manfaat apel hijau

Apel hijau adalah buah yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga dikenal kaya akan manfaat. Manfaat apel hijau berasal dari beberapa kandungan seperti yang ada di bawah ini.

  • Air 84,1 g
  • Besi 0,3 mg
  • Fosfor 10 mg
  • Kalori 58 kal
  • Kalsium 6 mg
  • Karbohidrat 14,9 g
  • Lemak 0,4 g
  • Natrium 1 mg
  • Niacin 0,1 mg
  • Potassium 110 mg
  • Protein 0,3 g
  • Vitamin A: 90 IU
  • Vitamin B1 0,04 mg
  • Vitamin B2 0,02 mg
  • Vitamin C 5 mg

Dengan kandungan nutrisi yang sangat bervariasi, tentu saja ada banyak sekali manfaat apel hijau untuk kesehatan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bisa merasakan manfaat dari buah yang rasanya asam manis tersebut.

Sebuah studi dari European Journal of Nutrition pada 2013, menyatakan bahwa makan apel mentah dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein kepadatan rendah. Namun apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak. Berikut beberapa manfaat apel hijau untuk anak dan orang dewasa yang perlu diketahui.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

-->

1. Kaya kandungan mineral dan rendah lemak

manfaat apel hijau
KlikDokter

Apel hiiau diketahui mengandung sejumlah mineral, seng, besi, dan beberapa zat lainnya. Zat besi di dalam buah ini menjadi elemen jejak dan membantu kadar oksigen darah serta meningkatkan laju proses metabolisme pada tubuh.

Selain itu, ada juga manfaat apel hijau untuk diet karena kandungan lemak yang ada di dalamnya sangat rendah. Jadi, bagi Sedulur yang sedang menjalani program diet, maka buah satu ini cocok dijadikan sebagai camilan sehari-hari. Rendahnya kandungan lemak dalam apel hijau membuatnya mampu berperan dalam menjaga aliran darah yang lebih tepat menuju ke jantung dan mencegah kemungkinan terjadinya strok.

2. Kandungan serat lebih rendah

manfaat apel hijau
Alodokter

Untuk saat ini, memang masih jarang orang tahu jika sebenarnya apel hijau itu mempunyai kandungan serat lebih rendah daripada apel merah. Kandungan serat tersebut dapat membantu membersihkan tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, apel hijau juga membantu dalam pergerakan usus besar. Jadi, secara tidak langsung buah apel akan membantu Sedulur menangani masalah BAB. Akan tetapi, manfaat yang satu ini akan lebih terasa jika Sedulur memakan apel hijau secara langsung beserta kulitnya.

3. Mencegah kanker kulit dan kaya antioksidan

manfaat apel hijau
BeritaSatu

Apel hijau mengandung vitamin C yang bisa dikonsumsi akan membantu mencegah kerusakan pada sel kulit karena radikal bebas. Dengan demikian, maka Sedulur bisa terhindar dari kemungkinan terkenanya kanker kulit.

Buah ini kaya akan antioksidan yang bisa membantu dalam pembangunan kembali sel dan peremajaan kulit. Selain membantu Sedulur dalam menjaga kesehatan kulit, antioksidan juga dipercaya mampu melindungi hati dan memastikan fungsinya tetap dalam keadaan baik.

4. Kaya vitamin A, B dan C, serta menjadi detoksifikasi alami

manfaat apel hijau
Naikta

Perlu untuk Sedulur tahu, jika apel hijau itu kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C. Jadi tidak hanya mampu melindungi kulit dari efek berbahaya akibat radikal bebas, namun juga membantu Sedulur menjaga kulit terlihat lebih bercahaya dari dalam. Tentu saja Sedulur ingin merasakan manfaat apel hijau untuk wajah yang satu ini, ‘kan?

