mini pom

Tak cuma kucing, memelihara anjing ras mini pom juga tak kalah populer dan menjadi favorit di kalangan para pecinta hewan. Ras yang satu ini memiliki ukuran tubuh relatif kecil dibandingkan ras yang lainnya. Ras ini berasal dari sebuah wilayah bernama Pomerania yang letaknya di sekitar Jerman dan Polandia. Walaupun harganya terbilang cukup mahal, banyak orang yang tertarik untuk mengadopsi dan memeliharanya. 

Memiliki karakter yang lucu dan manja, ras anjing yang satu ini cocok untuk dijadikan hewan peliharaan kesayangan. Berikut adalah serba serbi anjing mini pom sebelum anda memutuskan untuk memeliharanya. Mari disimak bersama-sama. 

BACA JUGA: Ras Anjing Pomeranian, Kenali Karakter, Perawatan & Harganya

1. Ciri fisik anjing mini pom

Ciri fisik
pexels

Seperti anjing lainnya, jenis yang satu ini memiliki ciri fisik yang khas dan menjadi pembeda dari yang lainnya. Jika dilihat secara sekilas, ras ini memiliki ukuran yang lebih mini dibanding yang lainnya. Bentuk tulang yang dimilikinya cukup kuat sehingga bisa bergerak secara aktif dan lincah. 

-->

Berikut adalah ciri-ciri fisik lainnya yang dimiliki oleh anjing mini pom:

a. Memiliki bentuk kepala yang seimbang dengan badannya

Anjing mini pom memiliki kepala yang seimbang dengan badannya. Ia juga memiliki moncong yang pendek, bibir yang tidak begitu tipis, lurus, serta memiliki temperamen. Walaupun berukuran kecil nan imut, anjing ini memiliki ekspresi yang terlihat seperti serigala. Bagian atas tengkoraknya sedikit lebih bulat dan tertutup, serta terlihat seperti bentuk kubah. Kupingnya pun sama dengan kepalanya, yaitu kecil serta tegak.

b. Memiliki ukuran tubuh yang imut

Sesuai dengan namanya, mini pom memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil. Anjing kecil ini memiliki berat ideal sekitar 1,4-3,2 kg saja atau sekitar 3-7 pon. Jika dijadikan sebagai anjing kontes, maka berat idealnya sekitar 1,8-2,7 kg. Kakinya berbentuk proporsional dengan panjang tulang sedang.

c. Mempunyai bulu yang tebal dan halus

Bulu yang dimiliki oleh ras mini pom ini cukup tebal dan halus. Cocok untuk dipelihara Sedulur yang memang menyukai hewan berbulu. Bagian bulu luarnya panjang, lurus, dan teksturnya sedikit kasar.

Bulu bagian dalamnya fungsinya adalah menahan dan memberikan kemudahan agar bulunya bisa mengembang dan berdiri dengan indah. Bulu anjing ras ini cenderung lebih lebat pada bagian lehernya. Bentuknya seperti jumbaian dan pom-pom yang melewati bagian bahu dan dada.

d. Warnanya bervariasi

Kebanyakan orang mengetahui bahwa warna dari anjing ras ini dominan coklat. Namun, ternyata warna yang ditawarkan tak hanya coklat, lho. Ada pula warna lain seperti putih, orange, krem, hitam, belang, parti-color, dan lain sebagainya.

Menurut beberapa sumber, anjing ini memiliki setidaknya 23 warna bulu yang berbeda. Tak hanya warna yang bervariasi, motifnya pun juga. Motif dari anjing ras ini diantaranya adalah totol-totol, warna campuran, dan garis-garis. Pastinya, semua motif dan warna yang berbeda tidak membuat kelucuannya menghilang, ya!

2. Mandikan anjing pom mini setiap satu bulan sekali

adopsi anjing mini pom
pexels

Setelah mengetahui ciri fisik anjing ras ini, kini saatnya memahami tentang cara perawatannya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anjing mini pom merupakan hewan yang memiliki bulu yang lebat nan cantik. Agar kecantikannya tidak memudar, Sedulur perlu memandikannya setiap satu bulan sekali, ya. Anjing ini harus tetap dimandikan meskipun memiliki karakteristik yang jarang main keluar rumah dan berkotor-kotoran. 

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan shampoo yang digunakan oleh manusia ketika memandikannya. Gunakan shampoo dan kondisioner khusus untuk anjing. Setelah dimandikan, rapikan bulunya yang tebal dengan menggunakan sikat atau sisir sambil dikeringkan. Jangan lupa untuk menyikat giginya juga, ya!

3. Sediakan tempat tidur yang layak

jenis anjing mini pom
pexels

Cara perawatan yang tepat selanjutnya adalah dengan menyediakan tempat untuk tidur dan beristirahat yang layak. Sama seperti hewan lainnya, jenis anjing mini pom ini juga butuh tempat tidur yang layak dan nyaman dengan memiliki sarung bantal yang empuk, bersih, serta wangi. 

Jika sering meninggalkannya sendirian di rumah, hindari penggunaan kandang dengan kotak box yang kecil. Daripada dikurung di dalam kandang kotak yang kecil, biarkan dia berkeliaran di dalam rumah tanpa adanya kandang yang mengekangnya. Daripada kandang, anjing ini lebih suka dan butuh tempat tidur saja.

Apabila ruangan rumah tidak cukup memungkinkan untuknya, opsi lainnya adalah mencari kandang yang ukurannya cukup besar dan juga nyaman. Pastikan kandang yang dipilih memiliki ruang gerak yang cukup untuk anjing ini berbalik, berdiri, serta berbaring dengan mudah dan nyaman. 

