inspirasi warna cat rumah

Hal dasar yang harus dilakukan saat akan menempati sebuah hunian adalah memastikan apakah sudah dicat atau belum. Setelah tembok atau dinding sudah diberi warna, barulah kemudian diisi dengan berbagai perabotan dan dekorasinya. Lalu, apa saja inspirasi warna cat rumah supaya makin cantik dan elegan?

Banyaknya pilihan warna seringkali membuat seseorang menjadi tambah bingung. Untuk itu, dalam pemilihan warna perlu dipikirkan konsep dan pemikiran yang matang supaya tidak menyesal di kemudian hari. Nah, berikut ini akan dijelaskan berbagai inspirasi warna cat rumah yang cantik serta modern yang bisa Sedulur pertimbangkan. Yuk, simak beberapa contohnya di bawah ini.

BACA JUGA: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Low Budget tapi Keren!

1. Warna cat rumah mocca grey

Cataga

Inspirasi warna cat depan rumah yang elegan pertama adalah mocha grey yang bisa memancarkan aura ketenangan dan kenyamanan pada hunian. Supaya terlihat lebih mewah lagi, kombinasikan dengan berbagai aksesori yang berkilau. Selain menjadikannya lebih mewah, hunian juga semakin terlihat elegan.

Selain itu, Sedulur juga bisa menurunkan sedikit kadar menonjolnya dengan cara menggunakan material yang berelemen moden dan bergaris tegas. Beberapa warna yang mendekatinya adalah white lion, norsewood, dan beige imp. Warna ini sangat pas untuk memberikan kesan teduh dan sejuk pada kamar mandi dan kamar tidur. 

2. Warna cat rumah blush

inspirasi warna cat rumah
Kumparan

Siapa bilang Sedulur tidak bisa menggunakan cat berwarna merah untuk hunian? Gunakan warna merah blush atau merah muda yang netral dan ringan sebagai inspirasi warna cat rumah yang elegan sekaligus minimalis berikutnya.

Ketika menggunakan warna ini, kesan yang akan didapatkan adalah nyaman dan lembut. Ruangan akan menjadi lebih hangat tanpa memberikan kesan terlalu berlebihan. Padukan dengan furnitur berwarna hitam dan abu pada sofa atau kursi supaya hunian menjadi semakin cantik.

3. Kombinasi warna dark tosca

inspirasi warna cat rumah
Content

Warna tosca tua tidak terlalu mudah untuk dikombinasikan. Akan tetapi, butuh keberanian untuk mencoba memadukannya. Maka dari itu, jangan pernah berhenti untuk memadupadankan warna ini dengan yang lainnya seperti putih. Contoh pengaplikasiannya adalah untuk kamar tidur supaya bisa mewujudkan kamar minimalis dan elok.

Selain itu, Sedulur juga bisa memadukan kombinasi antara warna dark tosca dengan keramik yang memiliki berbagai motif untuk diaplikasikan di daerah dapur. Untuk pemilihannya bisa memadukan antara warna dark tosca dengan keramik bermotif netral seperti hitam dan putih pada bagian dinding kitchen set.

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

4. Warna cat rumah broken white

inspirasi warna cat rumah
Indozone

Warna cat rumah minimalis berikutnya yang bisa dipilih adalah broken white. Ada berbagai varian dari warna putih yang beredar di pasaran dan tentunya membuat Sedulur menjadi terkesima. Apabila merasa kesulitan dalam pemilihannya, padukan saja putih dengan warna netral yang lainnya,. Sehingga, bisa mudah untuk memilih kombinasinya.

Beberapa pilihan yang bisa Sedulur padukan adalah grey, ivory, beige, dan lain sebagainya. Sangat sederhana, kan? Contoh pengaplikasiannya adalah dengan menggunakan perpaduan antara abu-abu dan putih, serta pagar yang berwarna hitam.

