handle pintu

Handle pintu atau knob adalah elemen yang penting dalam rumah. Meski ukurannya kecil, ia adalah detail yang menentukan fungsionalitas sebuah pintu atau bukaan dalam rumah. Tak hanya untuk pintu, knob juga dibutuhkan laci, lemari, dan jendela. Tanpanya, tentu aktivitas bakal terganggu. 

Khusus untuk pintu, knob atau handle juga biasanya sepaket dengan lubang kunci. Tahu sendiri, keamanan adalah nomor satu. Jadi, memilih handle pun tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa inspirasinya buat Sedulur yang sedang terpikir merenovasi rumah. 

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

1. Handle pintu bulat yang sederhana

handle pintu
Sunvalley Bronze

Dengan bahan perunggu, knop pintu yang satu ini akan memberikan estetika yang menawan di ruangan. Bisa diletakkan di dalam rumah maupun jadi pegangan pintu utama karena bahannya durable. Dipadu dengan desain bulat minimalis yang versatile, modern dan klasik sekaligus.

-->

Ia cocok untuk rumah dengan konsep apa saja. Apalagi bila Sedulur mengadopsi konsep mid century modern, knop model ini adalah pasangan sempurna untuk rumahmu.  Sedulur bisa mendapatkan gagang pintu ini dengan harga mulai dari Rp139.900.

2. Klasik nan minimal 

handle pintu
Instagram @emtek_products

Sedulur juga bisa mempertimbangkan handle pintu utama yang klasik ini. Hanya berupa gagang panjang yang diposisikan horizontal dan lubang kecil di atasnya, pintu pun tampak lebih elegan. Pas buat daun pintu berbahan kayu. Tinggal disesuaikan warnanya saja. Di gambar ini gagang berbahan perunggu yang sempurna saat dipadu dengan kusen kayu berwarna cokelat terang. Kontrasnya dapat, kesan earthy-nya menguat. Produk ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp284.500.

3. Handle pintu rumah super unik

handle pintu
Instagram @emtek_products

Dengan desain yang menyerupai setir kapal atau mobil, knop pintu yang satu ini sudah jadi satu dengan kuncinya sekaligus. Benar-benar praktis dan multifungsi. Secara estetika pun ia bisa dianggap unggul di kelasnya. Cocok untuk kebutuhan indoor seperti pintu kamar mandi, pintu kamar atau closet dan lain sebagainya. Ia pas untuk kebutuhan rumah yang mengusung konsep minimalis atau industrial. Silakan berburu yang seperti ini di pasaran kalau naksir dengan harga mulai dari Rp295.000.

BACA JUGA: 13 Model Kanopi Minimalis Modern Baja Ringan Terbaru 2022

4. Gagang pintu stainless steel yang berikan kesan mewah 

handle pintu
Instagram @emtek_products

Alternatif lainnya adalah memilih material stainless steel macam ini. Desainnya basic, tapi cocok buat Sedulur yang mengidamkan kesederhanaan di rumah. Pas untuk pintu utama yang berdaun ganda. Komplemen sempurna untuk pintu kayu maupun alumunium karena warnanya yang netral. Namun, akan lebih bagus dipasang di pintu yang berwarna solid, bukan yang bermotif kayu. Gagang pintu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp233.600.

5. Handle pintu aluminium untuk pintu geser 

handle pintu
Instagram @emtek_products

Selain pintu bukaan biasa, Sedulur mungkin sedang mencari pegangan untuk pintu geser. Desain minimalis seperti ini bisa jadi referensi saat akan ke toko bangunan atau memesan di pengrajin. Ia didesain dengan finishing chrome yang mengilap dan tampak mewah. Tak banyak ornamen yang penting praktikal alias bisa berfungsi dengan baik dalam waktu lama. Harga produk ini mulai dari Rp295.900.

6. Gagang klasik ala rumah loji dengan sistem penguncian ganda

handle pintu
Instagram @emtek_products

Sedulur mungkin tertarik memberikan sentuhan klasik di rumah. Tenang, klasik bukan berarti yang berkonsep ramai dengan ornamen yang mengganggu. Justru Sedulur bisa menemukan desain gagang yang seminimalis ini tanpa mengurangi kesan lawasnya. Sistem pengunciannya ganda, sangat aman dan sempurna untuk ruang tamu atau pintu masuk utama. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp1.557.000.

