pidato perpisahan

Pidato perpisahan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah acara perpisahan. Misalnya pada acara perpisahan sekolah, pidato perpisahan oleh siswa menjadi kesempatan untuk menyampaikan pesan, kesan, hingga ucapan terima kasih kepada guru-guru mereka.

Tak hanya itu, pidato perpisahan sekolah juga bisa disampaikan oleh guru maupun adik kelas kepada para murid yang lulus. Pidato perpisahan ini biasanya berisikan doa agar mereka bisa meraih mimpi-mimpinya selepas lulus dari sekolah.

Contoh pidato perpisahan

pidato-perpisahan
Freepik

Dirangkum dari berbagai sumber, pidato perpisahan sebaiknya dibuat dengan tulus sehingga bisa menyentuh hati orang yang mendengarnya. Terlebih bagi orang-orang yang disebut dalam pidato tersebut.

Nah, berikut ini Super sudah merangkum 12 contoh pidato perpisahan yang menyentuh hati yang bisa menjadi referensi untuk Sedulur. Simak sampai habis, ya!

-->

BACA JUGA: Phrasal Verb: Pengertian, Jenis-Jenisnya dan Contoh Kalimatnya

Pidato perpisahan dari siswa yang lulus

Pidato perpisahan biasanya disampaikan oleh perwakilan dari angkatan yang lulus. Pidato perpisahan dari siswa yang lulus biasanya berisikan ucapan terima kasih kepada para guru dan ditutup dengan salam perpisahan. Dalam isi pidato juga bisa dibahas mengenai kenangan selama duduk di bangku sekolah, mengingat acara perpisahan sekaligus menjadi momen kali terakhir berkumpul bersama sebelum lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa contoh pidato perpisahan dari siswa yang lulus.

BACA JUGA: 8 Contoh Surat Pribadi Beserta Cara Membuatnya dengan Benar

Contoh 1 – pidato perpisahan SD

pidato perpisahan
Freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu kepala dan guru SD Super, Bapak/Ibu Wali Murid SD Super, serta teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena atas segala nikmat-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam, senantiasa kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, kami siswa-siswi kelas 6 telah mencapai puncak dari jenjang sekolah dasar. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat. Rasanya seperti baru kemarin, kami siswa kelas 6 baru saja duduk di bangku kelas satu. Belajar membaca, belajar berhitung, belajar bercerita di depan kelas, dan belajar banyak hal lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Hingga akhirnya kami hadir di acara pelepasan siswa kelas 6 pada hari ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin mewakili teman-teman kelas 6 untuk menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendidik kami dengan sepenuh hati. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana Bapak/Ibu guru senantiasa menyemangati kami untuk berani mencoba berbagai hal baru, membimbing kami mempelajari materi pelajar, serta menularkan motivasi pantang menyerah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia, kita ketahui bahwa dua tahun terakhir, sekolah kita benar-benar berada di masa yang sulit, tidak hanya di sini melainkan di seluruh dunia, karena adanya virus corona. Kegiatan pembelajaran pun menemui tantangan terbesarnya. Kami yang kelas 6 ini semakin sulit untuk bertatap muka, bahkan beberapa kali sekolah terpaksa digelar secara daring demi kesehatan peserta didik. Di sanalah kami kembali menyadari tentang perjuangan Bapak/Ibu guru agar kami tetap bisa belajar dengan nyaman, belajar dengan sungguh-sungguh, dan mampu memahami setiap materi pelajaran.

Bapak dan Ibu guru yang sangat kami sayangi. Dari lubuk hati terdalam, kami mengucapkan terima kasih atas segala pengetahuan, ilmu, keterampilan, serta teladan yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.

Kami terutama siswa-siswi kelas 6 juga ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya atas khilaf dan salah baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Dulu kami pernah mengabaikan pesan dari Bapak Guru, malas mengerjakan tugas, bahkan lari dari tanggung jawab. Sekali lagi, saya mewakili teman-teman seperjuangan kelas 6 memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga Bapak/Ibu guru tidak pernah bosan dalam mendidik, mengajar, dan mendoakan kami. Doa dan semangat dari Bapak/Ibu guru merupakan bekal bagi kami untuk mengarungi dunia pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Semoga Bapak/Ibu guru selalu bersemangat dalam memberi ilmu, semoga selalu diberi kesehatan, dan juga keselamatan di manapun Bapak/Ibu berada.

Bapak/Ibu, serta teman-teman yang berbahagia, demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan dalam rangka perpisahan siswa kelas 6, mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 2

pidato perpisahan
Freepik

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat kepala sekolah, bapak dan ibu guru, serta teman-teman kelas 6 SD Super yang saya sayangi.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama dalam rangka perpisahan sekolah pada hari ini.