5. Cheer blue

inspirasi warna cat rumah
Pinterest

Apakah Sedulur merupakan sosok yang ceria dan bersemangat namun tetap mengedepankan konsep minimalisme? Maka, inspirasi warna cat rumah yang cocok dan bisa dicoba adalah cheer blue. Warna ini bakal menjadi tone yang sangat cocok untuk kepribadian ceria dan penuh semangat.

Kesan dari hunian yang ditampilkan adalah sangat menyenangkan dan hidup, namun tetap tampak minimalis, sederhana, serta tidak berusaha untuk cerewet. Supaya hunian tetap terlihat modern, maka bisa menambahkan perpaduan interior hunian dengan warna yang kontras dan senada.

6. Shades of pink

inspirasi warna cat rumah
Rumah.com

Banyak masyarakat yang berpendapat warna ini merupakan simbol dari kelembutan, kebaikan, kasih sayang, dan pengasuhan. Tak hanya itu, shades of pink juga menjadi sesuatu yang menenangkan. Pada tahun 2022, inspirasi warna rumah shades of pink masih menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak digunakan.

Agar tidak terkesan monoton, padukan dengan warna-warna yang lembut seperti biru muda, putih, atau abu-abu. Pilih juga warna furniture yang senada supaya terlihat sepadan. Pastinya, hunian akan semakin nyaman untuk ditempati.

BACA JUGA: Scandinavian Desain Rumah Minimalis yang Sedang Populer

7. Kuning kalem

inspirasi warna cat rumah
Ruang Arsitek

Terdapat satu warna yang bisa menjauhkan hunian yang ditinggali Sedulur jauh dari kesan membosankan, yaitu kuning kalem. Tak hanya bisa menonjolkan keceriaan, kuning kalem juga bisa membuat penghuni meningkatkan pikiran positif sekaligus bertambah optimis.

Sedulur bahkan bisa memadukan kuning kalem sebagai inspirasi cat rumah minimalis supaya suasana yang ada di ruang keluarga atau kamar tidur terasa hangat dan nyaman. Sedulur juga bisa memadukan kuning kalem sebagai cat pada hunian yang minimalis.

8. Abu-abu

inspirasi warna cat rumah
Bildeco

Pada saat ini, inspirasi cat rumah yang terkesan minimalis seringkali dikombinasikan dengan berbagai gaya yang berbeda. Misalnya adalah Jepang, klasik, natural, sampai Skandinavia. Tentu saja, hal ini juga mempengaruhi pemilihan cat hunian yang minimalis dan akan dipakai sebagai interior. 

Salah satu pilihan yang menarik bagi Sedulur yang ingin menerapkan gaya klasik sekaligus minimalis di dalam hunian adalah warna abu-abu. Dengan memilih warna abu lilac, suasana hunian pun akan terasa lebih berbeda dan memberikan kesan yang lebih klasik. 

Padukan dan aplikasikan abu-abu pada pada ruang keluarga ataupun ruang tamu. Tambahkan juga berbagai macam dekorasi interior agar bisa mendukung suasana serta warna dari ruangan seperti karpet motif putih dan sofa abu-abu.

9. Coffee brown

inspirasi warna cat rumah
Cekpremi

Coffee brown cocok menjadi inspirasi warna cat rumah bagian luar. Ini dikarenakan warna coklat tidak ada matinya untuk diusung dan menjadi populer dari tahun ke tahun. Bahkan, sampai saat ini coklat sudah memiliki banyak perbedaan yang signifikan, salah satunya adalah coffee brown.

Coklat muda seperti kopi ini bisa memberikan kesan hunian yang modern serta minimalis. Penghuni akan menjadi semakin nyaman dan merasa hangat ketika berada didalamnya. Apalagi, jika Sedulur memadukannya dengan warna interior abu muda, coklat tua, serta berbagai macam aksen kayu supaya tampilan ruangannya menjadi lebih menyenangkan.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

10. Fuchsia

inspirasi warna cat rumah
InteriorDesign

Pink Fuchsia diprediksi menjadi warna dalam tren fashion 2022. Untuk Sedulur yang menginginkan tampilan hunian yang lebih menyenangkan dan girly, cat ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Ini merupakan perpaduan antara merah dan ungu yang cerah. Secara psikologi, memilih perpaduan yang cerah bisa mempengaruhi suasana hati di sekitarnya. 

