Kurma adalah buah yang rasanya manis dan juga identik dengan bulan puasa. Buah ini adalah buah favorit Nabi Muhammad SAW dalam muslim, dan juga menjadi salah satu makanan pokok bagi beberapa negara seperti Timur Tengah dan Afrika Utara.

Buah berwarna coklat ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat seperti untuk mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, menyembuhkan gangguan pencernaan, bahkan menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan alias diet. Percaya nggak sih? Simak ringkasan pembahasan fakta kalori dalam kurma di bawah ini untuk tahu lebih lanjut, yuk.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Toner Untuk Wajah Bruntusan yang Ampuh

1. Kalori kurma 100 gram

Pexels

Berat kurma sebanyak 4 biji setara dengan 100 gram atau 0,1 kg. Itu berarti, kandungan gizi dalam 4 kurma tersebut adalah sebagai berikut:

-->
  • 277 kalori. 

  • Karbohidrat 75 g. 

  • Serat 6,7 g. 

  • Lemak total 0,15 g. 

  • Magnesium 54 mg.

  • Protein 1,81 g. 

  • Kalium 696 mg.

  • Tembaga 0,362 mg.

  •  Mangan 0,296 mg.

  • Vitamin A. 

  • Vitamin B6. 

Rekomendasi asupan harian dalam sehari untuk yang sedang diet adalah 2.000 kalori, sedangkan dalam 4 biji kurma, ukuran gizi yang terkandung adalah sekitar 14 persen kalori hari itu, serta 27 persen karbohidrat, 15 persen kalium, 24 persen serat, dan 4 persen protein. 

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menjaga imun tubuh dan melindungi diri dari berbagai macam penyakit, karotenoid yang terdiri dari pigmen merah, oranye dan juga pigmen kuning yang mempunyai berbagai peran dalam menjaga agar tubuh tetap sehat. Tak hanya itu, kurma juga mempunyai enzim yang membuat dan berperan sebagai reaksi biokimia dalam tubuh.

BACA JUGA: 15 Manfaat Sari buah Kurma Untuk Kesehatan dan Daya Tahan

2. Apakah kurma baik untuk diet?

Pexels

Apakah sedulur ingin menjaga agar berat badan menjadi ideal? Kurma bisa menjadi salah satu opsi yang baik. Walaupun rasa asli dari buah ini cenderung sangat manis, namun memiliki kadar glikemik yang rendah. Sehingga, saat dikonsumsi tidak menyebabkan kenaikan kadar gula yang tiba-tiba. Maka dari itu, buah ini aman dikonsumsi saat sahur maupun saat berbuka puasa. 

Sementara itu, dikutip dari sehatq.com, kenaikan kadar glikemik yang cukup tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi tiba-tiba merasa lemas, lelah, dan juga lunglai. Bahkan, seseorang juga menjadi mudah lapar jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar glikemik yang cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh memproduksi kadar insulin untuk menurunkan kadar gula darah saat mengkonsumsinya. Maka, tubuh akan cenderung cepat lapar dan lemas ketika kadar gula turun.

Untuk kalori kurma, perhatikan jumlah yang ingin dikonsumsi per harinya untuk mencapai berat badan yang ideal. Gunakan rumus yang sudah dibahas di atas agar kalori yang dicapai untuk kebutuhan per harinya sudah ideal. Jadi, konsumsi kurma bisa dan boleh untuk diet, selama dalam konsumsi yang wajar.

3. Porsi kurma untuk diet

kalori kurma
Unsplash

Manfaat dari buah kurma sangatlah beragam untuk tubuh kita. Selain itu, kurma bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang ingin mengganti konsumsi gula yang bisa dan aman dikonsumsi setiap harinya. Kurma juga mempunyai berbagai macam jenis yang bisa dipilih dan bisa dilihat berdasarkan tekstur dan bentuknya.

Sementara itu, berapa banyak kurma yang disarankan per hari untuk menjaga agar berat badan tetap ideal dan cocok untuk diet? Sedulur bisa membatasi konsumsi kurma hanya 3 biji atau setara kurang lebih 200 kalori kurma saja dalam satu hari.

4. Kebaikan kurma untuk diet

kalori kurma
Unsplash

Selain kalori kurma yang cenderung sedikit, kurma juga menjadi andalan untuk diet karena mengenyangkan. Ini karena kurma dapat memperlambat penyerapan makanan di dalam usus besar, sehingga membuat Sedulur akan merasa kenyang lebih lama.

Seperti yang telah diketahui diatas bahwa saat kita akan melakukan ibadah puasa, disarankan juga untuk memakan beberapa butir kurma karena kurma adalah buah yang mengenyangkan. Kurma juga menjadi buah yang bisa membersihkan usus dengan baik, sehingga manfaatnya adalah berupa menyembuhkan gangguan pada usus.

Itulah beberapa fakta kalori kurma dan lengkap dengan penjelasan kebaikan kurma saat diet dan juga bagaimana porsi kurma untuk diet yang bisa kalian terapkan jika sedang menjalani diet. Semoga bermanfaat, ya!

Tak hanya mengonsumsi kurma, Sedulur juga harus konsumsi sayur dan buah-buahan secara seimbang untuk menjaga berat badan. Selain itu sayur dan buah-buahan juga penting untuk asupan mineral dan vitamin. Yuk belanja sayur dan buah-buahan segar di Aplikasi Super!