Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah

Bagi kebanyakan orang kamar tidur menjadi tempat atau lokasi favorit di rumah. Sebab, di ruangan ini kamu bisa melakukan berbagai hal dengan bebas dan menciptakan duniamu sendiri. Sehingga membuat dekorasi kamar senyaman mungkin menjadi kewajiban yang harus terpenuhi. Tapi dekorasi kamar tidur gak boleh sembarangan. Sebab, kamu harus tahu bagaimana posisi yang pas. Terlebih lagi jika kamar kamu tidak cukup besar, pasti harus pintar-pintar dalam menata dekorasinya.

Nah, buat kamu yang lagi butuh ide atau inspirasi untuk dekorasi kamar aesthetic, berikut ini ada beberapa referensi yang bisa kamu sontek. Penasaran? Scroll sampai bawah!

BACA JUGA: 12 Macam Macam Bunga Hias Cantik, Cocok Untuk Dekorasi Halaman Rumah

1. Memanfaatkan loteng rumah

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
hopscotchdetroit.com

Kalau kamu butuh tempat yang enak buat menyendiri, mungkin loteng di rumah bisa kamu manfaatkan untuk dekorasi kamar simple. Meskipun biasanya loteng rumah tidak terlalu besar, namun jika mungkinkan, kamu bisa membuatnya menjadi kamar tidur ternyaman bagi kamu.

-->

2. Konsep kamar minimalis

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
mmthadin.com

Bagi kamu yang gak suka neko-neko, dekorasi tempat tidurmu seminimalis mungkin. Furniture di dalam juga gak butuh yang terlalu banyak. Cukup dengan kasur dan meja kecil untuk kamu kerja atau belajar, maupun menaruh barang-barang kamu. Tentunya dekorasi kamar minimalis ini bisa membuat kamar kamu terasa lega dan luas karena tak terlalu banyak barang.

 3. Inspirasi dekorasi di ruang sempit

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
obeki.com

Kalau kamu gak punya cukup ruang untuk dekorasi, tak perlu khawatir karena kamu masih bisa dekorasi kamar sendiri meski ruangannya sempit. Kuncinya adalah, kamu harus bisa meminimalisir barang yang ada di dalam kamar dan pintar-pintar memanfaatkan ruang.

Misalnya, kamar kamu hanya diisi kasur kecil atau single bed. Lalu meja belajar atau kerja bisa pilih yang tidak lebar dan taruh menghadap ke tembok. Kemudian atasnya bisa kamu pasang rak untuk menaruh buku maupun barang-barang kamu. Jadi kalau gak terlalu banyak barang, kamar sempit pun pasti akan terasa nyaman dan lega.

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

4. Dekorasi kamar tidur sempit remaja sederhana

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
pinterest.com

Konsep kamar yang satu ini prinsipnya juga mirip dengan sebelumnya, yakni tidak butuh terlalu banyak barang di dalam. Tapi untuk pilihan warna bisa disesuaikan dengan selera remaja. Misalnya warna-warna pastel, cerah, maupun nuansa earth tone.

Di dalam kamar pun isinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, tapi pilih furniture yang tidak terlalu besar ya biar tidak memakan banyak tempat. Misalnya kasur single bed, lemari kecil dan meja bejalar kecil.

5. Dekorasi kamar remaja sederhana

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
ndekorrumah.com

Masih untuk dekorasi kamar remaja sederhana, kamu bisa dekorasi kamar dengan furniture simpel dan tidak terlalu banyak barang di dalamnya. Misalnya hanya berisi kasur dan lemari saja. Untuk belajar bisa memanfaatkan meja lipat yang setelah dipakai mudah menyimpannya. Tentu semua ini bisa disesuaikan dan kamu harus pintar-pintar menata serta memilih barang yang dipakai.

6. Dekorasi kamar dengan nuansa abu-abu

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
rumah123.com

Bagi kamu yang suka dengan warna kalem seperti abu-abu, mungkin kamar tidur berikut ini cocok untuk kamu terapkan. Dari laci hingga sprei kasur, dipilih warna yang senada. Sehingga melihatnya pun terasa menyenangkan di mata. Boleh banget nih untuk kamu jadikan inspirasi.

BACA JUGA: 9 Ide Dekorasi Natal di Rumah. Sederhana & Super Kreatif!

7. Dekorasi dinding kamar minimalis

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
finnteriordesigner.com

Biar kamar terasa lebih lega dan luas, dekorasi dinding juga perlu kamu perhatikan. Kamu tak perlu dekorasi yang terlalu ramai dengan menaruh terlalu banyak lukisan atau hiasan di dinding. Mungkin satu lukisan saja sudah cukup, sehingga kamar terlihat lebih cerah. Apalagi warna cat temboknya juga terang seperti putih, supaya terlihat bersih.

8. Rak menyatu dengan dinding

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
apikhome.com

Kalau kamu ingin memasukkan rak di kamar, kamu perlu menyiasatinya dengan baik. Misalnya, pilih rak yang desainnya menyatu dengan tembok atau dinding. Sebab, dengan begini rak kamu tidak terlalu memakan banyak tempat dan kamar tidur kamu terasa lega dan luas.

