Mendekati bulan Agustus,  banyak masyarakat yang antusias menyambut bulan kemerdekaan ini. Biasanya bulan Agustus diisi dengan perlombaan untuk berbagai kalangan. Untuk lomba agustusan anak paud biasanya diisi dengan lomba yang seru agar para anak antusias mengikutinya. 

Tak hanya mendapatkan hadiah, para anak tersebut juga dapat membangun hubungan dengan teman sebayanya. Berikut contoh lomba Agustusan anak paud yang seru dan juga mendidik.

BACA JUGA : Pengertian Slow Living Beserta Cara Penerapan dan Manfaatnya

1. Lomba estafet air

lomba agustusan anak paud
ANTARA

Anak-anak biasanya menyukai permainan yang bernuansa air. Untuk itu lomba estafet air menjadi lomba yang dapat dimainkan untuk anak-anak. Lomba estafet air ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Cukup menyiapkan air, gelas plastik dan juga baskom. 

2. Lomba melipat dan menerbangkan pesawat kertas

Nusantarapedia

Untuk menambah kreatifitas para siswa, lomba melipat dan juga menerbangkan pesawat dari kertas dapat menjadi salah satu alternatifnya. Selain mudah, peraturan dalam perlombaan ini juga cukup sederhana. Berikan para peserta lomba kertas dengan warna yang berbeda agar tidak tertukar, kemudian perintahkan mereka melipat kertas tersebut menjadi bentuk pesawat terbang.

 Setelah semua peserta selesai membuat pesawat kertas, waktunya untuk menerbangkan pesawat masing-masing. Sedulur dapat memilih lapangan yang luas untuk mengetahui pesawat kertas mana yang terbang paling jauh. Sementara itu, penilaian lomba ini akan dilihat dari durasi waktu terbang, jarak ketika pesawat sudah landas serta kreativitas dari masing-masing peserta. 

3. Lomba merias orang tua

lomba agustusan anak paud
orami

Tak ada salahnya melibatkan orang tua dalam lomba Agustus untuk anak PAUD. Jika Sedulur ingin melakukannya, lomba anak tk yang mendidik dapat melalui lomba merias wajah orang tua. Pilihlah tema merias wajah yang sederhana, seperti perjuangan, hingga tema horor. Tema-tema tersebut dapat mneingkatkan kreativitas anak untuk mengeksplor kemampuannya merias wajah orang tuanya. 

Sedulur dapat memanfaatkan bahan alami untuk dijadikan alat riasan oleh anak, seperti bedak bayi dan perlengkapan make up yang khusus untuk anak-anak.  Selain itu, Sedulur juga meminta para orang tua khususnya ibu membawa perlengkapan make up mereka sendiri, dan biarkan anak menggunakannya ketika merias wajah orang tua masing-masing.

BACA JUGA : Apa itu Arti Mletre? Bahasa Jawa yang Jadi Viral di TikTok

4. Lomba balap karung pake helm

antara

Lomba balap karung menjadi lomba Agustusan yang sudah dikenal sejak dulu. Tak hanya dimainkan oleh orang dewasa, balap karung juga dapat dimainkan oleh anak-anak PAUD. Karena dimainkan untuk anak PAUD, maka Sedulur dapat memodifikasinya dengan menggunakan helm sebagai pelindung peserta. Jangan lupa untuk memilih ukuran karung yang sesuai dengan postur yubuh peserta.  

Cara memainkannya perlombaan ini yaitu dengan membuat garis awal lomba di salah satu sisi lapangan, kemudian minta anak masuk ke dalam karung yang sudah disediakan sebelumnya. Jangan lupa unutk memastikan semua pesert memakai helm, lalu mulailah lomba. Pemenangnya adalah anak yang mencapai garis finish terlebih dahulu. Cukup simpel bukan? 

5. Lomba gigit koin dalam buah semangka

Infopublik

Lomba gigit koin dalam buah semangka juga termasuk lomba yang seru dan juga mengasyikkan.  Sesuai dengan namanya, dalam permainan ini para pesertanya diharuskan untuk mengambil koin-koin yang ditancapkan pada buah semangka, atau buah lainnya dengan cara menggigitnya.

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu uang koin mulai dari Rp200, Rp500. hingga Rp500, buah semangka dan juga kecap atau butter untuk melumuri buah agar menjadi licin. Sedangkan aturan permainannya yaitu peserta harus menggigit koin-koin pada buah yang digantungkan dalam waktu yang telah ditentukan. Pemenangnya adalah peserta yang mengumpulkan jumlah koin paling banyak.

