linkedin adalah

Linkedin adalah salah satu media sosial yang saat ini wajib dimiliki seseorang. Ada yang menyamakannya dengan Facebook, tetapi khusus untuk membangun jejaring profesional. Analogi tersebut tidak salah, karena memang Linkedin dibuat untuk memfasilitasi pelamar kerja dengan perekrut. 

Ada banyak fitur menguntungkan yang bisa Sedulur manfaatkan guna memperoleh lebih banyak peluang kerja. Bahkan sampai menembus batas geografis. Mau tahu apa itu Linkedin dan manfaatnya untuk kemajuan kariermu? Berikut petunjuk cara menggunakan Linkedin untuk pemula. 

BACA JUGA: 20+ Rumus Excel yang Wajib Kamu Kuasai Untuk Pekerjaanmu

Apa itu Linkedin? 

linkedin adalah
Pexels

Menurut para pengembangnya seperti dilansir dari situs resmi mereka, Linkedin adalah jejaring profesional terbesar di internet sejauh ini. Ia memungkinkan pengguna mencari pekerjaan, posisi magang, dan saling bertukar ide dengan para profesional. Jadi, jika di media sosial biasa fokus pada fungsi hiburan dan jejaring sosial biasa, Linkedin didesain untuk membantumu menunjukkan riwayat profesionalmu. Bisa pekerjaan, kegiatan sukarela yang pernah diikuti, sertifikat yang dimiliki, keterampilan yang dikuasai, dan lain sebagainya.

-->

Siapapun bisa bergabung di Linkedin sama dengan media sosial lainnya. Namun, tentu pasar yang mereka tuju adalah para profesional yang setidaknya sudah menyelesaikan bangku SMA/SMK dan/atau sedang menempuh perkuliahan. Jejaring sosial ini bisa diakses di berbagai perangkat, baik ponsel maupun desktop. 

Fitur utama 

linkedin adalah
Pexels

Ada beberapa fitur utama yang membuat Linkedin  menjadi salah satu jejaring sosial yang populer dan banyak diakses orang. Mereka antara lain. 

  • Profile yang memungkinkan Sedulur menampilkan riwayat pendidikan dan pekerjaan. Semacam CV atau resume yang langsung tampil ketika username atau nama Sedulur diketikkan di kolom pencarian. Di fitur ini, Sedulur bisa memasukkan berbagai pengalaman, baik proyek pribadi, volunteer, pekerjaan paruh waktu, penuh waktu, magang, freelance. Pun bisa dilengkapi juga dengan riwayat pendidikan serta keterampilan yang kamu miliki. 
  • My Network adalah fitur di mana Sedulur bisa menambahkan teman dan kenalan ke dalam koneksimu. Sebaliknya, daftar permintaan koneksi dari rekan atau kenalanmu juga akan tampil di menu ini. 
  • Jobs adalah fitur yang sangat menarik dari Linkedin karena ia memungkinkan pengguna mencari lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Bahkan pengguna bisa menyaring lowongan berdasarkan preferensi masing-masing. Misal lokasi, sifat pekerjaan (penuh waktu, remote, atau paruh waktu), hingga bidang pekerjaannya.
  • Messages merupakan fitur pesan pribadi yang bisa dikirim orang padamu atau sebaliknya. Perekrut bisa saja menghubungimu untuk posisi tertentu bila memang mereka merasa kamu memiliki kapasitas dan pengalaman yang mereka butuhkan. Sebaliknya, Sedulur bisa juga menghubungi perusahaan atau HR sebuah perusahaan untuk menawarkan diri.  
  • Search bar merupakan kolom pencarian yang bisa kamu gunakan untuk mencari nama koneksi atau perusahaan tertentu. 
  • Notification adalah segala hal baru yang mungkin kamu lewatkan dan penting, seperti adanya permintaan koneksi baru, update karier dari koneksimu, postingan baru dari rekan atau perusahaan yang kamu ikuti dan lain sebagainya. 

Masih ada beberapa fitur lain yang bisa Sedulur eksplorasi sendiri, tetapi kiranya daftar di atas adalah fitur yang paling sering dipakai dan terbukti berguna untuk para penggunanya. 

BACA JUGA: 25 Jurusan Kuliah IPA Terbaik dengan Prospek Menjanjikan

Fungsi 

linkedin adalah
Pexels

Buat Sedulur yang masih ragu, berikut beberapa fungsi Linkedin yang bisa kamu optimalkan. 

