Melalui Forbes Real Time Billionaire, majalah ini merilis daftar orang terkaya di Indonesia hingga di seluruh dunia. Sebelumnya, Forbes juga merilis orang terkaya di Indonesia 2020 hingga 2021 dengan berbagai kategori. Orang terkaya di Indonesia nomor 1 ditempati oleh R. Budi dan Michael Hartono yang menjadi salah satu dari 10 orang terkaya di Indonesia.

Kedua bersaudara ini adalah pemilik saham PT Bank Central Asia Tbk dan Djarum. Setidaknya, total kekayaan Budi dan Michael Hartono mencapai US$42,6 miliar atau setara Rp 612,8 triliun.

Nah, Sedulur pasti makin penasaran kan siapa saja daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022 ini? Berikut orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Yuk, scroll sampai bawah!

BACA JUGA: 15 Adegan Ciuman di Serial Indonesia yang Romantis

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

rumah123.com

Seperti yang sudah disinggung di awal, orang terkaya di Indonesia 2022 posisi pertama ditempati oleh Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Menurut Forbes.com pada tahun 2021, kekayaan dua bersaudara ini mencapai US$ 42,6 miliar atau Rp 612,8 triliun. Keduanya memiliki investasi besar di PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Selain itu, kekayaan keluarga dari perusahaan rokok Djarum dan perusahaan elektronik Polytron ini juga ada yang dari aset-aset properti di Jakarta.

2. Keluarga Widjaja

okezone.com

Posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia 2022 adalah keluarga Widjaja. Total kekayaan keluarga Widjaja diketahui mencapai US$ 9,7 miliar atau setara Rp 139,5 triliun. Kekayaannya ini awalnya dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja, yang sudah meninggal pada Januari 2019 lalu. Aset kekayaan keluarga Widjaja terdiri dari berbagai bisnis milik Sinar Mas, seperti real estate, telekomunikasi, jasa kesehatan, jasa keuangan, perusahaan kertas, dan agribisnis.

BACA JUGA: 20 Negara Terluas di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

3. Anthoni Salim

voi.id

Chief Executive Officer (CEO) Indofood, yaitu Anthoni Salim juga masuk dalam daftar 20 orang terkaya di Indonesia. total kekayaan Anthoni Salim mencapai US$ 8,5 miliar. Dia memiliki perusahaan mie instan terbesar di Indonesia, bahkan dunia yaitu Indomie. Kemudian kekayaan lain Anthoni berasal dari investasi makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, hingga energi.

4. Sri Prakash Lohia

lifepal.co.id

Sri Prakash Lohia merupakan salah satu dari 150 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya mencapai US$ 6,2 miliar dollar. Kekayaannya itu dia dapatkan dari produksi PET dan petrokimia. Awalnya, dia pindah ke Indonesia pada dekade 1970-an bersama ayahnya dari India. Lalu mereka mendirikan Indorama Corporation, yang sekarang menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia. Tak hanya itu, perusahaan ini juga memproduksi sarung tangan medis, pupuk, bahan baku tekstil, dan produk industri lainnya.

BACA JUGA: Mengenal Peran Indonesia Dalam PBB di Berbagai Bidang

5. Prajogo Pangestu

lifepal.co.id

Mengutip dari Forbes.com, Prajogo Pangestu memiliki kekayaan hingga US$ 6,1 miliar. Kekayaannya ini berasal dari perusahaan Barito Pacific. Perusahaan Prajogo Pangestu ini setidaknya memiliki sekitar 70% kepemilikan perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada tahun 2011 perusahaan Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia, yang kemudian menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

6. Chairul Tanjung

uc.ac.id

Tentunya kamu sudah gak asing dengan nama ini. Ya, dia adalah Chairul Tanjung. Tercatat, dirinya memiliki kekayaan sekitar US$ 5,5 miliar dari berbagai bisnis yang ia geluti. Chairul Tanjung adalah pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Bisnisnya pun cukup banyak, mulai dari media, termasuk online dan televisi, Carrefour dan Transmart, sampai mengontrol franchise Wendy’s di Indonesia, Versace, Mango, dan Jimmy Choo.

BACA JUGA: 13 Kota Tertua di Indonesia, Apa Ada Kota Tempat Tinggalmu?

7. Susilo Wonowidjojo

liputan6.com

Pemilik Gudang Garam ini memiliki kekayaan sebesar US$ 4,8 miliar. Pabrik rokok ini memiliki harga nominal saham paling besar yang berbasis di Kediri, Jawa Timur. Selain rokok, Susilo Wonowidjojo juga punya bisnis kelapa sawit lewat perusahaannya Makin Group yang terkonsentrasi di Provinsi Jambi dan Kalimantan Tengah lewat anak perusahaannya PT Matahari Kahuripan. Total area lahan perkebunannya mencapai 140.000 hektar di Sumatera dan Kalimantan, serta 13 pabrik pengolahan.

