kata kata ucapan tahun baru islam

Umat Islam sedunia akan memperingati pergantian tahun Hijriah dalam waktu dekat. Berdasarkan SKB 3 Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah akan jatuh pada 30 Juli 2022 mendatang. Pada momentum yang spesial ini, Sedulur bisa mengirimkan kata-kata ucapan tahun baru Islam kepada teman, kerabat, maupun keluarga.

Nah, berikut ini Super sudah merangkum berbagai contoh kata-kata ucapan tahun baru Islam yang bisa menjadi referensi untuk Sedulur. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Bacaan Doa Istighosah Lengkap Beserta Dalil dan Artinya

Sejarah dan ayat tahun baru Islam

kata kata ucapan tahun baru islam
Viva

Sebelum melihat contoh kata-kata ucapan tahun baru Islam, ada baiknya Sedulur menyimak tentang sejarah penanggalan Hijriah dalam Islam. Seperti diketahui, sistem penanggalan ini pada umumnya hanya digunakan oleh umat Islam. Oleh karena itu, tahun baru Hijriah pun kerap disebut sebagai tahun baru Islam.

-->

Dirangkum dari berbagai sumber, penetapan kalender Hijriah dilakukan pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Adapun penanggalan Hijriah dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah.

Perhitungan tahun Islam sendiri didasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi dan terdiri atas 12 bulan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam ayat tahun baru Islam sebagai berikut.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Latin:

inna ‘iddatasy-syuhụri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba’atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah itu ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu.

Selanjutnya, Sedulur dapat menyimak contoh ucapan tahun baru Islam sebagai berikut.

BACA JUGA: Sejarah Tahun Baru Islam Beserta Keutamaannya & Amalannya

Ucapan selamat tahun baru Islam 2022

kata kata ucapan tahun baru islam
Freepik
  1. Selamat Tahun Baru Islam 2022 semoga kita semua dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan di tahun baru ini.
  2. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Semoga semua kebaikan yang kita lakukan di belakang akan senantiasa dicatat dalam buku amal yang baik dan menjadikan kita sebagai umat yang beruntung.
  3. Selamat Tahun Baru Islam 2022, semoga selalu diberi kedamaian. Selamat tahun baru Islam, semoga selalu diberi keberkahan. Semoga kebaikan dan kesehatan selalu.
  4. Bintang-bintang berkedip indah. Menggoda bulan yang masih malu-malu. Selamat Tahun Baru 1444 H. Buat engkau yang ada di hatiku.
  5. Selamat tahun baru Islam 1444 Hijriah, mari kita lanjutkan setiap rencana baik kita agar seluruh alam semesta kembali seimbang.
  6. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Akhir setiap tahun adalah waktu untuk mengucapkan selamat tinggal pada satu tahun dan menyambut tahun baru dengan lebih banyak melakukan amal shaleh. Semoga tahun ini dipenuhi dengan keberkahan dan kemakmuran.
  7. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Jadikan peringatan ini sebagai pemacu untuk meningkatkan keimanan, memperbanyak amal ibadah dan amal sholeh untuk menggapai ridho dan rahmat Allah.
  8. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Semoga tahun ini kita semua senantiasa semangat untuk lebih mempertebal keimanan.
  9. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Semoga rahmat Allah selalu ada untuk kita sehingga hari-hari kita senantiasa penuh sukacita, terang, dan damai sejahtera.
  10. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Semoga semua kebaikan kita di tahun lalu senantiasa dicatat dalam buku amal yang baik dan menjadikan kita umat beruntung.

Ucapan tahun baru islami

kata kata ucapan tahun baru islam
iStock
  1. Semoga kita semua dapat Hijrah ke kehidupan yang lebih baik. Selamat Tahun Baru Islam.
  2. Sucikan jiwa, bersihkan hati. Mari mengucap basmalah sebelum menginjak tahun baru Islam.
  3. Semoga kamu memulai tahun ini dengan berkah pilihan Allah dan memiliki bab indah lain yang ditambahkan ke buku kehidupanmu. Selamat Tahun Baru Islam untukmu.
  4. Hidup bukan hanya tentang siapa yang menjadi terbaik, tetapi bagaimana kita bisa lebih istiqomah untuk selalu berbuat baik di sisa umur kita. Selamat menyambut Tahun Baru Islam 2022.
  5. Dalam sholat lebih banyak pahala, Jika dijalankan secara berjamaah, Ku ucapkan dengan hati bahagia, Selamat Tahun Baru Hijriah 1444 Hijriah.
  6. Semoga di tahun ini seluruh umat Allah Swt. diberi kesehatan, umur panjang, rezeki, dan kemudahan dalam hidup.
  7. Tahun baru, harus bermuhasabah memperbaiki diri. Bertekad untuk berubah ke arah yang lebih baik dan lebih memberikan manfaat kepada orang banyak.
  8. Mari menyongsong tahun baru Hijriah kali ini dengan semangat yang baru dan terus berjalan mencari ridho-Nya.
  9. Bersihkan hati, lisan, dan pikiran kita atas segala yang membuat iman keruh.
  10. Tahun baru menjadi momen terindah saling mengikat ukhuwah. Semoga hidup kita semakin berkah.

