Salah satu hewan peliharaan yang digemari banyak orang adalah kucing. Hal ini dikarenakan kucing memiliki sifat yang manja serta menggemaskan dan lucu.  Tidak heran bahwa banyak orang yang ingin memeliharanya sebagai teman di rumah. Berbagai macam jenis kucing dapat dipilih oleh seseorang yang tergantung dengan budget dan selera. Salah satu jenis yang populer pada masa kini adalah kucing bengal. Harga kucing bengal cenderung cukup mahal dan bervariasi. 

Kucing bengal merupakan ras kucing yang memiliki bulu pendek serta motif totol totol seperti leopard yang cukup unik. Motif inilah yang membuat para pecinta kucing ingin mengadopsinya. Selain itu, beberapa karakteristik dari kucing ini juga tak kalah menarik dengan motifnya. Apa saja karakteristik serta berbagai macam harga yang ditawarkan pada jenis kucing ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Kenali Jenis Kucing Anggora, Ciri Fisik, Harga & Cara Merawatnya

1. Mengenal kucing bengal

harga kucing bengal
pixabay

Sebelum mengetahui harga kucing bengal asli, sebaiknya Sedulur berkenalan dulu tentang apa itu kucing bengal. Kucing ini merupakan ras campuran dari Asian Leopard, Egyptian Mau, Abyssinian, serta Burmese. Di Indonesia, ras kucing ini disebut juga dengan kucing blacan. Kucing blacan pertama ditemukan oleh Jean Mils dari Amerika yang merupakan seorang peneliti yang sedang memahami tentang apa saja penyakit yang menyerang kucing. Setelah melakukan penelitian panjang, hasilnya adalah kucing liar seperti singa dan harimau memiliki kekebalan yang lebih ketika sedang terserang suatu penyakit. Setelah melakukan penelitian, Jean Mils kemudian mencoba untuk mengawinkan kucing Asian Leopard dengan kucing hitam lokal jantan untuk mendapatkan hasil yang memiliki daya tahan tubuh kuat. Setelah mengembangkannya, hasilnya adalah jenis kucing bengal dengan khas motif bintiknya.

2. Karakteristik kucing bengal

harga kucing bengal
pixabay

Setelah mengetahui asal usul kucing bengal, berikutnya terdapat beberapa karakteristik unik yang sebanding dengan harga anak kucing bengal yang mencapai jutaan. Dengan coraknya yang menyerupai macan, menjadikan kucing hutan ini cukup unik serta menarik. Ada beberapa karakteristik yang bisa diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki bentuk kepala yang cukup panjang dan besar. Namun, jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, kepala kucing hutan ini cenderung akan terlihat lebih kecil.
  • Mempunyai bentuk telinga yang tegak ke atas serta runcing.
  • Memiliki bagian leher yang berotot dan cukup besar
  • Ukuran hidung yang dimiliki cukup lebar dan besar, serta memiliki warna merah dan terdapat garis hitam sedikit.
  • Memiliki warna khas coklat dan motif totol kehitaman yang dimiliki pada di seluruh tubuhnya.Kucing ini juga memiliki garis horizontal yang ada di beberapa bagi tubuh, ekor dan pundak.
  • Mata berwarna hijau dan lebar, serta agak lonjong.
  • Seperti bagian lehernya yang berotot dan besar, ukuran badannya pun juga sama.

BACA JUGA: Harga Kucing British Short Hair & Cara Merawatnya, Update!

