orang terkaya di Indonesia

Daftar orang terkaya di Indonesia yang namanya selalu ada di Forbes. Bisa memotivasi Sedulur untuk sukses dan semangat bekerja.

Mengikuti perkembangan bisnis dan keuangan dunia membuat kamu ikut melek tentang siapa orang terkaya di Indonesia saat ini. Kekayaan yang dimiliki jumlahnya mampu membuat orang awam tercengang saking banyaknya.

Jangan salah, beberapa orang terkaya di Indonesia ini namanya juga masuk dalam list real time billionaires di Forbes dan bersanding dengan konglomerat di dunia lainnya. Penasaran dengan nama orang dengan harta terbanyak di tanah air ini? Berikut daftarnya!

Baca juga: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya

-->

10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021

1. Robert Budi Hartono 

orang terkaya di Indonesia Robert Budi Hartono
manado.tribunnews

Jumlah kekayaan: US$ 21,7 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 86

Profil orang terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat pertama adalah Robert Budi Hartono. Budi memiliki sumber kekayaan dari beberapa sektor esensial di tanah air. Ia adalah pemilik perusahaan tembakau Djarum, salah satu pemilik mayoritas saham BCA atau Bank Central Asia, serta memilini lini bisnis elektronik dari brand Polytron.

2. Michael Bambang Hartono 

orang terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono
trenasia

Jumlah kekayaan: US$ 20,8 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 86

Michael Hartono sebagai adik kandung Budi juga mencatatkan namanya dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2021. Jumlah kekayaannya tidak memiliki selisih yang terlalu banyak dari sang kakak, yakni US$ 20,8 miliar.

3. Sri Prakash Lohia 

orang terkaya di Indonesia Sri Prakash Lohia
voi

Jumlah kekayaan: US$ 6,7 miliar 

Peringkat dunia versi Forbes: 404

Pengusaha asal India ini memanen kekayaan yangs etara dengan Rp95.7 triliun berkat bisnis petrokomia dan polyethylene terephthalate (PET). Memulai usaha sebagai pembuat benang pintal di Indorama Corporation, lini usahanya sudah semakin berkembang. saat ini, dia menduduki jabatan sebagai ketua di perusahaan tersebut dan memantau perkembangannya sembari tinggal di London dan diwakili putranya di Indonesia.

4. Prajogo Pangestu 

orang terkaya di Indonesia Prajogo Pangestu
boombastis

Jumlah kekayaan: US$ 6,0 miliar 

Peringkat dunia versi Forbes: 412

100 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 selanjutnya diduduki posisinya oleh Prajogo Pangestu. Pengusaha sekaligus konglomerat kayu terbesat sebelum krismon 1997 ini mengembangkan Barito Pacific. Kekayaannya saat ini tercatat sekitar Rp85,8 triliun.

5. Chairul Tanjung 

orang terkaya di Indonesia Chairul Tanjung
voi

Jumlah kekayaan: US$ 4,3 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 589

Membawahi CT Corp membuat Chairul Tanjung memanen sekitar Rp58,6 triliun pada 2021 ini. Bisnis perbankan, tTV swasta, dan hypermarket membuat pundi-pundi angka kekayaannya tetap stabil dan semakin bertambah.

Baca juga: Apa Itu Wirausaha? Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Sukses

6. Jerry Ng 

orang terkaya di Indonesia Jerry Ng
idntimes

Jumlah kekayaan: US$ 3,4 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 821

Posisi ini ditempati oleh Jerry Ng yang sudah malang melintang di dunia perbankan tanah air. Memulai kariernya di Citibank, dia sempat menjadi direktur utama BTPN hingga 2019. Saat ini, dia adalah komisaris utama Bank Jago, salah satu bank digital yang tengah digandrungi generasi muda di Indonesia.

7. Tahir & Family 

orang terkaya di Indonesia Tahir & Family
beritasatu

Jumlah kekayaan: US$ 3,4 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 961

Keluarga Tahir sudah dikenal luas sebagai investor dan pengusaha. Selain itu, mereka juga pendiri Mayapada Group yang holding company-nya mencakup banyak lini usaha dalam bidang perbankan, media cetak, properti, rumah sakit, hingga TV berbayar.

8. Djoko Susanto 

orang terkaya di Indonesia Djoko Susanto
suara

Jumlah kekayaan: US$ 2,3 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 1883

Peringkat Djoko Susanto dalam daftar orang terkaya di Indonesia 

sering naik turun dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2021 ini, dia berhasil mengunci menduduki posisi ke-7 dengan jumlah kekayaan yang jika dirupiahkan setara dengan Rp32,9 triliun.

9. Eddy Kusnadi Sariaatmadja 

orang terkaya di Indonesia Eddy Kusnadi Sariaatmadja
wartaekonomi

Jumlah kekayaan: US$ 2,2 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 1008

Pendiri perusahaan media Emtek ini berada di posisi orang terkaya di Indonesia di tahun ini. Kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan bisnisnya mampu membuatnya kembali masuk dalam daftar ini meski beberapa tahun setelahnya sempat terdepak. 

10. Theodore Rachmat 

orang terkaya di Indonesia Theodore Rachmat
cnbcindonesia

Jumlah kekayaan: US$ 2,2 miliar

Peringkat dunia versi Forbes: 1520

Pendiri Triputra Group ini memiliki usaha di bidang agribisnis, manufaktur, serta pertambangan yang bisa menambah pundi-pundi kekayaannya. Selain itu, dia juga menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris di Adaro Energy dan memiliki saham minoritas di eprusahaan tersebut.

Semakin termotivasi untuk memiliki jumlah kekayaan yang banyak seperti orang terkaya di Indonesia di atas? Tidak ada salahnya untuk memulai bisnismu. Mulai dari yang sederhana yakni dengan memaksimalkan Aplikasi Super. Kamu bisa hemat banyak untuk urusan belanja sembako. Jika ingin semakin cuan, kamu bisa bergabung menjadi Super Agen saja!