BACA JUGA: Doa Tahun Baru Islam Lengkap Beserta Latin & Terjemahannya

Ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H

 
Freepik
  1. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, semoga di tahun ini kita bisa mendapatkan keberkahan hidup dan rezeki melimpah.
  2. Selamat Tahun Baru Islam 1444 H, semoga semakin bertambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt., damai selalu NKRI.
  3. Selamat 1 Muharram 1444 Hijriah. Marilah kita songsong Tahun Baru Islam ini dengan saling memaafkan segala kesalahan selama satu tahun ke belakang.
  4. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, marilah menuju awal yang baik untuk memperbaiki ibadah dan menjemput berkah.
  5. Cahaya 1 Muharram 1444 H mulai menerangi. Siapkan para umat Rasulullah saw. untuk beribadah dan melaksanakan amalan baik.
  6. Bulan sabit tersenyum ramah, didampingi bintang-bintang nan indah, semoga tahun ini lebih berkah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1444 H.
  7. Membuka lembaran baru, semoga kita semua dapat merasakan dan menata kembali kehidupan kita ke arah yang lebih bermakna. Selamat tahun baru Islam 1444 Hijriah.
  8. Semoga imanmu kepada Allah Swt. selalu memberimu kedamaian dan keselamatan. Selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H.
  9. Alhamdulillah bulan telah berganti, mari kita sambut dengan sepenuh hati agar menjadi berkah. Selamat tahun baru Islam 1444 Hijriah sahabat.
  10. Di penghujung malam ini, izinkan aku meminta maaf atas segala khilaf dan salah yang tak luput ku lakukan. Semoga tahun yang baru senantiasa menghadirkan warna baru untuk diri yang lebih baik lagi. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.
  11. Tahun baru menjadi momen terindah saling mengikat ukhuwah. Semoga hidup kita semakin berkah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1444 H.
  12. Semoga di tahun ini dipenuhi hal-hal baik lagi. Semoga Ridho Allah Swt. senantiasa menyertai kita semua. Selamat merayakan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, temanku tercinta.
  13. Muharram adalah bulan yang penuh barokah. Seperti Rasulullah saw. yang hijrah dari Mekah menuju Madinah, mari kita juga hijrah untuk jadi pribadi yang lebih bertaqwa dan beriman. Selamat Tahun Baru Islam 1444 H, kawan.
  14. Marhaban ya Muharram 1444 H. Semoga tahun ini kita semua senantiasa diberikan kesehatan, umur panjang, rezeki dan kemudahan dalam hidup oleh Allah Swt.
  15. Beribu maaf atas semua dosa dan kesalahan di tahun lalu. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan-Nya. Selamat Tahun Baru Islam 1444 H.

Kata-kata tahun baru islam menyentuh hati

iStock
  1. Pikiran terhangat dan harapan terbaik untuk tahun Hijriah ini. Semoga kedamaian, cinta, dan kemakmuran selalu mengikuti kita semua.
  2. Selamat tahun baru Islam. Semoga tahun yang akan datang ini memberikan limpahan berkah untuk hidup yang lebih baik.
  3. Mari sambut tahun baru Islam dengan penuh keindahan dan pengharapan apa yang akan terjadi adalah lebih baik dari kemarin.
  4. Alhamdulillah kita bisa bertemu kembali di tahun baru ini. Selamat Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.
  5. Perbuatan yang ikhlas berasal dari hati yang bersih. Bersihkan hati dengan tutur kata yang lembut. Mari sambut bulan Muharram dengan penuh harapan.
  6. Dunia yang dipenuhi fatamorgana, menipu diri dengan keindahan surga. Waktu berlalu tanpa terasa, kini hadir hari yang kita damba. Selamat Tahun Baru Hijriah untuk sahabat tercinta.
  7. Setiap tahun berakhir dan tahun baru dimulai. Semoga tahun baru yang akan datang ini menjadi tahun di mana kita meninggalkan kekhawatiran dan memberi kita iman dan harapan. 
  8. Inti dari tahun baru Hijriyah adalah hijrah dari yang negatif ke hal yang positif, semoga kita mampu move total ke hal yang positif pada tahun baru ini. Selamat tahun baru Hijriyah.
  9. Ya Allah jadikanlah tahun ini adalah tahun yang dipenuhi dengan bunga kebikan, sehingga harumnya memberikan kesejukan ibadah untukku, keluargaku, dan sahabat-sahabatku.
  10. Selamat Tahun Baru Hijriah! Saat tahun baru mulai, tetap fokus pada tujuan dan biarkan dirimu tetap bahagia, positif, dan memberi semangat kepada orang lain.

