kucing anggora

Pernahkan mendengar kata kucing anggora. Kucing ini sangat populer di kalangan pecinta kucing Sedulur. Biasanya selain jenis persia, kucing jenis ini paling digemari. Lantas seperti apa bentuk fisik kucing anggora berikut penjelasan lengkapnya ala tim Aplikasi Super

BACA JUGA : Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

1. Mengenal Kucing Anggora

Kenali Serba Serbi Kucing Anggora, Sebelum Membeli
pexels

Hewan kucing merupakan hewan paling favorit untuk dipelihara, bukan karena menggemaskan namun  karena hewan ini bisa diajak untuk bermain. Memelihara kucing adalah sebuah kepuasan Sedulur. Tidak hanya itu, hewan ini merupakan hewan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW untuk dipelihara lho Sedulur.

Ciri-ciri kucing ini adalah, mereka memiliki wajah yang runcing, hidung mmancung, tulang dan tubuh panjang. Perlu diketahui, kucing jenis anggora ini merupakan hewan yang berasal dari Turki dan memiliki  warrna bulu yang tidak berubah. Dan pada umumnya memiliki warna putih. Umumnya di Indonesia kita mengenal kucing ada tiga jenis yang pertama, jenis anggora, persia dan juga domestik.

BACA JUGA : Daftar Senjata Tradisional Dari 34 Provinsi di Indonesia, Lengkap!

2. Ciri-ciri kucing anggora

Kenali Serba Serbi Kucing Anggora, Sebelum Membeli
pexels

Kucing yang satu ini berasal dari negara Eropa tepatnya berasal dari Turki. Nah, buah kamu yang ingin memiliki kucing jenis ini, wajib mengetahui beberapa hal sebelum membeli. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk bisa kamu cek supaya tidak salah beli.

Periksa bagian mata

Langkah pertama yang wajib kamu cek  adalah, lihat dahulu bentuk matanya yang seperti almond. Umumnya mata kucing anggora berwarna kuning tapi ada juga yang memiliki warna mata yang unik. Banyak sebuah kejadian jika anabul putih, warna mata biru sering kali selalu dikaitkan dengan penyakit tuli yang biasa dialami oleh kucing jenis ini. Namun, banyak yang mengatakan  jika kucing jenis ini memiliki dua mata warna yang berlainanan, satu warna biru dan satu lagi warna kuning. Itu semua dipicu karena mungkin terjadi kelainan genetik.

Perhatikan fisiknya

Selanjutnya, buat Sedulur yang ingin memelihara kucing jenis ini, wajib melihat bentuk fisik. Biasanya kucing anggora jantan mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang betina. Meski demikian, ada satu hal yang bisa kamu lihat dari bagian ekornya. Selain panjang,  ekornya biasanya akan dibalut dengan bulu-bulu yang tebal dan hal ini tidak akan dimiliki oleh beberapa kucing selain anggora. Tentunya dengan balutan bulu yang lebat itu, membuat kucing ini terllihat sangat menggemaskan.

Perhatikan kepalanya

Selanjutnya, kamu bisa melihat bagian kepalnya. Bagian kepala kucing anggora  tidak berbeda jauh dengan kucing lokal atau domestik. Meski demikian,  jika kamu mengamati dengan seksama, bentuk kepala kucing jenis ini mempunyai bagian atas yang lebih besar lalu akan mengerucut sampai ke bagian  dagu.

Perawatan bulu lebih mudah

Satu hal lagi, yang bisa kamu perhatikan dari jenis kucing ini adalah, bulu rambut mereka sangat mudah untuk dirawat lho Sedulur. Tentu hal ini berbeda dengan jenis kucing persia yang lapisan bulu pada bagian bawahnya terlihat lebih tebal dan tentunya banyak membutuhkkan perawatan.

Biasanya calon anabulmu memiliki bentuk bulu yang jarang kusut dan juga menggumpal. Namun ada yang unik dari kucing ini adalah, selama musim dingin bulunya akan tumbuh panjang dan mungkin bisa lebih tebal khusus di beberapa daerah penting seperti bagian ekor dan surai pada area dada.

Meski cukup grooming dan soal makanan biasanya  wajib mendapatkan perhatian khusus. Nah,  kamu bisa berikan Muezza yang mengandung nutrisi lengkap seperti asam lemak, protein, vitamin  dan juga mineral supaya kucingmu tetap sehat.

