake dapat Sedulur lakukan di depan daun pintu rumah. Atau, bisa juga ditaruh di jendela membuatnya menjadi serangkaian gantungan yang unik dan cantik. Apakah Sedulur tertarik mencobanya?

Itulah beberapa ide dekorasi hias rumah 17 Agustusan yang dapat Sedulur coba nanti pada saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba. Semoga beruntung Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.