BACA JUGA: 70 Kata Kata Mutiara Selamat Idul Adha yang Penuh Makna

Kata ucapan tahun baru Hijriyah untuk keluarga

 
Freepik
  1. Amalan yang indah berawal dari hati yang indah. Indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Hijriah 1444 H.
  2. Di tahun baru Islam ini mari kita rapatkan barisan, pererat tali persaudaraan, dan langkahkan kaki di jalan Allah Swt.
  3. Sucikan jiwa, bersihkan hati. Mari mengucap basmalah sebelum menginjak tahun baru Islam 1444 Hijriah.
  4. Sambut tahun baru Hijriah dengan berhijrah menuju cahaya Islami dan segala kebaikan. Semoga Tahun Baru Islam ini Allah melimpahkan banyak rezeki dan panjang umur yang barokah.
  5. Selamat 1 Muharram 1444 H. Tahun baru adalah waktu untuk mengucapkan selamat tinggal pada satu tahun yang lalu dan menyambut tahun baru dengan lebih banyak melakukan amal shaleh. 
  6. Hidup bukan hanya tentang siapa yang menjadi terbaik, tetapi bagaimana kita bisa lebih istiqomah untuk selalu berbuat baik di sisa umur kita. Selamat menyambut Tahun Baru Islam.
  7. Renungan dan hijrah atas segala perbuatan yang tidak baik selama ini. Selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H. Semoga kita bisa semakin lebih baik.
  8. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, semoga di tahun ini kita bisa mendapatkan keberkahan hidup dan rezeki melimpah.
  9. Selamat Tahun Baru Islam 2022. Semoga semua kebaikan yang kita lakukan di belakang akan senantiasa dicatat dalam buku amal yang baik dan menjadikan kita sebagai umat yang beruntung.
  10. Selamat datang 1 Muharram 1444 H! Tak ada kata kesedihan di hari ini, hanya kegembiraan seperti masyarakat Madinah yang kedatangan Nabi Muhammad SAW.

Pesan kebaikan di tahun baru Islam

Freepik
  1. Awal tahun merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk memperbaiki kualitas diri, dari ibadah hingga urusan duniawi.
  2. Sambut bulan Muharram dengan berhijrah dari kegelapan menuju cahaya Islami; dari kekufuran menuju keimanan. Semoga di Tahun Baru Islam ini rezeki bertambah dan panjang umur. Selamat Tahun Baru Islam!
  3. Perbuatan yang ikhlas berasal dari hati yang bersih. Bersihkan hati dengan tutur kata yang lembut. Mari sambut bulan Muharram dengan penuh harapan.
  4. Bulan Muharram menjadi pertanda dibukanya lembaran baru dan lembaran baru itu sebaiknya kita isi dengan kebaikan kepada sesama, juga ibadah yang tulus kepada Sang Pencipta.
  5. Jalani Tahun Baru Islam ini dengan semangat untuk lebih mempertebal keimanan.
  6. Di tahun baru Islam ini mari kita songsong dengan beragam rencana hidup yang positif hingga mencapai kesejahteraan bersama keluarga dan seluruh lingkungan terdekat.
  7. Sambil menengadahkan tangan untuk berdoa, semoga Tahun Baru Islam kali ini membawa keberkahan melimpah untuk Anda. Semoga Allah senantiasa melindungi kita di kehidupan dunia dan akhirat kelak.
  8. Waktu terus berjalan, ada banyak hal yang mungkin tertinggal di belakang. Untuk itu, mari kita jadikan perayaan Tahun Baru Hijriah ini sebagai momentum untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  9. Tahun Baru Hijriah menjadi momen peringatan hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah. Oleh karenanya, pada momen yang istimewa ini semoga kita bisa mengikuti jejaknya menjadi lebih baik.
  10. Setiap manusia tak pernah luput dari salah dan khilaf. Mohon maafkan diri ini atas segala perbuatan yang kurang berkenan. Mari kita sambut bulan Muharram dengan kegembiraan dan keikhlasan.

