Fakta Menarik Anjing Husky Yang Loyal

Anjing dikenal sebagai hewan yang patuh terhadap majikannya. Sebagai bentuk rasa patuhnya, dalam beberapa kasus ada anjing yang bertindak heroik membantu majikannya terhindar dari ancaman. Ini membuktikan anjing dan manusia mempunyai ikatan emosional yang kuat. Salah satu jenis anjing yang terkenal patuh adalah jenis Siberian Husky.

Meski memiliki  wajah bak serigala dan terlihat sangar, namun siberian husky jadi salah satu jenis yang banyak dincar untuk dipelihara atau sebagai teman bermain. Penasaran tentang fakta menarik dari anjing yang berasal dari Siberia, Rusia ini? Yuk simak ulasan lengkapnya di  bawah ini.

BACA JUGA: Anjing Pudel: Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya

1. Sejarah anjing siberian husky

siberian husky
halodoc

Anjing ini  berasa dari Siberia, Rusia dan merupakan anjing paling populer di kalangan penyuka hewan . Meski sepintas mirip serigala yang hidup di kutub, namun hewan satu ini terkenal ramah terhadap majikannya. Tidak hanya itu, hewan ini juga cukup memikat hati. Sebab, memiliki bulu yang tebal nan indah dengan berbagai warna, wajah yang gahar dan mata yang tajam.

Anjing siberian husky diketahui mulai dekat dengan manusia sekitar mulai 3.000 tahun lalu. Saat itu, suku Chukchi yang merupakan suku semi nomaden di Siberia, memperluas wilayah buruannya dengan bantuan anjing ini. Dalam misi penting ini, anjing husky mempunyai peran sebagai penarik kereta luncur atau pengangkut beban.

Di indonesia, kepopuleran anjing ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan di Kota Yogyakarta, berdiri nama kelompok pecinta husky bernama Siberian Husky Indonesia atau biasa diistilahkan menjadi Group of Siberian Husy. Grup ini didirikan sebagai wadah bagi para pemilik anjing untuk dapat bertemu, berbagi dan bermain bersama.  

Karena sejarahnya itulah, membuat anjing siberian husky menjadi hewan yang sangat dekat dengan manusia.

2. Karakter anjing husky

siberian husky
halodoc

Selain terkenal lincah, kekar dan gesit. Hewan ini memiliki lapisan bulu ganda. Lapisan bawah relatif cukup tebal dan pendek. Sehingga membantu dalam mempertahankan panas tubuhnya. Sementara itu, pada bagian luar bulunya, cenderung lebih panjang dan tahan terhadap air. Tidak hanya itu, hewan ini memiliki  mata berbentuk almon dan berfungsi sebagai pelindung dari dinginnya salju dan sinar matahari.

Selanjutnya, jenis ini termasuk jenis yang spesial. Sebab, siberian husky mempunyai bola mata berwarna biru. Selain itu, munculnya Heterochromia atau mata yang memiliki dua warna sekaligus, merupakan hal umum yang ditemui pada anjing ini. Pada mata jenis husky, sering menghasilkan warna mata biru, emas, jingga atau coklat.

Sementara itu, anjing jenis ini mempunyai rata-rata tinggi sekitar 21-23.5 inci untuk pejantan, sedangkan yang betina 20-22 inci. Lalu untuk berat badannya, berkisar antara 45-60 pound untuk pejantan dan 35-50 pound buat betina. Selain berat dan tinggi, anjing husky bisa hidup sampai umur 15 tahun lho Sedulur.

Setelah membahas mengenai karakter anjing ini, maka selanjutnya adalah mengetahui sifat dari jenis Siberian Husky di bawah ini ya!

BACA JUGA: Kenali Kucing Maine Coon Karakteristik & Cara Merawatnya

3. Sifat anjing siberian husky

siberian husky
katadata

Terkenal hidup di alam yang dingin seperti kutub, membuat anjing ini lihai dalam berburu dan menerkam mangsanya. Namun bukan berarti, anjing ini tak bisa dijinakkan.  Ya, jenis siberian husky termasuk  yang bisa dijinakan. Terbukti, di kalangan pecinta hewan anjing, jenis ini tak pernah sepi peminat untuk dipelihara. Sebagai hewan peliharaan, anjing ini bisa dilatih untuk berlari sehingga perlu olahraga yang teratur.

Bagi kamu yang menjadi majikannya, usahakan untuk terus melatih mereka secara rutin. Supaya terbiasa mengikuti setiap langkahmu seperti berenang, berjalan, bermain hingga berlari. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan jarak tempuhnya secara perlahan. Meski demikian, kamu wajib menjaga pantangan untuk hewan ini.

