jenis jenis sampah

Sampah merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi. Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, pengertian sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Sementara itu, dalam kehidupan sehari-hari dikenal beragam jenis-jenis sampah. Misalnya sampah organik, anorganik, dan sampah B3. Selain itu ada pula klasifikasi sampah berdasarkan sumber dan bentuknya.

Jenis-jenis sampah perlu untuk Sedulur ketahui karena hal ini berkaitan dengan cara pengelolaannya. Seperti yang diketahui, sampah telah menjadi salah satu permasalahan yang tak kunjung terselesaikan. Hal ini dikarenakan jumlah sampah terus meningkat sementara pengelolaan sampah belum berjalan efektif.

Agar dapat mengelola sampah dengan baik, pertama-tama Sedulur perlu memahami jenis-jenis sampah yang ada di sekitar sebagaimana yang akan dipaparkan pada artikel kali ini. Selain itu, Super juga akan membagikan tips cara mengelola sampah untuk mengurangi dampaknya bagi kehidupan. Untuk itu, yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kompos Sendiri dari Sampah di Rumah

-->

Mengenal jenis-jenis sampah

jenis jenis sampah
Liputan 6

Sebelumnya sudah disinggung beberapa jenis sampah, yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah B3 atau sampah bahan berbahaya dan beracun. Ketiga jenis sampah tersebut termasuk dalam kategori jenis-jenis sampah menurut materi penyusun atau sifatnya.

Selain berdasarkan sifatnya, sampah juga dibagi berdasarkan sumber dan bentuk fisiknya. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian mengenai jenis-jenis sampah berdasarkan materi penyusun, sumber, dan bentuk fisik selengkapnya. 

  • Jenis-jenis sampah menurut materi penyusunnya

jenis jenis sampah
Rinso

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jenis-jenis sampah menurut materi penyusunnya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu organik, anorganik, dan sampah B3.

  1. Organik

Pertama adalah sampah organik atau juga kerap disebut sebagai sampah alami. Sesuai dengan namanya, sampah organik terdiri atas bahan-bahan organik yang memiliki sifat tidak tahan lama dan mudah membusuk. Selain itu, sampah organik juga disebut sebagai jenis sampah yang degradable atau dapat terurai.

Contoh sampah organik di antaranya adalah sampah dari sayuran, buah-buahan, daun, dan sebagainya. Umumnya sampah organik banyak dimanfaatkan menjadi pupuk untuk membantu menyuburkan tanaman. Namun Sedulur perlu mengetahui cara mengelola sampah organik dengan baik agar tidak menimbulkan bau kurang sedap ataupun permasalahan lainnya bagi lingkungan.

  1. Anorganik

Jenis sampah yang berikutnya adalah sampah anorganik. Kebalikan dari sampah organik yang dapat terurai, sampah anorganik umumnya tidak dapat atau sulit untuk terurai (undegradable). Oleh karenanya, sampah anorganik biasanya diolah dengan cara daur ulang sehingga dapat lebih lama dimanfaatkan sebelum menjadi sampah dan dibuang.

Adapun contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah yang terbuat dari bahan non hayati, termasuk di dalamnya produk-produk sintesis dan hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Misalnya adalah sampah logam, kaleng, plastik, kaca, keramik, karet, dan detergen.

BACA JUGA: Recycle adalah Upaya Pemrosesan Kembali, Kenali Contohnya

  • Jenis-jenis sampah berdasarkan sumbernya

D-Laundry DROP

Berikutnya adalah jenis-jenis sampah berdasarkan sumbernya. Dalam kategori ini, sampah digolongkan menjadi tujuh, sebagai berikut.

  1. Sampah alam

Jenis sampah yang pertama adalah sampah alam, yaitu sampah yang berasal dari alam dan mengalami proses daur ulang secara alamiah. Sampah alam juga kerap disebut sebagai sampah organik.

Contoh sampah alam adalah daun kering, ranting pohon, dan lain sebagainya.

  1. Sampah manusia

Jenis sampah yang berikutnya adalah sampah manusia, yaitu sampah yang berasal dari sisa-sisa pencernaan manusia. Contoh sampah manusia adalah feses dan urine.

  1. Sampah konsumsi

Selanjutnya adalah sampah konsumsi, yaitu sampah yang berasal dari kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia. Sampah konsumsi di sini dapat meliputi sisa makanan yang tidak habis maupun pembungkus makanan atau minuman seperti plastik dan botol.

  1. Sampah industri

Sampah industri adalah sampah yang berasal dari bahan sisa akibat kegiatan industri. Umumnya sampah industri dihasilkan oleh pabrik-pabrik dari kegiatan produksi dan dikeluarkan dalam jumlah besar. Beberapa contoh sampah industri adalah limbah industri pangan, kimia, serta logam dan elektronika.

  1. Sampah nuklir

Jenis sampah yang kelima adalah sampah nuklir, yakni sampah yang berasal proses pembuatan nuklir, misalnya uranium dan thorium. Adapun sampah nuklir juga termasuk dalam kategori sampah berbahaya sehingga tidak boleh dikelola secara sembarangan karena dapat membahayakan kelangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya.

