Apakah Sedulur pernah mengakami kedutan mata kiri? Terdapat dua pandangan mengenai arti kedutan pada mata kiri atas menurut Primbon Jawa dan juga kesehatan. Kedutan merupakan konsiri ketika area mata tiba-tibaberdenyut sendiri dengan frekuensi yang cepat tanpa adanya penyebab yang jelas. Arti kedutan mata kiri sendiri mempunyai beragam makna dari berbagai mitos populer yang bekembang.

Dalam dunia medis, penyebab kedutan mata sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Kedutan pada mata dapat disebabkan karena adanya beberapa kondisi seperti mata lelah, kurang tidur, efek samping da juga stress. Sedangkan menurut primbon Jawa, arti dari kedutan pada bagian tubuh tertentu biasanya dikaitkan dengan beberapa mitos. Misalnya kedutan mata kiri atas dapat menjadi pertanda keberuntungan, seperti mendapat rejeki yang tak terduga.

Jika Sedulur penasaran arti dari kedutan pada mata kiri menurut menurut Primbon Jawa dan dunia medis, yuk simak penjelasannya berikut.

BACA JUGA : Kata Baku dan Tidak Baku: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Arti kedutan mata menurut Primbon Jawa

Menyehatkan Mata
Pixabay

Terdapat beberapa arti kedutan mata kiri bagian atas menurut Primbon Jawa. Bagian mata kiri atas sendiri yaitu alis, sudut mata kiri, kelopak mata dan sudut mata kiri. Jika Sedulur ingin tahu lebih dalam mengenai arti kedutan pada mata kiri menurut Primbon Jawa, berikut penjelasannya.

  • Arti kedutan alis kiri

Alis kiri menjadi bagian dari arti kedutan mata kiri. Terdapat beberapa mitos dari arti kedutan alis kiri. Menurut pandangan Primbon Jawa, arti kedutan alis kiri mempunyai simbol keberuntungan. Hal ini berrarti kedutan alis kiri bisa jadi pertanda baik. Keberuntungan bisa diperoleh dari mana saja mulai dari hubungan cinta, ekonomi, ataupun karir dan seterusnya. Akan tetapi, arti kedutan mata kiri atas yakni bagian alis kiri juga kembali pada keyakinan masing-masing.

  • Arti kedutan bola mata kiri

 Jika Sedulur mengalami kedutan pada bagian bola mata kiri, maka memiliki arti kedutan menurut Primbon Jawa sebagai pertanda baik. Bola mata kiri juga menjadi bagian dari arti kedutan mata kiri atas. Sedangkan menurut Primbon Jawa, konon katanya arti kedutan bola mata kiri memiliki arti yang baik yakni kalian akan mendapatkan kabar bahagia. Hal ini tentu menjadi rasa syukur yang perlu diungkapkan ketika mendapatkan sesuatu yang membahagiakan serta sumbernya bisa datang dari mana saja.

  • Arti kedutan sudut mata kiri

Sebagian orang mungkin pernah merasakan kedutan pada bagian sudut mata kiri. Seringkali kedutan yang muncul ini secara tiba-tiba atau tidak terduga. Akan tetapi, tahukah bahwa ada arti kedutan sudut mata kiri bagian  atas yang ternyata mengandung mitos populer. Menurut Primbon Jawa, arti kedutan sudut mata kiri   dapat melambangkan sesuatu yang baik. Pertanda baik ini yaitu seseorang akan bertemu dengan orang tersayang yang telah berpisah cukup lama. Orang tersayang tersebut bisa berasal dari keluarga atau saudara jauh kalian.

  • Arti kedutan kelopak kiri

Arti kedutan mata kiri bagian yakni bagian kelopak kiri juga memiliki makna tersendiri. Di mana menurut Primbon Jawa, arti kedutan kelopak kiri dapat menjadi pertanda buruk. Ini berkaitan dengan sesuatu yang menyedihkan hingga membuatmu jadi terluka. Misalnya saja mengalami sebuah perpisahan atau kehilangan sesuatu yang dapat memicu rasa sedih mendalam serta hati terluka.

