pembukaan pidato

Pidato merupakan suatu kegiatan untuk menyampaikan sebuah pemikiran dan juga aspirasi kepada khalayak. Selain isi dari pidato itu sendiri, bagian yang tidak kalah penting dan perlu untuk diperhatikan adalah bagian pembukaan pidato.

Seperti yang telah ditahu, kesan awal yang baik akan berujung baik pula ke depannya. Hal ini juga bisa diterapkan pada saat berpidato. Jika para pendengar sudah tertarik dengan pembukaannya, maka mereka akan semangat untuk mendengarkan isi dari pidato tersebut.

Oleh sebab itu, jika Sedulur sedang merangkai naskah pidato, buatlah bagian pembukaannya dengan sungguh-sungguh. Apabila masih bingung, Sedulur bisa melihat beberapa contoh yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Contoh Notulensi Rapat yang Baik dan Benar, Wajib Tau!

-->

1. Pembuka pidato dengan perkenalan diri

pembukaan pidato perkenalan diri
Pexels

(Salam dan doa)

Pagi yang cerah, ya!

Bagaimana kabarnya semua? Saya yakin pasti semua berjalan dengan baik seperti yang terpampang dengan jelas di depan ini. Seperti dia yang duduk di sana dan selalu tersenyum berseri. Seperti bunga mawar yang sedang bermekaran.

Ngomong-ngomong, apa ada dari kalian yang sudah kenal saya sebelumnya? Ya, ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Daripada tidak disayang, maka saya akan perkenalkan diri terlebih dahulu.

Nama saya “…….”, biasa dipanggil “…….”. Saya bekerja sebagai “…….”, dan pekerjaan sampingan sebagai influencer. Nah, Saya di sini ingin berbagi pengalaman menjadi seorang influencer yang dibayar dan diberikan produk gratis.

Siapa coba yang gak tertarik? Apa ada yang mau juga? Oleh karena itu, sekarang ingin saya akan memberi tahu rahasia selama ini bisa menjalani hidup mewah hanya dari sponsor.

Teman-teman semua,

(isi pidato)

2. Pembuka pidato berunsur humor

humor
Pexels

(Salam dan doa)

Rekan-rekan semuanya,

Pernahkah kalian berpikir mengapa para pengusaha cenderung mempunyai postur tubuh yang subur dan selalu bahagia? Sebab mereka tidak pernah menjadi sarden di pagi hari seperti para pegawai umumnya. Hehehe.

Kecuali saya, pebisnis yang masih aktif menjadi beef steak di jalan. Walau sudah ada AC tetap saja panas membara akibat macet. Jika nanti kalian melakukan apa yang saya lakukan, pastikan jangan sampai jadi sarden atau beef steak seperti saya. Gak enak loh! Hehehehe.

Oleh karena itu, saya berdiri di sini untuk memberikan solusi paling tepat untuk menjadi entrepreneur yang baik.

Rekan-rekan sekalian,

(isi pidato)

3. Pembuka pidato dengan fakta sejarah

fakta sejarah
Pexels

(Salam dan doa)

Hadirin yang berbahagia

Tepat hari ini di tanggal “…….”, orang-orang sebelum kita telah berjuang untuk mempertahankan negara dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kita tercinta. Dengan gagah dan berani, mereka melawan dan mengalahkan para penjajah.

Untuk saat ini, kita telah menikmati hasil yang telah dilakukannya. Tapi, jangan pernah melupakan semangat mereka untuk bisa sampai pada titik kemerdekaan. Oleh karena itu itu, saya berdiri di sini untuk memperingati “…….”, dan berbagi semangat kepada kalian semua mengenai perjuangan para pahlawan.

Hadirin yang bahagia,

(isi pidato)

4. Pembuka pidato dengan gambaran ilustrasi

ilustrasi
Pexels

(Salam dan doa)

Hadirin yang saya hormati,

Sebelum kita memulai materi kali ini tentang “…….”, alangkah baiknya kita melihat kejadian yang saat ini sedang terjadi. Untuk saat ini, marak sekali orang membuang sampah sembarangan dan membuat beberapa lingkungan jadi kotor.

