anjing pudel

Bisa dikatakan bahwa anjing merupakan salah satu binatang yang memiliki hubungan dekat dengan manusia. Jenisnya pun beruagam. Ada yang penjaga hingga yang dipelihara dengan tujuan untuk menjadi teman. Seperti anjing pudel.

Anjing pudel atau poodle menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling favorit di dunia. Jenis anjing yang satu ini mempunyai tampilan yang cantik, unik, dan karakternya selalu bersemangat. Jadi tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai teman di dalam maupun luar rumah.Bagi Sedulur yang penasaran dengan anjing yang satu ini, langsung saja simak informasi berikut.

BACA JUGA: Tips Memandikan & Grooming Kucing Sendiri Dirumah, Wajib Tahu

1. Asal-usul anjing poodle

asal usul
pexels

Dapat dibilang jika poodle merupakan salah satu ras anjing tertua yang dulunya dikembangkan dengan tujuan untuk berburu unggas. Para sejarawan beranggapan jika pudel ini awalnya berasal dari Jerman dan berkembang biak hingga akhirnya menjadi trah sendiri di Perancis.

Beberapa ahli juga percaya jika ras ini merupakan hasil persilangan antara beberapa anjing air yang di Eropa. Seperti anjing air Spanyol, Perancis, Portugis, Rusia, Hongaria, dan Jerman. Namun ada pendapat lain bahwa leluhur dari pudel adalah Barbet Afrika Utara yang diimpor ke Semenanjung Iberia.

2. Ciri-ciri anjing pudle

ciri anjing pudel
pixabay

Pudel memiliki bentuk tubuhnya yang cantik dan juga unik. Berikut ini beberapa ciri umum yang dimiliki dari anjing poodle:

  • Memiliki bentuk kepala yang sedikit memanjang
  • Warna bulunya bervariasi, seperti hitam, coklat, putih, abu-abu, dan cream. Namun anjing pudel putih menjadi yang paling disukai
  • Bulunya tebal dan juga keriting
  • Mempunyai mata yang bulat dengan warna coklat tua, hitam, atau kuning
  • Ada tiga ukuran poodle yaitu standar (tinggi 9-24 inci), miniatur (tinggi 11-14 inci), serta toy (tinggi 9-11 inci)

3. Karakteristik anjing pudel

Karakteristik anjing pudel
pexels

Umumnya, anjing pudel mempunyai sifat yang ceria, aktif, selalu waspada, dan instingnya tajam. Mereka juga sangat cerdas, sehingga Sedulur bisa melatihnya dengan mudah. Selain itu, anjing ini setia dan mudah dalam beradaptasi.

Ada tiga klasifikasi anjing pudel menurut ukurannya, yakni standar, miniatur, dan toy. Masing-masing ukuran juga memiliki karakteristik yang berbeda. Namun yang pasti, semua jenis pudel ini sangat setia dan sayang kepada pemiliknya.

Jenis anjing ini juga sangat pengertian dan memiliki rasa partisipasi yang tinggi alias bisa memahami perasaan pemiliknya dengan mudah. Apabila sedang sedih atau punya banyak masalah, bisa saja mereka akan terbawa suasana dan ikut merasakan hal yang sama pula.

4. Jenis anjing poodle dan harganya

jenis anjing poodle dan harganya
pexels

Pudel standar

Pudel standar adalah jenis yang memiliki ukuran paling besar jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Tinggi dari jenis pudel ini bisa mencapai 45-60 cm, dengan berat sekitar 20-32 kg untuk jantan dan sekitar 20-27 kg untuk betina. Umurnya juga cukup panjang, dengan harapan hidup rata-rata lebih dari 16 tahun. Harga anjing pudel ini berkisar antara 6 hingga 8 jutaan rupiah.

Pudel miniatur

Anjing pudel mini atau miniatur mempunyai ukuran yang lebih kecil dari jenis standar. Karena tinggi badannya hanya mencapai 28-38 cm dengan berat sekitar 7 kg membuatnya menyandang sebutan “mini”.

