Apa saja sebenarnya manfaat beras hitam yang bisa dirasakan tubuh kita? Simak daftar manfaatnya yang telah dirangkum oleh Superapp.id di bawah ini.

Dalam beberapa kepercayaan tradisional, beras hitam dipercaya dapat memperpanjang umur. Setelah diteliti secara ilmiah dan dengan teknologi canggih, ternyata kepercayaan tradisional tersebut dapat dibuktikan. Setelah melihat kandungan dari beras hitam yang sangat kaya akan nutrisi, tumbuh akan tetap sehat karena manfaat beras hitam yang berfungsi dengan baik.

Hal ini juga yang menyebabkan harga beras hitam cenderung lebih mahal dari beras lainnya. Selain ketersediaan barang yang tidak sebanyak beras biasanya, kandungan beras hitam juga yang menjadi penyebab tingginya harga. Perihal cara memasak beras hitam, diolah dengan cara yang sama sebagaimana beras seperti biasanya.

Yang membedakan adalah kandungan beras hitam itu sendiri sehingga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa penjelasan terkait manfaat dari beras hitam itu sendiri. Simak baik-baik agar Sedulur bisa mengetahui manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

-->

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Beras Organik, Kandungan & Manfaatnya

Berbagai Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

1. Mengurangi Risiko Kanker

1. Mengurangi Risiko Kanker
alodokter.com

Mengurangi risiko terkena kanker merupakan salah satu manfaat dari beras hitam. Hal tersebut didapatkan dari kandungan antosianin yang merupakan kandungan yang dominan dalam beras hitam. Dalam sebuah penelitian ilmiah terkait beras hitam, beras hitam terbukti dapat memperlambat penyebaran sel kanker payudara dalam tubuh. Meskipun saat ini, penelitian terkait kanker lain masih terus bergulir.

2. Memperkuat Imunitas Tubuh

2. Memperkuat Imunitas Tubuh
unpak.ac.id

Memperkuat imunitas tubuh sangat penting di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih mengancam kita saat ini. Untuk itu, kita bisa mengkonsumsi beras hitam untuk bisa mendapatkan imunitas tubuh yang kuat. Hal tersebut dikarenakan, salah satu kandungan beras hitam yang tinggi, yaitu vitamin E yang bisa meningkatkan sel imun. Vitamin E yang tinggi dalam beras hitam ini juga yang menjadi penyebab mengapa warna beras menjadi hitam pekat.

3. Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh

3. Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh
dokter.id

Jika beras putih saja dapat meningkatkan energi tubuh saat beraktivitas, begitu pun beras hitam. Namun perbedaannya, beras hitam mengandung lebih banyak jenis vitamin B. Seperti Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin B9.

Sejumlah vitamin B tersebut dapat membantu tubuh untuk memproduksi energi dengan baik, mulai dari produksi sel darah merah hingga regenerasi sel itu sendiri. Dengan produksi sel darah merah dan regenerasi yang baik, energi dalam tubuh tetap terjaga dan stamina tubuh akan tetap tinggi.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
kompas.com

Penting sekali memiliki sistem pencernaan yang lancar. Kerna dengan lancarnya sistem pencernaan, metabolisme tubuh akan terjaga dengan baik. Melancarkan pencernaan bisa dijaga dengan mengkonsumsi beras hitam. Karena, kandungan dari beras hitam juga dapat berperan sebagai prebiotik yang baik untuk pertumbuhan bakteri dalam lambung dan turut berperan menjaga sistem pencernaan. Hal ini juga merupakan salah satu manfaat beras hitam untuk asam lambung.

5. Menurunkan Berat Badan

5. Menurunkan Berat Badan
anlene.com

Perihal menjaga berat badan, beras hitam merupakan salah satu solusi makan kenyang tanpa harus khawatir timbangan. Salah satu manfaat beras hitam dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi dari beras hitam dibanding beras lainnya.

Oleh karena itu, beras hitam bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan dapat membuat kita mengurangi nafsu makan. Salah satu hal yang diincar dari beras hitam karena manfaat beras hitam untuk diet yang sangat efektif dan terbukti berhasil.

Baca Juga: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

6. Mencegah Sindrom Metabolik

6. Mencegah Sindrom Metabolik
halodoc.com

Manfaat beras hitam selanjutnya yaitu dapat mencegah sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini sangat erat kaitannya dengan berat badan, kadar kolesterol, lemak dan gula dalam darah. Menjaga semuanya tetap seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kita bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi beras hitam, hal tersebut dikarenakan kandungan antosianin dan vitamin yang dapat menjaga keseimbangan kadar tubuh dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Melindungi Sel Tubuh

7. Melindungi Sel Tubuh
idntimes.com

Salah satu penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh adalah radikal bebas yang berasal dari polusi. Ketika sel-sel tubuh mengalami kerusakan, imunitas tubuh akan terganggu dan memicu berbagai penyakit masuk dalam tubuh. Kita bisa menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dengan mengkonsumsi beras hitam.

