Walaupun sama-sama tepung, namun di antara ketiganya memiliki perbedaan yang mencolok.

Sebagian dari Sedulur Super mungkin ada yang belum mengetahui perbedaan dari tepung terigu, tapioka dan maizena. Walaupun sama-sama tepung, namun ketiganya memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok.

Walaupun ketiga tepung tersebut biasa digunakan untuk bahan makanan yang setiap hari Sedulur temui, seperti gorengan atau kue. Namun, tidak otomatis ketiga jenis tepung tersebut bisa digunakan untuk membuat gorengan atau kue. Terdapat beberapa perbedaan yang sangat mencolok dari ketiga jenis tepung tersebut. Apa saja perbedaanya? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pendiri Aplikasi Super

-->

Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka dan Maizena

1. Bahan Pembuatan

Hal mendasar yang membedakan ketiga jenis tepung di atas adalah bahan pembuatannya. Tepung terigu terbuat dari biji gandum yang digiling halus hingga menjadi tepung. Sedangkan tepung tapioka terbuat dari bahan singkong yang melalui proses sama, yaitu digiling hingga halus sampai menjadi tepung. Tepung tapioka juga dikenal dengan nama tepung kanji, atau di daerah Jawa Barat tepung tapioka bernama aci. Sedangkan tepung maizena terbuat dari sari pati jagung.

2. Warna Tepung

Warna ketiga tepung terigu pun otomatis berbeda, karena perbedaan dari bahan pembuatannya. Tepung terigu yang terbuat dari biji gandum memiliki warna putih yang agak pucat, hal ini disebabkan karena warna dari biji gandum yang kekuning-kuningan. Sedangkan tepung tapioka memiliki warna tepung yang lebih putih, hampir seperti gula halus. Sedangkan tepung maizena memiliki warna tepung yang hampir mirip dengan tepung terigu, yaitu putih pucat. Namun tepung maizena biasanya berwarna putih pucat yang agak kekuningan, hal ini disebabkan dari sari pati jagung yang mengandung warna kuning.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

3. Tekstur Tepung

Perbedaan selanjutnya adalah tekstur ketiga jenis tepung di atas. Walaupun secara umum memang terlihat sama dan tidak bisa dibedakan. Namun perbedaan tekstur akan dirasakan ketika proses pengolahan. Tepung terigu ketika diolah memiliki tekstur yang tidak terlalu lengket, masih bisa diatur. Berbeda dengan tepung tapioka yang memiliki tekstur yang sangat lengket seperti lem. Sedangkan tepung maizena memiliki tekstur yang tidak terlalu lengket seperti tepung terigu.

4. Beda Penggunaan

Jenis tepung yang sangat umum kita konsumsi adalah tepung terigu dan tepung tapioka. Karena dua jenis tepung ini biasa digunakan sebagai bahan jajanan yang sering kita jumpai di mana pun. Seperti tepung terigu misalnya, selain sebagai bahan utama dalam membuat aneka gorengan, tepung terigu juga sebagai bahan utama dari mie, roti dan kue. Sedangkan tepung tapioka umum kita jumpai dalam berbagai aneka jajanan seperti cireng, cilok, cilor dan aneka jajanan anak SD lainnya, dan juga tepung tapioka lebih sering digunakan sebagai bahan perekat, dan juga aneka makanan yang kenyal seperti beberapa makanan yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka, yaitu pempek, bakso dan lain sebagainya.

Berbeda dengan tepung terigu dan tepung tapioka, harus Sedulur ketahui bahwa tepung maizena hanya digunakan untuk bahan campuran saja. Biasanya digunakan untuk meningkatkan kekentalan makanan yang berkuah dan meningkatkan kerenyahan makanan. Jadi, tepung maizena ini hanya sebagai bahan pendukung yang berfungsi melengkapi sebuah makanan, seperti makanan sayur capcay, sup, teriyaki dan lain sebagainya.

5. Kandungan Gizi

Sedulur Super harus mengetahui bahwa kandungan gizi dari ketiga jenis tepung di atas pun hampir sama. Seperti tepung terigu yang lebih banyak mengandung protein dan juga mengandung gluten, disamping itu, tepung terigu juga memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya. Sama seperti tepung terigu, tepung tapioka juga mengandung protein namun bebas dari gluten. Tepung tapioka sangat cocok dikonsumsi bagi Sedulur Super yang punya masalah intoleransi gluten. Selain itu, tepung tapioka juga mengandung karbohidrat, lemak jenuh dan juga sodium. Sementara itu, tepung maizena mengandung protein namun bebas dari kandungan gluten. Tepung maizena sangat cocok dikonsumsi bagi Sedulur yang menderita penyakit celiac.

Selain itu, tepung maizena juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lebih beragam dibanding kedua jenis tepung lainnya, yaitu tepung terigu dan tepung maizena. Seperti vitamin yang terkandung dalam tepung maizena adalah vitamin A, B1, B2, B3 hingga Vitamin C. Selain itu, tepung maizena juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, kalium dan juga mineral.

Seperti yang Sedulur Super ketahui, bahwa tepung terigu merupakan salah satu sembako super yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Hal tersebut karena, terigu bisa dikatakan sebagai alternatif pengganti nasi. Seperti mie dan gorengan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ketika tidak memakan nasi.

Tepung terigu, tepung maizena dan tepung tapioka juga sangat umum Sedulur jumpai di setiap toko kelontong atau grosir sembako, hal ini menunjukan seberapa pentingnya ketiga jenis tepung tersebut. Bagi Sedulur Super yang ingin kulak tepung atau sembako super di atas, bisa langsung cek Aplikasi Super. Tersedia berbagai jenis sembako di Aplikasi Super yang siap sedia untuk dikulak oleh Sedulur sekalian. Selain itu, Aplikasi Super juga memberikan harga yang sangat murah dibanding di tempat lain. Oleh karena itu, kulak sembako di Aplikasi Super bisa membuat Sedulur Super mendapatkan untung super melimpah.

Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini segera untuk download dan install Aplikasi Super di smartphone Sedulur sekalian. Langsung kulak sembako di Aplikasi Super dan buktikan untung super melimpah yang diberikan Aplikasi Super.