Inspirasi cat rumah yang satu ini bisa Sedulur padukan dengan interior hunian yang senada sampai yang netral supaya tampilannya semakin estetik dan indah. Selain identik dengan semangat, fuchsia juga diartikan sebagai semangat baru. 

11. Light grey

inspirasi warna cat rumah
Detik

Inspirasi cat rumah yang bagus dan minimalis selanjutnya adalah light grey. Abu-abu tidak selalu membuat bosan dan monoton. Sedulur bisa memilih tampilan akhir yang glossy supaya memberikan kesan kilat. Hal lainnya adalah supaya bisa beririsan dengan cahaya atau pijar lampu yang jatuh ke tembok. Abu-abu tidak akan membuat hunian menjadi kusam apabila Sedulur bisa memadukannya dengan kombinasi lain seperti hijau, biru, kuning, dan putih.

12. Classic blue

inspirasi warna cat rumah
InteriorDesign

Apabila Sedulur ingin memiliki hunian yang klasik dan tetap membuat nyaman dan menyenangkan, maka warna biru klasik adalah pilihan yang tepat. Biru klasik bisa memberikan rasa yang nyaman dan tentram ketika berada di dalamnya. Selain itu, biru klasik juga bisa memberikan energi yang positif, seperti rasa semangat dan optimis pada setiap anggota keluarga yang berada di dalam tempat tinggal.

13. Salem

Dekoruma

Kali ini, Sedulur bisa memilih salem sebagai inspirasi cat rumah yang minimalis sekaligus elegan. Jika hunian diberikan sentuhan salem, maka nuansa yang akan tercipta adalah segar dan menyenangkan. Faktanya, salem merupakan salah satu corak yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat luat. 

Selain bisa diaplikasikan pada bagian depan hunian, salem juga cocok untuk dipakai sebagai warna dinding bagian dalam. Padukan dengan interior dan furnitur yang memiliki warna netral, seperti abu-abu. Corak gelap seperti biru tua juga tak kalah cocok untuk dikombinasikan dengan salem. 

Hunian juga akan semakin bercahaya jika memilih salem sebagai desain utamanya. Salem merupakan campuran dari oranye dan pink pucat. Salem akan memberikan kesan yang hangat dan luas, sehingga cocok untuk hunian yang berukuran kecil sekalipun. Selain itu, salem juga ideal untuk kamar tidur.

BACA JUGA:  10 Desain Handle Pintu Terbaik dengan Harganya Terbaru 2022

14. Hijau mint

Archyfy

Hijau mint bisa menjadi pilihan warna cat rumah bagian dalam yang bisa menyejukkan mata. Selain itu, hijau mint juga memberikan kesan segar dan menyenangkan, ceria, dan lembut. Apalagi, jika Sedulur hobi mengoleksi tanaman hias di depan hunian. Pastinya, suasana akan menjadi lebih asri lagi.

Tak hanya itu, hijau mint juga cocok diaplikasikan untuk dinding dapur. Ini bisa memberikan kesan yang bersih dan lebar pada dapur. Sedulur bisa memadukan dan mengkombinasikannya dengan furnitur berbahan kayu agar tercipta nuansa vintage. Kombinasikan hijau mint dengan kontras hijau yang lembut agar bisa memberikan keseimbangan pada interior. 

Jika Sedulur merasa bosan dan butuh sesuatu yang menyegarkan dan tidak terlalu terang, maka hijau mint bisa menjadi pilihan yang menarik. Padukan hijau mint dengan abu, kuning, atau putih agar bisa menciptakan suasana yang berbeda di dalam ruangan.