Berdirinya saya di sini, mewakili teman-teman seangkatan untuk mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak/Ibu guru yang telah mengajarkan kami banyak hal selama kami duduk di bangku sekolah dasar.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru yang selalu sabar dan tidak mengenal lelah dalam memberikan ilmu-ilmunya. Berkat kesabaran dan jerih payah  Bapak/Ibu guru, akhirnya kami bisa menyelesaikan masa sekolah dasar dengan baik.

Kepada teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua karena kita sudah bersama-sama selama enam tahun ini. Terima kasih untuk kebersamaannya. Semoga kita bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 3

pidato perpisahan
Freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SD Super
Yang saya hormati bapak dan ibu guru
Yang saya hormati para orang tua dan wali murid serta teman-teman dan adik kelas yang saya sayangi.

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatNya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Saya di sini mewakili teman-teman kelas 6 SD Super, ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, bapak dan ibu guru serta para orang tua atas kesediaannya untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya dan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang selama kurang lebih enam tahun ini telah mendampingi serta mengajari kami banyak hal. Mulai dari ilmu pelajaran hingga pendidikan berharga lainnya.
Tentu selama kami menempuh pendidikan di SD Super sering melakukan kesalahan dan membuat bapak ibu guru kecewa. Untuk itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada perbuatan atau tindakan kami yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru.

Untuk adik kelas, kami berpesan tetaplah semangat belajar demi mengejar cita-cita yang kalian inginkan. Jangan pernah putus asa dan turutilah pesan bapak ibu guru.

Pada kesempatan ini pula, kami anak-anak kelas 6 SD Super ingin meminta doa restu dari bapak dan ibu guru, supaya nantinya kami bisa lebih tekun belajar di jenjang pendidikan berikutnya dan akhirnya berhasil menggapai cita-cita kami.

Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa mendukung, menyayangi dan mencintai kami. Terima kasih banyak, kami sangat menyayangi kalian.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam acara perpisahan ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan sampai jumpa di lain waktu.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 4 – pidato perpisahan SMP

pidato perpisahan
freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMP Super, Bapak/Ibu guru SMP Super, serta teman-teman dan adik-adik kelas yang kami cintai,

Di hari yang indah ini, marilah kita haturkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izinNya kita bisa berkumpul bersama untuk acara perpisahan kelas 9 SMP Super.

Saya sebagai perwakilan dari kelas 9, ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan yang pernah kami lakukan selama kami bersekolah di SMP Super ini.

Meskipun kami sering melakukan kesalahan kepada Bapak/Ibu guru yang mengajar, tetapi Bapak/Ibu sekalian selalu bersedia dengan senang hati dan sabar membimbing, menasihati, dan mendidik kami. Maka dari itu, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang sudah menjadi pembimbing dan pembina kami.

Untuk adik-adik kelas tercinta, teruskan perjuangan kalian dalam menuntut ilmu dan jangan patah semangat. Teladanilah selalu para guru yang sudah mengajar, mendidik, dan membimbing kalian.

Adik-adikku sekalian, kami mungkin bukan contoh yang sempurna untuk kalian maka berprestasilah lebih baik dari kami sampai kalian bisa mencapai cita-cita.

Kami akan selalu mengenang setiap kenangan yang sudah kami lewati di SMP Super. Kini kami ingin menyampaikan pamit untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Akhir kata, saya ucapkan sekian dan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 5

pidato perpisahan
freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yang terhormat Kepala SMP Super, Ketua Komite SMP Super, Bapak/Ibu guru, serta teman-teman sekalian yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang saya hormati, saya sebagai perwakilan teman-teman siswa kelas 9 ingin menyampaikan kesan dan pesan selama menuntut ilmu di sekolah ini. Selama kami belajar di sini, Bapak dan Ibu Guru selalu membimbing kami dengan penuh kesabaran. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi bekal bagi kami untuk menghadapi kehidupan pada masa yang akan datang.

Tak lupa pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Bapak dan Ibu Guru. Kami sebagai siswa, menyadari bahwa disengaja atau tidak, kami sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf yang setulusnya.

Kepada adik-adik kelas yang kami cintai. Tak akan lelah kami berpesan agar selalu belajar dengan rajin dan mematuhi nasihat Ibu Bapak guru, karena itu sangat penting demi kalian sendiri dan kita semua.