6. Lomba memecahkan balon air dengan mata tertutup

Kontan

Lomba memecahkah balon air dengan mata tertutup juga bisa menjadi referensi lomba untuk menyambut hari kemerdekaan. Kerena dilakukan dengan mata tertutup, maka harus berhati-hati ya Sedulur. Peralatan yang dibutuhkan untuk lomba ini sangat sederhana. Siapkan balon yang sudah terisi air, kemudian gantung pada tali. 

Peserta harus dapat memecahkan balon tersebut dengan waktu yang sudah ditentukan. Pemenang perlombaan ini adalah peserta yang berhasil memecahkan balon terlebih dahulu. Perlu diperhatikan, jika ada peserta mengintip atau membuka penutup matanya maka ia akan gugur. 

BACA JUGA : 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

7. Lomba menyanyi

Kompas

Lomba untuk anak PAUD yang mendidik selanjutnya adalah lomba menyanyi. Sedulur juga dapat menyelipkan lagu kebangsaan dalam daftar lomba yang akan digelar. Dengan begitu anak-anak dapat memilih lagu sesuai dengan keinginan mereka. Dengan adanya lomba menyanyi ini, maka bakat-bakat anak akan terlihat, sehingga memudahkan orang tua dan guru mengasah atau mengarahkan keinginan anak tersebut. 

8. Lomba mewarnai

Kumparan

Lomba mewarnai 17 agustus anak TK dapat menjadi lomba yang mengasah bakat para siswa . Lomba ini dapat menambah kreatifitas para siswa. Sedulur dapat menentukan tema lukisan, dan jangan lupa selipkan tama-tema kemerdekaan seperti tema perjuangan untuk menambah rasa nasionalisme pada anak. Sedulur juga dapat membuat tema yang lucu agar para peserta antusias mengikutinya.

9. Lomba makan kerupuk

lomba agustusan anak paud
Detik

Lomba makan kerupuk merupakan daftar lomba agustusan anak yang wajib digelar.  Selain orang dewasa, anak-anak pun juga dapat mengikuti lomba tersebut.

Cara melakukan lomba ini adalah dengan menggantungkan keripuk di depan wajah peserta. Sedulur dapat memodifikasi dengan menambahkan kecap di atas kerupuk. Setelah itu, ikat kedua tangan ke belakang. Peserta yang berhasil menghabiskan kerupuk dalam waktu yang sudah ditentukan, maka ia yang akan jadi pemenangnya. 

10. Lomba memasukkan pensil ke dalam botol

Kaskus.id

Lomba memasukkan pensil ke dalam botol termasuk jenis lomba 17 Agustus anak paud yang sering dimainkan. Lomba ini juga perlu keseimbangan tubuh agar dapat memasukkan pensil ke dalam botol. Meski pelombaan ini biasanya dilakukan secara individu, maka Sedulur dapat memodifikasinya menjadi lomba beregu untuk menambah kekompakan antar siswa. 

BACA JUGA : 40 Kata Kata Jawa Sindiran yang Menyentuh dan Mengena Hati

11. Lomba meniup slime

iStock

Lomba kekinian untuk anak-anak yang dapat dijadikan referensi adalah meniup slime. Jika ingin yang lebih murah, maka Sedulur dapat membuat slime  sendiri dengan bahan yang mudah ditemuukan. Cara membuatnya sangat gampang dan bisa dilihat melalui video di internet. 

Meski terbilang lomba yang sederhana, akan tapi dapat meningkatkan banyak kemampuan anak dalam waktu singkat, diantaranya menahan nafas, menggunakan beberapa anggota tubuh serta dapat meningkatkan kemampuan motoriknya.

12. Lomba joget balon

lomba agustusan anak paud
Tribunnews

Lomba joget balon berpasangan dapat menambah kekompakan antar anak. Cara permainan ini cukup sederhana. Setiap pasangan harus berjoget ketika musik berbunyi. Dan jika musik berhenti, peserta harus berjalan menuju garis finish tanpa melepaskan ataupun meletuskan balon. Peserta yang berhasil mencapai garis finish pertama maka ia akan menjadi pemenangnya. 

Itulah referensi lomba agustusan anak paud  yang menarik, seru sekaligus mendidik. Mulai dari lomba makan kerupuk hingga lomba menyanyi yang dapat memudahkan orang tua mengarahkan bakat sang anak.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.