model pintu minimalis elegan

Perlu untuk Sedulur tahu, bahwa desain pintu itu sangat berpengaruh pada bentuk hunian. Pemilihan model pintu adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Dari sekian banyak model yang ada, salah satu yang sering menjadi andalan yakni model pintu minimalis elegan .

Selain untuk keamanan dan sarana keluar masuk rumah, pintu juga mempengaruhi estetika dari rumah tersebut. Terlebih lagi, pintu adalah hal yang pertama kali dilihat oleh tamu atau orang yang datang ke rumah kita.

Namun sebelum masuk ke pembahasan terkait rekomendasi pintu, berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui bagaimana cara memilih pintu yang tepat untuk rumah Sedulur. Yuk, kita cek!

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

-->

Tips dan cara memilih pintu minimalis

iStock

Tentu Sedulur tidak bisa asal pilih pintu rumah, ada beberapa hal yang perlu Sedulur pertimbangkan. Hal ini tentu agar pintu yang Sedulur beli tidak salah dan sesuai dengan kebutuhan rumah Sedulur.

Apa saja tipsnya? Yuk kita simak apa saja daftar hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli pintu di bawah ini:

1. Sesuaikan dengan nuansa ruangan

Tentu hal pertama yang harus jadi pertimbangan yaitu kesesuaian pintu dengan nuansa ruangan. Hal ini juga yang membuat memilih pintu menjadi sangat lama karena butuh banyak pertimbangan. Terutama jika ruangan tersebut belum terlihat wujudnya sehingga nuansanya belum terasa.

Ketika Sedulur sudah tahu nuansa ruangannya, Sedulur tinggal menentukan model pintu apa yang akan Sedulur beli dan dipasang di rumah.

2. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Bukan hanya nuansa ruangan, ukuran ruangan juga penting untuk dipertimbangkan. Ukuran ini sangatlah penting. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas, Sedulur a bisa memilih model pintu satu satu minimalis elegan, atau juga memilih model mintu slide atau pintu geser.

Model tersebut dipastikan cocok untuk ruangan tersebut sehingga tidak akan terjadi ketimpangan antara ukuran ruangan dan ukuran pintu.

3. Pertimbangkan kelebihan bahan pintu

Selanjutnya pertimbangan kelebihan bahan pintu. Selain terdiri dari banyak jenis model, pintu juga terdiri dari banyak jenis bahan.

Mulai dari bahan kayu, besi, aluminium, kaca atau bahan-bahan lainnya. Jika misal Sedulur memilih pintu dari bahan kayu, jenis-jenis kayu pun terdiri dari banyak jenis. Sehingga Sedulur harus benar-benar matang memikirkan jenis-jenis bahan yang akan digunakan.

4. Sesuaikan dengan budget

Pada akhirnya semuanya akan disesuaikan dengan budget atau keuangan Sedulur itu sendiri. Jika Sedulur ingin membeli satu model tertentu dengan bahan yang spesifik, tentu Sedulur harus menyiapkan budgetnya.

Namun umumnya, dalam membangun atau renovasi rumah, budget pintu selalu menjadi prioritas dalam perencanaan keuangan dalam membangun atau renovasi rumah.

BACA JUGA: 12 Desain Pintu Kamar Mandi Terbaik yang Awet dan Mewah

Setelah mengetahui tips dan cara di atas, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi model pintu minimalis elegan, maka sedang berada di tempat yang tepat. Berikut ini beberapa model yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi.

1. Model pintu minimalis dari kayu

model pintu minimalis elegan
Pinterest

Model pintu kayu ini, memadukan antara gaya modern dan klasik dalam satu bidang. Permukaan kayu horisontal yang mulus, memperoleh update kontemporer dengan adanya pegangan gagang hitam halus yang membentang dari atas ke bawah.

Bisa dibilang jika desain pintu depan rumah ini terlihat spektakuler. Model pintu ini mampu menonjolkan kepribadian dan juga gaya yang bisa disesuaikan secara ekpresif. Pintu ini sangat cocok jika dipadukan dengan tembok berwarna putih bersih.

Sedangkan untuk warna pintunya, bisa disesuaikan dengan keinginan Sedulur. Baik itu warna cokelat gelap ataupun cokelat terang, semuanya terlihat bagus, kok.

2. Model pintu kupu tarung minimalis

model pintu minimalis elegan
Rumah Minimalis

Pintu kupu tarung merupakan sebutan untuk jenis pintu yang terdiri dari dua bukaan. Ya, model pintu seperti ini memang sudah lama menjadi pilihan orang-orang, terutama untuk rumah yang berukuran besar. Pada umumnya, jenis pintu kupu tarung ini dibuat dengan menggunakan kayu jati.

