anjing pomeranian

Selain kucing, anjing juga sering menjadi pilihan untuk hewan peliharaan di rumah. Selain bisa sebagai penjaga rumah, anjing juga dinilai sebagai hewan yang setia dan loyal kepada tuannya. Itulah kenapa banyak orang yang memilih anjing sebagai teman di rumah, bahkan dianggap seperti keluarga sendiri.

Jika Sedulur ada yang ingin memelihara anjing, mungkin sebaiknya mencari tahu ras atau karakter anjing yang akan dipilih. Mungkin salah satu yang bisa menjadi hewan peliharaan terbaik adalah anjing Pomeranian atau biasa disebut juga Pom.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu lebih jauh tentang tipe anjing Pomeranian, cara merawatnya sampai harga, berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Fakta Anjing Siberian Husky: Karakter, Asal Hingga Harganya

-->

1. Sejarah Anjing Pomeranian

Anjing Pomeranian
pexels.com

Pomeranian merupakan anggota terkecil dari keluarga anjing Spitz, yaitu ras Samoyed, Alaskan Malamute, dan Norwegian Elkhound. Awalnya anjing Pom hanya punya berat sekitar 13 kilogram, dengan warna putih, hitam, cokelat, atau biru. Namun saat anjing Pom warna oranye menang di pameran anjing tahun 1920-an, rentang warnanya semakin luas. Dan sekarang, ras Pomeranian lebih populer dengan warna oranye atau merah kecokelatan.

Kemudian dari segi nama, Pom diambil dari nama provinsi Pomerania di Jerman. Anjing ini jadi begitu terkenal setelah Pomeranian milik Ratu Victoria diizinkan untuk tampil di pertunjukan konformasi dan menjadi Pomeranian pertama yang pernah ditampilkan. Lantaran kecintaannya Ratu Victoria dengan Pomeranian yang kecil, membuat para peternak anjing di Inggris mulai membiakkan Pom kecil.

2. Karakter atau Kepribadian

Anjing Pomeranian
pexels.com

Anjing ini selalu waspada dengan rasa ingin tahu yang besar, itulah kenapa mereka suka menggonggong. Pomeranian akan menghabiskan hari-harinya dengan hidup aktif namun tidak hiperaktif. Mereka juga termasuk golongan anjing pintar, sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Kalau Sedulur melatihnya sejak kecil dengan cara yang tepat, Pomeranian akan cepat belajar. Namun karena memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi, Sedulur harus hati-hati dan jangan sampai lepas dari pengawasan. Karena mereka akan suka menjelajah hal-hal yang baru.

BACA JUGA: Anjing Pudel: Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya

3. Jenis Anjing Pomeranian

Anjing Pomeranian
pexels.com

Anjing ini memiliki beberapa jenis jika dilihat dari segi fisiknya. Misalnya, dari warna bulu ada anjing Pomeranian putih, anjing Pomeranian hitam, anjing Pomeranian black tan, sampai Pomeranian berwarna oranye atau merah kecokelatan. Kemudian selain warna, dari segi berat anjing Pom mulai dari 1,4 sampai 3,2 kg. Namun ini jenis yang biasa dipelihara di rumah.

Sedangkan untuk kepentingan show, anjing Pom bisa memiliki berat 1,8 kg sampai 2,7 kg. Lalu untuk ekornya juga macam-macam, ada yang tegak berbulu lebat sampai tipe ekor panjang. Bentuknya ini menyesuaikan ukuran anjing Pom yang relatif mungil.

4. Perawatan Anjing Pomeranian

Anjing Pomeranian
pexels.com

Untuk perawatan sebenarnya tidak terlalu susah. Namun ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan untuk anjing jenis ini. Berikut penjabarannya:

Perawatan bulu

Pomeranian merupakan jenis anjing bulu panjang, sehingga jangan kaget kalau mereka mengalami kerontokan. Namun hal ini wajar dan normal. Untuk itu yang perlu Sedulur lakukan adalah membersihkan dan memandikannya. Jika anjing masih kecil atau usia baru 3 bulan, mandikan 1 bulan sekali sudah cukup.

Sedangkan jika sudah dewasa, 1-2 minggu sekali tetap aman. Jangan lupa gunakan shampo atau sabun khusus anjing agar bulunya tidak rusak, dan setiap selesai mandi keringkan bulunya dan disisir dengan sisir anjing khusus.

Perawatan gigi

Kebersihan gigi juga perlu diperhatikan agar tidak memicu masalah kesehatan. Jadi sebaiknya bersihkan giginya secara rutin di rumah. Kamu bisa membeli sikat khusus anjing di pet shop. Atau rutin dibawa ke klinik untuk dibersihkan giginya agar terhindar dari bakteri.

Olahraga

Karena Pomeranian termasuk anjing yang lincah dan aktif, Sedulur perlu mengajaknya berolahraga. Misalnya ajak jalan-jalan kurang lebih selama 45-90 menit untuk anjing dewasa, 2-3 kali dalam seminggu.

Namun jika masih kecil tak perlu terlalu lama karena mereka akan mudah lelah. Dan tidak perlu dipaksakan juga, agar pertumbuhan dan perkembangan otot anjing tidak terganggu.

Makan

Untuk masalah makan tidak ada yang spesifik. Jadi bisa menggunakan dog food pada umumnya yang dijual di pet shop. Tapi yang perlu diperhatikan adalah porsi atau takaran makannya agar jangan sampai obesitas. Jadi sehari cukup makan 2 sampai 3 kali saja.

BACA JUGA: 12 Jenis Anjing Ras Untuk Dipelihara di Rumah, Aman & Setia

5. Masalah Kesehatan Ras Pomeranian

Anjing Pomeranian
pexels.com

Seperti anjing lainnya, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi di ras anjing Pomeranian. Beberapa dari mereka suka terkena penyakit tiroid dan alergi. Selain itu juga bisa epilepsi dan kejang. Kemudian untuk masalah kesehatan umum lainnya, bisa berupa masalah mata seperti katarak, mata kering, dan masalah saluran air mata. Tapi tenang, jika dirawat dengan baik, Sedulur bisa mencegah semua masalah kesehatan itu.

6. Anjing Pomeranian Harga

Anjing Pomeranian
pexels.com

Untuk harga anjing ras Pomeranian sebenarnya cukup beragam, mulai dari Rp2 jutaan sampai Rp12 juta (bahkan lebih). Namun, besar kecilnya harga tergantung dari indukannya (bagus/tidak, atau mungkin idukannya pernah jadi juara show anjing), kemudian kelengkapan sertifikat atau dokumen sampai bagaimana tampilannya secara fisik sekaligus kesehatannya.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Anjing pomeranian dari sejarah, karakter, cara merawat sampai harganya. Semoga setelah ini Sedulur tidak bingung dan memiliki pertimbangan serta pandangan sebelum memilih anjing ini sebagai hewan peliharaan di rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.