Hadirin yang saya hormati, demikian yang dapat kami sampaikan. Kami mohon doa dan restunya agar kami dapat melanjutkan kehidupan, mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

Contoh 6

pidato perpisahan
freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMP Super,
Yang kami hormati Bapak/Ibu guru,
serta teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Di hari penuh kebaikan ini mari kita ucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di SMP Super dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan ini, saya selaku perwakilan kelas 9 memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan dan perilaku kami selama bersekolah. Permohonan maaf ini saya tujukan kepada Kepala Sekolah, Guru, hingga adik-adik kelas 9 SMP Super. Meski kami melakukan banyak kesalahan berulang, namun Bapak/Ibu guru tetap memberikan masukan, nasihat, dan motivasi dengan sabar.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu guru yang terus membimbing dengan penuh keikhlasan, semoga Allah Swt. membalas kebaikan tersebut.

Untuk adik-adik kelasku, teruslah bermimpi dalam menuntut ilmu dan janganlah patah semangat, dan tetap hormati gurumu.

Pastinya setiap detik dan menit penuh arti di SMP Super akan selalu terkenang hingga kini. Akhir pidato perpisahan ini saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

Contoh 7 – pidato perpisahaan SMA

unsplash

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMA Super
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru SMA Super,
Yang saya hormati wali murid siswa kelas 12 SMA Super,
serta teman-teman murid SMA Super yang saya sayangi serta saya banggakan

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Swt atas limpahan nikmatNya, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 12 SMA Super. Tak lupa pula shalawat dan salam juga kita sampaikan pada Nabi Muhammad SAW, semoga syafaatnya akan mengalir pada kita di hari akhir.

Bapak Kepala dan Bapak Ibu guru SMA Super serta para hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya mewakili teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas 12 SMA Super.

Tidak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Kemarin rasanya saya baru pertama menjalani masa orientasi sebagai murid baru serta berkenalan dengan keluarga besar SMA Super. Kami dengan latar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berbeda-beda berkumpul di SMA favorit ini, kemudian mendapatkan bimbingan dari Bapak dan Ibu guru.

Kami sadar, kenakalan kami di masa SMP yang masih terbawa seringkali membuat Bapak dan Ibu guru kesal dan marah. Tapi kami yakin, nasihat yang diberikan Bapak dan Ibu untuk kami memang untuk kebaikan kami juga. Oleh karena itu, saya mewakili teman-teman juga memohon maaf apabila dalam menempuh studi selama 3 tahun banyak membuat kesalahan.

Terima kasih banyak untuk Bapak dan Ibu guru atas perjuangannya dalam mengajarkan kami tata krama, kesopanan, dan ilmu kehidupan lainnya selain mengajarkan mata pelajaran.

Untuk teman-teman yang sudah lulus, mari kita berjuang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang sudah teman-teman inginkan untuk menggapai mimpi masing-masing.

Akhir kata, saya memohon doa restu kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, serta saudara semua agar setelah meninggalkan sekolah ini, kami tetap bisa membawa nama baik SMA Super. Mohon maaf apabila dalam menyampaikan pidato ini ada salah kata.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

Contoh 8

unsplash

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMA Super
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru SMA Super,
Yang saya hormati, wali murid siswa kelas 12 SMA Super
serta teman-teman murid SMA Super yang saya sayangi serta saya banggakan

Saya ingin mengucapkan selamat untuk teman dan sahabat yang telah menyelesaikan Ujian Nasional dengan baik.

Pada kesempatan ini, saya sebagai wakil siswa kelas 12 SMA Super juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing dan memberikan dukungan sehingga kami dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Semoga Allah Swt. membalas jasa Bapak dan Ibu Guru semua.

Untuk teman-teman seangkatan, sudah banyak kenangan saat bersekolah di SMA Super yang kita lewati bersama mulai dari orientasi hingga kini. Namun, di mana ada pertemuan, selalu ada perpisahan. Kini tiba saatnya melanjutkan tahap pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di Universitas maupun Akademi.

Demikian pidato perpisahan singkat ini saya sampaikan. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 9

unsplash

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMA Super
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru SMA Super,
Yang saya hormati, wali murid siswa kelas 12 SMA Super
serta teman-teman murid SMA Super yang saya sayangi serta saya banggakan

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmatNya, kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka acara perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Bapak dan Ibu guru sudah mengajar kami dengan sangat baik, sabar, dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami.

Berkat jerih payah Bapak dan Ibu guru semua, kami pun dapat lulus dari SMA Super ini. Mudah-mudahan, semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu.

Untuk teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian karena kita sudah bersama-sama selama tiga tahun ini. Saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru serta sukses selalu untuk teman-teman. Doa saya menyertai teman-teman semua. Aamiin

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BACA JUGA: 10 Contoh Naskah Pidato Singkat dengan Berbagai Macam Tema

Pidato perpisahan dari adik kelas

Dalam sejumlah acara, pidato perpisahan terkadang disampaikan oleh adik kelas sebagai bentuk salam perpisahan untuk kakak kelasnya yang lulus. Berikut beberapa contohnya.