Nah, apabila dikemas dengan dosis serat yang tepat, maka apel hijau ini sangat bermanfaat dalam menjaga hati, ginjal, dan juga sistem pencernaan. Buah ini akan membuat pencernaan terbebas dari berbagai macam racun serta elemen berbahaya.

5. Baik untuk kesehatan paru-paru dan organ jantung

manfaat apel hijau
Viva

Paru-paru merupakan organ yang membantu Sedulur agar bisa bernapas dengan benar. Nah, kandungan flavonoid yang ada di dalam apel hijau mempunyai peranan dalam menurunkan risiko asma serta penyakit paru-paru.

Bahkan yang lebih menarik, apel hijau juga dinilai berpotensi mengurangi peluang terjadinya kanker paru-paru pada wanita. Senyawa flavonoid pada apel hijau ini bukan hanya baik untuk paru-paru, tapi juga sangat efektif membantu mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung karena manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

6. Baik untuk mata, gigi, dan mulut

manfaat apel hijau
Alodokter

Mungkin hingga saat ini buah yang Sedulur tahu baik untuk mata itu wortel. Namun selain wortel, ternyata apel hijau bisa dijadikan alternatif lain menjaga kesehatan mata. Hal ini bisa terjadi karena apel hijau mengandung vitamin A cukup tinggi dan baik untuk kesehatan mata.

Tidak hanya baik untuk penglihatan atau mata saja, apel hijau juga mampu membantu membersihkan gigi dan gusi supaya tetap sehat. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan melalui senyawa asam yang terkandung di dalam buah tersebut.

7. Meningkatkan imunitas

manfaat apel hijau
Alodokter

Kandungan serat larut di dalam apel, bermanfaat untuk meningkatkan imunitas. Sebuah penelitian dalam Brain, Behavior, and Immunity Volume 24, Edisi 4 dengan subjek hewan yang mengonsumsi serat larut, menunjukkan hasil bahwa serat mampu larut membantu mengubah sel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi serta meningkatkan imunitas. Kemudian vitamin C dalam buah apel juga berperan untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Sebuah tinjauan dalam jurnal Nutrients yang diterbitkan pada November 2017, menemukan jika vitamin C mampu membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat penghalang epitel (sejenis jaringan) atas patogen serta menjaga tubuh agar terhindar dari stres oksidatif.

8. Mencegah diabetes

Alodokter

Efek antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam buah apel bermanfaat melindungi sel dari kerusakan pada area pankreas, organ yang bertanggung jawab dalam sekresi insulin sebagai respons pada gula darah yang berlebihan.

Fakta tersebut berhasil ditemukan dan telah dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition. Studi menunjukkan, para partisipan yang memakan apel secara rutin selama beberapa hari mempunyai risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 sebanyak 28% dibandingkan mereka yang tidak.

9. Baik untuk pencernaan

Hijub

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika buah apel itu kaya akan serat larut. Dalam publikasi oleh Harvard Health Publishing, asupan serat tersebut sangat penting untuk membantu proses pencernaan. Serat larut dapat berperan memperlambat pencernaan sehingga membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat larut tersebut juga berfungsi untuk memperlambat pencernaan glukosa. Hasilnya, serat larut ini akan membantu mengontrol gula darah.

Nah, dalam sistem pencernaan, serat larut akan menempel pada partikel kolesterol lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Dengan ini, kadar kolesterol secara keseluruhan bisa dikurangi dan risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalisir.

10. Memperkuat tulang dan gigi

Alodokter

Manfaat buah apel yang berikutnya berasal dari jumlah mineralnya yang sangat tinggi. Jadi, buah apel mengandung mineral boron, kalsium, kalium, dan seng. Banyaknya jumlah mineral yang terkandung di dalam buah apel sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Bahkan, buah ini dapat menjadi pelengkap makanan yang sangat baik bagi wanita pasca-menopause. Antioksidan dalam buah apel mampu memperlambat kemunculan kondisi buruk pada tulang seperti osteoporosis dan osteoartritis. Daging apel yang berserat juga bisa meningkatkan produksi air liur serta menyeimbangkan asam di mulut. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi.

