kata mutiara makna idul adha

Memberikan ucapan hingga bingkisan telah menjadi kebiasaan banyak orang ketiga merayakan hari besar keagamaan. Tidak terkecuali adalah Hari Raya Idul Adha. Hari besar agama Islam yang identik dengan prosesi penyembelihan hewan kurban itu juga kerap dijadikan ajang untuk bersilaturahmi. Sedulur juga bisa memberikan ucapan kepada orang-orang terkasih. Tak sekedar ucapan selamat, kamu dapat menambahkan kata mutiara makna Idul Adha.

Kata-kata ini juga bisa digunakan sebagai takarir atau caption dalam unggahan di media sosial. Sebagai referensi, berikut sudah Super rangkum beragam contoh kata mutiara Idul Adha singkat spesial untuk Sedulur. Simak sampai habis, ya!

Sejarah singkat Idul Adha

kata mutiara makna Idul Adha
Freepik

Sebelum melihat contoh kata-kata mutiara makna Idul Adha, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk menyimak tentang sejarah Idul Adha. Dirangkum dari berbagai sumber, Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Disebut demikian karena pada Hari Idul Adha, umat muslim akan melakukan proses penyembelihan hewan kurban. Di Indonesia, hewan kurban yang umum dijumpai adalah sapi, kambing, dan domba.

Sementara itu, sejarah Hari Raya Idul Adha bermula dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim A.S. yang rela menyembelih putranya, yaitu Nabi Ismail A.S. sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Perintah untuk menyembelih sang putra diterima Nabi Ibrahim melalui mimpinya. Padahal Nabi Ibrahim sangat menantikan kehadiran sang putra. Adapun ketika perintah untuk menyembelih itu datang, Nabi Ismail baru berusia tujuh tahun.

Kendati begitu, Nabi Ibrahim akhirnya membulatkan tekadnya untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Hal itu turut didukung oleh sang putra yang dengan siap berbaring untuk disembelih oleh sang ayah. Ketika Nabi Ibrahim telah siap menjalankan perintah tersebut, tiba-tiba Allah menurunkan firmannya dan meminta Nabi Ibrahim untuk menggantinya dengan menyembelih seekor kambing.

Sekadar informasi, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah atau 2022 jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Hal itu didasarkan pada hasil sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah 1443 H yang digelar beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil sidang, ditetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Sehingga Hari Idul Adha 10 Dzulhijjah akan jatuh pada 10 Juli 2022.

BACA JUGA: Asal Usul & Sejarah Singkat Idul Adha Beserta Maknanya

Kata mutiara ucapan selamat Idul Adha 1443 H

kata mutiara ucapan selamat idul adha
pikiran rakyat
  1. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H/ 2022. Semoga Allah menerima amalan saya dan amalan kamu semua.
  2. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M, semoga amal ibadah dan kurban kita diterima oleh Allah SWT.
  3. Kala sa’i adalah harapan, putaran thawaf adalah cermin penghambaan. Di kala wukuf menjadi wujud ketundukan, serta lemparan jumrah adalah perjuangan. Dengan takbir digemakan, Selamat Idul Adha 1443 H.
  4. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Semoga kita bisa memaknai pengorbanan dan keikhlasan di hari yang suci ini.
  5. Walaupun tahun ini cukup berbeda dengan hari raya sebelumnya, ketika jarak semakin dibatasi namun hati dan keikhlasan tidak terbatas. Kini saatnya semakin mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa. Di hari yang suci ini tak ada salahnya untuk saling menyapa dan memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H.
  6. Awali hari raya qurban dengan sukacita dan kemurnian hati. Semoga mereka yang menerima pemberian dapat berbahagia dan ikut berbahagia. Selamat Hari Raya Qurban 1443 H.
  7. Berkurbanlah, karena sekecil apapun pengorbanan pasti akan diterima di sisi-Nya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H.
  8. Gema takbir sudah terdengar mengudara, mengagungkan kebesaran Allah SWT, tak terasa hari esok akan memasuki hari yang besar. Maafkanlah jika diri ini begitu rendah dan sering kali bersalah. Semoga di hati yang suci ini kita senantiasa dapat saling bermaafan. Selamat Idul Adha 1443 H.
  9. Kala takbir berkumandang, ayam dan bebek lari ke kandang. Sapi dan kambing menjadi kurban, babi hanya tersenyum malu karena belum masuk Islam. Selamat hari raya Idul Adha 1443 H.
  10. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Semoga ibadah kurban kita bermanfaat bagi sesama dan semakin mempertebal ketakwaan kita kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Syarat Hewan Kurban yang Wajib di Ketahui dan Cara Memilihnya