Jenis pintu ini juga cocok untuk Sedulur gunakan pada rumah-rumah bergaya minimalis, lho. Penggunaan model pintu kupu tarung sebagai pintu utama di rumah, bisa menunjukkan kesan yang mewah serta elegan untuk hunian Sedulur.

Ya, bisa dibilang bahwa model pintu kupu tarung adalah pintu yang sangat cocok digunakan sebagai pintu depan rumah.

3. Model pintu minimalis monokrom

model pintu minimalis elegan
Pintu Hits

Bagi Sedulur yang ingin menampilkan kesan sederhana sekaligus modern pada hunian, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan warna monokrom pada furniture, tidak terkecuali dengan pintu bagian depan.

Hal ini bisa menjadi daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya. Seperti yang tampak pada gambar model pintu minimalis elegan di atas, sebuah pintu dan jendela berbingkai hitam akan terlihat cantik jika dipadukan dengan dinding berwarna putih.

Terlebih lagi, akses krom pada gagang dan juga lubang kunci menguatkan sisi monokrom yang dihadirkan. Namun jangan hanya melihat desainnya saja, pastikan juga bahan yang digunakan adalah kayu yang berkualitas, ya.

4. Model pintu minimalis terbaru warna putih

model pintu minimalis elegan
Pinterest

Bagi Sedulur yang suka dengan konsep dan desain sederhana, mungkin model pintu minimalis berwarna putih ini adalah pilihan yang tepat. Model pintu yang satu ini, sangat cocok Sedulur gunakan untuk desain rumah minimalis, modern, hingga shabby chic.

Tidak hanya itu, Sedulur juga dapat menempatkan ventilasi kaca di sebelah kanan dan kiri pintu agar tampilan rumah yang dihasilkan terlihat jauh lebih cantik. Model pintu warna putih ini juga cocok digunakan untuk rumah dengan cat luar berwarna gelap, lho.

Namun kekurangan dari model pintu yang satu ini, juga berasal dari warna putih tersebut. Jadi warna putih ini akan membuat lebih mudah terlihat kotor. Jadi Sedulur harus rajin-rajin dalam membersihkannya, ya.

5. Model pintu minimalis elegan klasik

model pintu minimalis elegan
Pinterest

Jika Sedulur suka dengan desain-desain yang terkesan tradisional, maka bisa menggunakan model pintu minimalis lengkap dengan ukiran klasinya ini. Dengan 2 buah pintu utama ini, dijamin akan memperkuat kesan klasik yang Sedulur tampilkan pada hunian.

Ya, pintu ini mempunyai ukiran khas yang di bagian permukaannya. Selain itu, gagang atau handle pintunya dibuat dengan bentuk yang mewah. Selain bisa memberikan kesan tradisional pada hunian minimalis, pintu ini juga bisa digunakan untuk menghadirkan nuansa yang asri dan klasik di rumah.

Untuk mendukung kesan klasik tersebut, Sedulur juga bisa menambahkan tanaman di bagian teras rumah dimana pintu tersebut digunakan.

6. Model pintu minimalis etnik

Pinterest

Untuk model pintu yang berikutnya, hadir dengan desain yang unik dengan gaya etnik yang terlihat sangat menarik. Untuk pemilihan modelnya sendiri, bisa Sedulur sesuaikan dengan keinginan dan juga desain keseluruhan rumah.

Tampilannya yang unik, tentu saja mampu memberikan kesan tersendiri bagi tamu yang berkunjung ke rumah Sedulur. Tidak usah khawatir, pintu cocok diterapkan untuk rumah dengan warna dinding yang terang maupun warna gelap, kok.

Selain itu, penggunaan keramik berwarna krem atau cokelat muda akan menguatkan kesan etnik yang dihadirkan oleh pintu tersebut.

BACA JUGA: Tips Beli Rumah Cash Keras Tanpa Was- Was

7. Model pintu bergaya kontemporer

Jawa Corpo

Bagi Sedulur yang sedang mencari model pintu rumah cantik, maka bisa mencoba model pintu yang satu ini. Ya, bahan alami yang bertemu dengan minialisme, akan menghasilkan sebuah desain pintu bergaya kontemporer dengan tampilan entry way yang impresif.

Jenis pintu yang satu ini, pada dasarnya bisa diletakkan di berbagai tempat di bagian rumah. Misalnya saja, di bagian jalan menuju teras rumah, atau bahkan juga bisa di jadikan sebagai batas antara dapur dengan ruangan lainnya.

