Salah satu perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah menjadi warga negara yang baik dan bermanfaat. Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Saat pelajaran sekolah, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kita diberi tahu oleh guru bahwa perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah dengan menjadi warga negara yang baik dan bermanfaat bagi bangsa, negara dan sesama.

Namun, dalam pelaksanaannya, menerapkan perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah hal yang sulit. Tidak semudah kita menyerap materi pelajaran sekolah. Karena, pada dasarnya, menjadi masyarakat yang baik terhadap sesama dan negara merupakan hal yang membutuhkan konsistensi.

Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia dan merayakan peristiwa proklamasi kemerdekaan, Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa contoh sikap positif terhadap proklamasi kemerdekaan. Termasuk contoh perilaku positif memaknai proklamasi kemerdekaan Indonesia di lingkungan sekolah. Maka dari itu, mari kita langsung simak pembahasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Rayakan Kemerdekaan dengan Meriah Bersama Aplikasi Super

Contoh Perilaku Positif Memaknai Proklamasi Kemerdekaan

Contoh Perilaku Positif Memaknai Proklamasi Kemerdekaan
merdeka.com

Sikap positif terhadap proklamasi berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa, dan sikap positif terhadap suasana kebatinan dan nilai-nilai Konstitusi pertama berarti menjunjung tinggi cita-cita kehidupan bernegara dengan tata hukum bernegara di dalam kehidupan negara yang didirikan pada pada tanggal 17 Agustus.

Penjelasan di atas setidak sering kita dengar, mulai dari kita besekolah, kuliah hingga saat ini bekerja. Dalam proklamasi kemerdekaan, perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah sikap kreatif, kritis, mandiri, berani menyampaikan kebenaran walaupun pahit, dan memegang teguh prinsip-prinsip, asas dan tujuan hidup bernegara.

Hal tersebut terkandung dalam teks proklamasi kemerdekaan, Pancasila serta UUD 1945, yang menjadi salah satu landasan hidup yang kita gunakan sebagai warga negara Indonesia. Sebagai warga negara seharusnya kita senantiasa memegang teguh prinsip dan contoh perilaku positif dalam rangka memaknai proklamasi kemerdekaan.

Jangan sampai kita melupakan hal tersebut. Jika sampai kita mengabaikannya bahkan hingga melupakannya, sama saja kita tidak menghargai perjuangan nenek moyang kita yang telah susah payah merebut kemerdekaan. Seperti contoh, dibawah ini yang termasuk sikap negatif terhadap makna proklamasi kemerdekaan Indonesia:

  • Melakukan kriminalitas
  • Tidak menaati peraturan dan UUD 1945
  • Melakukan hal buruk dan mengganggu ketertiban negara Indonesia
  • Dengan sengaja melawan kebijakan pemerintah tanpa landasan dan alasan yang jelas

Jika diurut, akan banyak sekali hal-hal negatif yang perlu dihindari oleh warga Indonesia. Alih-alih membahas hal negatif, lebih baik kita membahas beberapa contoh perilaku positif terhadap kemerdekaan.

7 Perilaku Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan

7 Perilaku Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan
mongabay.co.id

Agar bisa terhindar dari hal-hal negatif yang telah disinggung di atas, kita harus mengetahui apa saja perilaku positif yang bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa contoh hal yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari pemaknaan kita terhadap proklamasi kemerdekaan untuk senantiasa menjadi warga negara yang baik. Contoh 7 perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah:

  • Sikap kreatif
  • Berpikir kritis
  • Hidup mandiri
  • Berani menyampaikan kebenaran walaupun pahit
  • Memegang teguh prinsip-prinsip negara
  • Menjunjung tinggi asas-asas bernegara
  • Berusaha mewujudkan tujuan bernegara sebagaimana yang ada di teks Proklamasi, UUD 1945 dan Pancasila.

Memaknai Kemerdekaan dalam Bidang Keagamaan

Memaknai Kemerdekaan dalam Bidang Keagamaan
suara.com

Bukan hanya dalam hal bernegara dan bermasyarakat kita bisa memaknai proklamasi kemerdekaan. Namun, dalam bidang keagamaan, kita juga bisa memaknai proklamasi dengan melakukan sejumlah tindakan. Salah satu contoh upaya mengisi kemerdekaan dalam bidang keagamaan adalah sebagai berikut:

  • Menunaikan segala kewajiban yang diperintahkan oleh agama yang dianut
  • Saling menghormati antar penganut agama yang ada di Indonesia
  • Berperilaku baik dan memberi perlakukan sama walau menganut agama berbeda
  • Tidak melakukan hal yang provokatif terhadap penganut agama yang berbeda