Kata mutiara selamat Idul Adha

iduladha
Tribunnews
  1. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga kita bisa memaknai pengorbanan dan keikhlasan di hari yang suci ini.
  2. Kurban adalah pertanda cinta. Cinta kepada Allah dan sesama. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  3. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga keikhlasan dan kebahagian menyertai kita semua dalam berkurban.
  4. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga ibadah kurban membawa keberkahan bagi semuanya.
  5. Keikhlasan Nabi Ibrahim diganti oleh Allah SWT dengan begitu banyak berkah. Semoga Nabi Ibrahim bisa menjadi inspirasi kita untuk selalu ikhlas dan takwa kepada Allah SWT. Selamat Idul Adha.
  6. Kala tetesan air mata Ibrahim jatuh menyaksikan keteguhan iman anaknya Ismail, kala itulah sejarah agung tercipta. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  7. Semangatmu dalam berkurban, harapanmu akan ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman, itulah makna Idul Adha.
  8. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Untuk itulah, maafkanlah kesalahanku. Selamat Idul Adha.
  9. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga kita bisa meneladani keteguhan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail.
  10. Semoga kesehatan, kemagfiratan, dan kebahagiaan selalu menyertaimu yang ikhlas dalam berkurban. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  11. Ketika tangan tak mampu berjabat, kaki tak dapat melangkah, hanya hati yang mampu berbisik. mohon maaf dari kesalahan. Selamat hari raya Idul Adha.
  12. Senandung asma-Nya menghiasi malam, menghampiri fajar. Sejuta umat menyambut hari kemenangan ini. Selamat Hari Raya Idul Adha. Jangan lupa berbagi rezeki dengan sesama.
  13. Semoga segala hal baik yang telah kita korbankan, dapat memberi manfaat untuk kebahagiaan orang lain. Selamat Hari Raya Kurban.
  14. Keikhlasan membawa Qurban menjadi lebih bermakna. Selamat lebaran Idul Adha.
  15. Selamat Hari Raya Idul Adha, semoga Allah SWT menerima amal kita semua.
  16. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga hikmah kurban senantiasa membawa ketulusan dan kebersihan hati bagi kita semua.
  17. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga kita mendapat mencontoh kesholehan Nabi Ibrahim, ketaatan Nabi Ismail, keikhlasan Siti Hajar, dan keberkahan Rasulullah SAW.

BACA JUGA: Berbagai Ritual Merayakan Idul Adha di Berbagai Negara

Kata mutiara makna Idul Adha

Kata mutiara
Freepik
  1. Makna Idul Adha adalah semangat kita dalam berkurban, harapan kita akan ampunan, serta keteguhan kita dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kamu dan keluarga di rumah.
  2. Setiap satu helai rambut kurban adalah satu kebaikan. – HR. Ahmad dan Ibn Majah
  3. Satu-satunya perbedaan antara hari yang baik dan hari yang buruk adalah sikap anda. Maka bersikaplah dengan baik dan ramah di hari yang agung ini.
  4. Kurban adalah pertanda cinta, cinta kepada sang Khalik dan cinta kepada sesama.
  5. Cinta sejati adalah sebuah keikhlasan, layaknya pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Semoga Allah selalu mengampuni dosa kita. Selamat Idul Adha.
  6. Nabi Ibrahim menjadi inspirasi kita dalam momen Idul Adha ini. Keikhlasannya diganti oleh Allah SWT dengan begitu banyak berkah. Semoga kita semua bisa melakukan hal yang sama di tahun ini. Selama menyambut Idul Adha 1443 H.
  7. Selamat berbagi dan berkurban. Semoga berkah dan menjadi momentum menyambung silaturahim.
  8. Idul Adha mengajarkan kita untuk senantiasa berkurban dan ikhlas, Semoga itu selalu mengiringi setiap langkah kehidupan kita.
  9. Biarkan Idul Adha yang istimewa ini menghiasi hidup Anda dengan warna-warna surga.
  10. “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak sampai kepada Allah, tetapi sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu.” – QS. Al Hajj:37.
  11. Tidak ada lebih penting dari sekadar rasa syukur. Tidak ada yang lebih indah dari sekadar kata takbir yang menggema di seluruh rumah Allah SWT. Semoga dengan datangnya Idul Adha semakin mempererat rasa persaudaraan. Rasa kemanusiaan terutama kepedulian pada sesama. Selamat Hari Raya Qurban bagi seluruh umat muslim di dunia.
  12. Belajarlah dari Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya, dan jadilah seperti Ismail yang ikhlas menerima kehendak Allah. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  13. Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal, meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim A.S. yang hanif. Selamat hari raya Idul Adha.
  14. Ya Allah jadikanlah tiap helaan napas kami sebagai bukti cinta kepada-Mu. Jadikanlah kurban kami sebagai jalan panjang mendekati-Mu. Selamat hari raya Idul Adha.
  15. Kurban lebih berarti jika dilakukan untuk berbagi dan bukan untuk pribadi.
  16. Idul Adha adalah momentum mengasah kepekaan sosial menjadi sumber inspirasi menjaga kebersamaan bagi keluarga dan masyarakat secara hikmah.
  17. Semoga hari-harimu kelak dipenuhi kelezatan, selezat daging kurban. Imanmu diberikan keteguhan, seteguh Ismail. Serta hidupmu dipenuhi tuntunan seperti Nabi Ibrahim.
  18. Barang siapa memiliki kelapangan rizki lalu ia tidak menyembelih hewan qurban, maka jangan lah ia mendekati tempat kami sholat. – HR Abu Hurairah.
  19. Selamat Hari Idul Adha. Semoga makna kurban dan keikhlasan dalam beribadah melekat dalam diri kita.
  20. Belajar dari kisah Nabi Ismail yang rela disembelih dan Nabi Ibrahim yang ikhlas menyembelih. Atas nama Allah SWT, tiada cinta yang lebih besar dibandingkan cinta kepada-Nya. Selamat Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA: Tradisi Unik Perayaan Lebaran Idul Adha

