Apakah Sedulur pernah menulis surat pribadi untuk diberikah kepada guru, teman maupun keluarga? Surat pribadi merupakan surat yang ditulis secara personal kepada seseorang dengan menggunakan bahasa yang santai dan tidak baku. Contoh surat pribadi dapat berupa undangan, permohonan maupun sekedar memberi kabar pada penerima surat.

Surat pribadi memang sudah tidak populer karena saat ini orang-orang lebih mudah melakukannya lewat telepon atau pesan elektronik. Namun, ada sebuah kesan tersendiri bila seseorang mendapatkan surat pribadi yang berasal dari tulisan tangan langsung. Hal ini tak lepas dari kesan sentimentil yang bisa dimunculkan dari surat tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu surat pribadi dan bagaimana ciri-cirinya. Yuk simak artikel di bawah ini ya!

BACA JUGA : MOU: Pengertian, Isi, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian surat pribadi

contoh surat pribadi
Pixabay

 

Sedulur masih bingung tentang apa itu surat pribadi? Surat pribadi adalah surat atau tulisan yang dibuat untuk diberikan kepada orang lain, baik itu keluarga, teman dan yang lainnya. Surat ini memiliki jumlah penulisan yang tidak terbatas, sehingga dalam penulisannya bisa dilakukan dengan bebas tidak terikat oleh batasan jumlah halaman atau juga kata.

Pada hakekatnya, tujuan surat pribadi adalah mengundang, mengajukan permohonan (berupa barang atau informasi), menjawab undangan (menerima atau menolak), merencanakan sesuatu, memohon maaf, mengucapkan selamat atas sesuatu hal atau mengucap simpati atas suatu musibah dan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain.

Namun pada kondisi tertentu, surat pribadi juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa kerinduan atau perasaan cinta seseorang kepada orang lain secara lebih intim dan personal. Jadi tidak heran jika surat pribadi juga identik dengan surat cinta.

Ciri-ciri

contoh surat pribadi
Pixabay

Surat pribadi memiliki beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda dengan jenis surat lainnya. Hal ini menjadi sebuah kunci jika Sedulur ingin membedakan surat pribadi dengan surat formal atau semi formal lain. Berikut ciri-ciri surat pribadi seperti tidak ada kop surat atau kepala surat dan tidak tidak memiliki nomor surat

Selain itu, surat pribadi biasanya mengandung berbagai macam kata sapaan yang berada di bagian atas surat. Hal ini untuk menunjukkan bahwa surat tersebut bersifat ringan dan tidak mendesak bagi pembacanya. Penggunaan gaya bahasa pada surat pribadi pun diambil secara khusus, yaitu penggunaan bahasa santai. Umumnya surat pribadi menggunakan bahasa yang santai dan tidak resmi atau menggunakan bahasa sehari-hari.

Ciri lain yang bisa Sedulur temukan, adalah penggunaan kata ganti dalam surat tersebut. Dimana penggunaan kata ganti ketiga karena untuk menyapa seseorang dalam surat.

BACA JUGA : Cerita Jenaka: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

Cara membuat surat pribadi

contoh surat pribadi
Pixabay

Cara membuat pribadi cukup sederhana. Menurut ahli dalam bidang ini yaitu Hidayat & Jumiatin ( 2016) menjelaskan bahwa ada empat prinsip dalam pembuatan surat pribadi. Cara membuat surat ini adalah harus jelas, ringkas, sopan dan sederhana.

Sedangkan menurut Priansa & Garnida (2015)  menjelaskan ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan agar surat pribadi menjadi surat yang efektif. Berikut cara membuat surat pribadi :

  1. Teknik penyusunan

Teknik surat yang benar yaitu :

  • Penyusunan letak bagian-bagian surat
  • Pengetikan yang jelas, benar, dan rapi
  • Pemakain kertas sesuai kepentingan
  1. Isi surat

Isi surat harus disampaikan dengan ringkas, jelas, ringkas dan ekspilisit. Dengan begitu si penerima surat memahami isi surat dengan tepat, salah paham, dan ragu-ragu serta pengirim surat mendapatkan jawaban secara tepat, seperti yang diinginkan.