Jika menaruh anjing di dalam kandang yang kecil dan sempit karena ia tidak bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa. Karakteristik dari anjing adalah jika tidak bisa bergerak dan melampiaskan aktivitasnya, maka dalam waktu yang singkat ia akan mengalami stres. Jadi, jangan sampai itu terjadi, ya.

BACA JUGA: Fakta Anjing Siberian Husky: Karakter, Asal Hingga Harganya

4. Latih anjing mini pom supaya lebih peka

harga pom mini
pexels

Tak seperti anjing penjaga, indra penciuman yang dimiliki oleh anjing mini pom tidak terlalu peka. Maka dari itu, ia membutuhkan latihan dasar yang bisa dilakukan oleh sang pemilik setiap harinya. Misalnya dengan menyembunyikan makanan favoritnya di suatu tempat lalu biarkan dia mencarinya secara mandiri. Jika sudah ditemukan, beri dia hadiah seperti makanan atau sekadar ciuman. Cara ini dinilai sangat efektif agar indra penciumannya peka.

5. Luangkan waktu untuk bermain bersama

anjing mini pom
pexels

Salah satu hal yang penting ketika sudah memutuskan untuk adopsi anjing mini pom adalah meluangkan waktu setidaknya satu jam dalam sehari untuk bermain bersama. Terlebih lagi, anjing ras ini memiliki karakteristik yang lincah dan kuat. Jadi, dia memiliki cukup banyak energi yang harus dibuang dalam sehari. 

Cara untuk membuang energinya adalah dengan mengajaknya bermain, misalnya berjalan-jalan di depan rumah atau di lingkungan sekitar yang memungkinkan. Durasi waktunya jangan terlalu singkat dan jangan terlalu lama, yaitu kurang lebih satu jam saja. Anjing peliharaanmu akan menjadi riang, sehat, serta merasa bahwa dirinya disayangi olehmu.

6. Siapkan makanan dengan porsi cukup

pom mini
pexels

Sedulur harus bisa menjaga kebutuhan pangan anjing pom mini peliharaan, dengan cara mengisinya satu mangkuk penuh makanan anjing kering setiap harinya. Anjing ini memiliki metabolisme yang cukup tinggi, sehingga mereka harus makan sesering mungkin agar kebutuhannya terpenuhi. Untuk usia 6 bulan, atur pola makannya dua atau tiga kali sehari. 

BACA JUGA: Anjing Pudel: Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya

7. Jangan lupa untuk memberinya vaksin

vaksin
pexels

Bukan manusia saja yang membutuhkan vaksin, semua hewan peliharaan termasuk anjing pun juga perlu. Seperti pada umumnya, vaksin digunakan untuk merangsang antibodi di dalam tubuh, sehingga anjing atau hewan lainnya bisa mencegah serta melawan efek buruk berbagai macam penyakit pada masa yang akan datang.

Berikan vaksin dengan cara memeriksakannya dulu pada dokter hewan. Tanpa adanya vaksin, maka anjing bisa diserang oleh berbagai macam penyakit yang parah. Jika sudah begitu, maka kematian pun tidak bisa terelakkan.

8. Lakukan potty training agar tidak buang air sembarangan

potty training
pexels

Hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk merawat anjing ini adalah melatihnya untuk bisa buang air pada tempatnya. Lakukan latihan ini pada saat anjing pom mini masih anakan, sehingga bisa mengerti dan belajar lebih cepat. 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan satu boks pasir dan beri dia sebuah instruksi bahwa tempat tersebut merupakan tempat untuk membuang kotoran. Untuk latihan pertama, sediakan litter box berisi pasir di beberapa sudut rumah, agar anjing tidak bingung. Latihan ini memerlukan cukup banyak waktu, sehingga perlu konsistensi dan kesabaran.

9. Grooming anjing pom mini secara rutin

Grooming
pexels

Karena ras ini memiliki bulu yang cukup tebal pada bagian bawah dagu dan leher, maka lakukan grooming secara rutin agar bulunya terlihat selalu rapi dan cantik. Setidaknya, lakukan grooming pada anjing pom mini 3 sampai 4 kali dalam seminggu agar bulu terlihat selalu rapi.

Selain menjadikannya tampak cantik dan rapi, hal ini juga membantu anjing agar selalu sehat. Bulu yang terlalu panjang biasanya akan membuatnya sulit untuk self-grooming. Jika sudah begitu, maka tidak menutup kemungkinan anjing mengalami beberapa penyakit.

BACA JUGA: 12 Jenis Anjing Ras Untuk Dipelihara di Rumah, Aman & Setia

10. Harga anjing mini pom

harga anjing mini pom
pexels

Jika Sedulur ingin memelihara anjing imut ini, maka harus siap-siap mengeluarkan budget yang cukup besar. Harga pom mini untuk satu ekornya dimulai dengan harga Rp4-17 jutaan. Harga yang ditawarkan tersebut tergantung dari pedigree dan kelengkapan ras yang satu ini.

Apabila dokumen yang dimiliki cukup lengkap, maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Jangan tergiur dengan harga anjing ini yang dijual di bawah harga Rp3 juta. Bisa jadi, anakan anjing yang dijual bukan merupakan ras murni atau dalam keadaan sakit.

Itu dia berbagai informasi menarik seputar anjing mini pom dengan berbagai cara untuk merawatnya. Jika sudah memutuskan untuk mengadopsinya, jangan lupa untuk selalu menyediakan berbagai kebutuhannya dengan baik dan benar, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.