Kanopi minimalis merupakan pelindung terbaik teras rumah dari sinar matahari yang menyengat maupun hujan. Dengan desain yang fungsional sekaligus modern, hunian akan menjadi sejuk sekaligus nyaman. Sehingga, cocok dijadikan sebagai spot bersantai ataupun menyimpan kendaraan bermotor. 

Sebenarnya, ada berbagai model atap teras rumah yang sedang populer dan diminati oleh masyarakat. Ingin tahu apa saja modelnya? Yuk, intip kumpulan inspirasi model kanopi minimalis terbaik di bawah ini.

BACA JUGA: 20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

1. Kanopi minimalis baja ringan

kanopi minimalis
olx

Yang pertama adalah jenis kanopi baja ringan minimalis modern yang banyak dan umum digunakan oleh masyarakat. Jenis baja ringan banyak digemari oleh masyarakat sebagai bahan utama atap teras rumah karena harganya cukup murah dan kokoh. Selain itu, model yang menggunakan baja ringan memiliki desain yang beragam karena mudah untuk dibentuk. Misalnya adalah langit-langit yang berbentuk kotak tanpa atau dengan menggunakan tiang.

-->

2. Kanopi baja ringan dengan membran

kanopi minimalis
rumah123

Selanjutnya adalah jenis kanopi baja ringan minimalis dengan membran. Model yang satu ini menggunakan baja ringan yang diwarnai dengan cat putih. Sementara itu, atapnya menggunakan bahan material dari membran. Biasanya, jenis atap membran banyak digunakan pada area parkir supaya teduh dan terbebas dari sengatan matahari. Membran dijual dengan berbagai macam warna, dan yang paling banyak digunakan adalah warna krem. 

3. Model kanopi minimalis dari kayu

kanopi minimalis
99co

Desain kanopi minimalis dari kayu akan membuat hunian semakin memukau dan indah. Selain itu, memilih atap teras rumah yang terbuat dari kayu juga akan membawa kesan hangat untuk hunia. Dibandingkan dengan material lainnya, kayu dinilai lebih tahan lama dan kuat. Hal ini dikarenakan kayu bukan material yang mudah memuai, seperti yang lainnya. Atap teras rumah dengan bahan dasar kayu bisa didesain dengan apik dan menawan seperti gambar di atas.

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Terbaru di 2022

4. Model kanopi kaca

kanopi minimalis
dekoruma

Inspirasi berikutnya adalah model kaca yang merupakan salah satu model kanopi minimalis modern terbaru. Penggunaan material kaca banyak digunakan oleh masyarakat dalam beberapa tahun terakhir karena memiliki hasil akhir yang terlhat elegan, terutama pada hunian berkonsep mewah. 

Sedulur bisa memadukan material kaca dengan pilar baja ringan atau baja besi supaya hunian semakin tampak menarik dan elegan. Tak hanya sekadar fungsional, model atap teras rumah menggunakan material kaca juga bisa menambah estetika pada halaman depan tempat tinggal Sedulur. 

5. Model kanopi galvalum

kanopi minimalis
pinterest

Apabila Sedulur ingin model teras depan yang minimalis dan elegan, maka kanopi minimalis galvalum patut untuk dicoba. Jenis ini diketahui mempunyai keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan material lainnya. 

Model atap teras rumah yang memiliki material galvalum dipercaya mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Sehingga, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Jika Sedulur ingin jenis atap teras rumah yang kokoh serta awet untuk jangka waktu yang lama, pakailah model yang materialnya galvalum.

6. Kanopi minimalis tanaman rambat

kanopi minimalis
pinterest

Hunian yang bertema hijau atau warna natural lainnya cocok menggunakan kanopi dengan tanaman rambat di bagian atasnya. Bahan dari atap teras rumah tersebut bisa disesuaikan dengan selera, seperti batu alam, kayu, ataupun baja ringan.

Sedulur bisa memilih jenis tanaman rambat yang akan ditanam menuju langit-langit atas atap rumah, seperti tanaman alamanda, air mata pengantin, mandevilla, dan lain sebagainya. Setelah menanamnya, jangan lupa untuk selalu merawat tanaman seperti menyiram dan memberinya pupuk, agar bisa tumbuh dengan subur. Jika bisa tumbuh dengan subur, maka hunian akan menjadi semakin cantik dan asri.

