Resolusi adalah

Apakah Sedulur termasuk orang yang suka menyusun resolusi menjelang tahun baru? Resolusi seakan mencerminkan harapan untuk kemajuan diri menuju tahun yang baru. Resolusi adalah bagian dari rencana hidup dan biasanya disusun menjelang tahun baru. Tapi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi resolusi tidak bisa tercapai sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Resolusi memiliki banyak manfaat karena bisa membuat seseorang menjadi termotivasi dan bertindak lebih baik dari sebelumnya. Namun, tak jarang juga resolusi juga bisa memberikan dampak lain pada kehidupan seseorang khususnya pada perkembangan psikologis.

Penasaran seperti apa penjelasan lengkap tentang topik satu ini? Simak pengertian resolusi adalah dan contohnya serta cara menyusunnya berikut ini.

BACA JUGA : Pengertian Deep Talk Serta Manfaat Emosional & Psikologisnya

-->

Pengertian

resolusi adalah
pixabay

Resolusi dapat diartikan sebagai ketetapan diri untuk berubah menjadi lebih di waktu yang akan datang. Sehingga resolusi adalah keinginan untuk melanjutkan praktik yang baik, mengubah sifat dan perilaku yang kurang baik demi mencapai tujuan pribadi, atau memperbaiki kehidupan di masa yang akan datang.

Sementara itu, resolusi adalah dalam bahasa indonesia dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti perubahan kehidupan seseorang menuju arah yang lebih baik. Namun, resolusi juga bisa digunakan dalam menata masa dapan seseorang. Dimana hal ini merupakan bagian perencanaan hidup yang akan dicapai sehingga seseorang dituntut untuk berusaha lebih keras agagr mencapai resolusi tersebut.

Dilain sisi, resolusi juga didefinisikan sebagai sebuah tujuan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Resolusi adalah teks yang berisi target serta tujuan seseorang yang akan dicapai dicapai dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Manfaat resolusi

resolusi adalah
pixabay

Resolusi membuat tujuan hidup menjadi lebih jelas, sehingga seseorang mengetahui apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Berikut manfaat resolusi yang bisa Sedulur rasakan.

  1. Bahasa otak

Fungsi otak yang paling penting adalah fungsi ekeskutif, yaitu sekumpulan kemampuan kognitif yang berkembang untuk memungkinkan seseorang menetapkan dan mencapai sebuah tujuan. Fungsi otak inilah yang menjadi pembeda antara manusia dari semua makhluk hidup yang lain. Kebanyakan makhluk lain bereaksi berdasarkan naluri. Sedangkan manusia mengambil tindakan berdasarkan perencanaan dan juga resolusinya.

  1. Menjadi lebih baik

Ketika ahli saraf belajar tentang sirkuit emosional otak, mereka menemukan bahwa salah satu reaksi emosional paling dasar adalah kebehagiaan melalui pengejaran. Terlibat aktif dalam mengejar tujuan dapat mengajtifan kesenangan, terlepas dai hasilnya.

  1. Tujuan yang jelas

Tujuan akan memberi visi dan arah yang jelas. Tujuan dalam membuat resolusi memungkinkan untuk merencanakan jalan ke masa depan yang lebih baik. Tanpa tujuan, akan berisiko membuang-buang waktu, uang, eneergi dengan perasaan yang bingung dan kewalahan.

  1. Membuat kemajuan dalam hidup

Dalam setiap aspek kehidupan manusia, seseorang mencapai kemajuan melalui penetapan tujuan seperti resolusi. Tujuan adalah yang mendorong kemajuan dalam sains, pendidikan bahkan pemerintahan. Kemajuan pada semua bidang ini terjadi saat orang menetapkan, mengejar dan mencapai tujuan.

  1. Membuat tetap terkoneksi dengan orang

Resolusi membuat orang akan tetap saling terhubung. Sasaran bersama adalah blok fondasi tempat membangun komunitas, baik dari keluarga hingga tim olahraga, dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar, dan dari gerakan sosial hingga seluruh negara, keberhasilan sebuah grup bergantung pada seberapa besar anggotanya percaya pada resolusi bersama.

BACA JUGA :Perbedaan Tokoh Cerita: Protagonis, Antagonis & Tritagonis

Tips dan trik membangun resolusi lebih baik

resolusi adalah
pixabay

Berikut tips membangun dan membentuk resolusi yang lebih baik.

  1. Memulai dari hal kecil

Memulai dari hal kecil adalah salah satu kunci sukses dengan memuasatkan perhatian pada suatu tujuan. Setelah itu, lakukan pemeriksaan  realituas dengan capat. Lalu lihatlah tingkat komitmen yang diperlukan untuk dapat mencapainya.