11. Meredakan gejala asma

Alodokter

Di samping kaitannya yang erat dengan paru-paru, ternyata apel sudah lama dikenal sebagai pengobatan alami untuk mengatasi penyakit asma. Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.600 partisipan, menghasilkan kesimpulan jika konsumsi apel dapat membantu menurunkan timbulnya penyakit asma dan bisa mengurangi hipersensitivitas bronkial.

Manfaat buah apel untuk meredakan gejala asma tersebut juga pernah ditemukan dalam studi yang lain. Di mana para partisipan yang mengonsumsi dua apel tiap minggu memperlihatkan reaksi perlawanan kepada penyakit asma.

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

12. Mengatasi batuk dan mencegahnya kembali

Alodokter

Selanjutnya ada manfaat apel hijau untuk batuk. Ya, menurut sebuah penelitian, konsumsi apel baik dilakukan untuk mengatasi batuk dan mencegahnya supaya tidak kambuh lagi. Akan tetapi, manfaat yang satu ini tidak bisa diterapkan pada setiap orang.

Bagi Sedulur yang sensitif terhadap apel, maka bisa saja buah ini malah menjadi pemicu iritasi pada tenggorokan. Bila dikonsumsi akan membuat tenggorokan terasa gatal, berdahak, dan justru memperparah batuk yang diderita. Oleh sebab itu, jika Sedulur mendapati keluhan-keluhan tersebut setelah mengonsumsi apel, alangkah baiknya untuk membatasinya, ya.

13. Mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil

Alodokter

Pada saat mengandung, wanita akan mudah merasakan sesuatu pada perutnya. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan asam lambung yang bisa menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan mengonsumsi apel secara rutin setiap hari.

Manfaat apel hijau untuk ibu hamil ini terjadi karena adanya nutrisi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam yang dimiliki oleh buah tersebut dinilai mampu mengurangi rasa mual dan muntah. Ya, rasa asam itulah yang akan membuat ibu hamil tetap nyaman. Maka dari itu, tidak salah jika banyak ibu hamil menyukai makanan-makanan asam seperti buah apel.

14. Melawan tanda-tanda penuaan

Sehatq

Di samping menggunakan skincare, konsumsi apel hijau bisa menjadi salah satu rutinitas yang baik untuk mengatasi masalah penuaan, lho. Apel hijau mengandung antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, serta fenol yang berfungsi mencegah penuaan dini.

Radikal bebas di dalam tubuh menjadi penyebab timbulnya garis halus, kerutan, dan flek hitam. Berdasarkan buku The Aromatherapy, apel hijau bisa membantu tubuh melawan radikal bebas serta mengontrol dan menghilangkan kerusakan pada kulit.

15. Manfaat apel hijau untuk mengeluarkan batu empedu, benarkah?

Alodokter

Beberapa waktu lalu, sempat viral informasi yang membahas tentang manfaat apel hijau untuk batu empedu dalam bentuk jus. Dalam informasi tersebut, campuran antara jus apel dan lemon mampu mengeluarkan batu empedu tanpa rasa sakit. Walaupun terlihat mudah dan risikonya minim, namun manfaat jus apel hijau tersebut belum terbukti secara ilmiah. Jadi kebenarannya pun masih diragukan hingga saat ini. Jika mengalami masalah batu empedu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk pengobatan dan penanganannya, ya.

Nah, itulah beberapa manfaat apel hijau yang baik bagi tubuh. Walaupun belum terbukti efektif untuk mengeluarkan batu empedu, namun masih ada banyak manfaat baik dari buah dengan rasa asam manis tersebut. Mulai sekarang, Sedulur bisa memasukkan apel hijau ke dalam daftar asupan harian. Jangan sampai melewatkan buah yang satu ini karena manfaatnya sangat luar biasa.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.