Di daerah Jakarta Selatan ada salah satu urban yang cukup populer, yaitu cerita mistis Menara Saidah yang melegenda. Bagi kamu yang sering melewati Jalan Mas Tirtodarmo Haryono alias Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, pasti cukup familier dengan gedung ini. Sebab, bangunannya masih berdiri dengan kokoh.

Namun kemegahan gedung ini ternyata memiliki banyak permasalahan. Salah satunya adalah kontruksi bangunannya yang diduga miring hingga bisa membahayakan orang-orang yang beraktivitas di dalamnya. Itulah kenapa pada tahun 2007, Menara Saidah dikosongkan sampai sekarang.

Lantaran kosong sejak lama, Menara Saidah sekarang menyimpan banyak cerita mistis yang sempat viral. Bahkan banyak netizen yang percaya gedung ini angker karena sudah lama ditinggalkan. Lalu apa benar demikian? Berikut sejumlah faktanya.

BACA JUGA: 7 Fakta Mistis Alas Roban, Jalur Terangker dan Menyeramkan!

1. Menara Saidah dibangun pada tahun 1995

kontenpedia.com

Menara ini dulu dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 1998. Awal mulanya nama gedung ini adalah Gracindo dan konon katanya biaya pembangunannya mencapai Rp50 miliar. Gedung ini ketika itu juga menjadi bangunan pencakar langit pertama yang dibangun oleh Hutama Karya.

2. Bangunan bergaya Romawi

kompas.com

Diambil dari arsip PT Hutama Karya, arsitektur bangunan ini bergaya Romawi dengan 28 lantai yang tinggi menjulang. Menara Saidah dipenuhi dengan berbagai ornamen, baik di luar maupun di dalam gedung. Untuk membuatnya pun perlu kecermatan dan ketelitian. Bahkan, kabarnya patung-patung bergaya Romawi itu langsung didatangkan dari Italia. Jadi tidak heran jika dulu pembangunannya menghabiskan biaya puluhan miliar.

BACA JUGA: 6 Asal Usul Valak Tidak Hanya di Film, Ada di Kehidupan Nyata

3. Pemilik pertama Menara Saidah

tagar.id

Mengutip dari laman BangkaPos, pemilik pertama gedung ini adalah PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Sudibyo. Setelah itu gedung ini dilelang pada tahun 1995 dan dimenangkan oleh keluarga Saidah, pemiliknya diserahkan kepada Fajri Setiawan, yang merupakan anak kelima dari Nyonya Saidah. Namun setelah pemilik menara ini meninggal yaitu Fajri Setiawan, kepemilikannya berpindah ke anak bungsu Nyonya Saidah yaitu Fahmi Darmawansyah.

4. Asal usul nama Saidah

detik.com

Nama Saidah sendiri diambil dari nama pemiliknya yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim. Dia merupakan mertua dari pemain film dan sinetron Inneke Koesherawati. Setelah berpindah dari Mustika Ratu ke keluarga Saidah, jumlah lantainya pun bertambah, dari awalnya cuma 15 lantai kini menjadi 28 lantai. Ya, jumlah lantainya bertambah hampir dua kali lipat dan tinggi menjulang.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Arti Cenayang hingga Tokoh Terfenomenal

5. Sempat jadi Kantor PPU hingga kementerian

pikiran-rakyat.com

Mengutip laman Kompas.com, pada 2 September 1999 tercatat Menara Saidah pernah menjadi kantor Sekretariat Panitia Pemilihan Umum (PPU) 1999. Kemudian setelah itu juga pernah menjadi kantor Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia. Sekarang nama kementriannya ini adalah Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi.

6. Ditutup pada tahun 2007

tribunnews.com

Kenapa Menara Saidah kosong? Sebab, bangunan megah ini ditutup untuk umum pada tahun 2007. Hal ini diduga karena bangunan Menara Saidah miring beberapa derajat dan dianggap membahayakan penghuninya. Dikabarkan kontruksi bangunan ini sudah bermasalah sejak awal, namun pihak pemilik maupun dari Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) tidak memberikan penjelasan.