  1. Sampah rumah tangga

Berikutnya adalah sampah rumah tangga, yaitu sampah yang berasal dari aktivitas rumah tangga. Contohnya adalah sampah kertas, plastik, air cucian, sisa makanan, dan lain sebagainya.

  1. Sampah perkantoran

Terakhir adalah sampah perkantoran. Sesuai dengan namanya, jenis sampah ini berasal dari aktivitas perkantoran. Contoh sampah perkantoran adalah kertas, plastik, dan tekstil.

BACA JUGA: Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab dan Dampaknya

  • Jenis-jenis sampah berdasarkan bentuk fisiknya

Femina

Kategori sampah yang ketika yaitu berdasarkan bentuk fisiknya. Secara umum, sampah menurut bentuk fisiknya terbagi menjadi tiga, yaitu sampah cair, padat, dan debu. Berikut penjelasannya.

  1. Sampah cair

Limbah atau sampah cair adalah sisa hasil buangan proses produksi atau aktivitas domestik yang berupa cairan. Sampah cair umumnya berupa air beserta bahan-bahan buangan lain yang tercampur maupun terlarut dalam air. Adapun contoh sampah cair adalah air sabun atau bekas cucian, air cucian daging, serta air buangan dari pendingin ruangan (AC).

  1. Sampah padat

Berikutnya adalah sampah padat, yaitu sampah yang berbentuk padat. Sampah padat sendiri dapat berupa sampah organik maupun sampah anorganik. Contoh sampah padat, di antaranya adalah kertas, plastik, dan serbuk kayu.

  1. Sampah debu

Umumnya, sampah berdasarkan bentuk fisiknya hanya dibagi menjadi dua, yaitu sampah cair dan sampah padat. Namun ada pula yang memasukkan jenis sampah lainnya, yaitu sampah debu. Sampah debu sendiri merujuk pada jenis sampah organik yang berubah menjadi debu akibat terdampak bencana gunung meletus.

BACA JUGA: Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, & Dampaknya

Cara mengelola sampah

Tirto

Setelah memahami macam-macam sampah, kini Sedulur dapat menyimak informasi tentang tips atau cara mengelola sampah yang baik dan benar. Dilansir laman Kemdikbud, terdapat tiga langkah yang dapat dilakukan untuk mengelola sampah di rumah. 

Pertama, yaitu memilah sampah berdasarkan jenisnya. Cara satu ini dapat Sedulur terapkan dengan membiasakan untuk memilah sampah menjadi tiga kategori, yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3. Sampah organik yang memiliki sifat mudah terurai dapat diolah menjadi kompos. Kemudian sampah anorganik yang umumnya berupa botol plastik, kertas, dan kaleng dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Sementara, sampah B3 juga perlu dipisahkan agar tidak membahayakan kesehatan maupun lingkungan.

Cara kedua untuk mengelola sampah adalah bergabung menjadi anggota bank sampah. Umumnya, bank sampah tersedia di daerah-daerah pemukiman sehingga mudah untuk dijangkau. Bank sampah sendiri merupakan fasilitas yang melayani pengelolaan sampah.

Selain memilah sampah dan menyalurkannya ke bank sampah, Sedulur juga bisa menerapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah. Apa itu 3R?

3R merupakan singkatan dari reduce, reuse, dan recycle. Prinsip ini mendorong masyarakat untuk mengurangi sampah, menggunakan ulang sampah, dan mendaur ulang sampah. Pembahasan lebih detail tentang 3R akan diuraikan pada poin selanjutnya.

Sekilas tentang 3R dalam pengelolaan sampah

Kumparan

Telah disinggung sebelumnya bahwa 3R merupakan singkatan dari reduce atau mengurangi sampah, reuse atau menggunakan ulang, dan recycle atau mendaur ulang. Metode ini kerap dikampanyekan dalam urusan pengelolaan sampah khususnya sampah yang sulit untuk terurai, seperti botol plastik.

Pertama adalah reduce atau mengurangi sampah. Langkah ini dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan produk yang berpotensi menjadi sampah. Misalnya adalah botol plastik dan kantong plastik belanja sekali pakai. Kampanye mengurangi plastik sendiri biasanya dilakukan dengan mendorong masyarakat untuk menggunakan wadah makan atau minum yang dapat dipakai berulang maupun menggunakan kantong belanja yang terbuat dari kain.

Kedua, yaitu reuse atau menggunakan kembali. Cara ini dimaksudkan untuk memperpanjang masa penggunaan produk sebelum menjadi sampah. Misalnya dengan mengisi ulang botol sabun mandi dan memanfaatkan botol plastik bekas menjadi pot untuk tanaman.

Terakhir adalah recycle atau daur ulang. Berbeda dengan reuse, proses recycle umumnya akan menghasilkan produk baru yang sangat berbeda dari produk asal. Selain itu, proses recycle juga memerlukan peralatan khusus dan juga waktu yang cukup panjang untuk melakukannya.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis sampah serta cara mengelolanya. Selain itu juga telah dipaparkan secara singkat tentang metode atau prinsip 3R untuk mengatasi masalah sampah. Nah, semoga informasi ini dapat memberikan wawasan kepada Sedulur sehingga dapat semakin bijak dalam mengelola sampah, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.