kucing maine coon

Kucing yang memiliki bentuk atau ciri yang unik bisa menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta kucing. Salah satu ras yang terbilang unik adalah Kucing Maine Coon. ras kucing yang satu ini berhasil memecahkan rekor kucing dengan bentuk tubuh terbesar di antara ras yang lainnya. Bahkan, ukurannya bisa sebesar pemiliknya.

Selain ukuran badannya yang besar, bulunya juga cenderung lebat dan panjang. Sehingga, ras ini terlihat sangat elegan jika dipandang. Para pecinta kucing mulai dari dalam maupun luar negeri banyak memelihara kucing Maine Coon ini. Jika Sedulur juga tertarik untuk memeliharanya, ketahui terlebih dahulu beberapa faktanya melalui artikel ini, ya!

BACA JUGA: Ciri Ciri Kucing Siam Lucu Serta Cara Merawat & Harganya

1. Asal usul kucing Maine Coon

asal usul
pixabay

Asal usul dari kucing besar ini adalah dibawa dan diperkenalkan pertama kali oleh orang Viking ke Amerika Utara sebelum pelayaran dilakukan oleh Columbus. Namun, ada berbagai pendapat yang mengatakan mengenai asal usul kucing yang satu ini. Salah satunya adalah bahwa kucing ini merupakan kucing milik Marie Antoinette yang merupakan Ratu dari Perancis yang memiliki bulu panjang dan dikirim dari Perancis menuju Amerika.

-->

Namun, ada pendapat yang paling dipercaya yang mengatakan tentang asal usulnya yaitu kucing ini pertama kali ada pada sekitar tahun 1861. Kucing ini memiliki nama Captain Jinks of The Horse Marines dengan bulu hitam dan putih. Setelah itu, pada tahun 1895 kucing ini mulai terdapat jenis betina dan diberi nama Best Cat.

Best Cat diketahui pernah mengikuti acara kucing yang berada di Madison Square Garden. Organisasi Cat Fanciers Association menyebutkan bahwa ras ini menjadi ras kucing kelima pada 1908. Sebelum munculnya jenis kucing siam dan persia, kucing ini menjadi jenis yang populer di Britania Raya. 

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa ras yang satu ini sebenarnya merupakan persilangan antara hewan rakun dengan kucing. Hal ini dikarenakan warna ekor kucing raksasa ini terlihat cukup mirip dengan rakun. Nama dari kucing ini berasal dari kata “Maine” yang merupakan salah satu negara bagian pada Amerika Serikat.

Sedangkan, “Coon” merupakan kependekan dari “racoon” atau rakun. Di masa sekarang, ada berbagai jenis yang bisa kita temui yang merupakan hasil persilangan antara satu jenis kucing dengan kucing yang lainnya. Salah satunya adalah kucing maine coon mix kampung yang tidak kalah lucu dengan ras aslinya.

2. Bentuk tubuhnya cenderung lebih besar dari kucing lainnya

bentuk tubuh
pixabay

Ada beberapa karakteristik untuk yang bisa dijumpai dari jenis kucing yang satu ini. Karakteristik fisik yang paling menonjol dan bisa dengan mudah diketahui adalah bentuk tubuhnya yang cenderung lebih besar dari kucing lainnya. Tubuh dari kucing maine coon besar dan memiliki tinggi kurang lebih satu meter.

Karena postur tubuhnya yang cenderung besar dan tinggi, maka bentuk tulang dari kucing ini juga besar serta kuat. Sehingga, tubuhnya bisa tertopang dengan sempurna dan terlihat sangat gagah. Jika diukur dari ujung kepala hingga ekornya, panjang kucing yang mirip dengan anjing ini bisa mencapai 121 cm. Berat badan yang biasa dimiliki oleh ras jantan rata-rata adalah 6-9 kg. Sedangkan, untuk berat badan betina adalah sekitar 4-6 kg.

Ras yang memiliki ekor seperti kemoceng ini juga tercatat sebagai kucing terbesar di dunia setelah ras kucing Savannah. Kucing ini pun memiliki panjang tubuh yang mirip dengan spesies kucing Eurasian Lynx. Pada tahun 2010, ada seekor kucing bernama “Stewie” yang tercatat di dalam Guinness World Records sebagai kucing terpanjang di dunia. Stewie memiliki ukuran tubuh 48.5 cm, mulai dari ujung hidung sampai ujung ekor. Namun, rekor lain berhasil dipecahkan pada tahun 2018 oleh kucing dengan ras yang sama bernama Barivel.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Pasir Kucing Wangi yang Bagus, Anti Bau

3. Kucing yang tinggal di iklim dingin

tempat tinggal kucing maine coon
pixabay

Karakteristik dari kucing rakun ini adalah memiliki habitat di iklim dingin. Ia dipercaya masih satu keluarga dengan ras kucing hutan Norwegia. Hal ini diperkuat dari segi fisik mereka yang terbilang mirip satu sama lain. Kedua ras ini memiliki bulu yang tebal serta sangat panjang. Sehingga, habitat aslinya adalah berada di iklim yang dingin.

Bulu kucing besar ini memiliki fungsi menjaga badan agar tetap hangat. Meskipun begitu, bulu panjang tersebut terlihat sangat elegan jika dilihat. Tak hanya itu, bulu panjang yang mereka miliki pun diklaim tahan terhadap air. Maka dari itu, bulu panjang tersebut bisa melindungi kucing dari salju, es, serta hawa yang dingin.