15. Hijau tosca

Tokopedia

Salah satu warna cat rumah yang sejuk tampak depan adalah hijau tosca. Beberapa dari Sedulur mungkin masih ada yang kebingungan, apa bedanya hijau biasa dengan hijau tosca. Tosca merupakan perpaduan antara biru dan sedikit kehijau-hijauan. Ini mirip seperti warna samudera atau lautan.

Kesan rileks akan tergambarkan jika hunian diberikan sentuhan hijau tosca. Selain itu, suasana hati pun juga ikut meningkat. Itulah mengapa hijau tosca cocok dipakai di bagian depan hunian. Padukan hijau tosca dengan warna-warna yang kalem seperti pastel dan putih agar semakin cantik.

16. Perpaduan warna cat monokromatik

Dekoruma

Kebanyakan gaya arsitektur yang minimalis memiliki perpaduan warna cat yang monokromatik. Skema palet monokromatik akan tetap menjadi tren hunian yang minimalis. Ini berarti Sedulur akan melihat lebih banyak hunian yang menggunakan warna cat yang serupa.

Akan tetapi, kurangnya kontras dan aksen pada sebagian corak dalam suatu hunian akhirnya mendorong berbagai desainer untuk memilih perpaduan yang lebih berani dan eksperimental. Skema monokromatik ini bisa mengambil alih dominasi visual desain supaya lebih mudah dipahami dan lebih menarik jika terkait dengan elemen desain minimalis.

Ini berarti skema warna monokromatik bisa memadukan antara akses cerah dengan yang lebih lembut. Kekacauan bisa terjadi jika Sedulur memasukkan berbagai pilihan corak yang berani. Sehingga, skema monokromatik bisa menjadi solusi atas masalah ini.

Spektrum dengan berbagai pilihan kombinasi bisa dihasilkan dari skema monokromatis. Jadi, Sedulur bisa menggunakan satu pilihan namun dengan berbagai tingkat shades atau kecerahan yang berbeda. Sehingga, bisa tetap menonjolkan sisi minimalis dan elegannya.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

17. Biru charcoal

Rumah.com

Selain fuchsia, biru charcoal atau biru arang diprediksi akan populer pada tahun 2022. Biru charcoal bisa memberikan kesan yang menenangkan dan nyaman pada hunian, karena ia bisa mengingatkan penghuni dengan laut.

Biru charcoal bisa dengan mudah diaplikasikan pada kamar tidur dan ruang tamu supaya bisa terkesan modern dan klasik. Sedulur bisa menyempurnakan biru charcoal dengan menambahkan aksen alam di dalam ruangan, salah satunya adalah tanaman. 

Tujuan dari pemberian tanaman ini adalah untuk menetralkan kesan kaku pada biru charcoal. Dengan memadukannya menggunakan tanaman, maka ruangan akan terlihat lebih dinamis tanpa mengurangi ciri khas klasik dan modern.

18. Lilac

Kompas

Warna lilac sempat populer dan mempunyai daya tarik tersendiri pada tahun 2021. Warna ini juga akan diprediksi akan semakin populer di tahun 2022. Lilac yang diaplikasikan pada dinding sebuah hunian bisa menghadirkan ketenangan sekaligus kemewahan bagi penghuninya.

Perpaduan antara lilac dengan corak lainnya yang terang seperti putih, abu-abu, dan pink bisa melambangkan kesan kegembiraan, semangat, dan keteguhan yang membara. Itulah sebabnya, Sedulur bisa menggunakan lilac pada kamar tidur dan ruang keluarga agar menambah kesan nyaman ketika sedang beraktivitas.

19. Krem

Mitrarenov

Krem merupakan warna cat rumah yang bagus dan cerah dan akan terus populer dari masa ke masa. Krem bisa dengan mudah dipadukan dengan berbagai warna pastel agar bisa memberikan sensasi menenangkan sekaligus nyaman. Tak hanya itu, krem juga cocok digunakan untuk meningkatkan produktivitas serta mendorong kreativitas bagi penghuninya.

