lantai kayu

Lantai kayu memiliki pengaruh yang cukup besar bagi eksterior sebuah hunian. Penggunaannya bisa membuat rumah menjadi semakin nyaman dan lebih modern. Bukan hanya itu, ini juga bisa mencegah gesekan pada ubin, sehingga mencegah seseorang terpeleset.

Dari alasan di atas, tak heran bila jenis yang satu ini menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat. Jika Sedulur masih bingung memilih jenis apa yang cocok untuk hunian, berikut adalah ulasan jenis lantai kayu serta kekurangan dan kelebihannya di rumah. 

BACA JUGA: Harga dan Jenis Triplek yang Sering Digunakan, Jangan Salah Beli

1. Pengertian lantai kayu

pengertian lantai kayu
Mitra Renov

Sebelum membahas tentang jenis, keuntungan, dan kerugiannya, ada baiknya untuk mengetahui mengenai pengertian dari lantai kayu. Material yang satu ini tentu saja dibuat dengan menggunakan kayu alam asli, seperti bengkirai, sungkai, ulin, jati, dan merbau. Pada dasarnya, bahan utama dari material ini adalah yang berjenis keras. 

-->

Jenis dari material ini memang cukup banyak ditemukan. Rata-rata, keunggulan yang dimiliki satu sama lain tidak berbeda jauh. Beberapa jenis yang berguna untuk kehidupan sehari-hari adalah merbau, jati, bengkirai, dan sungkai yang memiliki keunggulan cukup baik.

2. Jenis lantai kayu

jenis
Mommies Daily

Hunian akan menjadi semakin manis dan elegan jika ditambahkan lantai kayu. Akan tetapi, tetap saja terdapat kekurangan dan kelebihan yang harus diketahui. Beberapa hal positif yang ada adalah perawatannya relatif mudah, memiliki dampak baik untuk kesehatan, serta bisa membuat rumah menjadi lebih hangat.

Namun, ada pula kekurangan yang dimiliki seperti tidak tahan lembap, mudah keropos, serta pada noda tertentu sulit untuk dibersihkan. Sebelum mengetahuinya lebih lanjut, Sedulur harus tahu jenis apa yang menjadi rekomendasi. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut adalah penjelasan setiap jenisnya. 

  • Sungkai memiliki harga cukup terjangkau dan termasuk dalam kayu awet kelas tiga dan bisa diandalkan karena masuk ke tingkat kekerasan kelas II dan III. Bahkan, jenis ini juga memiliki tekstur yang menawan serta serat yang halus. Warnanya yang kuning keemasan cocok untuk dijadikan elemen dekoratif, perkakas, papan, dan seni ukir.
  • Keruing memiliki berat antara 0,6-0,9 sehingga cocok digunakan sebagai plafon dan ubin. Tingkat kekuatan yang dimiliki jenis ini adalah kelas II dan II, dan keawetan dan kekerasan di kelas II. Sehingga, jenis ini sangat maksimal apabila dimanfaatkan sebagai ubin dalam hunian.
  • Agathis yang memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, namun tetap mempunyai keawetan yang bagus. Agathis bahkan bisa dimanfaatkan untuk pembuatan plafon, meja, kursi, lemari, dan dinding. Kelebihan dari jenis ini sebenarnya terletak pada bobotnya. Walaupun terkesan ringan, tapi Agathis tahan akan serangga pemakan kayu. Jadi, jenis ini tidak mudah untuk pecah. Warna yang ditawarkan adalah coklat kekuningan terang, dengan tampilan serat yang jelas dan cerah.

3. Perawatan lantai kayu lebih terjangkau dan mudah

Perawatan
Lantai Parket

Kelebihan dari lantai kayu solid adalah perawatannya yang mudah dan lebih terjangkau. Sedulur bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan penyedot debu, sapu biasa, atau lap pel yang setengah basah.

Banyak orang yang berpikir bahwa perawatannya cukup sulit, padahal tidak sama sekali. Justru, perawatannya sangat mudah dan bisa terhindar dari noda-noda yang ringan. Hal ini dikarenakan warna dari kayu yang cukup gelap. Sehingga, noda yang menempel tidak akan terlalu terlihat.

BACA JUGA: 15 Warna Keramik yang Cerah untuk Mempercantik Rumah

4. Bisa meningkatkan penampilan dalam rumah

lantai kayu solid
Goo Nee

Selain mudah dan terjangkau, jenis tegel ini bisa menambahkan sentuhan yang anggun pada hunian Sedulur. Selain anggun, kesannya juga hangat dan cantik. Kebanyakan pemilik rumah menyebutkan bahwa penggunaannya bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Akan tetapi, menarik atau tidaknya hunian juga tergantung pada furniture dan dekorasi yang lainnya yang dikombinasikan. Manfaat utama dari penggunaan jenis ini adalah bisa beradaptasi dengan banyak tema dari desain interior di rumah. Maka dari itu, jika Sedulur hobi mengganti dekorasi rumah, maka akan selalu terlihat bagus dan sesuai dengan jenis ubin yang satu ini.

Lantai kayu harganya juga bervariasi, sehingga Sedulur bisa memilih sesuai dengan budget yang tersedia. Ada berbagai macam pilihan nuansa, warna, dan spesies yang bisa dipilih sesuai dengan harga yang ditawarkan.

