Siapa yang tidak asing dengan buah kurma? Yups, buah berwarna coklat tua ini selain rasanya yang manis dan enak, juga kaya akan manfaat lho, Sedulur! Ada banyak nutrisi penting yang terkandung di dalam buah kurma yang harus kita tahu. Nutrisi tersebut diantaranya adalah mineral, vitamin, karbohidrat, serta antioksidan yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Ada beragam khasiat kurma yang bisa kita rasakan lho, sedulur. Tak terkecuali sari kurmanya. Sari kurma adalah buah kurma yang sudah dibersihkan dan diambil dagingnya, lalu dihaluskan dan disaring. Jadilah sari kurma ini. Lalu, apa aja sih khasiat dari buah kurma dan sari kurma ini? Simak rangkuman dari berbagai sumber dibawah, ya!

BACA JUGA: Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Sendiri yang Mudah dan Praktis

1. Menaikkan hemoglobin dan trombosit

ayoindonesia.com

Khasiat sari kurma yang pertama adalah menaikkan hemoglobin dan trombosit di dalam tubuh. Ini karena zat besi yang terkandung dalam sari kurma diperlukan oleh tubuh dan membantu dalam penambahan darah. Pada ibu hamil, biasanya kadar hemoglobin atau Hb cenderung menurun, maka dari itu dengan pemberian kurma dapat menaikkan kadar. Selain itu, untuk pasien penderita demam berdarah pun juga disarankan untuk mengkonsumsi sari kurma yang juga mempunyai kegunaan yang sama, yaitu menaikkan hemoglobin dan juga trombosit.

2. Mengatasi anemia

Unsplash.com

Anemia atau yang biasa kita sebut kurang darah adalah suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah dan bisa juga terjadi ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Anemia erat kaitannya dengan hemoglobin, karena anemia terjadi jika hemoglobin yang di dalam sel darah merah tidak cukup, maka protein yang kaya akan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup. Maka dari itu, tubuh akan mengalami anemia karena tidak mendapat cukup darah. Jadi, penderita anemia mengalami mudah lelah dan pusing.

Salah satu cara agar anemia dapat teratasi adalah dengan rutin meminum sari kurma. Itu karena di dalam sari kurma terdapat mineral yang cukup tinggi yang cocok untuk suplemen makanan bagi penderita anemia.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Unsplash.com

Manfaat selanjutnya dari sari kurma adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain menjaganya dengan berolahraga yang rutin, meminum sari buah kurma dengan rutin juga bisa untuk meningkatkan imun, lho. Apalagi di musim virus di pandemi covid-19 yang belum usai ini, menjaga imun itu sangat penting agar kita terhindar dari macam penyakit. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, salah satunya dengan meminumnya dengan rutin, maka imun juga akan terjaga.

4. Mengobati diare

Unsplash.com

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, sari kurma juga bisa digunakan untuk mengobati diare. Kandungan kalium di dalamnya dinilai bagus untuk meringankan diare. Dengan meminum sari kurma, buang air besar atau BAB pun menjadi lancar kembali dan juga sistem ekskresi dalam tubuh pun juga akan terjaga. Jangan lupa untuk meminumnya secara rutin.

BACA JUGA: 8 Tes IQ Singkat dan Jawabannya untuk Asah Otak Kamu

5. Meningkatkan berat badan

Unsplash.com

Merasa berat badan kurang atau terlalu kurus? Cobalah atasi dengan rutin mengkonsumsi makanan atau minuman bernutrisi yang salah satunya adalah sari kurma. Vitamin essential, gula, bahkan kandungan proteinnya yang cukup tinggi mampu untuk membuat berat badan alami peningkatan. Konsumsi sarri buah yang rasanya manis ini setiap hari dan diimbangi dengan kegiatan lain yang dapat meningkatkan berat badan contohnya adalah memilih makanan padat kalori dan olahraga.

6. Mengatasi gangguan penglihatan

Unsplash.com

Khasiat lain yang tak kalah baik dari sari kurma adalah mengatasi gangguan penglihatan, terutama pada malam hari. Jika anda susah untuk membaca atau melihat sesuatu pada malam hari, sari buah yang rasanya manis ini bisa jadi solusinya. Ini bisa jadi cara untuk mencegah adanya kebutaan yang terjadi jika terlalu sering terjadi gangguan penglihatan pada malam hari. Senyawa bernama karotenoid yang terkandung diklaim mampu menjaga kesehatan mata dan mengatasi gangguan pada penglihatan secara alami.

7. Mempercepat proses persalinan normal

Unsplash.com

Bagi ibu hamil, selain menaikkan hemoglobin dan trombosit, sari kurma juga bisa berkhasiat untuk mempercepat proses persalinan. Kinerja hormon oksitosin dalam tubuh akan terpicu ketika mengkonsumsi sari kurma dan persalinan akan menjadi cepat. Dengan meminumnya secara rutin setiap hari sebelum melahiran, bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan, lho!