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

7. Kanopi dengan pilar batu

kanopi minimalis
courtina

Berikutnya adalah model kanopi minimalis dengan pilar batu yang terkenal dengan kekuatannya yang maksimal. Pilih dan gunakan batu alam yang ukurannya besar dan kuat, agar bisa menopang dengan kokoh dan sempurna. 

Tak hanya memiliki kegunaan berdasarkan fungsinya, pilar atap rumah yang menggunakan material batu alam juga akan memberikan kesan sejuk, teduh, dan natural. Sehingga, teras depan rumah Sedulur akan menjadi semakin asri, mewah sekaligus indah untuk dipandang.

8. Kanopi tanpa tiang

harapanrakyat

Di masa sekarang, banyak masyarakat yang mulai beralih dengan model kanopi minimalis terbaru tanpa menggunakan tiang. Hal tersebut dinilai lebih praktis ketika digunakan. Tak hanya itu, jenis atap teras rumah tanpa tiang ini juga dianggap tidak terlalu memakan tempat.

Biasanya, tiang yang biasa menopang atap akan terlihat mengganggu ketika dipandang dan ruang geraknya cukup sempit. Apabila Sedulur sedang mencari model yang luwes, sederhana, dan tidak memakan banyak tempat, tidak ada salahnya untuk mencoba model yang satu ini. Gunakan material baja yang ringan agar bisa awet dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

9. Kanopi rumah minimalis dengan atap asbes

superbangunjaya

Jika Sedulur sedang mencari material dan desain atap teras rumah dengan atap asbes, jangan lupa untuk mengecek harga kanopi minimalis per meternya. Untuk desain dengan material asbes, harga yang ditawarkan per meter adalah sekitar 335 ribuan.

Material asbes merupakan pilihan yang murah meriah sekaligus bisa berfungsi dengan sangat baik. Hanya dengan menggunakan tiang kayu atau baja ringan saja, hunian akan menjadi semakin nyaman dan terbebas dari sengatan matahari serta hujan. Kekurangan dari bahan atap asbes ini adalah ketahanannya untuk mengatasi panas cukup kurang. Guna mengakalinya, tambahkan asbes sampai dua lapis. 

BACA JUGA: 14 Inspirasi Desain Plafon Minimalis Terbaik & Terbaru 2022

10. Perpaduan kayu dan baja ringan

ruangarsitek

Apabila Sedulur bosan dengan desain yang itu-itu saja, cobalah memadukan dua jenis material untuk menghasilkan sebuah kanopi minimalis yang indah dipandang. Salah satu contohnya adalah perpaduan antara kayu dan baja ringan. Material baja ringan digunakan sebagai pilar, sedangkan material kayu digunakan sebagai langit-langit. Berbagai desain seperti kayu yang disejajarkan membentuk garis atau kotak bisa Sedulur coba jika mengkombinasikan kedua material ini. 

11. Kanopi rumah minimalis plus balkon

ruparupa

Model kanopi minimalis selanjutnya adalah dengan menggunakan tambahan balkon pada bagian atasnya. Manfaatkan bagian atas atap sebagai balkon jika Sedulur memiliki lahan yang cukup luas. Pastikan untuk menggunakan material atap yang kuat, agar balkon bisa berdiri dengan kokoh, kuat, dan tahan lama. Sedulur beserta keluarga bisa menikmati udara yang segar di atas balkon sembari bersantai. Selain itu, teras rumah akan senantiasa terjaga dari hujan maupun panas.

12. Kanopi baja ringan tiang bentuk “A”

kanopitangerang

Atap teras rumah menggunakan baja ringan dan tiang berbentuk huruf A merupakan salah satu jenis kanopi minimalis rumah yang cocok untuk dipilih. Selain murah, hunian akan menjadi semakin cantik sekaligus modern. Dengan memilih desain yang satu ini, tampilan area garasi akan terlihat seperti tenda yang modern dan elegan.

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

13. Kanopi baja ringan model laser cut

tokban

Atap teras rumah yang bermaterial baja ringan model laser cut memiliki sifat yang mudah untuk dibentuk. Sehingga, banyak pengrajin yang menghadirkan jenis ini yang bisa di-custom dengan laser cut. Laser cut merupakan teknik memotong baja dan besi yang biasa digunakan pengrajin dalam membentuk suatu ukiran. Walaupun bernilai estetika tinggi, kanopi minimalis harganya terbilang cukup mahal.

Nah, demikian 10+ model kanopi minimalis terbaru dan modern yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan keinginan dari Sedulur. Sebelum memutuskan untuk membelinya, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan, ya. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.