Jika hal di atas dalam konteks beragama, kita juga bisa melakukan beberapa hal positif sebagai pemaknaan terhadap proklamasi dalam lingkungan sekolah. Berikut pembahasannya.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Menarik di Hari Kemerdekaan

Berperilaku Positif Memaknai Proklamasi di Lingkungan Sekolah

Berperilaku Positif Memaknai Proklamasi di Lingkungan Sekolah
infopublik.co.id

Sebagai warga negara yang baik, perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah dengan menuntut ilmu setinggi mungkin dan mengabdikan diri kepada agama. Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku positif yang bisa kita terapkan sebagai siswa di lingkungan sekolah:

  • Belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh, agar kita bisa tetap menyalakan api perjuangan para pahlawan dan juga melanjutkan perjuangan pahlawan yang telah susah payah merebut kemerdekaan dari penjajah.
  • Selalu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, sebagai bagian penting menghormati jasa-jasa para pahlawan.
  • Menjadi seorang siswa yang selalu membela kebenaran, bersikap jujur dan baik, juga memperjuangkan hal-hal yang dianggap tidak benar.
  • Menghormati guru dan orangtua, sebagaimana kita menghormati jasa para pahlawan.

Perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah hal yang wajib bagi setiap warga negara, termasuk juga siswa sekolah yang merupakan generasi penerus yang akan memegang kepemimpinan negara.

Warga Indonesia yang Baik Adalah Warga Negara yang Memiliki Perilaku Positif

Warga Indonesia yang Baik Adalah Warga Negara yang Memiliki Perilaku Positif
linovhr.com

Pada akhirnya, warga negara yang baik adalah warga Indonesia yang memiliki perilaku yang positif. Perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah sebagaimana hal yang telah dijelaskan di atas. Senantiasa memegang teguh prinsip, asas dan tujan negara Indonesia, yang tercantum pada teks Proklamasi, UUD 1945 dan Pancasila.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga keharmonisan antar warga negara. Karena salah satu perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah hidup rukun, damai dan tentram. Walaupun banyak perbedaan di antara setiap warga negara Indonesia. Karena, Indonesia sendiri merupakan negera yang terdiri dari banyak perbedaan.

Mulai dari perbedaan warna kulit, perbedaan bahasa daerah, perbedaan adat-istiadat, perbedaan agama dan banyak perbedaan lainnya. Namun, perbedaan di atas bukan jadi hal yang bisa memecah belah kita sebagai bangsa Indonesia. Justru perbedaan di atas merupakan lem perekat kita sebagai warga negara, agar senantiasa bersatu.

Kita harus banyak belajar dari para pendahulu dan pendiri bangsa Indonesia. Bahwa para pendahulu dan nenek moyang kita yang berbeda-beda, merupakan orang-orang yang terdiri dari suku bangsa yang berbeda. Mereka bersatu padu, berjuang di masing-masing daerahnya, melakukan perlawanan terhadap penjajah hanya untuk mendapatkan kemerdekaan semata.

Maka dari itu, kemerdekaan yang telah kita nikmati saat ini harus serta kita pertahankan dengan sekuat tenaga. Karena perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu kita, oleh nenek-moyang kita, dilakukan selama ratusan tahun bukan hal yang mudah. Terdapat istilah yang terkenal, bahwa lebih sulit merebut kemerdekaan dibanding mempertahankan.

Dalam setiap era dan setiap generasi memiliki tantangan masing-masing dan berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap tantangan yang kita hadapi diharapkan selalu bisa menjadi motivasi untuk kita agar bisa lebih baik menjadi warga negara dan mempertahankan Indonesia yang merdeka.

Perilaku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan adalah warga negera yang aktif dan turut serta dalam perkembangan bangsa Indonesia, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam artikel di atas. Semoga dengan penjelasan di atas bisa membantu Sedulur agar bisa menjadi warga negara yang lebih baik lagi, terutama dalam menyambut hari kemerdekaan yang sebentar lagi akan kita rayakan.

Kemerdekaan juga bisa kita nikmati dalam hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Contohnya dalam membeli kebutuhan harian dan kebutuhan dapur. Kita bisa secara merdeka memenuhi kebutuhan harian dengan membelinya di Aplikas Super. Pelayanan dari Aplikasi Super membuat kita bebas merdeka memilih yang kita butuhkan.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Rayakan kemerdekaan Indonesia dan maknai betapa berharganya sebuah kemerdekaan bersama kemudahan layanan dari Aplikasi Super.