8. Mencegah infeksi

Unsplash.com

Khasiat dari sari kurma selanjutnya adalah untuk mencegah infeksi. Pada anak kecil, daya tahan tubuh belum berkembang dengan sempurna seperti orang dewasa. Maka dari itu, mereka rentan untuk diserang infeksi. Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mencegah timbulnya infeksi pada anak kecil, yaitu dengan rutin mengkonsumsinya. Terdapat kandungan fitokimia di dalamnya yang baik untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh kita, sehingga infeksi pun dapat dicegah. Tak lupa, manfaat lainnya juga bisa digunakan untuk anak yang sedang demam, ya.

9. Meningkatkan kesuburan

Unsplash.com

Bagi pasangan suami istri, salah satu manfaat dari sari kurma selain melancarkan persalinan adalah untuk menjaga kesuburan. Baik pria maupun wanita, tentunya wajib bagi kita untuk menjaga kesuburan. Kandungan asam amino dan seng dalam kurma mampu meningkatkan kesuburan. Tak hanya sarinya, di Timur Tengah, bahkan serbuk sari dan biji dari kurma juga mengandung senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon yang terkandung dalam pria maupun wanita, yang mampu membuat kesuburan meningkat. 

10. Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori

Unsplash.com

Dalam kandungan dari kurma, kebanyakan adalah karbohidrat dan sisanya adalah protein. Selain itu, sari buah ini juga mengandung vitamin dan mineral untuk kebutuhan gizi kita. Jadi, selain kalori yang didapat dari kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral yang terkandung juga cukup untuk memenuhi kandungan atau kebutuhan gizi harian kita jika dikonsumsi secara rutin.

11. Menjadi menu tambahan dalam diet

Unsplash.com

Selain untuk menaikkan berat badan, ternyata sari kurma juga bisa menjadi menu tambahan dalam diet, lho. Kok bisa sih? Itu karena selain adanya kalori, kurma juga mengandung protein dan mineral tinggi yang tentunya membuat kita menjadi sehat dan berenergi. Namun perlu diingat, mengkonsumsi kurma sebagai menu tambahan diet tidak boleh terlalu banyak, ya. Hanya satu atau dua biji saja, karena kandungan karbohidratnya lebih tinggi dari protein.

12. Melindungi tubuh dari peradangan

unsplash.com

Sedulur punya masalah peradangan? Cobain konsumsi sari kurma, deh. Polifenol yang terkandung dalam didalamnya menjadi salah satu khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita untuk melindungi dari peradangan. Daripada buah lain, kandungan polifenol pada kurma cukup banyak sehingga tubuh dapat terlindung dari radang.

13. Pengganti sistem elektrolit tubuh yang hilang

Unsplash.com

Selain air kelapa, cara agar mengganti sistem elektrolit tubuh yang hilang adalah dengan mengkonsumsi sari kurma. Potasium adalah salah satu unsur elektrolit yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Dengan kadar potasium tinggi yang terkandung pada didalamnya, maka sistem elektrolit tubuh yang hilang akan terganti. Maka dari itu, mengkonsumsinya pada saat buka puasa sangat disarankan untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang karena puasa.

BACA JUGA: 12 Model Keramik Kamar Mandi dengan Motif Cantik & Elegan

14. Mencegah sakit jantung, stroke, dan kanker

Unsplash.com

Penyakit berisiko seperti stroke, kanker, dan jantung dapat dicegah dengan berbagai macam cara. Mulai dari rutin berolahraga, pola hidup sehat, berhenti merokok, dan juga menjaga kadar kolesterol bisa diterapkan untuk pencegahan. Salah satu pola hidup sehat yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi sari kurma. Kandungan kalium yang cukup tinggi itu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, bahkan kanker.

Selain itu, sari buah berwarna coklat ini juga kaya akan vitamin A yang bagus untuk mencegah kanker, seperti kanker mulut. Konsumsilah untuk pencegahan ini cukup mudah, yaitu dengan memasukkan dua sendok makan ke dalam hidangan makanan kalian.

15. Menyembuhkan gangguan pada usus

Bidanku.com

Selain mencegah diare, manfaat sari kurma yang berkaitan dengan pencernaan selanjutnya adalah menyembuhkan gangguan pada usus. Dengan mengkonsumsi rutin, bakteri baik dalam usus akan meningkat. Selain itu, kandungan nikotin yang terkandung didalamnya dipercaya menyembuhkan berbagai macam gangguan pada usus. Dampak baik pun akan terasa karena kandungan asam amino dan serat pada sari kurma dapat menyembuhkan masalah pada usus.

Demikianlah berbagai manfaat sari kurma yang dapat kita ketahui ya, Sedulur. Sari kurma dapat mudah dibeli di berbagai e-commerce atau juga bisa dapat dibeli di apotik dengan berbagai macam merek dan juga harga. Jangan lupa diimbangi dengan pola makan yang sehat dan juga rajin berolahraga, ya! Semoga bermanfaat.

Sedulur juga bisa lho minum sari kurma sambil belanja kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Banyak sekali pilihan kebutuhan pokok yang bisa dibeli dan caranya pun cukup mudah bisa dilakukan dengan rebahan! Yuk unduh sekarang.