BACA JUGA: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Low Budget tapi Keren!

7. Makin aman dengan kunci kode

handle pintu
Instagram @emtek_products

Untuk keperluan pintu masuk utama, Sedulur bisa melirik handle pintu yang dilengkapi dengan kode macam ini. Dengan begitu, keamanan pun makin terjamin. Desainnya juga oke, netral bisa untuk segala konsep rumah termasuk yang minimalis. Tinggal sesuaikan warnanya, kalau tak begitu suka dengan warna emas masih ada pilihan warna lain yang dapat Sedulur pilih sesuai selera. Tentunya, 

harga handle pintu macam ini akan lebih mahal dibanding yang manual. Namun, boleh lah dipasang di salah satu pintu, misalnya akses utama ke rumah. Sedulur bisa mendapatkan gagang pintu ini dengan harga mulai dari Rp1.557.000.

8. Simple dan kokoh sekaligus 

handle pintu
rimadesio

Lirik desain yang satu ini, deh. Didesain oleh studio interior asal Italia, gagang dibuat dengan desain yang sangat minimalis, tetapi kokoh dari segi material. Kuncinya pun sangat sederhana, pas untuk pintu kamar atau kamar mandi. Bisa dipasang di berbagai material kusen, mau kayu, besi, atau kaca sekalipun akan serasi dengan desain berikut. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp360.000.

9. Handle kayu ala Jepang  untuk kamar-kamar 

handle pintu
fukamimasaki

Untuk kamar atau ruangan, gagang dari kayu seperti ini boleh jadi alternatif. Sederet model handle pintu minimalis terbaru di atas bisa jadi referensi Sedulur saat akan mengganti gagang pintu di rumah yang mulai bobrok atau sudah melewati batas masa pakainya.

Elegan dan sederhana, akan sangat sempurna dipasang di pintu yang berwarna terang atau gelap sekalipun. Silakan andalkan selera seni Sedulur saat memadukan warnanya. Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp312.000.

10. Gagang pintu modern yang ringan, tetapi tak menomorduakan keamanan 

handle pintu
archiproducts

Meski pegangannya terlihat tipis, gagang jenis ini didesain ringan pergerakannya. Dilengkapi pula dengan lubang kunci yang menggaransi keamanan penghuni rumah. Gagang macam ini cocok untuk pintu kaca atau besi karena material stainless steel-nya.

Sudah dilapis chrome jadi makin tampak mewah bagaikan gagang pintu hotel atau gedung perkantoran elit. Mengidamkan ini di rumahmu? Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp151.000.

BACA JUGA: 20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

Tips memilih knob pintu terbaik 

handle pintu
iStock

Tentunya jangan hanya melihat estetikanya, pikirkan juga tingkat keamanan lubang kuncinya agar rumah benar-benar jadi tempat berteduh ternyaman di dunia buat penghuninya. Berikut beberapa tips memilih handle pintu yang tepat. 

1. Perhatikan desain gagang pintu

Desain adalah aspek pertama yang Sedulur lihat saat memilih gagang pintu. Sejauh ini ada banyak desain klasik sampai yang kekinian, baik yang angular ataupun yang bulat. Ada beberapa yang sudah satu set dengan kuncinya, ada pula yang bagian lubang kuncinya dibuat terpisah dari pegangan. 

Tentunya untuk masalah ini, Sedulur perlu menyesuaikan dengan selera serta konsep rumah yang akan direnovasi. Desain handle akan menentukan jenis handle. Sedulur dapat memilih handle dengan jenis yang bervariasi, seperti lever, knob, recessed, pull, dan smart lock door.

2. Perhatikan bahan baku

Bahan tidak boleh diremehkan, sebab ini adalah letak kekuatan dan ketahanan dari gagang pintu. Mengingat kita akan sering memegang dan menggunakannya, maka material yang baik dan kokoh sangat dibutuhkan. Biasanya material yang dipakai adalah stainless steel, brass, aluminium, dan kayu solid. 