Karena salah satu manfaat beras hitam adalah dapat mencaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal tersebut didapatkan dari kandungan antosanin yang merupakan senyawa antioksidan yang paling dominan terdapat dalam beras hitam.

8. Mencegah Diabetes

8. Mencegah Diabetes
eskayvie.co.id

Salah satu manfaat beras hitam yang sangat terkenal adalah dapat mencegah diabetes. Oleh karena itu, beras hitam merupakan salah satu konsumsi wajib para penderita diabetes. Hal ini disebabkan, karena beras hitam dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh bagi penderita hiperglikemia.

Selain itu, kandungan dalam beras hitam juga dapat mendorong glukosa untuk masuk ke dalam sel dan otot ketimbang masuk ke dalam darah. Untuk dapat mencegah penyakit diabetes, kadar glukosa darah harus berada dalam kadar normal, dan juga sensitivitas insulin harus berfungsi dengan baik. Kedua hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi secara rutin beras hitam.

9. Mengendalikan Kolesterol

9. Mengendalikan Kolesterol
cepersismapharma.com

Ketika kandungan kolesterol dalam tubuh tidak terjaga maka tubuh akan kehilangan keseimbangan dan dapat mendorong timbulnya berbagai penyakit kronis. Untuk mencegah hal tersebut, tentu saja kita harus mulai menjaga asupan tubuh, terutama yang dapat menimbulkan kadar kolesterol menjadi tinggi.

Salah satu manfaat beras hitam yaitu dapat mengendalikan kolesterol, karena kandungan tokotrienol antioksidan yang terdapat dalam beras hitam dalam menekan aksi enzim yang membuat kadar kolesterol pada tubuh. Sehingga kadar kolesterol bisa dijaga dan tidak berlebihan. Keseimbangan tubuh pun akan terjaga dengan baik.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

10. Menjaga Kesehatan Jantung
detik.com

Jantung merupakan orang yang sangat penting, kita wajib menjaga kesehatan jantung demi kelangsungan hidup kita. Sedulur bisa menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan mulai mengkonsumsi  beras hitam. Karena salah satu manfaat beras hitam adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antosianin dan kandungan lainnya dapat menjaga arteri tetap bersih dan membuat aliran darah lancar. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menjaga kadar glukosa dan trigliserida pada darah sehingga terhindar dari penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular.

11. Mendetoks Tubuh Secara Alami

Detoksifikasi tubuh secara alami sangat penting agar bagian dalam tubuh bisa terus berfungsi dengan baik. Namun, ada kalanya detoksifikasi tidak bisa berlangsung dengan baik, disebabkan salah satu bagian dalam tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Dengan rutin mengkonsumsi beras hitam, kita bisa mendapatkan manfaat beras hitam satu ini.

Kandungan antioksidan dalam beras hitam yang sangat tinggi dapat meningkatkan fungsi hati untuk membuang racun dalam tubuh, sehingga terhindar dari penumpukan racun yang dapat memicu timbulnya penyakit kronis. Tubuh dapat mendetoks secara alami, dengan dorongan antioksidan. Oleh karena itu, mulai rutin konsumsi beras hitam agar tubuh tetap sehat dan racun yang ada dalam tubuh bisa terbuang dengan baik.

12. Melawan Peradangan

Senyawa antosianin dalam beras hitam terbukti mengandung efek anti-inflamasi yang dapat secara efektif mengurangi peradangan. Oleh karena itu, salah satu manfaat beras hitam bisa melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Terutama bagi Sedulur yang menderita peradangan kronis, bisa sepenuhnya sembuh jika mulai secara rutin mengkonsumsi beras hitam sebagai asupan wajib setiap harinya. Tentu saja dengan catatan, mengkonsumsi dengan normal dan sesuai takaran.

13. Menjaga Kesehatan Hati

Jika kita mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras biasa, kita akan mendapatkan asupan lemak yang berlebihan. Hal ini dalam menyebabkan lemak menumpuk di hati dan menyebabkan timbulnya stress oksidatif serta peradangan yang bisa berujung pada penyakit hati. Hal ini bisa kita cegah dengan manfaat beras hitam.

