Ikan adalah salah satu protein hewani yang memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat adalah ikan dori. Kandungan dari ikan ini banyak dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah zat besi, magnesium, yodium, omega 3, protein, dan juga vitamin. 

Selain itu, ikan ini memiliki tekstur yang lembut dan enak jika dimakan. Banyak orang yang tidak tahu bahwa nama lain dari ikan dori adalah fish and chips. Berikut adalah beberapa fakta singkatnya yang bisa Sedulur ketahui. Simak terus, ya!

BACA JUGA: 20+ Resep Ikan Tongkol Enak, Praktis, Dijamin Nagih!

Manfaat ikan dori

ikan dori
idntimes

Apakah Sedulur tahu, ikan dori itu ikan apa? Yups, ikan ini merupakan ikan laut yang bentuk badannya pipih dan memiliki warna hijau keabu-abuan. Banyak sekali olahan yang memiliki bahan dasar ikan ini. Rasa dasar dari dori ini adalah manis dengan daging yang warnanya putih. Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam ikan laut ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendukung pertumbuhan otak anak

Ikan adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan protein seseorang, terutama yang masih anak-anak, karena bisa untuk mendukung pertumbuhan otak. Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki sumber lemak yang bagus untuk dikonsumsi. Selain itu, adanya elemen lain yaitu DHA membantu anak untuk memiliki penglihatan serta pembentukan otak yang lebih baik. Omega 3 serta zat besi yang terkandung juga membuat sel-sel otak dapat diperbaiki. Ada berbagai macam cara untuk mengolah dan mengonsumsi ikan laut ini sehingga anak suka dan mau untuk memakannya. Diantaranya adalah ikan dori fillet, kukus, dan berbagai olahan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari ikan laut ini adalah untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan pada jantung. Hal ini dikarenakan mengandung protein alami seperti kalium dan berbagai mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Sedulur. Selain itu, ikan dori juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang cocok untuk memelihara fungsi kerja jantung. Untuk mengolahnya, ada berbagai macam resep ikan dori yang bisa Sedulur coba mulai dari dijadikan gulai sampai fish and chips yang enak dan mengenyangkan.

BACA JUGA: 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

Ikan dori adalah ikan patin?

detik

Setelah mengetahui ikan dori dimasak apa beserta manfaatnya, tahukah Sedulur, bahwa ikan yang populer dengan menu fish and chips ini sebenarnya adalah ikan patin? Ternyata, selama ini ikan patin dan dori merupakan ikan yang sama, lho. Ikan yang dijual bebas di pasaran ini adalah salah satu jenis ikan patin. Padahal, selama ini masyarakat mengira bahwa ikan ini berasal dari jenis ikan john dory yang hidupnya di laut. 

Hal ini ramai diperbincangkan di sosial media beberapa waktu lalu dan berawal dari cuitan dari salah satu akun twitter @hcahyono yang mengungkapkan bahwa fillet ikan ini sebenarnya adalah ikan patin. Ia mengungkapkan hal tersebut sambil mengunggah gambar yang menunjukkan daging dori. Setelah itu, hal ini langsung membuat gempar dan ramai untuk diperbincangkan. Faktanya, ia bukan merupakan jenis ikan, tapi merupakan sebuah merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Siapa sangka, kebanyakan orang justru mengira bahwa itu adalah jenis ikan.

Salah satu produk olahan dari daging ikan ini adalah fillet. Ikan dori fillet enaknya di masak apa? Ada berbagai macam olahan yang bisa Sedulur praktekkan diantaranya adalah fish and chips yang penyajiannya dengan cara menggoreng ikan yang dilumuri tepung serta disajikan dengan menggunakan kentang goreng dan olahan sayuran.

Nah, itu dia fakta menarik dari apa itu ikan dori beserta manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi ikan ini. Bagi Sedulur yang belum tahu, ternyata ikan ini merupakan salah satu jenis ikan patin dan sebutan dori tersebut merupakan nama produsen yang mengolahnya dan berasal dari Vietnam. Semoga tidak bingung lagi, ya. Semoga bermanfaat!

Untuk mengolah ikan yang penuh khasiat ini, jangan lupa untuk membeli bahan pelengkapnya hanya di Aplikasi Super. Selain murah, cara untuk membelinya juga sangat mudah. Sedulur cukup download aplikasinya dan nikmati kemudahannya. Download, yuk!