9. Pakai standing clothes rack untuk gantikan fungsi lemari

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
imarket.by

Jika kamu tak ingin terlalu banyak barang dan butuh inspirasi dekorasi kamar sempit, mungkin cara ini bisa dicoba, yaitu mengganti lemari dengan standing clothes rack. Sebab, terkadang lemari cukup memakan tempat di ruang kamar. Apalagi jika kamar tidur kamu tidak terlalu luas, sehingga mengganti lemari dengan standing clothes rack bisa menjadi solusinya.

10. Ruang pakaian terpisah

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
casaindonesia.com

Kalau kamar tidur kamu cukup luas, mungkin kamu bisa membuat ruang lebih lega lagi dengan memisah ruang pakaian. Buatlah ruang pakaikan terpisah dengan kamar tidur kamu. Namun dekorasi kamar tidur ini hanya bisa diterapkan bagi kamu yang punya ruangan cukup luas. Sehingga bisa membuat ruang pakaian sendiri.

BACA JUGA: 12 Ide Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan & Cerah

11. Pakai meja lipat yang menempel di tembok

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
livabl.com

Untuk menghemat ruang, kamu bisa dekorasi kamar kamu menggunakan meja lipat yang menempel di dinding. Sehingga setelah meja tak terpakai, bisa kamu lipat agar menyisakan banyak ruang. Meja ini cocok untuk dekorasi kamar sempit maupun minimalis. Tentunya dengan memakai trik ini, kamar tidur kamu jadi terasa lebih luas dan memiliki lebih banyak ruang gerak.

12. Mengaplikasikan warna cerah

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
ladymarielle.com

Biar kamar terkesan bersih dan luas, pilihlah warna-warna cerah untuk kamar tidur kamu. Namun, untuk furniture dan barang lain juga harus memiliki warna yang senada biar enak untuk dilihat. Warna-warna yang bisa kamu pilih seperti putih, biru muda, abu-abu dan sejenisnya. Kamu tinggal memilih sesuai dengan selera kamu.

13. Menentukan gaya wallpaper atau karpet

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
nordstroymarket.ru

Untuk membangun suasana lebih menarik dan nyaman, beberapa orang sering memilih wallpaper dinding atau karpet dengan desain-desain yang mencolok atau sesuai dengan selera. Sebab, cara ini dipercaya bisa membangun mood yang baik ketika di dalam kamar.

Jika dekorasi bisa terasa menyenangkan, tentu kamu juga akan merasa nyaman dan betah terus-terusan di kamar. Untuk masalah desain wallpaper atau karpet tentunya bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Misalnya gambar mural, bunga, pepohonan, kartun, langit, bintang-bintang, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Desain Plafon Minimalis Terbaik & Terbaru 2022

14. Memasukkan tanaman di dalam kamar

Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
tokorainbow.com

Tak sedikit orang yang suka mendekorasi tempat tidur mereka dengan memasukkan tanaman di dalamnya. Sebab, ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh di dalam ruangan. Misalnya, tanaman lidah mertua (sansevieria atau snake plant), lidah buaya, peace lily, rose mary, lavender, daun ivy, dan masih banyak. Konon, dengan memasukkan tanaman ke dalam dekorasi kamar tidur, bisa berpengaruh pada kesehatan juga, lho.

15. Ranjang dengan lampu hias

15Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
rumah123.com

Beberapa orang suka menambah hiasan lampu di bagian ranjang sebagai pengganti lampu tidur. Tentunya lampu ini bisa menambah suasana hangat dekorasi kamar kamu. Tapi baiknya pilih warna lampu yang tidak terlalu terang dan kalem ya. Jadi saat kamu tidur tidak terlalu silau atau mengganggu mata kamu.

16. Dekorasi kamar tidur dengan lantai kayu

15Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah
atap.co

Tren lantai kayu di kamar tidur sudah menjadi favorit oleh banyak orang. Sebab, bisa membuat dekorasi kamar estetik dan enak untuk dilihat. Bahkan, ada juga karpet atau wallpaper khusus untuk lantai yang bermotif kayu. Jika kamu ingin menghemat dan gak mau ribet mengganti lantai kamar dengan kayu, kamu tinggali beli saja wallpaper lantai bermotif kayu dan memasangnya juga cukup mudah.

Bagaimana inspirasi dekorasi kamar tadi? Semuanya cukup mudah untuk kamu terapkan, bukan? Kamu tinggal sesuaikan saja dengan luas kamar kamu dan kebutuhannya apa saja. Jika dekorasi kamar tidur kamu bisa dibuat sesuai dengan selera penghuninya, tentu kamu akan betah berlama-lama di kamar. Mungkin juga menjadi tempat paling terfavorit di rumah kamu. Yuk, mulai dekorasi kamar tidur kamu dari sekarang. Semoga bermanfaat ya!