Kandungan antosianin dalam beras hitam dapat mengurangi penyimpanan lemak yang berlebih di hati dan mengembalikan struktur dan fungsi hati secara normal. Selain itu, secara perlahan dapat membantu meregenerasi sel hati yang telah rusak sebelumnya.

14. Meningkatkan Fungsi Otak

Menjaga kesehatan otak amat sangat penting, oleh karena itu kita diwajibkan mengkonsumsi berbagai asupan yang bisa menjaga bahkan meningkatkan fungsi otak. Salah satunya bisa kita dapatkan dari manfaat beras hitam. Kandungan antioksidan yang terdapat pada beras hitam dapat secara efektif melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Bukan hanya itu, antioksidan juga dapat menjaga kinerja kognitif otak dan juga mencegah efek penuaan seperti penyakit pikun. Kandungan antosianin juga dapat meningkatkan daya ingat dan membuat kita mudah mencerna pelajaran.

15. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Sebagaimana yang dijelaskan pada awal pembahasan manfaat beras hitam di atas, bahwa beras hitam sangat efektif mencegah terkena penyakit kanker. Namun, bagi yang telah divonis menderita kanker, beras hitam juga tetap bisa memberikan manfaatnya.

Karena kandungan antosianin dalam beras hitam bisa menghambat pertumbuhan kanker dan mencegah penyebaran sel kanker ke organ vital yang ada di dalam tubuh. Antosianin juga dapat mencegah aliran darah ke pada tumor yang akhirnya membuat tumor ganas tidak akan tumbuh.

16. Meningkatkan Pertumbuhan Bayi

Selanjutnya adalah manfaat beras hitam untuk bayi. Beras hitam mengandung antioksidan yang kaya, yang bisa bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, kandungan flavonoid phytonutrients dalam beras hitam juga sangat diperlukan bagi pertumbuhan bayi. Kandungan zat besi dan protein nabati dalam beras hitam, bisa meningkatkan perkembangan bayi.

Seperti yang Sedulur ketahui, bayi membutuhkan banyak asupan nutrisi agar bisa tumbuh dengan baik. Setiap kandungan yang terdapat di beras hitam bisa memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang bayi, setidaknya hingga bayi berumur 7 atau 8 tahun.

17. Khasiat Beras Hitam untuk Wajah

Terdapat banyak manfaat beras hitam untuk wajah, di antaranya yaitu dapat memutihkan kulit wajah, mengatasi permasalahan jerawat, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan proi-pori wajah menghilangkan flek hitam dan juga mencegah penuaan dini. Baik digunakan sebagai masker wajah atau juga dikonsumsi langsung, beberapa manfaat beras hitam bisa segera dirasakan oleh wajah jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Sedulur juga bisa menggunakan manfaat air beras hitam sebagai toner pembersih wajah. Karena, air sisa cucian beras hitam bisa secara efektif melunturkan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah. Untuk mendapatkan kondisi wajah yang baik, segala hal tentu saja mesti dicoba, termasuk mencoba beras hitam.

Cara Mengolah Beras Hitam

Cara Mengolah Beras Hitam
titiknol.com

Pada dasarnya, cara mengolah beras hitam sama saja dengan mengolah beras pada umumnya. Namun, karena beras hitam memiliki tekstur yang cukup keras, beberapa takaran air harus disesuaikan. Agar bisa mendapatkan nasi dari beras hitam yang empuk dan kenyal saat dikonsumsi.

Beras hitam memang cenderung lebih keras meski telah diolah dengan takaran air yang sama dengan cara memasak beras pada umumnya. Oleh karena itu, Sedulur harus mengetahui cara memasak beras hitam yang benar agar hasilnya pulen, empuk, dan lembut. Agar hasilnya nikmat sebaiknya beras hitam dan air dimasak dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter.

Selebihnya, proses yang dilakukan sama. Kita tinggal menunggu nasi dari beras hitam tanak dan kemudian menikmatinya agar bisa mendapatkan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas.

Dengan berbagai manfaat beras hitam yang telah dijelaskan di atas, semoga bisa semakin menambah keyakinan Sedulur untuk mencoba beras hitam dan beralih menggunakan beras hitam sebagai konsumsi sehari-hari. Sedulur juga bisa mendapatkan beras hitam dengan membelinya di Aplikasi Super.

Membeli perlengkapan sehari-hari di Aplikasi Super, bisa membuat Sedulur lebih hemat dan tidak perlu repot. Karena, bagian dari komitmen Aplikasi Super untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan sembako yang berkualitas dengan harga murah. Sedulu bisa klik di sini, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang, dan nikmati berbagai kemudahan yang diberikan oleh Aplikasi Super.