kota tertua di indonesia

Usia tak hanya disematkan kepada makhluk hidup saja, beberapa barang dan wilayah pun memiliki usianya masing-masing. Kota-kota di tanah air pun disebut memiliki umur yang sangat tua, tapi dimana kota tertua di Indonesia?

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang usianya sudah mencapai ribuan tahun. Hal ini tak lepas dari sejarah di wilayah tersebut yang merupakan peninggalan dari kerajaan di masa lalu. Catatan usia ini pun tersimpan rapi dalam dokumen pemerintah daerah masing-masing.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan bahasan sejarah kali ini? Berikut daftar kota tertua di Indonesia.

BACA JUGA: 10 Kota Terdingin di Indonesia, Nyaman Buat Rekreasi Keluarga

-->

Palembang

Kota tertua di Indonesia
Wikipedia

Kota tertua di Indonesia berdiri sejak 682 Masehi. Kota ini tak lain adalah Palembang, ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan.

Sejarah usia dari Palembang sendiri tercatat dalam sebuah prasasti di Kedukan Bukit. Dalam prasasti tersebut, Palembang sudah berkembang menjadi pusat kehidupan sejak tanggal 16 Juni 682 Masehi. Jadi bisa disimpulkan usia Palembang sekarang sudah 1.340 tahun.

Awal keberadaan Palembang tak lepas dari munculnya Kerajaan Sriwijaya yang menjadi salah satu kerajaan paling besar di tanah air.

Asal nama Palembang sendiri tidak lepas dari kondisi geografis daerah tersebut yang dikeliling banyak air. Dalam bahasa melayu, Pa atau Pe merupakan kata yang merujuk pada lembang atau genangan air.

Meskipun menjadi kota tertua di Indonesia, Palembang masih kalah dengan Kota Jericho di West Bank. Kota tersebut menjadi kota tertua di dunia karena telah ada sejak 9.000 SM.

Memiliki kota tertua di Indonesia membuat Provinsi Sumatera Selatan juga ikut memiliki predikat sebagai provinsi tertua di Indonesia.

Salatiga

Kota tertua di Indonesia
Wikipedia

Walaupun sekarang menjadi kota kecil di Jawa Tengah, ternyata Salatiga memiliki sejarah yang begitu panjang. Bahkan, kota ini menjadi kota tertua nomor dua di Indonesia.

Berdasarkan catatan dalam Prasasti Plumpungan, Kota Salatiga seudah ada sejak 24 Juli 750 Masehi. Prasasti itu juga menjelaskan bahwa Salatiga menjadi kota yang cukup termasyur dan terpandang karena dibebaskan dari pajak atau upeti di masa lalu.

Konon katanya, Salatiga menjadi salah satu kota yang memiliki jasa pada raja-raja besar di Jawa seperti Kerajaan Majapahit hingga Kerajaan Ampel.

Walaupun sekarang hanya menjadi kota kecil di Jawa Tengah, Salatiga masih memiliki banyak harta karun. Salah satunya adalah sajian kuliner legendaris yang hanya bisa ditemukan di sana. Beberapa jenis kuliner yang tak boleh dilewatkan adalah sate sapi suruh, soto esco sampai gecok kambing.

Magelang

Kota tertua di indonesia
Solopos

Kota Magelang atau Kota Seribu Bunga juga menjadi kota tertua di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena satu situs bersejarah yang juga jadi keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur ada di Magelang.

Menurut catatan Prasasti Mantyasih, Magelang sudah ada sejak 11 April 907 Masehi. Magelang menjadi salah satu wilayah kekuasaan dari Kerajaan Mataram Kuno yang diperintah oleh Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung.

Magelang juga menjadi pusat perdagangan dan pusat transit dari para pengembara di masa lalu. Letaknya yang berada di antara gunung juga membuat banyak orang akhirnya memilih menetap di Magelang. Hal ini karena cuaca di Magelang cenderung dingin dan sejuk.