BACA JUGA : 10 Jenis Aglaonema Langka, Tanaman Hias Cantik Paling Hitz

3. Jenis kucing anggora

Kenali Serba Serbi Kucing Anggora, Sebelum Membeli
pexels

Setelah tadi membahas mengenai ciri khas kucing ini, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa jenis kucing anggora. Yuk simak penjelasan lengkap dari tim Aplikasi Super di bawah ini

Kucing anggora asli

Pertama ada jenis kucing anggora asli. Kucing ini memiliki beberapa ciri-ciri paling umum yaitu bentuk wajah yang runcing, hidung mancung, tulang dan tubuh yang panjang. Kucing ini ternyata berasal dari benua Eropa tepatnya dari negara Turki. Warna bulu dari jenis kucing ini juga sangat umum yaitu berwarna putih.

Buat Sedulur yang  ingin memelihara kucing jenis ini, maka siap-siap merogoh kocek yang tidak sedikit. Harga kucing anggora ini bisa mencapai Rp 3 juta untuk yang masih berusia tiga bulan dan belum mendapatkan suntikan vaksin. Lalu kucing yang sudah divaksin bisa mencapai Rp 7 juta.

Anggora x persia

Kucing ini berasal dari persilangan antara kucing dari ras anggora dengan  ras persia. Yang wajib kamu ketahui tentang kucing jenis ini adalah, keturunan pada kucing ini sangat unik yaitu memiliki wajah dan hidung seperti ras persia. Lalu untuk bagian  wajah, akan terlihat cukup bulat dan memiliki hidung yang pesek.

Meski demikian, kucing ras ini ternyata memiliki bentuk badan yang besar dan tinggi seperti jenis anggora pada umumnya. Buat Sedulur yang bertanya-tanya, berapa sih harga dari jenis kucing ini, cukup dibilang sangat terjangkau. Harga kucing anggora yang memiliki campuran dengan Persia ini usia tiga bulan belum mendapat suntikan  vaksin dibanderol dengan harga Rp 600.000 sampai Rp 700.000

Namun, akan berbeda ceritanya, jika kucing yang akan kamu beli dan selanjutnya dipelihara sudah mendapatan vaksin harganya menjadi Rp 900 ribu sampai Rp 1 jutaan. Lalu untuk anggora x persia usia enam bulan lebih dan mendapatkan vaksin berada dalam kisaran Rp 1,5  jutaa sampai Rp 2,5 juta.

Anggora x kucing kampung

Selanjutnya ada jenis percampuran antara anggora dengan kucing kampung yang memiliki  beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun, buat Sedulur wajib mengetahui  beberapa ciri yang wajar dari jenis anggora domestik ini. Badan jenis ini lebih kecil dan bulunya lebih pendek. Meski demikian, ada juga jenis kucing anggora domestik yang mempunyai bulu lebat pada bagian ekor saja.

Bulu yang dimiliki jenis anggora domestik ini, lebih mirip mengikuti kucing kampung. Pada bagian wajah lebih mirip kucing anggora. Harga kucing anggora domestik ini, berada pada kisaran Rp 200 ribu sampai dengan  Rp 500 ribu untuk yang masih berusia tiga bulan. Lalu kucing dengan usia lebih dari enam bulan biasanya sampai Rp 600 ribu.

BACA JUGA : Ini Ciri Ciri Kucing Hamil Lengkap Dengan Cara Merawatnya!

4. Makanan kucing anggora

Kenali Serba Serbi Kucing Anggora, Sebelum Membeli
pexels

Selanjutnya kita akan membahas tentang apa makanan kucing anggora, ya makanan kucing asal Turki ini memang tidak boleh sembarangan memberikan. Sebab, kucing jenis ini berbeda dengan Persia ataupun kucing domestik. Nah, supaya kucingmu tetap sehat dan bebas dari penyakit, maka perlu makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi seperti yang akan saya ulas di bawah ini.

Royal canin

Makanan ini sangat dianjurkan untuk ras anggora. Royal canin sangat mudah didapatkan karena makanan ini sudah banyak dijual di toko-toko hewan, swalayan atau pun  mungkin bisa mencarinya  di toko online. Nah, rata-rata makanan seperti ini dibuat dalam dua pilihan yaitu kering atau basah. Makanan pabrik ini sangat populer di kalangan pecinta kucing ras anggora. Jadi, sangat rekomendasi Sedulur.

Whiskas

Selanjutnya ada makanan yang sangat populer buat pakan kucing kesayanganmu Sedulur. Whiskas, makanan ini mengandung banyak protein yang bisa menyehatkan anggora kesayanganmu. Meski sangat populer sebagai makanan untuk hewan kucing, namun nyatanya, tidak semua kucing bisa diberikan makanan jenis ini. Jadi Cuma beberapa ras tertentu.