Sedangkan menurut pengakuan dari warga sekitar, sebenarnya sempat ada renovasi pada pertengahan tahun 2015. Namun renovasi itu berhenti setelah berjalan dua bulan. Itulah kenapa sampai sekarang gedung ini dibiarkan kosong dan banyak netizen menilai Menara Saidah horor karena banyak cerita mistis yang menyelimutinya.

BACA JUGA: Tomino’s Poem, Puisi Kematian Jepang yang Bikin Merinding

7. Gedung sempat akan diambil alih Pemprov DKI

viva.co.id

Ternyata Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sempat ada rencana untuk mengambil alih pemanfaatan bangunan ini pada tahun 2016. Tapi rencana tersebut tidak jadi terlaksana. Pada akhirnya sampai sekarang bangunan ini dibiarkan mangkrak karena tak difungsikan. Gedung ini juga ditutup dengan pagar seng yang dijaga oleh beberapa orang.

8. Apakah Menara Saidah dijual?

popbela.com

Mengutip dari laman Detik.com, Menara Saidah sempat beberapa kali didatangi oleh calon pembeli. Kebanyakan dari mereka sering menanyakan bagaimana kondisi gedungnya, harga gedungnya sampai mencari tahu siapa pemiliknya. Salah satu petugas keamanan gedung itu, menuturkan Menara Saidah pernah ditawar hingga Rp16 miliar oleh calon investor, namun ditolak oleh pemiliknya.

Menurut penuturan petugas keamanan tersebut, gedung ini sempat ditawar oleh beberapa orang karena beberapa alasan. Salah satunya adalah lokasinya yang strategis. Tapi sayangnya karena diduga kontruksi bangunannya bermasalah, gedung ini dibiarkan kosong sejak lama dan Menara Saidah tidak dijual oleh pemiliknya.

BACA JUGA: 15 Gedung Tertinggi di Dunia, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

9. Sering menjadi tempat uji nyali

brilio.net

Lantaran dikenal anger dan banyak kisah horor, kabarnya ada sejumlah pemuda yang suka melakukan uji nyali di Menara Saidah. Banyak isu yang beredar bahwa di dalam gedung ini banyak makhluk gaib, seperti adanya ular raksasa dan macan yang menjadi penunggu di lantai empat.

Gak cuma itu saja, ada juga cerita keranda mayat yang terkadang muncul dan tiba-tiba hilang di area Menara Saidah. Kemudian ada kisah horor lain yaitu soal lift gedung yang berjalan lambat karena ditunggui oleh makhluk gaib. Lalu ada juga cerita soal suara tangisan di basement atau rubanah lantai Menara Saidah.

10. Kisah horor yang menyelimuti Menara Saidah

suara.com

Ada beberapa kisah misteri Menara Saidah yang menjadi urban legend. Banyak warga sekitar yang mengklaim sering melihat sosok wanita bergaun merah di lantai tiga. Kisahnya ini berawal dari seorang satpam yang bertemu dengan seorang wanita untuk meminta bantuan pada dirinya. Wanita itu meminta satpam tersebut untuk mengantarkannya ke lantai 14 untuk menemui adiknya.

Namun sesampainya di lantai 14, wanita itu menghilang sementara rekan petugas keamanan lain menemukan satpam yang mengantar sosok wanita itu pingsan di daam lift. Kisah misteri lainnya pun bisa kamu temukan di forum-forum online. Seperti kisah driver ojol yang mendapat orderan dari lobby Menara Saidah. Tentunya cerita ini menjadi perbincangan masyarakat sekitar karena tidak ada satu pun orang yang menyewa gedung tersebut.

Itulah tadi beberapa fakta menarik tentang Menara Saidah. Sampai sekarang gedung ini masih berdiri menjulang di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Namun karena dibiarkan kosong lama, gedung ini menjadi kotor dan dikenal memiliki cerita mistis. Meskipun sempat ada yang menawar, tapi pemilik gedung ini mengaku tidak menjualnya. Nah, Sedulur sendiri ada yang tahu dengan cerita mistis lain gedung ini?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.