lomba 17 agustus di kantor

Agustus merupakan bulan yang penuh makna bagi bangsa Indonesia karena telah berhasil merebut kemerdekan dari para penjajah. Jadi tidak heran jika setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat menyemarakkan hari tersebut dengan berbagai macam lomba. Kegiatan tersebut tak hanya dilakukan di tingkat desa, kampung atau sekolah saja, tapi hingga perkantoran. Bahkan, ada banyak lomba 17 Agustus di kantor yang sangat seru dan menarik untuk diadakan.

Kegiatan lomba 17 Agustus di kantor sendiri tak hanya bisa membuat karyawan lebih senang, tapi juga mengasah kekompakan dan kerjasama. Jika Sedulur sedang mencari ide untuk membuat lomba 17 Agustus di kantor untuk memeriahkan hari kemerdekaan, coba simak beberapa idenya berikut ini!

BACA JUGA: Daftar Lomba Menulis Gratis Agustus 2021 Berhadiah Jutaan

Daftar lomba 17 agustus di kantor

lomba agustusan di kantor
iStock

Perlombaan di bulan Agustus merupakan hal yang sangat lumrah. Salah satunya di kantor yang dirayakan oleh setiap pekerja. Bukan hanya di perkampungan atau kompleks perumahan. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi lomba 17 agustus di kantor sebagai ide awal untuk Sedulur terapkan:

1. Lomba tebak kata

Permainan ini tak perlu ruangan yang luas dan seluruh karyawan dapat berpartisipasi di dalamnya. Sedulur dapat membagi seluruh karyawan dalam beberapa tim, yang kemudian akan diberikan suatu kata. Lomba 17 agustus di kantor yang cocok untuk dimainkan. Kata tersebut harus disampaikan hingga peserta terakhir dalam tim tersebut dengan kondisi peserta lain dipasangkan headset atau penutup telinga lainnya.

2. Estafet sarung

Seperti sebelumnya, permainan ini dilakukan dengan membagi karyawan dalam beberapa tim. Setiap tim diharuskan memindahkan sarung dari peserta satu ke yang lainnya dengan berpegangan tangan tanpa boleh melepaskan tangannya. Tim tercepat akan menjadi pemenang dalam lomba ini.

3. Tebak lagu

Lomba 17 Agustus di kantor selanjutnya adalah tebak lagu. Seperti pada tebak kata, tiap peserta dibagi dalam tim. Peserta pertama akan diperdengarkan musik dan diharuskan untuk menebak.

Jika berhasil ditebak, peserta selanjutnya akan diperdengarkan musik yang berbeda. Hal tersebut dilakukan berulang hingga peserta terakhir. Tim yang dapat menebak paling banyak lagu adalah pemenangnya.

4. Tebak gerakan

Seperti lomba sebelumnya, permainan ini juga dilakukan dalam tim. Peserta pertama akan memberikan gerakan untuk ditebak oleh peserta kedua. Jika peserta kedua sudah yakin jawabannya benar, peserta harus menyampaikan gerakan terhadap jawaban tersebut ke peserta selanjutnya. Peserta terakhir bertanggung jawab untuk menebak kata berdasarkan gerakan yang diberikan peserta sebelumnya.

5. Lomba memindahkan karet menggunakan wajah

Berbeda dengan lomba 17 Agustus di kantor pada poin sebelumnya, kali ini lomba tak harus dilakukan dalam tim. Seseorang akan diberikan karet di wajahnya, yang tercepat memindahkan karet dari atas hingga ke bawah hanya dengan ekspresi wajahnya adalah pemenangnya.

6. Lomba dekorasi ruang atau meja kerja

Pinterest

Hal lain yang dapat dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan di kantor namun tidak sekadar hiburan adalah lomba dekorasi ruang atau meja kerja. Dengan ini, kegiatan kantor tetap bisa berjalan sambil tetap memeriahkan perayaan kemerdekaan.

7. Lomba merapikan meja kerja

Tak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, pada poin kali ini lebih ditekankan pada kerapian dari meja atau ruang kerja seseorang. Ini bisa menjadi ajang yang baik untuk sekaligus meningkatkan produktivitas dan memeriahkan kemerdekaan. Dengan meja yang lebih rapi atau tertata, karyawan akan semakin nyaman dan semangat dalam bekerja.

