Atap rumah adalah salah satu elemen penting dalam hunian. Tanpanya apalah arti rumah sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan. Untuk itu, tidak hanya cantik, atap rumah harus pula terbuat dari material yang kokoh, tetapi juga adem buat ruangan. 

Sedang terpikir melakukan renovasi untuk atapmu yang mulai mengalami masalah seperti bocor atau terasa panas? Coba beberapa referensi atap rumah minimalis modern berikut ini. Biar hunian ideal pun tercipta untukmu. 

BACA JUGA: 18 Trend Warna Cat Luar Rumah Terbaik Tahun 2022

1. Desain triangular

Instagram @thelocalproject

Atap rumah selalu berbentuk segitiga sama sisi dengan ruang kosong antara plafon dengan rangka genteng. Ini adalah bentuk paling dasar dari atap rumah yang masih sering digunakan dalam konstruksi hunian. Atap triangular memang sengaja dibuat karena memungkinkan air hujan turun ke bawah dan tidak menggenang di atap. Seperti kita tahu keberadaan benda-benda seperti air , batu dan pasir yang terus menumpuk dan menggenang akan mempengaruhi struktur dan kekokohan atap, sehingga harus segera dibersihkan. Pembersihan otomatis pun bisa terwujud bila atap dibangun dengan struktur miring. 

-->

2. Segitiga asimetris

Instagram @thelocalproject

Ini adalah jenis atap rumah modern yang makin sering kita lihat di berbagai tempat.  Strukturnya berbentuk segitiga asimetris dengan kemiringan dua sisi yang berbeda. Desain seperti ini akan memberikan kesan kebaruan yang kental tanpa mengorbankan fungsi atap yang sebenarnya. Air jelas tidak akan menggenang. Ia juga dibuat dengan ketinggian yang melebihi normal sehingga menciptakan kesan lapang di dalam rumah.Penghuni bisa membuat mezzanine atau justru membuat ventilasi dan jendela di bagian atap miringnya. 

3. Flat roof

atap rumah minimalis
Instagram@thelocalproject

Atap rumah minimalis 2 lantai ini menggunakan model flat roof. Meski kekinian dan menarik, ada beberapa kelemahan flat roof yang harus Sedulur pertimbangkan. Strukturnya rawan menumpuk kotoran dan air yang bisa merusak struktur. Ia harus dibuat dengan lapisan dan rangka yang tepat. Harus ada lapisan karet atau terpal khusus anti bocor setelah rangka, baru bahan atap dipasang Sebagian orang pun memilih untuk mengganti bahan atap terluar secara berkala untuk mencegah kerusakan yang parah. 

4. Atap rumah minimalis miring segitiga siku-siku 

atap rumah minimalis
Instagram @thelocalproject

Bila tak mampu berkomitmen dengan atap flat, coba saja atap segitiga siku-siku seperti ini. Ia tetap memberikan kesan modern tanpa mengorbankan struktur ideal atap yang miring. Sedulur pun bisa menggunakannya untuk rumah yang kecil atau sempit sehingga menghemat banyak ruang serta mampu menciptakan kesan luas di bagian interior. 

5. Atap trapesium 

Instagram @dwellmagazine

Atap rumah minimalis sederhana yang ini sebenarnya cukup umum dipakai. Ia cocok untuk rumah yang lebar dan tak ingin punya atap luar yang terlalu tinggi. Di era modern ini, material genteng tanah liat mulai ditinggalkan dan diganti dengan baja corrugated yang lebih ringan. Namun, bahan ini harus dipasang dengan seksama agar bisa menempel kuat di rangka atap. Bahan lain yang mungkin masih jarang dilirik di Indonesia adalah plywood macam ini. Namun, memang ia kurang ideal untuk negara tropis dengan kelembaban tinggi. 

BACA JUGA: 9 Inspirasi Cat Rumah Warna Cream untuk Kesan Lebih Mewah

6. Atap rumah cubical 

Instagram @thelocalproject

Atap rumah ini tetap miring, tetapi dinding fasadnya dibangun lebih tinggi hingga menyamarkan. Hal ini membuat rumah terlihat memiliki flat roof yang kekinian. Bisa ditiru nih ide jitunya untuk rumah Sedulur kelak. Namun, tetap harus ada saluran untuk keluarnya air mengalir dari atap, ya. Supaya tidak tergenang di satu sisi dan mengurangi ketahanannya. 