8. Boenjamin Setiawan

law-justice.co

Boenjamin Setiawan adalah pendiri Kalbe Farma pada tahun 1966 bersama lima saudara kandungnya. Perusahaan ini bergerak di bidang farmakologi. Boenjamin Setiawan sendiri memiliki gelar doktor di bidang farmakologi. Kalbe Farma pun menjelma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Total kekayaannya ditaksir mencapai US$ 4,2 miliar.

BACA JUGA: Mengenal Profil Pendiri Google: Larry Page & Sergey Brin

9. Jogi Hendra Atmadja

utakatikotak.com

Mayora merupakan perusahaan makanan terbesar di Indonesia dan kepalanya adalah Jogi Hendra Atmadja. Seperti yang kita tahu perusahaan memiliki produk kopi, sereal, permen hingga biskuit. Merek yang terkenal beberapa adalah Kopiko, Danisa, dan Roma yang dijual ke 100 negara. Awalnya, keluarga Atmadja hanya membuat biskuit rumahan pada tahun 1948. Kemudian mereka resmi mendirikan grup Mayora pada tahun 1977. Total kekayaannya mencapai US$ 4,1 miliar.

10. Bachtiar Karim

kumparan.com

Bachtiar Karim dikenal karena sepak terjangnya di Musim Mas Group, yaitu konglomerasi yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO. Musim Mas Group adalah salah satu perusahaan minyak sawit terintegrasi terbesar di dunia. Bahkan operasinya mencakup seluruh rantai nilai di wilayah Amerika, Eropa, dan Asia.

Musim Mas awalnya hanyalah pabrik sabun Nam Cheong di Medan. Namun kini sdah memiliki operasi di 13 negara dengan produk turunannya. Total kekayaannya sendiri ditaksir mencapai US$ 3,5 miliar.

BACA JUGA: 10 Wajah Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021

11. Wijono dan Hermanto Tanoko

bisnismuda.id

Wijono dan Hermanto Taonoko adalah pemilik perusahaan Avi Avian, yakni perusahaan cat di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh ayah mereka, Soetikno Tanoko pada tahun 1978. Namun selain perusahaan cat, keluarga Tanoko juga mengembangkan usaha di bidang properti dan ritel. Total kekayaannya diduga mencapai US$ 3,3 miliar.

12. Jerry Ng

forbes.com

Jerry NG mendapatkan kekayaannya dari perbankan. Salah satu sumber kekayaannya adalah dari saham Bank Jago yang kini telah berubah menjadi bank digital. Total kekayaannya ditaksir mencapai US$ 3,2 miliar.

BACA JUGA: 15 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

13. Peter Sondakh

rajawali.com

Pengusaha bernama Peter Sondakh berada di urutan ke-13 sebagai orang terkaya di Indonesia. Ditaksir kekayaannya mencapai 2 miliar Dollar atau setara dengan Rp 28.738.000.000.000. Dia adalah pendiri Rajawali Coorporate, yang bergerak di beberapa bidang bisnis seperti pertanian, infrastruktur, informasi dan teknologi, barang konsumen, media dan komunikasi, pertambangan dan sumber daya energi, properti dan hotel ritel serta transportasi.

14. Joko Susanto

suara.com

Joko Susanto atau Kwok Kwie Fo juga masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia. Pria kelahiran Februari 1950 ini memiliki kekayaan 1,9 miliar Dollar atau dalam rupiah setara Rp27.301.100.000.000. Dia adalah pemilik salah satu ritel terbesar di Indonesia yaitu Alfamart. Tercatat saat ini lebih dari 14.000 gerai Alfamart yang ada di seluruh Indonesia.

15. Mochtar Riady

idxchannel.com

Li Moe Tie atau lebih familir Mochtar Riady merupakan orang terkaya posisi ke-15 di Indonesia. Kekayaannya saat ini berkisar 1,8 miliar Dollar atau setara Rp25. 864.200.000.000. Dia merupakan pendiri dan Presiden Komisaris dari Lippo Group. Beberapa anak perusahaannya adalah Matahari Department Store, Hypermart, PT Lippo Karawaci Tbk, Siloam Hospital, First Media, PT Berita Satu Holdings, Bank Nobu dan masih banyak lagi.

Itulah tadi daftar orang terkaya di Indonesia. Mungkin beberapa dari nama di atas kamu sudah pernah mendengarnya. Tentu saja kesuksesan mereka saat ini berkat kerja kerasnya dan perjuangan yang gak mudah. Namun semoga saya, deretan orang terkaya tadi bisa memotivasi kamu untuk mengejar kesuksesan ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!