Namun yang paling cocok, tentu saja dijadikan sebagai pintu depan rumah. Dengan ini, pasti akan membuat setiap tamu merasa terpukau dengan bentuk dari pintu tersebut.

8. Model pintu minimalis slider

Artikel Rumah123

Salah satu model pintu dua minimalis terbaru yang tidak boleh dilewatkan, adalah pintu dengan sliding door. Ini adalah opsi yang menarik, karena Sedulur bisa mengkombinasikan pintu geser dengan bentuk teralis di bagian jendela yang senada.

Pintu geser seperti ini, juga akan lebih hemat ruangan karena daun pintu tidak akan memakan area sudut rumah ketika dibuka. Namun Sedulur harus memastikan jika kayu yang digunakan adalah kayu yang berkualitas. Selain itu, pastikan juga bagian slider di atas pintu itu cukup awet.

Oh iya, jangan lupa untuk sering membersihkan bagian slider di atas pintu tersebut, agar tidak karatan atau berdebu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah pintu macet pada saat dibuka. Sedulur juga bisa memberikan pelumas secara rutin agar pintu tetap lancar saat digeser.

9. Model pintu minimalis kaca

Pinterest

Model pintu rumah minimalis 2 pintu terbaru dengan kaca ini sangat indah dipandang. Model pintu ini memang membutuhkan perhatian lebih, karena salah satu elemen yang digunakan adalah kaca. Jadi elemen tersebut berpotensi pecah jika terkena lemparan berbagai barang keras.

Jadi Sedulur harus mempertimbangkannya matang-matang sebelum memutuskan untuk menggunakan model pintu rumah minimalis ini. Dan jika Sedulur sudah merasa cukup yakin bisa merawat pintu jenis ini, langsung saja pasang di rumah.

Untuk harga pintu kaca seperti ini, biasanya tergantung dengan jumlah daun pintu yang digunakan. Hal ini karena jumlah daun pintu erat kaitannya dengan jumlah kaca yang digunakan. Selain itu, panjang dan lebar kaca juga mempengaruhi biaya yang dibutuhkan.

10. Model pintu gagang besar

Keramik Model

Pintu dengan gagang yang besar, dinilai mampu membuat hunian terlihat lebih elegan. Model pintu seperti ini, akan membuat bentuknya menjadi mewah meski hunian Sedulur menggunakan konsep interior minimalis.

Ini adalah model pintu yang cocok bagi Sedulur yang mengedepankan artistik dalam interior. Menariknya, biaya yang Sedulur keluarkan untuk memasang pintu seperti ini tidak terlalu mahal dibandingkan dengan pemasangan pintu kaca maupun sliding door.

Bahkan jika model pintu di rumah Sedulur sudah besar, Sedulur hanya perlu mengganti gagangnya saja. Tentu saja, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti gagang itu jauh lebih murah.

BACA JUGA: 12 Ide Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan & Cerah

11. Model pintu besi minimalis elegan

Bengkel Las Online

Untuk model pintu besi ini, biasanya digunakan untuk menjadi pelapis dari pintu kayu, dan diletakkan di bagian luar. Selain menambah sisi estetika dalam hunian, jenis pintu yang satu ini tentunya juga mampu membuat tingkat keamanan rumah semakin terjamin.

Namun jangan salah memilih warna untuk pintu besi ini, ya. Pastikan pintu besi yang Sedulur gunakan itu memiliki warna gelap atau warna hitam. Warna tersebut akan terlihat sangat cocok jika dipadukan dengan pintu utama kayu berwarna putih.

Untuk menambah tingkat estetikanya, Sedulur juga bisa memberikan kaca pada setiap lubang pada pintu besi tersebut.

12. Pintu aluminium warna putih bermotif

Insinyur Bangunan

Rekomendasi pintu minimalis elegan selanjutnya dengan menggunakan bahan aluminium berwarna putih. Sehingga pintu akan menjadi lebih cerah dan ringan karena bahannya terbuat dari alumunium. Namun, penggunaan pintu alumunium memiliki kelemahan.

Jika terlalu sering terkena air, pintu akan mudah keropos dan berkarat. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya ukur bingkai pintunya terlebih dahulu. Biasanya, ukuran pintu kamar mandi adalah 180 cm dengan lebar 70 cm. Ukuran tersebut didapatkan dari ukuran tinggi standar dari masyarakat Indonesia. 

13. Pintu satu kayu tertutup rapat

Rekomendasi selanjutnya yaotu model pintu satu kayu yang tertutup rapat. Model pintu kayu merupakan salah satu model yang paling banyak dipakai di dunia. Hanya menggunakan material kayu tanpa ada campuran ornamen lainnya.