7. Semi flat 

atap rumah minimalis
Instagram@dwellmagazine

Model atap rumah bagian depan yang satu ini tetap miring, tetapi dibuat dengan derajat kemiringan yang rendah. Atap semi flat ini juga bisa jadi alternatif untuk referensi renovasi rumah Sedulur nanti. Padu dengan model bangunan yang tak kalah minimalisnya dengan panel kayu atau dinding polos serta jendela yang desainnya industrial. 

8. Limas yang tinggi 

Instagram@dwellmagazine

Jika ingin membuat rumah dua lantai, atap berbentuk limas tinggi bisa jadi salah satu ide menarik. Tidak perlu menggunakan plafon, coba ekspos rangka atapnya seperti contoh di atas. Loteng pun jadi lebih menarik dan artsy. Namun, ada kelemahannya nih. Mengingat tingginya nggak biasa, Sedulur mungkin perlu usaha lebih buat membersihkan debu di bagian rangka yang terekspos tersebut. Memang banyak yang bikin mupeng saat masih baru, tapi kalau sudah lama bikin stres. 

9. Atap hijau 

atap rumah minimalis
Instagram @dwellmagazine

Bukan hijau karena cat, tetapi karena keberadaan rerumputan yang dibiarkan tumbuh menghiasi atap. Desain macam ini memang seru, apalagi bila hidup di negara yang iklimnya cenderung stabil seperti Indonesia. Namun, di balik keindahannya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Terutama pada struktur atap, harus benar-benar kuat karena ia memikul beban yang berat dari tanah, air, dan tanaman yang tumbuh. Bila tidak dipikirkan, bisa-bisa air dari atap merembes ke dalam dan tentu bikin heboh seluruh penghuni. 

BACA JUGA: 20 Kombinasi Warna Cat Rumah Simpel, Cantik Nan Elegan

10. Rumah limas 

Instagram @witsarud

Material atap rumah minimalis kekinian makin sering menggunakan baja ringan. Bahkan beberapa langsung membentuk rumah seperti ini dengan ruang-ruangnya dipakai sebagai ruangan. Tipe rumah modern macam ini banyak dipakai untuk hotel dan penginapan yang berupa pondok. Mengingat atapnya sekalian jadi dinding, tentu perlu sistem insulasi yang mumpuni untuk melindunginya dari kerusakan akibat cuaca. Sekaligus menjaga temperatur dalam rumah tetap normal, tidak terlalu dingin saat malam pun tidak panas di siang hari. 

11. Kombinasi atap miring dan datar

atap rumah minimalis
Instagram @dwellmagazine

Jika ingin memberikan kesan kekinian dan minimalis, rumah bisa dibuat dengan atap kombinasi antara miring dengan datar layaknya contoh di atas. Buat pula fasad yang tidak rata antara satu seksi dengan lainnya sehingga lebih menarik dilihat dari luar. Untuk warna terserah, deh. Mau palet gelap seperti ini atau yang terang dan cerah bebas saja. 

12. Kayu ekspos untuk interior

Instagram @dwellmagazine

Kalau biasanya dinding yang menggunakan sistem semen ekspos, model atap rumah bagian dalam bisa juga pakai kayu ekspos macam ini. Plafon pun lewat. Model seperti ini sering dipakai di rumah-rumah modern bergaya mid century modern. Ia membuat rumah tampak lebih mewah dibanding plafon biasa. Lebih baik memang dipadu dengan cat dinding yang terang karena kayunya sudah gelap dan bernuansa hangat. 

BACA JUGA: 8 Cara Menghitung Luas Tanah untuk Rumah Mudah & Akurat

13. Atap tumpang 

atap rumah minimalis
Instagram @dwellmagazine

Beda dengan atap trapesium biasa yang disusun secara vertika, atap miring berikut justru mirip dengan trapesium yang ditata horizontal dan ditumpangkan ke atas rumah. Unik dan beda, lagi-lagi tanpa mengorbankan struktur miring yang ideal. Boleh nih jadi referensimu, silakan konsultasi pada arsitek tentang kemungkinannya mengaplikasikan desain atap ini di rumah Sedulur. 

14. Atap kaca yang megah 

atap rumah minimalis
Regards et Maison

Atap kaca biasanya dipakai untuk ekstensi rumah, baik di depan atau belakang sesuai kebutuhan. Ekstensi ini biasa difungsikan sebagai garasi di depan rumah atau dapur di belakang rumah. Bisa juga untuk teras atau sunroom tempat penghuni bisa berjemur atau menikmati suasana outdoor tanpa khawatir kehujanan. 