Kata mutiara tentang Idul Adha

ucapan
Indozone
  1. Berkurbanlah sekecil apapun itu karena bukan anda atau mereka yang memberi pahala, melainkan Dia. Tak perlu mengharapkan balasan dari mereka, karena yang Maha Pemurah tahu caranya bagaimana membalas. 
  2. Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal, meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim A.S. yang hanif. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  3. Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkorban dan mohon maaf lahir dan batin.
  4. Semoga kurban anda berkah, dicintai Allah, dan disayang tetangga. Selamat berbagai dan selamat hari raya Idul Adha.
  5. Cinta sejati adalah sebuah keikhlasan, layaknya pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Semoga Allah selalu mengampuni dosa kita. Selamat Idul Adha.
  6. Berkurbanlah sekecil apapun itu. Tak perlu menunggu kaya, namun selagi engkau mampu. Bukan untuk mengharap pujian sesama manusia. Namun lebih dari itu adalah mengharap ridho Allah SWT. Selamat Hari Raya Kurban.
  7. Berbagi itu memberi, memberi adalah menanam, setiap yang kita tanam akan berbuah lebih banyak. Itulah rahasia dan keajaiban memberi dan berbagi. Selamat Merayakan Idul Adha.
  8. Kembang melati sungguhlah indah, Ditengah taman jadi hiasan, Harum Idul Adha tercium sudah, Salah dan khilaf, mohon dimaafkan.
  9. Bagiku, pada hari ini adalah bagaimana aku belajar ikhlas dalam berkurban di jalan-Nya. Selamat Hari Raya Kurban.
  10. Semangat berkurban untuk kita semua. Jadikan hari raya ini pengingat untuk memperkuat keimanan dan kemanusiaan kita. Selamat Lebaran Haji Idul Adha.
  11. Naik unta pergi berhaji, berbekal iman dan ketakwaan, Idul Adha saat berbagi, lambang ukhuwah dan persaudaraan.
  12. Pengorbanan yang kita berikan di tahun ini semoga menjadi amalan ibadah ikhlas hanya kepada Allah SWT. Sebagai makhluknya, saya memohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan. Semoga kita selalu dilapangkan rezeki dan keberkahan.
  13. Berkurban adalah cara untuk bersyukur. Salah satu cara agar kita tidak selalu melihat ke atas. Selamat Idul Adha.

Kata mutiara makna Idul Adha dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris
Orami
  1. I wish you a very happy Eid, and may all your good deeds be accepted by God.
  2. On this Holy festival of Eid al-Adha that we get to celebrate the Hajj, may you be filled with joy and blessed.
  3. Wishing you and your family a very happy, prosperous, and blissful Eid day!
  4. With all the love, blessings, and peace on this joyous day. Happy Eid al-Adha!
  5. Eid mubarak. May the guidance and blessing of Allah Swt. be with you and your family.
  6. Eid Al Adha is the festival of unity, sacrifice, and love among people with special sweets. A lot of meat and beef are distributed on this occasion. Eid mubarak!
  7. May Allah grant all your wishes and accept your sacrifice. I wish happiness for you and your family. Happy Eid al-Adha!
  8. May this festival of sacrifice, faith, and purity abundant your life with joy and good health. Happy Eidul Adha!
  9. I pray to Allah to bless you in very moment of your life, in every smile you have, in every step you take. Happy Eidul Adha!
  10. A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you.

Demikian tadi aneka contoh kata mutiara makna Idul Adha yang bisa menjadi referensi untuk Sedulur kirim kepada keluarga maupun kerabat. Selamat Idul Adha!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.