Bila dihitung, usia Magelang di tahun ini sudah memasuki umur 1.115 tahun. Jadi tidak heran kalau kota ini termasuk sebagai kota tertua di Indonesia.

BACA JUGA: 9 Misteri Kota Saranjana yang Disebut Kota Ghaib & Misterius

Kediri

Kota tertua di Indonesia
Pegipegi

Kota tertua selanjutnya juga menjadi kota tertua di Jawa Timur, dia adalah Kediri. Kota Kediri telah berdiri sejak tahun 879 Masehi.

Sejarah berdirinya sendiri tercatat dalam Prasati Kwak yang ada di Desa Ngadirejo, Kediri. Dalam catatan tersebut Kediri menjadi salah satu kota paling dihormati karena keberadaan Kerajaan Kediri.

Nama Kediri juga begitu terkenal karena kehebatan cerita dari Rakai Kayuwangi atau yang juga dikenal sebagai Raja Lokapala.

Kediri sendiri saat ini menjadi kota satelit yang memiliki banyak penduduk.Bahkan, kini memiliki satu ikon yang begitu megah bernama Monumen Simpang Lima Gumul.

Banda Aceh

Kota tertua di Indonesia
Kayak

Banda Aceh juga menjadi kota tertua di Indonesia. Kota ini dibangun saat Kerajaan Aceh Darussalam oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

Selain menjadi kota tertua di Indonesia, Aceh juga memiliki predikat sebagai kota Islam tertua di Asia Tenggara. Tidak heran Aceh juga memiliki julukan sebagai Serambi Mekkah.

Alasan Aceh menjadi kota Islam tak lepas dari letaknya yang berada di ujung Pulau Sumatera. Kala itu, wilayah Aceh sering dijadikan lokasi singgah para gujarat dan saudagar Islam.

Surabaya

Umur kota surabaya
Wikipedia

Saat Kerajaan Majapahit berdiri, Surabaya menjadi gerbang kerajaan tepatnya berada di kawasan muara Kali Mas. Kota Surabaya sendiri terbentuk usai pasukan Majapahit berhasil merebut wilayah ini dari Kubilai Khan pada 31 Mei 1293.

Sebuah fakta unik tentang pengambilan nama Surabaya ini tak lepas dari buaya yang menjadi simbol dari Raden Wijaya dari Majapahit. Sementara itu, Hiu menggambarkan pasukan Mongol yang dipimpin oleh pasukan Kubilai Khan.

Selain itu, letak Surabaya yang begitu strategis memang membuatnya menjadi salah satu kota paling maju di Indonesia setelah Jakarta. Belum lagi banyak sejarah yang tercatat di Surabaya saat masa kemerdekaan yang membuat kota ini sangat terkenal.

Bau-bau

Kota baubau
ButonMagz

Kota tertua di Indonesia selanjutnya ada dari Sulawesi Utara. Kota tersebut adalah Baubau yang merupakan bekas wilayah kekuasaan Kesultanan Buton.

Kerajaan Buton sendiri menurut sejumlah sumber dan catatan sejarah, berdir sejak abad ke-15. Tanda lain Buton menjadi salah satu kota tertua karena memiliki tiga suku besar, yakni suku Bugis Makassar, Bugis Ternate, dan Bugis Buton.

Di Bau-bau sendiri juga terdapat sebuah benteng terbesar di Indonesia. Benteng itu memiliki luas 23 ribu hektar atau lebih besar dari Candi Borobudur di Magelang.

Ambon

Ambon
CruisseMapper

Kekuasaan Portugis di wilayah Timur Indonesia menyisakan banyak sejarah. Hal ini juga yang menjadi cikal bakal Ambon, dimana saat itu masyarakat lokal menjadikan sisa benteng Portugis di Pantai Honipopu sebagai pemukiman.

Menurut catatan sejarah yang dilansir dari Kompas, peristiwa itu terjadi pada 1575 atau abad ke-16. Pemukiman ini pun semakin maju hingga akhirnya menjadi sebuah kota yang diberi nama Ambon.