Maka dari itu, krem bisa dipadukan dan diaplikasikan di ruang belajar untuk anak dan ruang tamu supaya bisa memacu anak untuk lebih semangat dan kreatif lagi dalam belajar. Dinding yang bercorak krem juga bisa menciptakan sebuah ilusi ruangan yang lebih luas. Sedulur bisa memadukan krem dengan dekorasi dan furniture netral atau pastel, hitam, dan abu-abu.

BACA JUGA: 20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

20. Kuning cerah

Kompas

Jika Sedulur baru mulai belajar untuk memilih warna cat rumah untuk hunian Sedulur, maka cat warna kuning cerah bisa tampak sedikit sulit untuk dipadukan. Hal ini mungkin karena kuning cerah memiliki sifat yang menonjol. Akan tetapi, jangan risau terlebih dahulu. Kuning cerah masih bisa dan cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai corak netral seperti abu-abu dan putih.

Kuning cerah pada hunian juga memiliki kesan optimis dan semangat. Sehingga, cocok untuk dijadikan pilihan pada kamar tidur dan ruang keluarga. Suasana yang menonjol pada ruangan tersebut akan menjadi lebih berwarna dan ceria.

21. Coklat hazelnut

InteriorDesign

Coklat hazelnut merupakan inspirasi warna cat rumah kayu yang tidak mudah untuk dikombinasikan. Ia memiliki sifat yang mencolok dan gelap dan bisa merusak keseimbangan ruangan pada hunian Sedulur. Akan tetapi, jika dipadukan dengan warna yang lebih lembut dan netral, maka ruangan akan menjadi tampak seimbang.

Sifat dari coklat sendiri adalah ketenangan dan merupakan hal yang unik mengingat warnanya yang agak mencolok. Umumnya, masyarakat menggunakan warna ini pada ruang tamu. Ruangan akan menjadi tampak indah dan klasik jika menggunakan coklat hazelnut. Sedulur memiliki kebebasan untuk menemukan penggunaannya pada ruangan yang lainnya. 

22. Merah maroon

Kompas

Variasi warna cat rumah minimalis selanjutnya adalah merah maroon yang melambangkan kesan berani. Selain itu, merah juga melambangkan kesan yang tegas. Sehingga, suasana akan menjadi lebih hidup sekaligus hangat. Merah maroon sangat cocok jika diaplikasikan pada ruang tamu dan dapur.

Aura yang terpancar pada merah maroon adalah penuh energi. Jadi, jika memakainya, sebaiknya meletakkan beberapa furnitur berwarna putih seperti meja kerja di dekat warna ini supaya terlihat kontras. Sedulur juga bisa memilih untuk menerapkan warna yang sama pada hunian, seperti sofa merah untuk ruang tamu.

Jika menggunakan kombinasinya, maka nuansa yang akan muncul adalah lebih modern. Merah maroon juga bisa menjadi elemen yang halus jika dipadukan dengan yang lainnya pada dekorasi. Misalnya adalah dengan menambahkan karpet pada lantai. Terdapat satu aturan yang harus diperhatikan ketika memakai merah sebagai dinding hunian, yaitu hindari menggunakannya sebagai yang dominan karena bisa membuat stress dan hunian menjadi lebih panas.

Nah, itu dia berbagai inspirasi warna cat rumah minimalis yang bisa diaplikasikan dan dipilih Sedulur agar hunian semakin cantik. Sedulur juga bisa mengkombinasikan antara warna satu dengan yang lainnya supaya tidak terkesan monoton. Namun, jangan lupa unsur keharmonisannya, ya!

Sesuaikan dengan karakter dan kepribadian yang dimiliki Sedulur supaya tidak salah pilih. Jika memilihnya dengan tepat, maka suasana akan menjadi lebih nyaman dan penghuninya pun akan betah untuk berlama-lama. Nah, kira-kira warna apa nih yang menjadi pilihan?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.