Namun, lagi-lagi sesuaikan dengan kebutuhan dan posisi pemasangannya. Untuk pintu utama terluar rumah, bahan logam lebih direkomendasikan. Sementara untuk di dalam rumah, misalnya pintu kamar mandi dan kamar tidur, material kayu solid sepertinya tidak masalah. 

3. Mode buka tutup yang digunakan

Mode buka tutupnya juga harus dimasukkan pertimbangan. Pintu dengan gagang bulat memang menawan, tetapi ia harus dibuka dengan cara memutar sehingga membutuhkan energi lebih. Sementara gagang lever atau garis akan lebih menghemat energi dan mudah dibuka saat Sedulur membawa barang di kedua tangan misalnya. 

Mode buka tutup yang digunakan harus diperhatikan karena akan berkaitan dengan kemudahan dalam pemakaian sehari-hari. Jika mode buka tutup yang selama ini Sedulur gunakan tidak membuat aktivitas semakin mudah, maka kini saat yang tepat untuk menggantinya.

4. Kesesuaian dengan tebal dan lebar daun pintu

Menyesuaikan gagang pintu dengan dengan tebal dan lebar daun pintu adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Hal ini karena semakin lebar, tebal dan berat suatu pintu, maka gagang pintu yang dipasangkan juga harus mengikuti kekuatannya. 

Jangan sampai, Sedulur hanya mementingkan estetika yang dimiliki gagang pintu tanpa tahu beban yang harus dipikul. Jika salah membeli, potensi gagang pintu patah akan semakin tinggi.

5. Sesuaikan dengan fungsi gagang pintu

Fungsi dari gagang itu sendiri juga harus dimasukkan dalam proses pemilihan nanti. Apakah gagang diperuntukkan pintu utama yang langsung mengakses keluar rumah atau hanya digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan. 

Tentunya untuk kebutuhan akses keluar masuk pintu utama, handle harus dipilih yang kokoh dan tahan cuaca serta dilengkapi dengan kunci yang aman. Beberapa bahkan menggunakan sistem kode agar tak mudah dibobol. Sementara untuk pintu di bagian lain, seperti kamar mandi dan gudang, gagang pintu tanpa pengaman adalah pilihan yang tepat.

6. Perhatikan finishing gagang pintu

Finishing menentukan ketahanan gagang pintu yang Sedulur miliki. Biasanya finishing yang dipakai untuk handle berbahan logam adalah lapisan chrome yang mengkilap dan elegan. Ini juga menghindarkannya dari karat. 

Namun, ada pula yang diberi sentuhan akhir powder coat. Ini juga oke dan tahan lama, tetapi warnanya biasanya akan bernuansa doff sehingga tampak lebih sederhana. Pilihan finishing akan mempengaruhi kesan yang ingin ditampilkan, oleh karena itu, sesuaikan dengan selera masing-masing.

7. Perhatikan cara instalasinya

Cara instalasi harus pula dimasukkan dalam proses pemilihan. Jangan sampai Sedulur hanya membeli tanpa bisa memasangnya di pintu. Bila perlu, saat akan membeli gagang pintu, tanyakan apakah pihak penjual memberikan layanan pemasangan atau tidak. 

Bila tidak, tanyakan cara memasangnya dan jangan asal comot. Selain itu, lihat juga kondisi pintu Sedulur. Beberapa pintu mungkin akan menjual handle sepaket dengan pintu. Jadi, Sedulur harus bisa mencari tahu mana alternatif terbaik. 

8. Sesuaikan dengan desain rumah

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian pintu dengan desain rumah. Jika gagang pintu tidak sesuai dengan desain rumah yang dimiliki, kesan yang ditampilkan akan menjadi sangat jomplang. 

Sebagai contoh, rumah dengan suasana retro akan sangat baik jika dipasangkan dengan gagang pintu dengan ukir-ukiran. Sementara rumah dengan desain modern atau kontemporer, akan sangat cocok jika dipadukan dengan gagang pintu yang disertai dengan kunci elektronik.  

Memilih perkakas dan kebutuhan rumah memang terkesan seru, tetapi nyatanya tidak sesederhana dan semudah yang kita bayangkan. Banyak aspek yang harus dipikirkan. Selain dana, kecocokan perabot dengan kondisi rumah dan sumber daya yang kita miliki juga harus diperhatikan dengan teliti.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.