Seringkali, pintu kamar mandi menjadi bagian yang terlupakan dalam proses pembangunan hunian. Padahal, pengaruhnya cukup penting untuk interior sebuah hunian. Maka dari itu, pemilihannya tidak boleh asal-asalan supaya bisa menyesuaikan dan cocok dengan interior rumah. 

Seiring berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula pilihan desain yang bisa dicocokkan sesuai keinginan. Jika masih bingung menentukan desain pintu kamar mandi mana yang cocok dipilih sesuai kebutuhan, yuk simak pembahasannya disini. Dijamin, interior hunian akan menjadi lebih estetik dan nyaman!

BACA JUGA: 10 Desain Handle Pintu Terbaik dengan Harganya Terbaru 2022

1. Pintu kamar mandi kayu

pintu kamar mandi
Dekoruma

Pintu kayu merupakan salah satu bahan yang tidak terlalu umum untuk digunakan sebagai bahan material. Namun, beberapa orang lebih memilih untuk menggunakannya karena memiliki tampilan yang estetik dan cantik.

-->

Namun, daya tahan dari jenis ini tidak terlalu baik untuk dijadikan sebagai pintu kamar mandi. Alasannya, kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap kondisi basah dan lembab. Umumnya, toilet yang terbuat dari bahan kayu akan sering mengalami kerusakan pada bagian bawahnya. 

Apalagi, bila sering terkena genangan air karena melakukan aktivitas di dalamnya. Apabila Sedulur masih ingin menggunakannya sebagai bahan utama di toilet, maka bisa disiasati dengan melapisi pintu bagian bawah belakang dengan menggunakan bahan yang tahan terhadap air seperti akrilik.

Salah satu material jenis kayu yang bisa diaplikasikan adalah rotan. Alasannya, hunian akan menampilkan kesan alami dan unik dengan nuansa rustik. Biasanya, permainan motif ini akan menjadikan hunian semakin cantik dan cocok untuk Sedulur yang ingin nuansa alami. 

2. Pintu kamar mandi PVC

pintu kamar mandi
99.co

Tentunya, pintu PVC menggunakan bahan PVC atau polyvinyl chloride. Bahan ini termasuk cukup tahan terhadap air serta anti rayap dan anti karat. Sehingga bisa bertahan selama bertahun-tahun walaupun terkena cipratan air dan berada dalam kondisi ruangan yang lembab sepanjang harinya.

Harga dari pintu kamar mandi berbahan PVC ini terbilang cukup terjangkau. Selain itu, Sedulur bisa memilih model sesuai dengan keinginan karena jenisnya beragam. Biasanya, bahan PVC cuma bisa digunakan sebagai akses menuju toilet dan kurang cocok digunakan sebagai akses outdoor dan semi outdoor

Alasannya, bahan ini akan mengalami degradasi oleh sinar matahari sehingga rentan mengalami kerusakan. Selain itu, suhu udara yang tinggi bisa membuatnya memuai dan sulit untuk dibuka dan ditutup ketika akan digunakan. 

3. Pintu bahan aluminium warna putih bermotif

pintu kamar mandi
Insinyur Bangunan

Pilihan pintu kamar mandi selanjutnya adalah dengan bahan aluminium berwarna putih. Sehingga, toilet akan menjadi terasa lebih ringan ketika dibuka dan ditutup. Akan tetapi, kelemahan bahan ini jika terlalu sering terkena air akan mudah keropos dan berkarat. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya ukur bingkai pintunya terlebih dahulu. Biasanya, ukuran pintu kamar mandi adalah 180 cm dengan lebar 70 cm. Ukuran tersebut didapatkan dari ukuran tinggi standar dari masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA: 10+ Model Pintu Rumah Minimalis Elegan 2 Pintu Terbaru 2022

4. Pintu kamar mandi kaca

pintu kamar mandi
Kompas

Salah satu rekomendasi lain yang bisa Sedulur pilih adalah dengan bahan kaca. Bahan kaca membuat pintu kamar mandi mewah dan menjadi lebih elegan. Supaya lebih aman, Sedulur harus menggunakan kaca yang sudah dilapisi dengan stiker. Alasannya, agar bagian dalam toilet tidak terlihat. 