  1. Membuat resolusi secara spesifik

Tidak adanya parameter yang dapat ditentukan, niat terbaikmu bisa hilang dalam pengacakan. Semakin detail kamu terhadap satu resolusi, semakin fokus juga dirimu pada apa yang harus kamu lakukan untuk sukses. Menetapkan tujuan yang kecil dan spesifik juga membuatmu terus bersemangat. Ini membuatmu punya alasan untuk merayakan kemajuan

  1. Menulis resolusi

Orang yang menuliskan tujuan mereka merasakan rasa tanggung jawab yang lebih besar dan memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk mencapainya. Taruh resolusimu di cermin kamar mandi, atau tulis di jurnal. Menulis jurnal juga dapat membantumu merefleksikan kemajuan. Refleksi yang jujur dapat membantumu melihat bagaimana kamu mungkin menyabotase diri sendiri atau untuk mengenali pola perilaku.

  1. Lakukan evaluasi secara berkala

Tips selanjutnya untuk membangun resolusi adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala. Jika tujuan tidak sesuai dengan keinginan, seseorang dapat merubahnya. Menilai kembali tujuan secara berkala sangat diperlukan. Tinjau kembali resolusi untuk memastikan tujuan yang sudah ditetapkan benar-benar tercapai.

  1. Bersyukur atas pencapaian resolusi

Mensyukuri pencapaian resolusi sekecil apapu sangat diperlukan. Jangan terlalu fokus pada hasil permainan akhir, karena dapat dengan mudah membuat seseorang berkecil hati. Oleh sebab itu, selalu mensyukuri hasil resolusi meski kecil sangat penting untuk menghargai kesuksesan yang lebih kecil di sepanjang. Setiap berhasil emncapai resolusi kecil hadiahi dengan buku yang berkualitas, musik atau makanan yang enak.

  1. Membangun percaya diri

Harus selalu membangun percaya diri dan yakin pada diri sendiri adalah salah satu tips membangun resolusi. Yakinlah bahwa kita sa[at mencapai tujuan resolusi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Cara membuat resolusi

resolusi adalah
pixabay

Membuat resolusi dalam satu tahuan dapat disesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Berikut cara membuat resolusi yang perlu sedulur ketahui.

  • Spesifik

Buatlah resolusi yang spesifik dan benar-benar jelas. Misalnya, resolusi contoh dalam kesehatan diet. Maka Sedulur harus membuat hal yang spesifik seperti target turun berat badan atau peningkatan massa otot yang akan dicapai.

  • Terukur

Mencatat setiap kemajuan resolusi dapat membantu melihat perkembangan dan perbedaannya. Resolusi seperti berat badan, jam tidu, olahraga dan yang lainnya dapat diukur dengan satuan, maka akan lebih memudahkan melihat perbedaan dan juga perkembangannya.

  • Dapat dicapai

Buatlah resolusi yang dapat dicapai, dan jangan membuat resolusi di luar jangkauan. Mengambil langkah yang terlalu besar untuk resolusi dengan waktu satu tahun justru dapat membuat orang frustasi. Hal ini tidak berarti melarang orang untuk memiliki tujuan yang besar, akan tetapi lebih ke memastikan bahwa resolusi yang dibuat tersebut realistis untu bisa dicapai.

  • Relevan

Buatlah resolusi yang relevan. Jika Sedulur membuat resolusi karena membenci diri sendiri, adanya rasa penyesalan atau hasrat yang kuat pada suatu hal, biasanya resolusi tersebut tidak dapat bertahan lama. Akan tetapi, jika resolusi yang dibuat dapat membuat hidup menjadi lebih baik, maka resolusi tersebut biasanya dapat dipertahankan.

  • Batas waktu

Selain relevan dan juga realistis, resolusi juga harus memiliki batas waktu. Meski tidak harus berkaitan dengan tahun baru, batas waktu memberi diri sendiri untuk mencapai tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan.

BACA JUGA : Pertempuran Medan Area: Sejarah, Kronologi & Dampaknya

Kesalahan dalam membuat resolusi

pexels.com

Banyak yang gagal mencapai tujuan resolusinya karena kesalahan ketika mmebuat resolusi. Berikut kesalahan yang sering terjadi saat orang menyusun resolusi.

  • Resolusi dibuat berdasarkan pandangan orang lain.
  • Tidak memiliki rencana yang realistis.
  • Reoslusi tidak memiliki tujuan yang jelas.

Langkah mewujudkan resolusi

resolusi adalah
freepik
  • Lakukan secara konsisten setiap hari.
  • Mulai dari hal yang kecil.
  • Beritahu orang lain sebanyak mungkin.
  • Pasang target yang realistis.
  • Carilah teman yang memiliki resolusi sama.
  • Kaitkan dengan kebiasaan yang sudah dilakukan.

Resolusi adalah bagian yang menentukan tujuan hidup seseorang agar menuju arah yang lebih baik. Banyak orang yang tidak dapat mencapai resolusinya karena beberapa faktor. Misalnya, tidak menentukan resolusi dengan jelas atau karena membuat resolusi berdasarkan pendapat orang lain atau media sosial. Padahal resolusi harus datang dari sendiri dan bukan dari pihak lain.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.