Dari situ pula munculah kelompok masyarakat lokal yang mendiami Ambon seperti soa Ema, soa Kilang, soa Silale, Hative, sampai Urimessing.

Tegal

Kota tegal
Pantura Post

Ketika membicarakan Kota Tegal, maka tidak bisa melupakan nama Ki Gede Sebayu. Saat itu, Ki Gede Sebayu berhasil merebut wilayah bernama Teteguall yang dikuasai oleh Portugis.

Kejadian ini terajadi sekitar tahun 1500-an, sampai akhirnya Kota Tegal resmi dibangun usai Ki Gede Sebayu mengadakan acara penobatan pimpinan dengan festival tradisional pada 12 April 1580.

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Kota Batu Paling Unik. Wajib Ke Sini!

Padang

Umur kota padang
Good News From Indonesia

Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Kota Padang di Sumatera Barat. Wilayah ini menjadi wilayah pesisir tertua karena terbentuk pada 7 Agustus 1669.

Wilayah Padang sendiri sempat dikuasai oleh Belanda sebelum akhirnya direbut oleh para pejuang. Satu momen perebutan ini ditandai dengan pembakaran Loji Belanda di Muara Padang.

Gorontalo

Gorontalo kota
Wikipedia

Setelah membahas 10 kota tertua di Indonesia, posisi kota tertua kesebelas adalah Gorontalo. Menurut catatan sejarah yang dilansir dari Detik, Gorontalo terbentuk pada 18 Maret 1728 Masehi.

Gorontalo juga menjadi salah satu kota tertua di Sulawesi selain Makassar, Pare-pare dan Manado. Kota ini juga begitu erat dengan pengaruh Islam, sampai akhirnya Gorontalo dijuluki sebagai Serambi Madinah.

Wilayah Gorontalo juga dikenal sebagai tempat banyak pengembara singgah. Pada awal terbentuknya, Gorontalo juga banyak menyisakan sejarah tentang Kerajaan Suwawa yang berdiri sekitar tahun 700 Masehi.

Pontianak

Masjid Jami Pontianak
Orchardz Hotel

Kota tertua selanjutnya adalah Pontianak. Kota ini didirikan Syarif Abdurrahman pada 23 Oktober 1771 saat melakukan ekspedisi di Pulau Kalimantan.

Kala itu, Kalimantan masih belum terjamah dan hanya dipenuhi hutan rimba. Pontianak sendiri ditemukan di sebuah persimpangan tiga Sungai Landak Sungai Kapuas Kecil dan Sungai Kapuas. Berada di persimpangan membuat Pontianak memiliki posisi yang strategis.

Pada tahun 1778, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan, Syarif Abdurrahman dinobatkan sebagai Sultan Pontianak pertama. Dia langsung melakukan pembangunan besar seperti Masjid Jami dan Istana Kadariah yang berada di Dalam Bugis, Pontianak Timur.

Yogyakarta

Tugu jogja
Tripsavvy

Kota tertua selanjutnya adalah Yogyakarta. Sejarah berdirinya Kota Yogyakarta ini tak bisa lepas dari Perjanjian Giyanti pada 13 Februari 1755.

Saat itu, wilayah Yogyakarta masih menjadi satu kesatuan dengan Mataram yang terbagi menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Perjanjian Giyanti akhirnya membuat Mataram pecah dan terbentuklah Kota Yogyakarta. Pada 9 Oktober 1755, Sultan Hamengkubuwono I terpilih. Wilayah Yogyakarta awalnya adalah hutan Pabringan. Kini hutan tersebut sudah menjadi Pesanggrahan Ambarketawang yang jadi gerbang Kraton Yogyakarta.

Nah, itu tadi deretan kota tertua di Indonesia. Palembang berada di urutan pertama karena sekarang ini sudah berusia lebih dari 1.340 tahun. Kalau kota kelahiranmu bagaimana nih Sedulur, masuk ke dalam daftar kota di atas?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.