Saya ingin mengajukan pertanyaan kepada hadirin semua. Apa kalian tetap merasa nyaman melihat kondisi lingkungan seperti ini? Jika tidak, apa yang perlu dilakukan? Kalau saya akan membuat kedisiplinan pada diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Bahkan jika tidak menemukan tempat sampah, saya selalu menyimpannya terlebih dahulu. Namun ini sampah yang kecil seperti bungkus makanan ringan atau botol minum kemasan. Jika sudah menemukan tempat sampah, barulah saya membuangnya. Sederhana, ‘kan?

Hadirin sekalian,

Itulah mengapa kita harus mempunyai perasaan yang peka akan sesuatu….(isi pidato)

5. Pembuka pidato dengan bersyukur kepada Tuhan

pembukaan pidato formal
Pexels

(Salam dan doa)

Pertama-tama, saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan kepada saya pada hari ini. Berdiri di sini, berhadapan dengan kalian orang-orang yang hebat. Semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan kepada kita semua yang telah bersedia untuk meluangkan waktu.

Para hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato mengenai….( isi pidato)

6. Pembukaan pidato sekolah saat perpisahan

pembukaan pidato sekolah
Pexels

Selamat siang, semuanya.

Untuk bapak/ibu guru, staf sekolah, dan juga teman-teman sekalian, terima kasih telah menyempatkan diri untuk hadir.

Di siang yang cerah ini, marilah kita memanjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa di sekeliling kita, karena anugerah dan berkat-Nya lah kita dapat berkumpul bersama untuk saat ini.

Perkenalkan, nama saya “…….”, murid kelas “…….”. Kebetulan, saya diberikan kesempatan dan kehormatan untuk memberikan pidato perpisahan untuk angkatan “…….”. Sebelum pidato saya mulai, ada sebuah pepatah yang mengingatkan saya mengenai perjalanan kita selama “…….” tahun bersekolah.

Pepatah tersebut berbunyi “Goodbyes are not forever. Goodbyes are not the end. They simply mean I’ll miss you, until we meet again.

Hadirin sekalian,

(isi pidato)

BACA JUGA: Notaris: Pengertian, Tugas, Jenis & Kewenangannya

7. Pembukaan pidato formal

formal
Pexels

(Salam dan doa)

Selamat pagi dan salam untuk kita semua, saya berharap semoga Tuhan selalu memberikan kasih sayang untuk kita semua. Hari ini ijinkan saya untuk memberikan sepatah dua patah kata sebagai penggerak acara ini .

Alhamdulillah, salam bahagia dan juga sejahtera bagi para hadirin semua. Kenikmatan yang telah kita rasakan untuk saat ini seperti yang dinikmati mendengar, melihat, dan nikmati dari Tuhan yang kita cintai syukuri, untuk itu marilah kita bersyukur atas segala kebahagiaan yang telah diberikan.

Hadirin sekalian,

(isi pidato)

8. pembukaan pidato persuasif

pembukaan pidato persuasif
Pexels

(Salam dan doa)

Yang terhormat “…….”.

Yang saya hormati “…….”.

dan yang sangat saya banggakan “…….”.

Alhamdulillah, Shalawat dan juga salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita semua sampai saat ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang sudah banyak memberikan kita nikmat dan barokah-Nya, sehingga kita bisa menghadiri acara “…….” Ini dengan perasaan yang gembira dan bahagia.

Hadirin sekalian,

(isi pidato)

9. Pembuka pidato Islami

Pembuka pidato Islami
Pexels

(Salam dan doa)

Pertama dan yang paling utama sekali, marilah kita sama-sama panjatkan puja dan puji syukur, atas kehadirat Allah SWT, yang sudah memberikan rahmad dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan kesehatan, untuk bisa berkumpul di “…….” ini, dalam rangka “…….”.