Terkadang, kaca digunakan sebagai pembatas pada area mandi, baik itu yang terdapat bathtub atau shower dengan area toilet. Hal ini dilakukan supaya percikan air tidak kena lantai dan terhalang oleh pintu kaca. Selain berguna untuk pembatas area toilet, bahan ini juga memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Jadi dengan menggunakannya, maka toilet akan terkesan lebih mewah dan elegan. 

Kaca sendiri merupakan bahan yang tahan air. Sehingga, cocok untuk digunakan di area toilet yang selalu basah. Selain tahan air, kaca juga termasuk tahan lama dan awet. Supaya terjaga keawetannya, butuh pemeliharaan yang tepat supaya menghindari jamur yang bisa tumbuh.

Memang, bahan dasar kaca termasuk sangat jarang untuk digunakan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menggunakannya karena bisa memberikan kesan megah dan mewah pada toilet Sedulur. Selain itu, bahan dasar kaca juga sedang populer saat ini.

5. Pintu borderless dengan frame minimalis

pintu kamar mandi
Shopee

Hunian dengan konsep minimalis sangat erat identik dengan esensi borderless. Akan tetapi, terdapat garis tegas yang sangat minimalis. Salah satu inspirasi yang dapat diaplikasikan oleh Sedulur sebagai salah satu jenis pintu kamar mandi yang fungsional serta unik adalah borderless. Walaupun demikian, jenis ini harus diperhatikan sisi privasinya terlebih dahulu. Terlebih lagi, jenis yang satu ini lebih cocok untuk dipasang di bagian kamar. 

6. Pintu kamar mandi UPVC

pintu kamar mandi
Teta UPVC

Kekuatan pintu kamar mandi UPVC sebanding dengan harga yang ditawarkan. Biasanya, harga dari bahan yang satu ini dibanderol cukup mahal dan menguras kantong. Akan tetapi, hal itu sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan. Dalam segi desain, jenis ini juga terlihat mewah dan premium. 

Jika Sedulur sedang mencari kemewahan, maka sangat tepat jika memilih bahan yang satu ini. Ada berbagai macam kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan bahan ini, diantaranya adalah:

  • Bahannya anti rayap dan tidak akan mengalami korosi.
  • Tidak mudah pecah karena memiliki sifat yang kokoh dan keras.
  • Dapat digunakan di semua tempat, baik \outdoor ataupun indoor.
  • Memiliki warna yang tidak mudah pudar, walaupun dipakai pada luar ruangan.
  • Mempunyai daya tahan yang lebih baik jika dibanding dengan PVC. Sehingga, dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa perlu takut mengalami kerusakan.
  • Pemasangannya sangat mudah dan biasanya dijual dalam satu set, termasuk kusen dan engselnya.
  • Tahan terhadap panas, api, serta kelembaban sehingga bisa membuatnya menjadi lebih awet.
  • Perawatannya cukup mudah. Caranya adalah dengan membersihkan secara rutin supaya kotoran yang menempel hilang.
  • Kedap suara dan tahan getaran, sehingga bisa meredam kebisingan ketika ada orang di toilet.
  • Mempunyai tampilan yang mewah dan elegan, serta bisa dikombinasikan dengan material kaca ataupun ornamen lainnya.
  • Lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA: Scandinavian Desain Rumah Minimalis yang Sedang Populer

7. Pintu kaca kamar mandi yang bening

Windownesia

Di masa kini, telah banyak orang yang memilih pintu kamar mandi yang bening karena terlihat rapi dan luas. Penggunaannya biasanya diletakkan di bagian utama untuk masuk ke area shower toilet. Sehingga, tidak menimbulkan efek klaustrofobia. Namun, harus diketahui jika toilet dengan kaca bening sangat sensitif. Jadi, Sedulur harus menambahkan stiker vinyl agar terdapat sedikit privasi di dalamnya. 