BACA JUGA: 40 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga & Teman

Ide caption tahun baru Islam

Freepik
  1. Berharap maaf bukan sekadar harapan, namun permohonan tulus dari dalam hati teman. Selamat Tahun Baru Islam.
  2. Tahun baru Hijriah 1 Muharram merupakan awal yang baik untuk memulai lagi dari nol. Jangan pernah menyerah untuk meraih cita-cita.
  3. Tahun baru, saatnya menetapkan tujuan baru. Ada waktu untuk merenungkan hal-hal yang penting bagimu dan hal-hal yang ingin kamu capai. Semoga tahun ini kamu melihat semua impian menjadi kenyataan.
  4. Jadikan momentum hijrah Rasulullah saw. untuk evaluasi diri kita sehingga bisa menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan Allah Swt.
  5. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriah. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung dalam meraih rahmat Allah Swt.
  6. Tahun baru datang sebagai pengingat untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di tahun sebelumnya. Oleh karenanya, awal tahun menjadi awal yang tepat bagi kita untuk memperbaiki diri terhadap apa yang telah diperbuat di masa lalu.
  7. Hari ini adalah waktu untuk menampilkan yang baru, semua yang lama dan usang masih hidup hari ini. Biarlah segala sesuatu yang buruk menjadi baik. Selamat Tahun Baru Islam untuk semuanya
  8. Mari kita sambut bulan Hijriyah dengan berhijrah dari kegelapan menuju cahaya islami, dari kekufuran menuju keimanan, semoga di tahun baru Hijriyah ini rezekimu bertambah & panjang umur.
  9. Amalan yang indah sejatinya berasal dari hati yang indah pula. Buatlah hati menjadi indah dengan tutur kata yang sopan dan lembut.
  10. Tahun baru adalah tahun perenungan: atas waktu yang berlalu dan umur yang semakin menua. Semoga kita senantiasa bisa memaknai tahun baru ini dengan sungguh dan hanya berharap ampunan Sang Pencipta.

Kata-kata ucapan tahun baru Islam dalam bahasa Inggris

kata kata ucapan tahun baru islam
iStock
  1. Before we ask for happiness and prosperity, we should ask for mercy. May Allah shower his mercy on us. Happy New Hijri Year 2022!
  2. I pray for you and your family’s happiness and well-being. May you all have an amazing year ahead. Happy New Year.
  3. Let’s start this Islamic New Year with a pure heart. May Allah bless us with sustenance this year. Happy Islamic New Year 1444 H.
  4. Day after day. Month after month. Year after year. Allah has given us many opportunities to put our trust in Him, and this time we welcome the Islamic New Year with His grace as well. May we always be among those who are grateful.
  5. In the year 1444 H, let’s reflect on the mistakes we made in the previous year, and ask Allah for forgiveness. May Allah give us peace and abundant sustenance.
  6. Happy New Year everyone! May Allah ease difficulties and bless the Ummah with lots of hidaya.
  7. Let’s make the month of Muharram a better start. Happy Islamic New Year 1444 H.
  8. Today is the beginning of the Arabic year Muharram. Pray to God, O God. Give us all happiness and peace in the new year.
  9. When dawn arrives in the month of Muharram, the new year begins. May Allah shower us with blessings in the Islamic New Year 1444 H.
  10. May you find the strength in your heart to lead your life according to Islamic regulations and Allah’s direction! Happy Hijri New Year!
  11. Wishing you and your family health and prosperity in this new year. May Allah grant you peace in the Islamic New Year 1444 H.
  12. As the New Year begins, let us pray that it will be a year full of peace, happiness and abundance of new friends. May Allah bless you throughout the new year.
  13. May Allah Almighty shower his blessing on the Muslim Ummah and all Islamic countries. Happy new Hijri year. 1444 Mubarak.
  14. May Allah shower you with gifts of love, bravery, wisdom, contentment, health, patience and cleanliness. Happy New Year!
  15. As we move into a new year, let’s show our gratitude and happiness for all the sustenance we received in the previous year. May God always protect us all.

Demikian tadi contoh kata-kata ucapan tahun baru Islam. Beragam ucapan selamat tahun baru Islam ini bisa Sedulur bagikan kepada keluarga, teman, dan kerabat ataupun menjadi caption pada unggahan di media sosial.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.