15.Atap baja ringan 

Instagram @thelocalproject

Material atap modern banyak beralih ke baja ringan bergelombang seperti ini. Selain lebih mudah dipasang, ia juga memperkuat kesan industrialis di rumah barumu. Namun, dipasang di rumah yang mengusung tradisional oriental pun masih masuk. Seperti contoh di atas, rumah ala Jepang dengan panel wood slat ternyata serasi saja. Justru pasangan yang ideal. Tertarik mencoba yang seperti ini? 

16. Atap cor yang kuat dan estetik untuk interior

atap rumah minimalis
Instagram @thelocalproject

Selain plafon biasa,  Sedulur bisa coba atap dalam rumah yang berupa semen cor seperti ini. Lebih kuat dan tak perlu mengganti asbes secara berkala. Ia juga bisa dibentuk jadi menarik seperti ini dengan corak stripes yang tentunya tak hanya estetik, tetapi memang berfungsi sebagai rangka yang kokoh. Silakan ditiru kalau tertarik. 

BACA JUGA: 16 Dekorasi Hiasan Aquarium Terbaik untuk Percantik Rumah

Cara memilih material dan desain atap 

Saat memilih atap tentu ada hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini.

  • Serasikan dengan arsitektur rumah serta warna dominan dinding. Ini karena atap akan masuk dalam area fasad atau tampilan luar rumah. Kalau sampai tak nyambung tentu tak jadi enak dilihat. 
  • Perhatikan konstruksinya, jangan sembarangan memasang atap. Pastikan rangka benar-benar kuat, beri pelapis anti bocor dan lapisan lain yang diperlukan untuk menunda kerusakan atau kegagalan struktur akibat cuaca atau bencana.
  • Pertimbangkan cuaca tempat tinggal Sedulur juga. Tidak semua material atap cocok untuk iklim tropis, silakan berkonsultasi pada ahli yang lebih paham tentang ketahanan bahan atap. Mengingat atap adalah elemen teratas dan terluar rumah. 
  • Bila perlu cari yang bisa menghemat penggunaan energi. Kasus di negara tropis adalah cuaca panas sehingga banyak orang menggunakan AC, kalau bisa pilih bahan yang adem bakal hemat banyak biaya listrik. Begitupun masalah pencahayaan. Bila memungkinkan menambahkan elemen bahan yang transparan akan membantumu mengurangi penggunaan lampu di siang hari. 
  • Pertimbangkan juga biaya perawatan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa tipe atap yang perlu pergantian secara berkala, tetapi ada juga yang bisa awet berpuluh-puluh tahun tanpa harus dilakukan pergantian bahan atau renovasi. 
  • Massa bahan juga penting karena atap harus bisa ditopang oleh rangka, pilar, dan dinding bangunan.
  • Ketahanan terhadap bencana. Indonesia misalnya rawan gempa, hujan deras, dan puting beliung, jadi tentu memilih bahan yang bisa membuatmu tinggal nyaman di rumah adalah hal wajib. 
  • Harga sudah pasti wajib masuk pertimbangan, kecuali danamu tidak terbatas. Silakan konsultasi dan survei harga ke pengembang agar tahu kira-kira berapa sih pengeluaran yang harus Sedulur alokasikan untuk renovasi atap. 
  • Masa pakai pun harus dipikirkan. Tentu tak mau harus menggantinya setiap beberapa tahun sekali. Cari yang setidaknya bisa tahan belasan tahun.
  • Buat dengan sistem insulasi yang baik dan kuat bila menggunakan cor atau atap datar

Cara merawat atap

  • Cek berkala apakah ada keretakan atau kebocoran dan segera perbaiki sebelum semakin parah.
  • Bila ada air atau batuan yang mengendap segera bersihkan atau sapu
  • Pastikan saluran airnya bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan genangan atau sumbatan 
  • Bersihkan juga dari lumut dan jamur 

Atap adalah hal yang tidak bisa diremehkan. Bila menemukan kerusakan sedikit saja, segera lakukan perbaikan. Inspeksi berkala adalah kewajiba. Jangan  pula hanya mempertimbangkan estetika, tanpa memperhatikan ketahanan material dan kecocokannya dengan iklim tropis Indonesia. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.