8. Lomba yel-yel antardivisi

Lomba 17 Agustus di kantor terakhir pada daftar ini adalah adu yel-yel antardivisi. Biasanya, tiap divisi akan cukup intens berkomunikasi demi membahas pekerjaan.  Dengan adanya lomba ini, ikatan antardivisi dapat menjadi lebih erat karena dituntut untuk membuat yel-yel.

9. Lomba dress code

Lomba yang satu ini bisa dilakukan secara individu. Sedulur bisa tentukan tema dress code yang sesuai dengan suasana kemerdekaan. Misalnya tema vintage 1945, kebaya, baju tradisional daerah masing-masing, nuansa merah putih, dan lain-lain. Pemenang bisa ditentukan melalui voting atau bahkan penilaian dari tim khusus.

10. Lomba menyanyi

Jika tadi sebelumnya ada ide lomba tebak lagu, kali ini Sedulur bisa beri kesempatan pada karyawan yang gemar bernyanyi untuk menunjukkan bakatnya. Karena ini suasana 17 Agustus, Sedulur bisa menentukan lagu dengan tema Indonesia, persatuan, atau kebhinekaan untuk dapat dinyanyikan oleh peserta. Untuk melestarikan lagu daerah dan lagu kebangsaan, Sedulur juga bisa, lho, menentukan tema lagu tersebut ke dalam lombanya.

BACA JUGA: 9 Lomba Agustusan yang Kreatif, Dijamin Menarik Perhatian!

11. Lomba cerdas cermat

lomba 17 Agustus di kantor
Pinterest

Nah, jika lomba yang satu ini bisa dilakukan secara tim maupun individu. Lomba cerdas cermat ini bisa jadi ajang untuk membuktikan siapa yang memiliki pengetahuan paling banyak tentang Indonesia. Agar tidak membosankan, Sedulur bisa membagikannya ke dalam beberapa babak dengan kategori pertanyaan yang beragam. Seperti ibu kota provinsi, makanan khas daerah, pakaian adat daerah, dan lain-lain.

12. Lomba bermain catur

Lomba 17 Agustus di kantor yang selanjutnya adalah bermain catur. Meski agak sulit untuk dicocokkan dengan tema kemerdekaan, lomba ini biasanya selalu jadi pilihan masyarakat untuk dilombakan di hari kemerdekaan. Selain itu, lomba catur juga tidak membutuhkan peralatan dan persiapan yang rumit.

13. Lomba memindahkan kacang dengan sumpit

Nah, jika mau lomba yang lebih meriah, lomba memindahkan kacang menggunakan sumpit ini pasti bisa membuat suasana semakin seru. Peserta pasti akan kesulitan karena lomba ini membutuhkan skill menggunakan sumpit yang baik. Selain kacang, Sedulur bisa menggantikannya dengan benda yang tak kalah sulit, seperti beras atau jagung.

14. Lomba merias dengan mata tertutup

Lomba 17 Agustus di kantor yang satu ini juga cukup menarik dan menantang. Karyawan yang gemar make up pasti sangat tertarik untuk mengikuti lomba ini meskipun harus merias wajah teman satu timnya dengan mata tertutup. Pemenang bisa ditentukan berdasarkan make up paling rapi dan waktu penyelesaian paling cepat.

15. Lomba menebak nama pahlawan

Hampir mirip dengan lomba cerdas cermat, lomba 17 Agustus di kantor ini lebih berfokus pada tebak foto para pahlawan. Penyelenggara bisa menunjukkan puzzle gambar pahlawan Indonesia untuk nantinya ditebak oleh peserta secara tim. Tim yang bisa menebak paling banyak adalah pemenangnya. Selain seru, lomba ini juga bisa menambah pengetahuan kita akan sejarah para pahlawan Indonesia.

BACA JUGA: Info Lomba Puisi Gratis dan Berhadiah Terbaru Agustus 2021

16. Lomba e-sport

Eraspace

Sektor e-sport Indonesia kini semakin berkembang komunitas dan penggemarnya. Tak ada salahnya jika kita ingin mengikuti tren dengan memasukkan kategori e-sport ke dalam lomba 17 Agustus di kantor. Karyawan kantor pasti banyak yang bermain game e-sport seperti Mobile Legend, PUBG, Call of Duty, Fortnite, dan lain-lain.