Itulah beberapa arti kedutan mata kiri pada bagian atas yang memiliki beberapa makna tergantung pada lokasinya. Sebab, arti kedutan mata kiri juga dapat memiliki arti berbeda sesuai dengan tempat kedutan.

BACA JUGA : Purwakanthi: Pengertian, Jenis dan Contohnya di Sastra Jawa

Arti kedutan mata kiri atas menurut kesehatan

kedutan mata kiri atas
iStock

Kedutan mata kiri bagian atas dapat dijelaskan dari pandangan medis. Banyak faktor kesehatan yang dapat mempengaruhi kedutan. Berikut arti kedutan mata kiri  menurut dunia kesehatan.

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Efek samping penggunaan obat tertentu
  • Faktor merokok dan minum alkohol
  • Penggunaan gawai yang berlebihan
  • Kondisi medis seperti kejang hemifasial Dystonia ataupun bell’s palsy, sindrom melge, parkinson

Arti kedutan mata kiri atas

kedutan mata kiri atas
iStock

Jika Sedulur masih bertanya-tanya tentang apa sih arti kedutan mata kiri pada bagia atas, berikut penjelasannya.

Impian terwujud

Arti mimpi kedutan mata kiri bawah yang pertama adalah pertanda baik atau keberuntungan tentang mimpi dan cita-cita. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, arti kedutan mata kiri bawah yakni dapat menandakan bahwa mimpi dan cita-cita kalian akan segera terwujud. Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa terwujudnya mimpi tentu tergantung pada usaha dan doa yang kalian lakukan. Jadi, tetap berpikir positif dan semangat meraih mimpi serta cita-cita.

Mendapat rezeki yang tak terduga

Memperoleh rezeki tak terduga tentu perlu disyukuri. Seperti arti kedutan mata kiri bawah dekat hidung ternyata menjadi pertanda baik tentang datangnya suatu rezeki. Rezeki ini bisa datang dari mana saja serta dalam bentuk yang beragam pula. Rasa syukur tentu perlu kalian panjatkan ketika mendapatkan rezeki.

Rasa Sedih dan Kecewa

Tak hanya jadi pertanda baik, pasalnya ada juga arti kedutan mata kiri bawah yang menjadi pertanda kurang menyenangkan. Salah satunya mengalami sebuah kekecewaan. Rasa kecewa bisa muncul dari mana saja yang terjadi dalam hidupmu. Misalnya saja ditinggalkan, meninggalkan ataupun kegagalan tentang sesuatu.

Kehilangan

Arti kedutan mata kiri juga bisa bermakna tentang kehilangan sesuatu. Sehingga memicu perasaanmu jadi sedih karena kehilangan sesuatu yang berharga ataupun orang tersayang. Jika situasi ini terjadi pastikan bahwa hal tersebut tak membuatmu larut dalam kesedihan dan kekecewaan.

BACA JUGA : Sifat Jaiz Rasul Beserta Artinya yang Perlu Umat Muslim Ketahui

Kedutan mata menurut pandangan Islam

kedutan mata kiri atas
Pixabay

Kedutan kelopak mata kiri atas menurut Islam tidaklah menandakan akan terjadinya sesuatu apapun. Tidak ada ayat Al-qur’an, hadist amupun ijma’ ulama yang membahas tentang makna dari kedutan mata atau anggora tubuh yang lainnya. Kondisi keduran dalam Islam adalah wajar dan biasa.

Cara mengatasi kedutan mata kiri atas

kedutan mata kiri atas
Pexels

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kedutan mata kiri atas medis. 

  • Istirahat dengan cukup 
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein
  • Jika terjadi kedutan, kompres mata dengan air hangat. 

Arti kedutan mata kiri  atas menurut jam juga memiliki arti beragam lho Sedulur. Misalnya jika terjadi kedutan mata di atas jam 12 siang menurut primbon Jawa artinya seseorang tersebut akan memperoleh trezeki. Atau juga dapat diartikan akan mendapatkan kembali barang yang sebelumnya hilang.
Sedulur dapat mempercayai maupun tidak mengenai arti kedutan mata yang sudah disebutkan di atas. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.