  • Menjalin jejaring dengan rekan kerja dan teman lama, baik dari sekolah atau kampus yang sama maupun pekerjaan yang pernah atau sedang kamu lakoni. Dengan begitu, kamu bisa berbagi informasi tentang peluang baru dan lain sebagainya. 
  • Membuat resume daring yang bisa diakses siapa saja, termasuk perekrut atau HR perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu yang biasa dipakai untuk mengirim email dan lamaran satu per satu ke HR. 
  • Melamar pekerjaan secara instan. Beberapa perusahaan bahkan mengaktifkan fitur lamar instan yang bisa Sedulur klik langsung. Jadi, tak ada lagi proses mengirim surel lamaran dan CV lagi. Banyak pula perusahaan yang membuka informasi lowongan di Linkedin untuk kemudian diarahkan ke situs mereka. Jadi, Linkedin bisa jadi pembuka atau pintu gerbang buatmu melamar pekerjaan baru. 
  • Membuat blog tentang pengalaman profesionalmu. Sedulur juga bisa membuat postingan sama seperti caption di Facebook dan Instagram atau cuitan di Twitter. Beberapa orang membagikan pengalaman dan portofolio mereka di sana. Kemampuan menulis blog dan postingan yang baik juga bisa jadi nilai plus buatmu. Bahkan di postingan tersebut, kamu bisa menawarkan jasamu atau bahkan sekedar memberitahukan bahwa kamu sedang terbuka dengan peluang baru. 

Linkedin tidak hanya berguna untuk lulusan baru atau fresh graduate yang sedang melamar pekerjaan. Orang yang sudah bertahun-tahun berkecimpung secara profesional pun bisa memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, atau bahkan mencari peluang pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Fungsi Linkedin untuk mahasiswa pun tak kalah krusial. Mahasiswa bisa membuat profil dan menampilkan kegiatan serta skill mereka guna mencari posisi magang. Nantinya ini akan menunjang mereka dalam rangka bersiap terjun ke dunia profesional yang sebenarnya. 

BACA JUGA: Cara Jawab: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Cara membuat akun Linkedin 

Pexels

Linkedin adalah aplikasi untuk membangun jejaring secara profesional, bahkan bisa dipakai untuk mencari dan melamar pekerjaan secara daring. Keberadaannya cukup krusial. Kalau kamu bisa membuat akun media sosial lainnya, membuat akun Linkedin pun bukan perkara sulit. Berikut langkahnya. 

  • Buka situs resmi mereka di tautan berikut https://www.linkedin.com/
  • Kemudian, klik Join Now
  • Daftarkan alamat email atau nomor teleponmu dan masukkan pula password baru. 
  • Klik Agree & Join dan ikuti langkah selanjutnya. 

Biasanya akan ada verifikasi email atau nomor telepon yang tadi didaftarkan. Setelah verifikasi berhasil, Sedulur bisa langsung memodifikasi profil sesuai dengan kondisi dan preferensimu. 

Tips merombak profil 

Pexels

 

Ada banyak contoh profil Linkedin yang baik di jagat maya. Berikut beberapa tips penting yang bisa kamu pakai saat akan merombak profil. 

  • Unggah foto terbaik, usahakan dengan rasio wajah 60 persen dari seluruh komposisi foto. Gunakan background yang mendukung dan rapi. Tidak perlu menggunakan foto ijazah yang formal, kamu bisa menggunakan konsep casual, tetapi tetap tampak profesional. 
  • Tentukan headline yang menarik untuk judul posisimu. Singkat, padat, jelas, dan fokus. 
  • Tulis summary yang menarik, runtut, dan enak dibaca. Isinya tentang pekerjaan yang sedang kamu lakoni serta apa yang kamu ingin tekuni atau sedang pelajari saat ini. Selalu gunakan tata bahasa yang benar dan ejaan baku.
  • Tidak perlu menggunakan kata-kata sifat atau adjektif yang bombastis dalam resume. Tunjukkan kemampuanmu dengan aksi dan prestasi. 
  • Daftar keterampilan yang kamu kuasai dengan jujur dan benar. Bila merasa kurang, kamu bisa terus belajar untuk mengasahnya dan menambah daftarnya. Usahakan fokus dan relevan dengan bidang yang sedang atau ingin ditekuni. 
  • Aktif di Linkedin dengan membuat atau membagikan unggahan yang menurutmu bagus, berikan komentar pada pencapaian temanmu dan lain sebagainya. Ini menunjukkan kalau Sedulur pengguna yang proaktif. 
  • Endorse skill temanmu dan kamu bisa mendapatkan feedback serupa dari mereka. Inilah guna koneksi, saling mendukung dan membantu.
  • Perluas koneksimu, tetapi usahakan mereka benar-benar orang yang kamu kenal. Mulai dari rekan-rekan sekampus dan nanti akan terus meluas ke ranah lain seiring berjalannya waktu.  

Komunitas Linkedin Indonesia cukup progresif. Sudah banyak perusahaan yang membuat akun premium untuk melakukan rekrutmen. Bahkan beberapa bisa menawarkan pekerjaan langsung ke pengguna yang menurut mereka memiliki prospek bagus. Linkedin adalah salah satu jalan pembuka untuk rezekimu. Silakan pertimbangkan untuk membuat akun di platform tersebut, deh. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!