Setelah mengetahui habitat aslinya, maka sebelum mencari penjual kucing maine coon harus bisa menyediakan tempat yang dingin atau ber AC. hal ini bertujuan agar si kucing tidak kepanasan dan stress. 

4. Tidak suka ketinggian

kucing maine coon mix persia
pixabay

Berbeda dari ras lainnya, kucing rakun ini justru menghindari tempat-tempat yang tinggi. Sehingga, mereka tidak akan menaiki tempat tinggi seperti pohon atau lemari. Meskipun memiliki tubuh yang cenderung besar dan tinggi, kucing ini ternyata tidak selincah kucing pada umumnya, maka dari itu, jangan heran jika mereka tidak selincah kucing pada umumnya.

Spesies ini cenderung tidak terlalu tertarik dengan berbagai mainan kucing seperti tongkat bulu dengan lonceng dan sebagainya. Sifat yang sama juga dimiliki kucing maine coon mix persia atau campuran jenis yang lain.

BACA JUGA: Harga Kucing Bengal Update Terbaru 2022 & Cara Merawatnya

5. Gemar bermain air

kesukaan kucing
idntimes

Selain tidak menyukai ketinggian, kucing besar ini juga gemar bermain dengan air. Maka dari itu, cukup mudah untuk memandikan ras kucing yang satu ini. Mereka tidak akan mencakar atau berceloteh ketika pemilik sedang memandikannya. Mereka cenderung diam dan tidak heboh ketika dimandikan.

Malahan, ras yang satu ini makin bergembira dan asyik bermain air. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan bulunya yang tahan air dan tebal. Ia juga merupakan seekor kucing yang bisa berenang dengan baik, lho! Sebab itu, kucing maine coon harganya juga cukup fantastis.

6. Bentuk wajah yang mirip seperti singa

Bentuk wajah
pixabay

Berikutnya, ciri kucing maine coon yang bisa diketahui adalah dari bentuk wajahnya. Kucing rakun ini memiliki bentuk wajah yang mirip seperti singa karena sekitar wajah dan kepalanya berbulu cukup lebat.

Tak hanya itu, ia juga memiliki telinga yang besar, runcing, serta banyak bulu yang tumbuh. Tulang pipi yang dimiliki dari ras ini adalah berbentuk cukup lebar dan oval, serta bagian matanya besar dan dahi yang melengkung.

BACA JUGA: Kenali Jenis Kucing Anggora, Ciri Fisik, Harga & Cara Merawatnya

7. Rutin mandikan maine coon

merawat kucing
pixabay

Sebelum mempertimbangkan untuk memelihara kucing ini, perlu diingat bahwa mereka memiliki bulu yang panjang serta tebal. Sehingga, Sedulur harus rajin memandikannya agar bulunya selalu terlihat anggun dan sehat. Dengan bulunya yang panjang dan lebat itu, biasanya ada beberapa area yang tidak mungkin atau sulit untuk dijangkau dari jilatan lidah kucing.

Jilatan lidah kucing diketahui sebagai cara alami kucing untuk memandikan dan menjaga tubuhnya agar tetap bersih. Jika memiliki ras kucing yang berbulu tebal, pasti si meong akan cukup sulit untuk menjangkau area tertentu. Apabila tidak memandikannya secara rutin, maka maine coon akan lebih rawan untuk terserang penyakit kulit seperti jamur.

Luangkan waktu setidaknya dua hari sekali untuk memandikan si meong yang lucu ini. Gunakan shampo khusus kucing agar bulu bisa terjaga kehalusannya. Jangan pernah menggunakan shampo untuk manusia karena memiliki formula yang berbeda dengan hewan. Bukannya sehat, justru yang akan didapatkan adalah kulit yang gampang terkena iritasi. Pasti Sedulur tidak mau kan, bulu kucing maine coon kesayangan menjadi rusak hanya karena salah memilih shampo.

8. Beri makanan dengan nutrisi yang cukup

makanan kucing
pixabay

Sebelum memutuskan untuk mencari penjual kucing maine coon dan membeli atau mengadopsinya, pastikan dulu Sedulur sanggup untuk memberinya makanan dengan nutrisi yang cukup. Apalagi dengan ciri fisiknya yang berukuran besar, maka ia juga butuh makanan dengan nutrisi yang tepat dan seimbang.

Seperti kucing lainnya, ia juga membutuhkan makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti daging ayam atau daging ikan. Sedulur bisa mengolah bahan tersebut dengan cara mengukusnya.

9. Harga kucing maine coon

harga kucing maine coon
pixabay

Setelah mengetahui beberapa informasi serta fakta dari ras kucing mirip anjing ini, berikut beberapa harga yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Berikut adalah macam harga kucing maine coon yang ditawarkan:

  • Jual kucing maine coon non ped 6 bulan : Rp1.750.000
  • Jenis norway 5 bulan : Rp2.000.000
  • Jenis anakan non ped jantan white solid : Rp3.150.000
  • Jenis kitten ped CFA cameo jantan : Rp12.000.000
  • Jenis betina Ped CFA : Rp17.000.000

Itulah beberapa informasi menarik seputar kucing Maine Coon. Jika sudah memutuskan untuk memeliharanya, selalu lakukan cek kesehatan yang rutin pada kucing agar bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Sesuaikan dengan biaya yang dimiliki oleh Sedulur. Jangan lupa untuk memberikan vaksin agar daya tahan tubuh kucing bisa terjaga. Semoga bermanfaat!