8. Pintu kaca aluminium

Englshgras

Memang, daun pintu yang terbuat dari kaca akan terlihat lebih indah dan elegan. Namun, bahannya akan lebih mudah kotor ketika terkena cipratan air serta warnanya akan cepat kusam jika tidak rutin dibersihkan. Jika tetap ingin memasangnya, maka rekomendasi yang tepat untuk digunakan adalah dengan menggunakan pintu kaca aluminium. 

Jenis ini sangat mudah untuk dibersihkan karena memiliki bahan yang tidak bertekstur. Jadi, Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkannya. Kacanya juga tidak dilengkapi dengan rangka. Jadi, proses untuk membersihkannya menjadi lebih mudah. Selain itu, warnanya yang menarik akan menambah kesan yang mewah. 

9. Pintu kamar mandi aluminium 3/4 kaca + cermin

Kitchen set Aluminium

Rekomendasi selanjutnya adalah terbuat dari bahan aluminium dan cermin. Sebenarnya, produk ini tidak jauh berbeda dengan lainnya yang dilengkapi oleh cermin. Yang membedakannya dengan lainnya adalah ukuran cermin. Ukuran yang dimilikinya cenderung lebih besar sehingga Sedulur bisa bercermin dengan leluasa pada toilet. 

Sebagai tambahan, cermin yang dimiliki jenis ini hanya terletak pada sisi pintu yang menghadap ke dalam. Sementara itu, bagian yang menghadap keluar biasanya dilapisi motif tertentu. Harga pintu kamar mandi aluminium bermacam-macam sesuai dengan bahan dasarnya, yaitu mulai dari 600 ribuan saja. 

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

10. Pintu kamar mandi geser modern

DIY Ideas

Pintu kamar mandi geser modern menjadi populer belakangan ini, terutama untuk orang-orang yang memiliki konsep hunian minimalis. Dengan menggunakan pintu geser, maka toilet akan mendapatkan kemudahan jika ingin keluar masuk. Tak hanya itu saja, jenis yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk toilet yang berukuran kecil. Jadi, bisa memberikan efek luas pada desain interior toilet Sedulur. 

11. Pintu kamar mandi galvalum

OLX

Galvalum adalah singkatan dari galvanis dan aluminium. Keduanya kemudian diolah menjadi sebuah pintu dengan daya tahan yang tinggi, awet, serta tidak mudah rusak. Selain memiliki kelebihan tersebut, banyak orang yang juga menyukai jenis ini karena memiliki pilihan warna yang banyak, berbeda dengan besi atau kayu yang cenderung sedikit. 

Galvalum terbuat dari baja ringan dan bisa dipasang dengan mudah menggunakan preposisi yang tepat. Tak sampai disitu saja, pengguna toilet pun tidak perlu direpotkan lagi dengan sulitnya akses toilet ketika digerakkan karena terlalu berat. 

Warna yang disajikan dari galvalum ini juga dinilai cukup beragam. Tentunya, hal ini sangat memudahkan Sedulur dalam hal berkreasi untuk memadukannya dengan warna interior perabot yang lainnya. Dengan kata lain, kehadirannya akan mengubah hunian menjadi lebih indah dan jauh dari kata kacau. Hunian akan menjadi semakin menawan jika berhasil memadukannya sesuai dengan warna dan keinginan Sedulur. 

12. Pintu aluminium kamar mandi ala koboi 

Rumah 123

Bahan aluminium ala koboi bisa menjadi pilihan pintu kamar mandi minimalis karena bentuknya yang sederhana. Beberapa orang menilai jika toilet pribadi dan tamu haruslah dibedakan. Maka dari itu, jenis yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Alasannya, toilet model koboi ini tidak hanya sekadar enak dipandang, namun juga fungsional. Fungsinya sesuai dengan bentuknya, yaitu mempermudah tamu ketika masuk ke toilet rumah. 

Nah, itu dia berbagai jenis pintu kamar mandi mulai dari berbahan utama PVC, kayu, hingga aluminium yang bisa Sedulur pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan untuk membelinya, jangan lupa mengukurnya sesuai kebutuhan tata ruang, ya! Juga, lakukan selalu perawatan setelah memasangnya supaya awet dan tahan lama. Semoga membantu!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!