17. Lomba mukbang makanan pedas

Salah satu ciri khas makanan Indonesia adalah rasa pedasnya. Saat ini, banyak content creator yang membuat tren mukbang atau makan makanan pedas dalam jumlah cukup banyak. Agar selaras dengan tema Indonesia, Sedulur bisa pilih beberapa makanan Indonesia yang terkenal akan rasa pedasnya.

18. Lomba fotografi

Selagi perayaan 17 Agustus dilaksanakan di kantor, Sedulur bisa sekaligus mengadakan lomba foto dokumentasi. Karyawan yang memiliki hobi foto pasti akan bersemangat mengikutinya. Hal ini juga bermanfaat untuk publikasi acara kantor, karena pasti akan ada banyak hasil foto yang bagus untuk di-upload ke media sosial.

19. Lomba membuat video TikTok

Selain dapat memeriahkan perayaan 17 Agustus, ide ini juga bisa sekaligus dimanfaatkan untuk ajang employer branding, lho! Asalkan Sedulur bisa tentukan tema yang positif, kreatif, dan menghibur. Misalnya membuat video a day in my life, mengikuti challenge, atau ide-ide seru lainnya.

20. Lomba memasukkan benang ke jarum

Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan lomba ini. Selain peralatannya mudah ditemui, lomba ini cukup menegangkan dan bisa memancing kemeriahan di kantor. Meski terasa cukup mudah dilakukan, memasukkan benang ke jarum pasti terasa lebih menantang dan menyulitkan saat dilakukan dalam perlombaan.

21. Lomba mengetik

Wah, di lomba yang satu ini, pasti akan ada banyak karyawan yang minat untuk ikutan. Terutama mereka yang memang sering mengetik dengan cepat di pekerjaan sehari-hari, seperti call center, sekretaris, admin, dan lain-lain.

22. Lomba menyusun gelas plastik

Ide lomba 17 Agustus di kantor berikutnya dapat dilakukan perorangan maupun berkelompok. Peserta akan diminta untuk membuat piramida segitiga yang terbuat dari gelas plastik, dengan urutan jumlah gelas dari bawah ke atas 5-4-3-2-1.

BACA JUGA: 12 Lomba 17 Agustusan Anak Paud yang Mendidik dan Seru

Hal penting dalam persiapan lomba

iStock

Selain daftar di atas, terdapat beberapa hal penting yang perlu Sedulur lakukan dalam persiapan lomba 17 agustus di kantor. Tentu saja Sedulur tidak bisa melakukannya sendiri atau hanya beberapa orang saja. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

1. Membentuk kepanitian

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan pertama adalah membentuk kepanitiaan. Panitia pelaksana lomba 17 Agustus ini dibuat untuk mengatur beberapa hal tentang jalannya lomba, dari mulai rencana, memastikan materi lomba, waktu serta tempat penyelenggaraan.

2. Menentukan jenis perlombaan

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang kedua adalah menentukan jenis perlombaan yang akan dilaksanakan. Hal ini sangat penting, karena jenis lomba merupakan kegiatan utama dari pelaksanaan lomba itu sendiri. Sedulur tinggal menentukan daftar lomba 17 agustus di kantor yang dijelaskan di atas.

3. Memastikan waktu dan tempat lomba

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan yang ketiga adalah menentukan waktu dan tempat pelaksanaan lomba Agustusan. Waktu penyelenggaraan lomba 17 Agustus semakin baik jika diadakan sebelum 17 Agustus.

4. Menyiapkan tempat sarana informasi

Hal penting dalam persiapan lomba Agustusan selanjutnya adalah memiliki tempat sebagai markas dan juga saran informasi. Sesudah semua persiapan telah dipastikan berjalan lancar, satu hal yang tidak kalah penting adalah membuat beberapa fasilitas informasi terkait pekerjaan lomba 17 Agustus.

5. Menentukan hadia lomba

Bukan rahasia lagi jika hadiah lomba adalah daya tarik paling ampuh untuk menarik ketertarikan peserta lomba. Makin tinggi nilai hadiah yang disiapkan, pasti makin banyak peserta yang bersedia terjebak di acara itu.

Nah itulah daftar rekomendasi lomba 17 Agustus di kantor yang bisa jadi pilihan dan referensi Sedulur. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan ide bagi Sedulur untuk diterapkan di kantor. Sekali merdeka, tetap merdeka!