jenis kurma

Apa saja jenis kurma yang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Selain sebagai makanan yang sering dikonsumsi sebagai takjil buka puasa, kurma juga merupakan makanan yang mengandung segudang manfaat untuk tubuh. Beberapa jenis kurma juga sangat cocok sebagai salah satu asupan sehat yang dapat mendukung program diet Sedulur.

Kurma bukan hanya satu jenis saja, terdapat beberapa jenis kurma yang dijual di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, Aplikasi Super akan membahas beberapa jenis buah kurma yang populer di Indonesia dan menjadi favorit untuk dicemil. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Susu Kurma Legit yang Mudah dan Enak

-->

Daftar Jenis Kurma yang Disukai oleh Orang Indonesia

1. Kurma Ajwa

1. Kurma Ajwa
tagar.id

Kurma ajwa merupakan jenis kurma termahal yang populer di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena banyak khasiat dan manfaat yang terkandung dalam kurma ajwa. Selain itu, kurma ajwa juga merupakan kurma yang pohonya ditanam langsung oleh Rasulullah SAW 14 abad yang lalu di Kota Madinah.

Khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kurma ajwa adalah mengatasi masalah pencernaan, mencegah penyakit jantung dan juga mencegah penyakit diabetes melitus. Selain itu, kurma ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membuat tubuh kita bugar sepanjang hari. Sedulur bisa mendapatkan kurma ini dengan harga Rp 65.000 – 270.000.

2. Kurma Muda

2. Kurma Muda
hellosehat.com

Jenis kurma yang kedua adalah kurma muda, dibandingkan dengan kurma pada umumnya, kurma muda memiliki khasiat yang berbeda. Terutama bagi perempuan, kurma muda dapat meningkatkan kesuburan dan memproduksi air susu ibu. Selain itu, kandungan dalam kurma juga dapat secara efektif mencegah pendarahan rahim dan bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan, mengkonsumsi kurma muda amat disarankan, karena akan membantu melancarkan kelahiran.

3. Kurma Sukari

3. Kurma Sukari
sehatq.com

Selanjutnya adakah jenis kurma sukari. Kurma ini juga dikenal dengan nama kurma raja. Hal tersebut disebabkan kurma sukari merupakan kurma favorit raja Arab Saudi. Selain tektur dagingnya yang empuk, kurma ini memilik warna kuning kecokelatan dan membuat kurma ini memiliki warna emas.

Gula ini juga tidak ditambah dengan gula buatan, murni gula alami yang berasal dari kurma sukari. Tidak juga ditambah pengawet. Bagi para penggemar buah kurma, buah ini merupakan favorit yang ada diurutan nomor wahid.

4. Kurma Ruthob

4. Kurma Ruthob
lemonilo.com

Ada juga jenis kurma ruthob. Kurma ini memiliki rasa yang sedikit berbeda dari kurma jenis lainnya, rasanya tidak terlalu manis dan teksturnya yang renyah tidak kenyal. Bagi Sedulur yang tidak menyukai kurma dengan tekstur lembek, kurma satu ini sangat cocok untuk Sedulur konsumsi.

Karena tekstur dan rasanya yang berbeda dengan kurma jenis lain, tidak heran jenis kurma ini memiliki harga yang jauh lebih mahal, Sedulur bisa mendapatkan kurma ini dengan harga mulai dari Rp 185.000 hingga Rp 250.000.

Baca Juga: Wisata Petik Kurma Pasuruan, Lokasi + Harga Tiket Masuk 2021

5. Kurma Medjool

5. Kurma Medjool
klikdokter.com

Bagi Sedulur yang menyukai jenis kurma berukuran besar, kurma mendjool merupakan pilihannya. Kurma ini juga memiliki nama lain yaitu Bard Valley. Berbeda dari jenis kurma lainnya yang berasal dari negara di kawasan Timur Tengah, kurma ini berasal dari California, Amerika Serikat.

Kurma medjool sangat cocok dinikmati dengan teh panas atau kopi hangat. Bagi yang takut mengkonsumsi gula berlebihan, kurma satu ini sangat aman karena mengandung bahan pemanis alami yang aman untuk dikonsumi, terutama dikonsumsi untuk anak-anak. Sedulur bisa mendapatkan kurma ini dengan harga Rp 80.000 – Rp 300.000.