Anjing siberian husky tidak boleh diajak berolahraga di luar ruangan yang memiliki suhu pana dan kering.  Serta tidak boleh berada pada kelembapan rendah.  Sebab, bulu hewan yang satu ini sangat mudah terkena cahaya pana berlebih. Saat kamu mendapati suhu mencapai di atas normal, lebih baik ajaklah untuk berlatih berenang.

Meski hanya seekor anjing, nyatanya anjing husky bisa memiliki  sifat seperti manusia lho. Ya, hewan ini bisa terkenal cerewet, gemar mengerang, menggerutu dan sebagainya. Meski demikian, anjing jenis ini masih tergolong jenis yang ramah. Tidak hanya itu, anjing ini mempunyai tingkat toleransi yang baik terhadap perilaku anak-anak. Namun meski begitu, kamu tidak boleh lengah saat mereka bermain bersama anak-anakmu.

Setelah membaca bahwa anjing husky termasuk hewan yang ramah, mungkin sebagian Sedulur di sini nampak penasaran dengan jenis-jenis apa saja yang masuk dalam keluarga Husky. Yuk simak ulasan berikut!

BACA JUGA: 12 Jenis Anjing Ras Untuk Dipelihara di Rumah, Aman & Setia

4. Ragam jenis anjing husky

siberian husky
loveyourdog

Perlu diketahui, jika anjing ini memiliki beragam jenis. Karena bentuknya yang  seperti serigala, tetap bisa kamu temui anjing-anjing di Indonesia yang masih satu keluarga dengan Husky. Penasaran apa sajakah itu, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Alaskan malamute

Jenis ini masih satu klan atau keluarga dengan Husky. Sejak dulu anjing jenis ini digunakan sebagai hewan penaarik beban kereta luncur. Tidak hanya itu, Alaskan Malamute termasuk anjing yang senang berada di sekitar pemiliknya dan selalu merasa cemas. Meski demikian, tidak disarankan untuk kamu memelihara Alaskan Malamute bersama hewan lain. Sebab, anjing Alaskan Malamute punya dorongan memangsa yang cukup kuat. Sehingga tidak boleh dicampurkan dengan hewan lain. Meski begitu, anjing ini tetap layak dijadikan peliharaan.

Samoyed

Selain jenis Alaskan Malamute, ada lagi jenis dari keluarga Husky yaitu Samoyed. Perawakan  samoyed hampir menyerupai serigala  Arktik. Sama seperti layaknya Husky dan Alaskan,  Samoyed juga pernah menjadi hewan penarik kereta. Hewan jenis ini juga terkenal cerdas, suka bersosialisasi dan pastinya penyayang.

Saarloos Wolfdog

Jenis keluarga Husky selanjutnya adalah Saarloss Wolfdog. Anjing ini terkenal memiliki banyak tenaga dan butuh berbagai latihan harian. Namun, buat kamu yang tertarik merawatnya, pastikan kamu harus berpengalaman. Sebab, Saarloos Wolfdog menghindari  kontak dengan orang dan lingkungan asing.

Itulah jenis-jenis anjing dari keluarga Husky. Selanjutnya adalah mengenai harga bagi kamu yang tertarik ingin merawatnya. Harga anjing jenis Siberian Husky cukup bervariasi. Tergantung dari ukuran dan usianya.

5. Harga anjing siberian husky

siberian husky
wikipedia

Buat kamu yang tertarik memelihara anjing ramah ini, wajib sekali melihat harga yang ditawarkan. Sebab, harga siberian husky sangat bervariasi. Tergantung dari jenis, ukuran badan dan usianya. Bahkan, siberian husky puppy atau anakan bisa memiliki harga jutaan rupiah lho. Berikut adalah daftar anjing siberian husky dan harganya!

  • Anakan siberian husky stambum : Rp 4.200.000
  • Siberian husky anakan non-stambum : Rp 1.500.000
  • Anjing husky dewasa stambum : Rp 1.000.000
  • Jenis husky dewasa non-stambum : Rp 2.000.000
  • Jenis husky impor stambum : Rp 6.000.000 – Rp 7.000.000

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai sejarah, karakter, jenis dan harga jenis anjing husky. Siberian husky berbahaya hanyalah isapan jempol belaka. Karena meski tampangnya sangar, anjing ini sangat bersahabat dan setia pada majikannya. Semoga  bisa menjadi  rekomendasi Sedulur yang tertarik merawat anjing jenis ini.