Pilihan kayu jati untuk model pintu ini adalah satu saran yang baik agar pintu tersebut memiliki durabilitas yang tinggi. Walau pasti dibandrol dengan harga yang cukup mahal, namun kayu jati tersebut juga bisa menambah kesan elegan pintu tersebut.

14. Pintu sliding door

Mirip dengan model pintu-pintu yang ada di Jepang, Sedulur juga bisa membuat pintu dengan Model Pintu Satu Geser atau Sliding Door. Bukan hanya unik, pintu ini juga sangat menghemat ruangan. Jadi, bagi Sedulur yang saat ini sedang mencari pintu yang cocok untuk ruangan yang tidak begitu luas, pintu dengan model yang satu ini wajib dipertimbangkan.

Untuk materialnya, Sedulur bebas memilih jenis kayu apa saja. Untuk menambah kesan elegan pada pintu tersebut, Sedulur bisa menambahkan pernis sebagai pewarna nya.

Namun, perlu diketahui, untuk model pintu satu minimalis ini Sedulur diwajibkan rajin untuk membersihkan atas pintu agar selalu bisa digeser dengan mudah. Hal ini bertujuan untuk menghindari macet yang bisa saja terjadi akibat debu yang jarang dibersihkan.

BACA JUGA: 10 Desain Handle Pintu Terbaik dengan Harganya Terbaru 2022

Jenis kusen pintu terbaik dan tahan lama

iStock

Dari penjelasan di atas, tentu Sedulur bisa melihat bahwa model-model pintu di atas terbuat dari berbagai jenis kusen. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar jenis kusen apa saja yang terbaik yang digunakan untuk pintu.

Berikut ini jenis kusen pintu terbaik yang bisa jadi pertimbangan Sedulur, yaitu:

1. Kayu

Jenis material yang pertama yaitu kayu, ini merupakan jenis yang paling umum digunakan. Selain karena ketersediaan bahannya, kayu juga dianggap bahan yang paling murah. Perlu Sedulur ketahui bahwa terdapat banyak jenis kayu.

Sedulur bisa memilih jenis-jenis kayu yang akan digunakan menjadi pintu sesuai dengan kemampuan budget yang Sedulur miliki.

2. PVC dan uPVC

Bahan pintu PVC terkenal murah, PVC atau poly vinyl chloride umumnya digunakan untuk pintu ruangan seperti gudang atau kamar mandi.

Selain PVC ada juga uPVC, bahan ini mirip dengan PVC. Material uPVC atau unplasticized polyvinyl chloride merupakan pintu  yang lebih baik dari PVC. Hal ini dikarenakan material ini sudah melewati proses Unplasticized yang membuat material ini menjadi lebih lentur dan tidak mudah pecah.

3. Aluminium

Bahan ini memiliki tingkat durabilitas yang cukup tinggi, material aluminium ini juga sangatlah ringan dan mudah untuk dirawat. Pintu dengan material ini banyak dipasangkan di area dapur ataupun toilet. Hal tersebut disebabkan karena bahan ini cocok untuk daerah lembab.

4. Kaca

Terlihat sangat mewah dan menarik, pintu dengan material kaca memiliki kesan elegan, bersih dan juga indah. sangat cocok dipasangkan di balkon, belakang rumah, dan ruangan-ruangan lainnya. Namun jika menggunakan bahan ini, Sedulur harus sangat rajin dan rutin membersihkannya.

5. Fiberglass

Materi selanjutnya yaitu fiberglass.  Material ini adalah kaca yang memiliki bentuk seperti benang yang dianyam. Pintu yang terbuat dari bahan ini biasanya memiliki tingkat keakuratan yang tinggi, ringan dan juga tahan api. Itu sebabnya pintu dengan material ini sering dijadikan pintu utama.

6. Panel

Bahan material terakhir yaitu panel, bahan ini juga banyak digunakan di Indonesia. Material panel terbuat dari board MDF (Medium Density Fiber) dan campuran kayu. Salah satu pilihan jenis material pintu yang bisa jadi rekomendasi Sedulur.

Nah, itulah beberapa mode pintu minimalis elegan yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi. Silahkan pilih salah satu model pintu sesuai dengan keinginan dan juga konsep yang diusung pada hunian Sedulur. Jangan sampai salah pilih model ya, agar tidak membuat hunian justru terlihat aneh.

Perlu untuk diingatkan sekali lagi, Sedulur tidak boleh hanya mengutamakan model pintu saja. Namun pastikan juga bahan yang digunakan untuk membuat pintu tersebut, adalah bahan yang berkualitas. Jadi tidak hanya indah dilihat saja, namun juga bisa awet dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.