5. Meningkatkan harga jual rumah

harga lantai kayu
Harapan Rakyat Online

Lantai kayu asli bisa meningkatkan harga jual pada hunian Sedulur. Jika tiba saatnya bagi Sedulur untuk menjual hunian, umumnya calon pembeli bisa membayar lebih jika lantainya menggunakan kayu. Hal ini dikarenakan jenis ini merupakan sebuah fitur yang dicari. Rumah akan bisa terjual dengan cepat karena terlihat lebih estetik dan bagus.

6. Kuat dan tahan lama

kelebihan
Dekoruma

Lantai kayu parket dibuat dengan material yang lebih kuat, serta sisinya saling mengunci satu sama lain. Sehingga, penggunaannya bisa kuat serta tahan lama. Inilah yang membuat banyak orang memilih menggunakan material ini  pada hunian mereka.

Penyok dan tergores bisa saja terjadi, namun hal itu bisa diminimalisir jika melakukan perawatan dengan baik dan benar. Jika sudah seperti itu, maka permukaannya bisa bertahan sampai beberapa dekade.

BACA JUGA: 13 Model Kanopi Minimalis Modern Baja Ringan Terbaru 2022

7. Kualitas udara dalam rumah menjadi lebih baik

Kualitas udara
Penjaga Rumah

Jika Sedulur menggunakan lantai kayu kamar tidur, maka kualitas udara di dalamnya akan menjadi lebih baik. Tak hanya kamar tidur saja, ini berlaku bagi semua ruangan yang dipasangi jenis lantai ini. Kenapa bisa membuat kualitas udaranya menjadi lebih baik?

Jawabannya adalah karena jenis ini tidak bisa memerangkap bulu binatang, debu, bahan partikulat, dan alergen umum yang lain. Maka dari itu, penggunaannya bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. 

Jika ruangan menggunakan karpet, biasanya alergen akan menyerap alergen dan debu mudah terperangkap di dalamnya. Hal tersebut bisa menyebabkan kondisi udara menjadi tidak sehat karena dipenuhi debu. Apalagi, jika karpet tidak sering dibersihkan dan dijemur. Maka, kualitasnya akan menjadi semakin buruk. 

Jenis ini juga lebih bagus jika dibandingkan dengan keramik, karena keramik mempunyai embos dan garis nat, dimana kedua hal itu merupakan tempat yang cocok untuk debu dan alergen lain terperangkap.

8. Bisa diperbarui

lantai kayu asli
Importer

Harga lantai kayu per meter cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan membeli dan memasang kembali dengan yang baru. Hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan yang besar, karena memberikan Sedulur sebuah kesempatan untuk selalu bisa menggantinya dengan model paling baru. 

Sedulur bisa mengubah penampilan dari hunian secara drastis tanpa perlu lagi merogoh kantong yang cukup dalam. Ini juga bisa digunakan ketika membeli rumah namun kurang menyukai warna dari ubinnya. Yang harus dilakukan mengecatnya kebali atau mengamplas warnanya sesuai dengan warna yang diinginkan.

9. Rentan terhadap goresan

Rentan
Penjaga Rumah

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, kini saatnya memahami kelemahan sebelum memutuskan untuk membelinya. Kelemahan yang pertama adalah permukaannya bisa saja terjadi kerusakan karena adanya goresan dari benda-benda yang memiliki ujung yang tajam. Misalnya adalah kursi, meja, rak, dan sebagainya. Goresan yang bisa saja terjadi berlaku untuk lantai kayu murah dan mahal. 

Maka dari itu, ketika sedang memindahkan barang-barang tersebut, cara yang harus dilakukan adalah mengangkatnya. Apabila memaksakan diri untuk digeser atau diseret, maka permukaan akan menjadi tergores. Selain goresan yang diakibatkan oleh perabotan, bisa juga karena sepatu hak tinggi. Jika Sedulur suka memakainya, ada baiknya untuk dilepas dulu.

BACA JUGA: 20+ Model Teralis Jendela Minimalis yang Keren & Populer

10. Tidak tahan cuaca

kekurangan
Grid

Seperti kayu pada umumnya, jika terlalu sering terkena air maka akan menjadi mudah lapuk. Hal ini dikarenakan sifatnya yang tidak tahan dengan kelembapan yang tinggi. Berbeda jika Sedulur menggunakan lantai kayu outdoor, kegunaannya sudah pasti bisa tahan terhadap cuaca.

Jika tidak menggunakan jenis khusus outdoor, maka jangan menggunakan pel basar ketika sedang membersihkannya. Disarankan untuk menggunakan penyedot debu supaya lebih awet dan tahan lama. Namun, jika keadaannya sudah terpaksa, maka Sedulur bisa menggunakan lap kering.

Jika terlalu sering terkena air menjadi mudah lapuk, hal yang hampir sama juga berlaku ketika terlalu sering terkena terik matahari secara langsung. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan pengecatan ulang minimal tiga bulan sekali. 

Lantai kayu sering ditujukan sebagai elemen dekoratif karena memiliki motif yang unik dan khas. Tak heran, jenis ini menjadi cukup populer di kalangan masyarakat modern untuk mempercantik hunian. 

Biasanya, penggunaannya adalah pada ruang tamu, ruang bersantai, dan kamar tidur. Jadi, berkumpul bersama keluarga akan menjadi lebih nyaman. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya, apakah Sedulur tertarik untuk memilikinya di rumah?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.