valak

Hantu Valak merupakan sosok iblis berwujud biarawati. Sosoknya yang selalu mengagetkan penonton dengan tampilannya yang sangat menyeramkan, berhasil membuat banyak orang penasaran tentang siapa sebenarnya iblis tersebut.

Selain itu, penampilan seramnya juga tak lepas dari pemeran hantu Valak itu sendiri yakni, Bonnie Aarons. Wajah Aarons yang sangat khas dengan hidung mancung dan memiliki bekas patah, membuatnya sangat cocok menampilkan hantu iconic tersebut.

Saking kuat dan juga iconic, banyak orang yang penasaran apakah Valak asli atau bukan. Nah, melalui film origin-nya The Nun (2018), akhirnya para penonton berhasil mengetahui asal-usulnya. Berikut ini beberapa hal tentang Valak yang terungkap melalui film-film di The Conjuring Universe.

BACA JUGA: Fakta dan Sinopsi Girl From Nowhere, Series Thailand Terbaik

-->

1. Awal kemunculan Valak

valak
itl

Asal muasal Valak hantu terkuak pada tahun 1952, di mana ada seorang biarawati di Rumania yang kematiannya terdengar hingga ke Vatikan. Kematian yang dirasa tidak wajar ini, membuat petinggi Vatikan mengirimkan Father Burke dan suster muda bernama Irene untuk ke biara tersebut.

Mereka datang dengan tujuan untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di sana. Ya, biara tempat biarawati tadi meninggal memang terisolasi. Bahkan warga sekitar juga tidak ada yang mau berurusan dengan para biarawati di sana, karena menganggapnya penuh dengan kutukan dan iblis.

Nah, dalam perjalanannya, Father Burke dan Irene dibantu oleh warga setempat yang baik bernama Frenchie. Proses penyelidikan untuk menguak misteri dalam biara ini juga didukung dengan indera keenam yang dimiliki oleh suster Irene.

Dan pada akhirnya, terkuak satu per satu tentang bagaimana Valak itu bisa muncul hingga di mana lokasi keberadaanya.

2. Valak dalam demonologi

valak
kincir

Mungkin banyak yang penasaran sebenarnya apa itu hantu Valak. Jadi menurut ilmu Demonologi, Valak artinya pemimpin Agung Neraka sekaligus komandan dari 30 legiun iblis.

Sedangkan jika dilihat dari fisik, sebenarnya Valak sendiri adalah sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang menaiki naga berkepala dua. Tentu saja penggambaran tersebut jauh dari sosok biarawati yang muncul dalam film The Conjuring 2 dan The Nun. Ya, wujudnya dalam film The Conjuring itu adalah 2 hasil kreasi sang sutradara, James Wan. Pada saat membuat skrip, Wan belum menemukan inspirasi wujud hantu tersebut.

Nah, Wan ingin membuat Valak ini sebagai hantu yang memberikan pertanda dari kasus di Enfield, sekaligus menjadi tanda film sekuelnya. Dan pada akhirnya, wujud dari sosok Valak itu muncul saat berbincang dengan Lorraine. Wujud biarawati ini berangkat dari makhluk halus nyata yang menghantui Lorraine Warren dan menyerang keyakinannya.

3. Tidak ada hubungannya dengan Amityville

valak
lokadata

Bisa dibilang jika Valak ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Amityville. Dalam film The Conjuring 2, ia pertama kali muncul di awal film di ruang bawah tanah Amityville. Ya, Lorraine Warren menemukan Valak pada saat menjelajahi rumah. Dan beban Lorraine pun makin bertambah ketika Lorraine punya firasat buruk di masa depan terkait pemimpin agung neraka tersebut.

BACA JUGA: 7 Fakta Mistis Alas Roban, Jalur Terangker dan Menyeramkan!

4. Jadi bagian terbaik di The Conjuring 2

valak
layar

Nama dan gambar Valak tentu saja sudah tidak asing lagi bagi para penggemar film-film The Conjuring Universe. Ya, dia menjadi villain utama dari The Conjuring 2 sekaligus misteri dibalik hampir semua hantu yang ada di The Conjuring Universe.

Adegan di mana Lorraine menyebut nama “Valak” itu menjadi adegan terbaik sepanjang film. Karena dengan menyebut namanya, maka Lorraine bisa membawanya kembali ke tempat asalnya yakni neraka.

Seperti yang kita tahu, nama Valak sendiri terus dirahasiakan sejak awal film. Namun, sebenarnya penonton bisa menemukan banyak sekali easter egg namanya sejak awal. Salah satunya pada saat keluarga Warren sarapan, dibelakangnya terdapat rangkaian huruf yang membentuk kata V-A-L-A-K.

5. Kekuatan dan kelemahan Valak

filmaffinity

Dalam film The Conjuring 2 dan The Nun, kekuatan Valak hanya ditampilkan dalam bentuk energi negatif. Akan tetapi, energi negatif tersebut sangat besar, bahkan membuat Loraine kewalahan. Terlebih lagi, Valak selalu tampil kuat ketika mengendalikan roh-roh manusia.

Sebagai iblis, dia juga dapat membantu seseorang untuk menemukan “harta karun” atau memberikan kekayaan yang melimpah. Selain itu, iblis tersebut juga bisa melindungi manusia asalkan mengikuti kemauan dan permintaannya. Akan tetapi, perjanjian yang sudah dibuat dengannya itu tidak bisa dibatalkan. Jika dibatalkan, dia akan mengirimkan pasukan 30 legiun dari neraka.

Saking kuatnya hantu yang satu ini, dia hampir tidak memiliki kelemahan sama sekali. Bahkan dia juga mampu menangkan mantra dan doa Loraine, hingga membalikkan lambang salib. Namun ada satu kelemahan hantu Valak yakni ketika namanya diketahui, sehingga Loraine bisa mengembalikannya ke dalam neraka.

6. Tergambar dalam 3 kitab kuno

beritagar

Hantu Valak seram memang sudah dikenal sejak dulu kala, bahkan namanya tertulis dalam tiga kitab kuno. Yakni Goetia (1904), Dictionnaire Infernal (1863), dan Pseudomonarchia Daemonum (1583). Dari ketiga kitab tersebut, iblis ini digambarkan sebagai pemimpin 30 legiun neraka.

Selain itu, dia juga mempunyai beberapa sebutan lain. Di antaranya seperti Valac, Ualac, Valu, Valax, Volac, dan Valic.

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

Nah, itulah beberapa informasi tentang Valak, sang raja iblis dari neraka yang telah diceritakan dalam film-film The Conjuring Universe. Bisa dibilang jika iblis tersebut menjadi main villain dari setiap film yang dirilis. Setiap hantu yang hadir di film-film sebelumnya pun berkaitan erat dengannya.

Mungkin Sedulur penasaran apakah Valak dalam Islam itu ada atau tidak. Jawabannya sudah pasti, tidak ada. Tidak ada satu pun sumber yang mengatakan eksistensi iblis tersebut dalam agama Islam.