Contoh 1

Freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMP Super, Bapak/Ibu guru SMP Super, serta kakak-kakak kelas 9 yang sebentar lagi meninggalkan sekolah ini.

Saya di sini sebagai perwakilan kelas 7 dan kelas 8 ingin menyampaikan selamat atas kelulusan kakak-kakak semua.

Kami ikut bersyukur dan berbangga hati atas keberhasilan kakak meraih nilai yang baik dalam ujian. Mudah-mudahan kami dapat mencontoh kakak dalam hal rajin belajar dan juga disiplin.

Kakak-kakakku, barangkali selama bersama-sama belajar di sini kami sering merepotkan, sering mengganggu, untuk itu sudilah kiranya kakak memaafkan kami. Doa kakak kami harapkan, mudah-mudahan kami dapat mencontoh segala sikap dan sifat baik kakak. Hingga waktunya kelak, kami bisa lulus dan meraih nilai ujian yang baik dan melanjutkan pendidikan seperti kakak-kakak semua.

Akhirnya, kami semua mengucapkan selamat jalan. Semoga apa yang menjadi cita-cita kakak semua bisa tercapai.

Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 2

Freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMP Super,

Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMP Super, 

serta kakak-kakak kelas 9 yang kami banggakan

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufik-Nya sehingga kita bisa hadir di tempat ini, guna melaksanakan perpisahan kakak-kakak kelas 9 SMP Super

Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.

Izinkan saya sebagai perwakilan adik kelas menyampaikan pidato perpisahan singkat kepada kakak-kakak kelas 9 yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah ini.

Hari ini menandai hari terakhir bagi kakak-kakak sekalian berada di sekolah ini. Untuk itu kami mengucapkan selamat atas kelulusan kakak-kakak semua. Selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA, sebagaimana yang dicita-citakan oleh kakak-kakak.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan kakak semua. Sungguhpun kakak adalah panutan yang baik bagi kami. 

Sebuah ungkapan yang tak asing lagi bagi kita, “dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan.” Dua tahun lalu kita bertemu di tempat ini ketika kami menjadi siswa baru di SMP Super, dan ditempat ini pulalah kita berpisah. Terimakasih atas bimbingan dan kenangan indah selama 3 tahun di sekolah kita tercinta.

Kami juga memohon maaf atas segala salah yang pernah kami lakukan selama ini kepada kakak-kakak semua. Semoga yang tersisa kita hanyalah kenangan indah di antara kita.

Akhir kata, selamat dan sukses atas raihan prestasi demi prestasi selama tiga tahun ini, Selamat atas wisuda hari ini, Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali di masa yang akan datang.

Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

BACA JUGA: 12 Contoh Pembukaan Pidato yang Baik & Mudah Diterapkan

Pidato perpisahan guru

Freepik

Pidato perpisahan sekolah juga bisa disampaikan oleh perwakilan guru untuk para murid yang lulus. Berikut contoh pidato perpisahan dari guru

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMA Super,

Yang terhormat rekan guru SMA Super,

Yang terhormat orang tua dan wali murid kelas 12 SMA Super,

serta anak-anakku kelas 12 yang saya sayangi.

Hari ini merupakan hari yang istimewa, karena kita berkumpul di sini untuk acara perpisahan siswa-siswi kelas 12. Untuk itu izinkanlah saya memberikan pidato perpisahan singkat pada momen yang berbahagia itu.

Anak-anakku kelas 12, hari yang mungkin paling di nanti dari masa SMA akhirnya tiba. Sebentar lagi kalian akan resmi lulus dari sekolah ini dan bersiap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat atas kelulusan kalian. Selamat melanjutkan perjalanan untuk meraih mimpi-mimpi kalian.

Terima kasih sudah bersedia membagikan kenangan kalian di sekolah ini, bersedia berbagi cerita dan tawa dengan kami, dan terima kasih atas pembelajaran yang sangat berarti bagi kami para guru.

Tentu selama mendampingi kalian menuntut ilmu, kami juga tidak luput dari kesalahan. Untuk itu saya mewakili rekan guru, ingin menyampaikan mohon maaf apabila ada salah kata maupun perbuatan.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan pesan agar kalian terus pantang menyerang, raihlah mimpi kalian setinggi-tingginya, terus berjalan ke depan, kesalahan di masa lalu jadikan pelajaran untuk menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian tadi contoh-contoh pidato perpisahan yang bisa Sedulur jadikan referensi. Sedulur juga bisa mengubah contoh-contoh di atas dengan menyesuaikan latar belakang Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!