  1. Bahasa

Alangkah baiknya menggunakan bahasa yang baik, benar serta baku sesuai dengan kaida bahasa Indoesia. Selain itu, bahasa surat harus logis, wajar, sopan cermat dan menarik.

BACA JUGA : Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat & Fungsinya

1. Contoh surat pribadi untuk teman singkat

contoh surat pribadi
iStock

Untuk Firmansyah

Di tempat

Hai, apa kabar kamu di situ? Aku harap kamu sehat-sehat saja. Sudah lama ya kita enggak bertemu. Aku kangen banget lho sama kamu. Kamu juga kangen kan sama aku. Aku kangen saat-saat kita bersama, bermain bersama, liburan bersama. Setelah kamu pindah ke kota lain, aku jadi kangen masa-masa itu.

Aku mau curhat nih, sebentar lagi kan ujian nasional. Aku deg-degan, takut enggak lulus. Belajar sih belajar, tapi tetap saja aku deg-degan. Kenapa sih harus ada UN ya? Pengennya sih langsung lulus eggak ada UN. Hahaha. Kalau kamu sih tenang-tenang saja dong ya. Kamu kan anak pandai. Dulu aja kalau hitung-hitungan, aku kalah cepat sama kamu. Kamu juga pintar bahasa Inggris.

Intan, aku ingin bertemu sama kamu. Aku ingin bermain, becanda ceria bersama kamu. Setelah lulus UN kan ada banyak waktu libur. Aku boleh enggak ke tempat kamu? Aku sangat senang kalau bisa bertemu kamu.

Sekian dulu ya surat dari aku. Aku tunggu balasan darimu.

Temanmu,

Reza Saputra

2. contoh surat pribadi untuk teman dalam bahasa inggris

 

letter
pixabay

Dear Adam,

How is live in Bali? I hope it is great. It has been a while since the last time we met. I miss you so bad, my friend. Do you miss me too?

I heard it from your brother that you were planning to go to Jakarta. If so, I really hope you can pay a visit to me in Bandung too. I am so sure that you will love it since it is beautiful city with numerous tourist attractions to visit. You really love painting, don’t you? I know some places in Bandung that can inspire you to create you next masterpiece. I will also take you to cool places in this city that are still unknown to most people. Just let me know if you want to visit me too. I will always be ready to accompany you to explore the city.

I hope you write me back soon.

Yours sincerely,

Laras

Terjemahan

Kepada Adam,

Bagaimana kabar kamu di Bali? Semoga kamu baik-baik saja. Sudah lama semenjak terakhir kita bertemu. Aku sangat merindukan kamu, temanku. Apakah kamu merindukan aku juga?

Aku denger dari saudara kamu bahwa kamu akan berencana pergi ke Jakarta. Jika iya, aku harap kamu dapat mengunjungi aku juga di Bandung. Aku sangat yakin bahwa kamu akan menyukai Bandung, karena itu adalah kota yang indah dengan banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Kamu senang melukis, bukan? Aku tahu beberapa tempat di Bandung yang bisa menginspirasi kamu untuk menciptakan karya kamu yang selanjutnya. Aku juga akan membawa kamu ke tempat-tempat keren di Bandung yang masih belum diketahui oleh sebagian besar orang banyak. Beri tahu aku saja jika kamu ingin mengunjungi aku juga. Aku akan selalu siap untuk menemani kamu menjelajahi kota ini.

Aku harap kamu membalas surat ini dengan segera.

Salam hormat,

Laras

3. Contoh surat pribadi kepada teman

letter
Pinterest

Semarang,7 April 2022

Teruntuk teman masa kecilku,

Dyah

Di tempat

Hidup Sipil!