3. Tips merawat kucing bengal

harga kucing bengal
pixabay

Sebelum mengetahui kucing bengal harganya berapa, ketahui terlebih dahulu tips merawat kucing hutan ini sebagai berikut:

  • Biasa berkeliaran secara bebas di luar ruangan, maka dari itu, kucing ini butuh olahraga yang cukup banyak dan rutin. Selain itu, ia juga bisa diajak bermain dengan menggunakan tali tuntun seperti yang biasa dilakukan anjing. Durasi yang tepat untuk kucing bengal indonesia ini adalah 10-20 menit saja
  • Mempertimbangkan untuk membeli mainan interaktif untuk si kucing hutan seperti mainan laser karena tingkat kecerdasan serta tingkat aktivitasnya yang tinggi. Setidaknya, Sedulur bisa bermain bersamanya selama tiga puluh menit saja.
  • Berbeda pada kucing pada umumnya, kucing ini suka masuk pada pancuran, bak mandi, atau bak cuci. Jadi, opsi bermain dengan air bisa dipilih oleh Sedulur.
  • Umumnya, kucing hutan ini lebih kuat dan sehat dibandingkan dengan ras lainnya, serta tidak rentan mengalami berbagai penyakit seperti leukemia kucing.

4. Ciri kucing bengal asli

harga kucing bengal
pixabay

Ciri kucing hutan ini cukup beragam, dan sebanding dengan harga kucing bengal asli yang cenderung lumayan mahal. Berikut adalah beberapa cirinya:

  • Memiliki bobot sebesar 10 kilogram untuk kucing jantan, sedangkan betina memiliki bobot sekitar 5 kilogram saja atau setengah dari jantan.
  • Memiliki postur dan perawakannya gagah, panjang, dan besar
  • Mempunyai pola spotted wild yang dibagi menjadi dua bagian yakni marble dan rosetted spotted 

BACA JUGA: 6 Jenis Kucing Persia Asli, Ciri Khas, Harga & Cara Merawatnya

5. Sifat kucing bengal

pixabay

Ada beberapa sifat kucing hutan ini yang harus diketahui oleh Sedulur. Perlu diketahui bahwa setiap ras memiliki sifat bawaan yang berbeda, termasuk dengan kucing hutan ini. Karena disebut dengan nama hutan, maka sifat pembawaannya sedikit liar. Namun hal ini tidak membuatnya sulit untuk dilatih. Dengan kucing bengal harga 1 juta lebih, maka kecerdasannya cukup diatas rata-rata. Kucing ini bisa dengan mudah menangkap dan mempelajari perilaku yang baru. Contohnya adalah ketika sang pemilik mengajari untuk menangkap bola, maka dengan tanggap ia bisa mempelajarinya. Ras yang satu ini hampir sama dengan anjing, karena sifatnya yang aktif dan juga cerdas. Dan tentunya, bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan hewan peliharaan.

6. Jenis kucing bengal

pixabay

Seperti kucing ras lainnya, ada beberapa jenis kucing bengal yang bisa menjadi pilihan untuk anda. Umumnya, ada dua jenis kucing hutan yang biasa ditemui oleh masyarakat umum. Berikut adalah jenis serta penjelasan singkatnya:

  • Kucing bengal rosetted spotted yang merupakan jenis kucing yang motifnya berbintik dan memiliki totol hampir di seluruh tubuhnya
  • Motif marble yang memiliki pola warna marbel atau garis yang tidak beraturan. Harga kucing bengal marble biasanya bervariasi, tergantung motifnya yaitu horizontal flowing marble, chaos pattern marble, sheet marble, bullseye pattern, dan reduced pattern horizontal flowing marble

BACA JUGA: Tips Memandikan & Grooming Kucing Sendiri Dirumah, Wajib Tahu

7. Harga kucing bengal

pixabay

Harga kucing bengal putih maupun jenis yang lainnya cukup variatif, berikut adalah rangkumannya:

  • Kucing Bengal Silver Marble Mix Oriental Siam : Rp2.500.000
  • Kucing Bengal Anakan : Rp5.000.000
  • Kucing Bengal Asli : Rp10.000.000 – 40.000.000
  • Kucing Bengal Putih : Rp15.000.000

Nah, itu dia beberapa karakteristik, ciri, tips merawat, serta harga kucing bengal yang bermacam-macam. Kucing yang seringkali dikenal sebagai macan tutul kecil ini merupakan salah satu peliharaan yang setia serta sabar dan juga suka diajak bermain. Setelah mengetahuinya, apakah Sedulur tertarik untuk membelinya?