Me-o

Makanan ketiga buat ras anggora adalah Me-o. Kandungan gizi yang ada pada makanan olahan pabrik ini ternyata sangat baik. Bahkan nutrisi pada Me-o tidak bisa dipandang remeh dengan produk lainnya. Makanan ini sangat cocok buat kamu yang suka memelihara kucing jenis anggora atau persia. Apabila kamu rutin memberikan pakan ini untuk kucing kesayanganmu, maka bisa jadi dapat mencegah kerontokan pada bulu kucing dan sangat cocok  untuk dikonsumsi buat si kucing.

Pro plan

Makanan kemasan selanjutnya yang tida boleh kamu lupakan  adalah, jenis pro plan. Makanan ini mungkin  tidak akan ramah dengan kantongmu. Mengapa demikian, makanan kucing anggora ini sangat mahal dan kebanyakan orang Eropa menggunakan  pakan ini untuk kucing kesayangnnya.

Namun, apabila kamu memiliki uang lebih, mungkin tidak ada salahnya  menggunakan  pakan ini buat anggora mu Sedulur. Kamu bisa mendapatkan kucing sehat dan terbebas dari penyakit. Jadi sangat rekomendasi sekali.

BACA JUGA : Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

5. Perbedaan kucing anggora dan persia

pexels

Selanjutnya  kita akan membahas tentang apa perbedaan kucing anggora dan persia.  Ada sekitar delapan perbedaan yang bisa kamu ketahui tentang ras anggora dan juga ras persia. Nah, seperti apa perbedaan dari kedua jenis tersebut, berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasan lengkapnya buat Sedulur.

Asal

Persia

Kucing jenis persia berasal dari negara 1001 malam yaitu Iran atau yang dahulu dinamakan dengan Persia. Kucing jenis ini sangat populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600 an. Kucing jenis ini memiliki bulu panjang da haus dan merupakan hasil mutasi atau perubahan secara ilmiah.

Anggora

Lain halnya dengan Persia, Anggora ini berasal dari negara Eropa tepatnya Angkara, Turki. Kucing ini merupakan salah satu jenis yang tertua di dunia lho. Tidak ada yang mengetahui secara pasti asal usulnya. Namun, banyak orang beranggapan bahwa kucing ini berasa dari Afrika. Ras ini mulai dibawa  ke Eropa sekitaran tahun 1600 an.

Bentuk wajah

Persia

Perbedaan selanjutnya yang cukup mencolok adalah, bentuk wajah. Kucing persia memiliki bentuk wajah yang datar serta hidung  pesek lalu dengan kepala yang bulat. Mata kucing jenis ini pun besar dan bulat terpisah jauh. Selanjutnya, telinganya rendah dan dekat dengaan  kepala.

Anggora

Kontur wajah ras jenis ini adalah memiliki kontur wajah segitiga dengan  hidung yang sedikit runcing. Lalu telinga kucing jenis ini panjang dan memiliki sudut lancip dengan bentuk segitiga. Tidak hanya itu, bentuk telinganya juga berdekatan tegak dan berjumbai.

Bulu

Persia

Meski sama-sama memiliki bulu yang panjang, kucing jenis ini dan anggora mempunyai beberapa perbedaan. Kucing persia mempunyai bulu yang sangat lebat dan padat. Seluruh bagian tubuhnya pun tertutup oleh semua bulu yang tebal  dari wajah sampai dengan ekor.

Anggora

Kucing ras anggora mempunyai bulu lebat tapi mungkin tida lebih lebat dari jenis ras persia. Bulu pada bagian wajah kucing ini juga tidak panjang. Meski demikian, bulu pada bagian ekor  bisa sangat lebat dan panjang layaknya hewan musang.

Bentuk tubuh

Persia

Persia memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan gempal. Dibandingkan dengan ras anggora. Selain itu, bentuk kaki kucing persia juga lebih pendek tapi kuat dan cakar yang membulat.

Anggora

Anggora mempunyai  bentuk tubuh yang  lebih ideal dibandingkan dengan ras persia. Bahkan kucing ini lebih tinggi dibandingkan dengan ras Persia. Tidak hanya  itu, tubuh anggora juga jauh lebih berotot dengan bulu-bulu ekornya yang panjang.

Demikian penjelasan mengenai kucing anggora dari mulai ciri-cirinya hingga jenis dari kucing itu sendiri. Semoga membantu Sedulur yang akan merawat kucing ya.