Begitulah slogan jurusan ku, terdengar tangguh bukan ? haha kamu harus mendengarnya secara langsung kapan-kapan, pasti kamu kaget sejak kita terpisahkan oleh jarak karena masuk PTN yang berbeda, seringkali kita jadi sibuk masing-masing, dan fokus pada mimpi kita masing-masing, tapi tentunya aku sering tiba-tiba kangen masa-masa belajar dan nongkrong kamu, nurul. 

Udah gak berasa ya emang, kita udah enggak ketemu 4 tahun seandainya kita satu pulau pasti kita udah meet up dari kapan tau haha. Aku sangat senang waktu aku mendapat surat dari kamu, pasti kamu gak percaya, tapi begitu kenyataannya.

Saat ini akupun juga lagi skripsi dan mempersiapkan diri untuk sidang akhir, mungkin beberapa minggu lagi. Namun saat ini belum ada tanggal pastinya, aku akan mengabarimu jika jadwal sidangku sudah keluar, biar kamu juga doain aku, masa aku doang yang doain sidang kamu hahaha.

Semoga skripsimu lancar dan sidangmu juga ya, aku tahu banget si orang kayak kamu gak mungkin gak lancar jawabnya pas sidang, karena kamu tipe pekerja keras, tapi aku tetap ingin mendoakan yang terbaik buat kamu. 

Salam dari yang lebih manis dari yang termanis dan sampai bertemu ya,

Ayu.

BACA JUGA : Pengertian Crazy Rich Beserta Asal Usul Penyebutannya

4. Contoh surat pribadi untuk guru

contoh surat pribadi
Pixabay

Yogyakarta, 1 Mei 2022

Teruntuk Guruku Tersayang, Ibu Anitha S.Pd

Di Tempat

Salam

Ibu Anitha guruku tersayang, bagaimana kabar ibu? Saya berharap semoga ibu sekeluarga diberikan rahmat oleh Yang Maha Kuasa, dilancarkan segala urusannya dan sehat selalu sampai saya bisa sukses dan membahagiakan Ibu.

Ibu Anitha, tujuan saya menyampaikan surat ini karena ada kabar bahagia yang harus ibu ketahui. Pertama, saya lulus seleksi perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Iya bu, saya lulus seleksi di Universitas Indonesia, Jakarta. Semua ini tidak akan terjadi tanpa bimbingan dan dukungan ibu.

Kabar baik kedua, saya memperoleh beasiswa Bidik Misi. Jadi, saya tetap bisa kuliah tanpa membebani orang tua bu. Terima kasih karena dulu Ibu memberikan saya saran dan membimbing proses pendaftaran dari awal hingga akhir.

Ketiga, dalam jangka waktu dekat ini. Saya dan teman-teman berniat mengunjungi ibu di rumah. Kami berniat untuk tetap menjalin silaturahmi, walaupun sudah lulus dari SMA Negeri 7  Yogyakarta..

Ibu, sekali lagi terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena telah membimbing dan mengantarkan kami pada pintu gerbang kesuksesan.

Keempat, ibu ingat lomba puisi beberapa waktu yang lalu? Saya menjadi juara, tidak tahu bagaimana jadinya jika waktu itu ibu tidak memilihkan tema yang tepat dan membimbing bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar.

Walau saat ini saya dan teman-teman belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya ada sedikit hadiah dari saya dan teman-teman. Tidak mahal Bu, tapi kami tulus memberikannya sebagai apresiasi perjuangan dalam mendidik kita selama ini.

Sekian dari saya bu, salam

Murid terkasih

Nia

5. Contoh surat pribadi pendek berisi undangan

Pixabay

Surabaya, 16 Mei 2022

Halo, Cha

Saya dengar dari Rifa kamu akan sekolah di Surabaya dan sedang sibuk mencari tempat kos. Kalau sempat, singgahlah ke rumah. Sebelum kamu dapat tempat yang cocok, kamu bisa tinggal di rumah. Saya sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Beliau sangat setuju dan oke-oke saja. Bagaimana? Kita bisa main ke Air Mancur Menari lagi bersama-sama.

Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

Sahabatmu,

ttd

Adinda

6. Contoh surat pribadi untuk nenek 

contoh surat pribadi
Pixabay

Medan, 5 November 2021

Kepada Nenekku tersayang

Salam hormat

Halo Nenek! Rasanya canggung juga berkirim surat begini. Sehari-hari aku sibuk dengan rutinitas sampai tak sempat mengunjungi nenek setiap minggu dan ngobrol panjang. Kata-kata yang malu untuk kuucapkan langsung, biarlah kuungkapkan dalam surat ini.

Bagaimana kabar nenek? Di usia nenek sekarang, nenek masih saja bangun pagi, masak, dan bekerja di pekarangan. Maaf aku tidak banyak membantu selain berdoa agar nenek sehat selalu.

Terima kasih nenek sudah menyayangi dan merawatku, sejak aku masih kecil sampai sekarang. Entah bagaimana, semakin besar aku semakin malu-malu sama nenek. Padahal rasa sayangku tetap sama. Aku tahu kadang prilakuku yang cuek bikin nenek merasa kesepian. Namun bukan berarti aku tidak sayang.

Jangan sampai nenek melewati masa tua dengan kesepian dan merasa ditinggalkan. Kalau rasa itu tiba-tiba datang, beri tahu aku. Akan kuusir rasa itu, seperti nenek mengusir nyamuk tiap aku tidur. Bagaimanapun juga, aku tetaplah cucu kesayangmu.

Salam cinta dan kasih

dari cucumu yang kini sudah besar

7. Contoh surat pribadi untuk saudara

contoh surat pribadi
Pixabay

Jakarta, 10 April 2022

Untuk Shelvi Saudaraku

Di tempat

Salam 

Hai Shelvi, bagaimana kabarmu? Wah, ternyata sudah lama ya kita tidak bertemu. Sejak lulus SMP, kita belum bertemu lagi. Bagaimana kabarmu dan keluarga di rumah? Pasti kamu sudah punya banyak teman baru ya.

Selama tinggal bersama nenek dan setelah lulus SMP, aku melanjutkan ke SMA favorit di sini. Alhamdulillah aku bisa diterima di sekolah itu. Awalnya aku ragu dengan nilaiku yang pas-pasan. Tapi, namanya juga sudah takdir, aku diterima di sekolah itu.

Aku senang sekali bisa diterima di sekolah favorit yang dulu aku inginkan. Di sekolah itu aku jadi punya banyak teman baru. Guru-gurunya juga baik-baik. Tapi, namanya juga sekolah, banyak tugas sampai bikin aku sibuk. Aku menyempatkan menulis surat ini karena aku kangen sama kamu, Gayuh dan ingin rasanya segera pulang ke rumah berkumpul bersama keluarga.

Kalau ada waktu, kamu main dong ke rumah nenek biar kita bisa bermain dan bercanda seperti dulu. Bila perlu ajak juga ayah dan ibu.

Sekian dulu, ya! Sampai nanti.

Saudaramu,

Nada

8. Contoh surat pribadi penolakan

contoh surat pribadi
Unsplash

Palembang, 14 Mei 2022

Assalamualaikum wr. wb.

Hai, Ayu, terima kasih ya atas undangan ulang tahunmu. Aku turut bahagia untukmu. Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesuksesan selalu menyertaimu di tahun-tahun mendatang.

Pestamu pasti meriah. Aku sudah bisa membayangkannya. Rugi rasanya kalau aku tidak datang. Tapi apa mau dikata, tanggal 14 Mei itu, aku harus berangkat ke Surabaya. Ada tes untuk beasiswa belajar di Singapura.Maaf, ya. Tapi, aku pasti datang setelah pulang dari Surabaya. Mau oleh-oleh apa?

Selamat ulang tahun ya, Ayu. Semoga panjang umur. Sekali lagi, maaf, ya.

Sahabatmu,

ttd

Anis

Itulah rangkuman contoh surat pribadi yang dapat dijadikan referensi Sedulur ketika ingin menulis surat untuk saudara maupun keluarga. Surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Surat pribadi menggunakan bahasa sehari-hari yang santai dan tidak baku.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!