Namun umur dari jenis pudel ini lebih panjang dan bisa lebih dari 20 tahun. Bisa dikatakan jika jenis miniatur ini memiliki harga yang lebih murah dari jenis standar. Harga anjing poodle murah ini ada di kisaran Rp5 jutaan.

Toy poodle

Walaupun ada jenis mini, ras pudel yang paling kecil dipegang oleh toy poodle. Hal ini karena tinggi anjing tersebut hanya sekitar 24-28 cm dengan berat maksimal 2,5 kg saja. Toy poodle ini mampu bertahan hidup hingga 15 tahun. Umumnya, jenis ini sangat akrab dengan sang pemilik, namun cukup agresif dengan orang baru. Toy anjing pudel harga yakni mulai dari Rp8 jutaan.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Pasir Kucing Wangi yang Bagus, Anti Bau

5. Makanan anjing pudel

Makanan
pexels

Tentu saja, poodle membutuhkan makanan yang berkualitas. Jangan remehkan hal ini, karena sangat penting. Sedulur harus bisa memilih nutrisi yang baik untuknya supaya anjing bisa terhindar dari berbagai kemungkinan masalah kesehatan.

Makanan yang diberikan harus mengandung kalsium dan protein dengan kualitas yang baik. Bahan yang terkandung dalam produk makanan juga harus berasal dari bahan-bahan yang fresh. Alangkah baiknya, jika ditambah dengan lemak hewani yang baik dan tidak mengandung produk buatan.

6. Cara merawat anjing pudel

cara merawat
pexels

Untuk menjaga kesehatan pudel, Sedulur harus melakukan beberapa perawatan. Berikut ini beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan.

1. Vaksin untuk menjaga mereka dari berbagai penyakit.

2. Latihan. Pudel merupakan hewan peliharaan yang enerjik, jadi lakukan banyak aktivitas fisik bersamanya setiap hari.

3. Bersosialisasi. Sosialisasi itu penting, agar pudel bisa merasa nyaman dengan pemiliknya dan juga hewan yang lain.

4. Perawatan bulu. Agar bulu mereka tetap terlihat rapi, maka bulu pudel perlu disikat setiap hari, dan juga lakukan perawatan rutin setiap 6 minggu.

5. Perawatan gigi. Gigi mereka juga harus disikat satu kali dalam sehari dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anjing.

7. Cara melatih anjing pudel

Cara melatih
pexels

Ras poodle ini memang cerdas dan mampu belajar dengan cepat. Namun Sedulur harus berhati-hati,  karena besar kemungkinan pula mereka akan belajar mengikuti perintah atau hal-hal buruk yang tidak sengaja mereka pelajari pada saat berlatih.

Jika baru pertama kali memelihara anjing ini, maka jangan tunda untuk mendaftar kelas pelatihan dan kepatuhan dengan yang ahli. Banyak yang memutuskan untuk tidak mengikutkannya dalam pelatihan, dan akhirnya si anjing berperilaku buruk.

8. Fakta menarik anjing pudel

Fakta
pexels
  • Termasuk salah satu jenis anjing yang paling pintar
  • Menjadi perenang yang baik
  • Mempunyai bulu yang panjang dan tidak dapat berhenti tumbuh
  • Berasal dari Jerman dan merupakan anjing nasional di Perancis
  • Termasuk salah satu jenis anjing yang mudah untuk dilatih
  • Memerlukan perhatian yang cukup dan sosialisasi dari pemiliknya
  • Kerap merasa bosan jika menganggur
  • Baik dipelihara oleh orang yang memiliki alergi terhadap anjing

Itulah pembahasan mengenai anjing pudel yang perlu untuk Sedulur ketahui. Bagi yang ingin memeliharanya, pastikan telah memahami beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas. Berkaitan dengan umur, sebenarnya anjing ini bisa berumur panjang asalkan Sedulur bisa merawatnya dengan baik. Selain kesehatan fisik, pastikan juga kesehatan mentalnya juga selalu terjaga ya!