Untuk kali yang kedua, tak lupanya juga kita untuk, mengirimkan shalawat beserta salam, ke hadap junjungan nabi besar Muhammad SAW, berupa do’a Allahumma solli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, “…….” kita, yang saya hormati “…….”, bapak ibu dan teman-teman sekalian, umumnya yang menyempatkan diri untuk dapat hadir dalam acara peringatan “…….” ini.

Hadirin sekalian,

(isi pidato)

10. Pembukaan pidato Bahasa Inggris

Pembukaan pidato Bahasa Inggris
Pexels

Ladies and gentlemen,

Today, “…….”, have we ever realized why do entrepreneurs have bigger bodies compared with employees? It is still a mystery to me, why can it happen? But after I find out and asked my businessmen friends, it turned out it is none other than it is because everything entrepreneurs do is sleeping. They don’t need to work because money is working for them. Meanwhile, the employees should work all day and drain their time and energy. As a result, they become thinner.

Therefore, through this short speech, I will convey how important it is to grow the entrepreneurial spirit within us. So that later we can become a successful person and have a fatty stomach also of course.

Ladies and gentlemen,

(isi pidato)

11. Pembukaan pidato bahasa Jawa

Pembukaan pidato bahasa Jawa
Pexels

(Salam dan doa)

Dumatheng para rawuh ingkang bagya mulya,

Wonten kasempatan menika, kawula badhe sekedhik caos wedaan babagan kasarasan. Kasarasan nggih menika kawontenan sejahtera saking tiyang saupakara jasmani kaliyan rohani.

Kasarasan ugi ngrupikaken anugrah saking Allah SWT kersanipun, kita sedaya saged nglampahi kegiatan. Menawi kasarasan kita sedaya tetep kereksa, mila kita sedaya saged numindakaken aktivitas sadinten-dinten kanthi lancar amargi teng lebet salira ingkang waluya wonten jiwa ingkang kiyat ugi.

Dadosipun kita sedaya saged njejer prestasi langkung kathah malih kagem masa ngajeng bangsa kita sedaya amargi bangsa ingkang kiyat menika bangsa ingkang rukun lan sehat. Menawi rakyat rukun lan sehat mila, setunggal bangsa badhe dados kiyat,

Dumatheng para rawuh

(isi pidato)

12. Pembukaan pidato Bahasa arab

pembukaan pidato Bahasa arab
Pexels

تحياتنا جميعا

في هذه المناسبة السعيدة ، نشعر بالامتنان حقاً لأننا لم شملنا أخيراً. لطالما كان الوقت المتبقي بمثابة تذكير بأننا كنا معًا وننمو الآن لننضج من أنشطة كل منهما. عسى أن ترافقنا الصحة والبركات أينما كنا.

دعونا ننتقل إلى هذا الشمل بوقار وفرح. دعونا نستمر في تذكير بعضنا البعض بالطيبة والتقدم. نأمل أن يعقد هذا النوع من الاجتماعات في المستقبل. امين

Tahiaatuna jamyeaan. fi hadhih almunasibat alsaeidat , nasheur bialaimtinan hqaan li’anana lm shamlna akhyraan. litalima kan alwaqt almutabaqiy bimathabat tadhkir bi’anana kunaa meana wananmu alan linandaj min ‘anshitat kli minhima. easaa ‘an turafiqana alsihat walbarakat ‘aynama kunaa.”

“Daeuna nantaqil ‘iilaa hdha alshaml biwaqar wafarh. daeunaan nastamiru fi tadhkir bedna albaed bialtayibat waltaqdum. namal ‘an yaeqid hdha alnawe min alaijtimaeat fi almustaqbal. ‘amin.

Itulah beberapa contoh pembukaan pidato yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi pada saat membuat naskah pidato. Silahkan pilih contoh pembukaan mana sesuai yang dibutuhkan. Sedulur hanya perlu memilih, kemudian ganti informasi-informasi yang dibutuhkan. Misalnya saja seperti nama, tanggal, tempat, dan acara.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.