6. Kurma Palm Fruit

6. Kurma Palm Fruit
tokopedia.com

Kurma Palm Fruit merupakan salah satu dari beberapa jenis jenis kurma yang disukai oleh orang Indonesia. Selain itu, Palm Fruit juga merupakan merk kurma yang sering dibeli oleh orang Indonesia, terutama saat bulan Ramadan tiba. Sedulur bisa mendapatkan kurma ini dengan harga Rp. 45.000 hingga Rp 300.000.  Kurma ini berasal dari Tunisia yang bisa membersihkan perut kamu dan memaksimalkan fungsinya dengan baik.

7. Kurma Date Crown

7. Kurma Date Crown
pasarkurma.com

Kurma Date Crown masuk dalam jenis-jenis kurma dan harganya menjadi kesukaan masyarakat Indonesia. Kurma ini merupakan kurma dengan kualitas premium dengan varietas khalas. Kurma ini merupakan produk dari Uni Emirat Arab, yang memiliki bentuk oval dengan rasa yang super manis dan teksture daging kurma yang kenyal.

Sedulur bisa mendapatkan kurma ini dengan harga Rp 60.000 – Rp 80.000. Kurma kualitas premium dengan rasa yang tidak mengecewakan ini, kenikmatannya bisa Sedulur rasakan digigitan pertama. Oleh karena itu, kurma ini sangat cocok dijadikan sebagai takjil saat buka puasa.

8. Kurma Golden Valley

8. Kurma Golden Valley
sayuryuk.com

Jenis kurma terbaik yang disukai di Indonesia dan banyak dibeli terutama saat memasuki bulan Ramadan adalah kurma dengan merk Golden Valley. Yang membuat kurma ini disukai adalah karena teksutre daging kurmanya yang kenyal dan rasanya yang manis alami. Selain itu, kurma ini juga basah yang membuatnya lebih mudah untuk dikunyah.

Selain sering digunakan sebagai takjil saat bulan Ramadhan, kurma Golden Valley juga sangat pas digunakan sebagai bingkisan lebaran Idul Fitri. Kita tidak perlu repot lagi membungkusnya, karena packaging dari Kurma Golden Valley sangat elegan dan premium cocok untuk dijadikan sebagai bingkisan hari raya. Kurma ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 52.000 – Rp 80.000.

Setelah mengetahui daftar jenis buah kurma yang menjadi favorit orang Indonesia, akan lebih lengkap jika Sedulur mengetahui tips memilih buah kurma yang berkualitas dan segar. Simak tipsnya di bawah ini:

  • Perhatikan warna kurma.
  • Jangan lupa memperhatikan kemasan dan tempat penjual.
  • Cek ukuran kurma; ukuran yang normal setara dengan 1-2 jari orang dewasa.
  • Cicipi rasa dan teksturnya. Rasakan kadar manis dari buah kurma, jika rasa manis berlebihan maka buah kurma kemungkinan telah ditambahkan dengan pemanis buatan.

Berhati-hati saat membeli kurma wajib untuk Sedulur lakukan, karena ada saja oknum yang menjual kurma palsu hasil rekayasa. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara pintas dan tidak halal. Kita sebagai pembeli yang akan dirugikan, selain itu risiko yang mengancam tubuh kita juga akan sangat berbahaya.

Sekian daftar jenis kurma di Indonesia yang populer dan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Semoga melalui penjelasan di atas, Sedulur bisa mengetahui jenis nama kurma dan tidak salah membelinya. Tidak perlu menunggu bulan Ramadhan untuk menyantap kurma, saat ini juga Sedulur bisa nyemil kurma karena menyehatkan.

Selain kurma, Sedulur juga bisa nyemil makanan lain. Tidak perlu kebingungan, Sedulur bisa membeli camilan dan makanan bergizi di Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai makanan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super, selain itu pelayanan yang diberikan Aplikasi Super akan sangat memudahkan Sedulur. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super mulai saat ini.