hiasan kamar buatan sendiri

Kamar menjadi salah satu ruangan yang digunakan sebagai tempat mengistirahatkan badan setelah seharian melakukan berbagai aktivitas. Selain dilengkapi dengan perabotan seperti tempat tidur, lemari, meja, dan kursi, Sedulur juga bisa menambahkan hiasan kamar buatan sendiri untuk memperindah dan membuat kamar semakin nyaman.

Ada banyak ide hiasan kamar yang bisa Sedulur buat sendiri dengan mudah. Tak hanya menghemat biaya, membuat hiasan kamar sendiri juga bisa menyesuaikan dengan selera pribadi. Lebih dari itu, hasil karya sendiri biasanya juga akan lebih disukai dan nantinya jauh lebih terawat.

Lalu, apa saja ide hiasan kamar buatan sendiri yang mudah, murah, dan tentunya tetap estetik? Berikut adalah ulasan singkat yang bisa Sedulur jadikan referensi!

BACA JUGA: Rekomendasi Wajib Peralatan Rumah Tangga Untuk Pasangan Baru!

-->

1. Rak dinding dari stik es krim

hiasan kamar buatan sendiri
Medium

Umumnya, dinding kamar merupakan bagian kosong yang tidak diberi hiasan apapun. Oleh karena itu, Sedulur bisa memanfaatkannya untuk menambah berbagai ornamen, salah satunya seperti rak dinding. Dengan memanfaatkan stik eskrim yang disusun menjadi bentuk segilima, rak untuk meletakkan tanaman hias sudah siap digunakan.

2. Kolase foto simpel

Arsitag

Hiasan kamar buatan sendiri yang mudah dibuat berikutnya adalah kolase foto simpel. Disebut demikian karena Sedulur hanya perlu mencetak foto favorit pada kertas berukuran besar dan kecil, lalu menempelkannya di dinding. Dengan posisi acak dan ukuran yang bervariasi, kolase foto ini akan menjadi hiasan kamar yang sangat menarik.

3. Kolase kertas kado

ud sregep

Bila tidak ingin memajang foto diri, Sedulur juga bisa membuat kolase dari kertas kado. Sedulur bisa memilih kertas kado bergambar bunga untuk mendapatkan suasana kamar yang tenang, atau menggunakan motif lainnya sesuai selera. Tak hanya mudah dibuat, kolase dari kertas kado juga tidak membutuhkan banyak biaya dalam pembuatannya.

BACA JUGA: 25 Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Dipunya untuk Hunian

4. Rangkaian sticky notes

hiasan kamar buatan sendiri
Pinterest

Hiasan anti-mainstream yang bisa menjadi ide unik berikutnya adalah merangkai sticky notes pada sebagian besar dinding yang masih kosong. Sedulur cukup membeli beberapa buah sticky note berbagai warna, lalu menempelkannya pada dinding untuk membentuk pola yang indah. Tak hanya memperindah kamar saja, rangkaian sticky notes juga bisa digunakan untuk menuliskan jadwal maupun kata-kata yang memiliki makna indah.

5. Aneka bentuk dari selotip

hiasan kamar buatan sendiri
Etsy

Ingin hiasan kamar yang lebih simpel lagi? Sedulur bisa mencoba membuat aneka bentuk dari selotip. Gunakan selotip berwarna hitam atau warna lain yang bisa menyesuaikan warna cat dinding kamar. Setelah itu, buat bentuk kotak, segitiga, segilima, atau bentuk lainnya sesuai selera masing-masing

6. Melukis dinding

Dekoruma

Bila Sedulur memiliki hobi menggambar atau melukis, mencobanya pada dinding kamar adalah pilihan yang menantang. Tak hanya membutuhkan keberanian, melukis pada dinding juga membutuhkan kehati-hatian pada setiap goresan kuasnya. Sedulur bisa melukis apapun yang Sedulur sukai, seperti suasanan laut, gunung, hingga tokoh anime favorit lho!

7. Memasang meshboard

hiasan kamar buatan sendiri
Light Craft Indo Jakarta

Meshboard adalah papan yang terbuat dari jalinan kawat. Benda ini biasanya dipasang pada dinding untuk memajang banyak hal, seperti foto polaroid, jadwal belajar, gantungan kunci, dan barang-barang berukuran kecil lainnya. Dengan penataan yang tepat, meshboard bisa menjadi hiasan kamar yang estetik. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cat Anti Bocor Terbaik untuk Proteksi Rumahmu

8. Kain pantai dan tumbler

Kelana Store

Bila Sedulur memiliki kain pantai dan lampu tumbler tidak terpakai, coba kreasikan keduanya menjadi hiasan kamar yang indah. Cukup menalikan ujung kain pantai dengan tali hingga terbuka lebar, lalu hiasi dengan dengan lekukan lampu tumbler yang manis. Pastinya, kamar akan langsung terlihat cantik dan estetik.

9. Jam dinding custom

hiasan kamar buatan sendiri
AClock

Membuat jam custom juga bisa menjadi alternatif yang dapat Sedulur coba. Dengan kreativitas yang tinggi, bagian dalam jam yang biasanya kosong bisa Sedulur ubah menjadi gambar lain sesuai dengan selera. Baik itu foto pribadi, tulisan motivasi, ataupun gambar-gambar artis idola. Ide hiasan ini juga tidak membutuhkan banyak modal, sebab Sedulur hanya perlu mencetak satu foto untuk bagian dalam saja. 

10. Tanaman hias dari botol bekas

Hai Bunda

Menghias kamar dengan bunga atau tanaman hias memang menjadi tren yang berkembang cukup pesat. Nah, Sedulur juga bisa mencobanya di rumah dengan memanfaatkan wadah dari botol bekas. Cukup dengan mencuci bersih botol kaca bekas dan mengisinya dengan air, lalu tanam bunga atau tanaman hias lainnya di dalamnya. Setelah itu, letakkan di atas meja kerja atau meja belajar. Mudah sekali, bukan?

11. Lampu tidur dari bambu

Chao Win

Agar istirahat bisa semakin optimal, pencahayaan juga perlu diperhatikan. Untuk itu, Sedulur bisa membuat lampu tidur dari bambu yang unik dan estetik. Cukup dengan memotong bilah bambu menjadi ukuran 70x10cm, lalu susun atau gabungkan bilah-bilah tersebut menjadi bentuk kotak lampu. Pastikan ada sedikit jarak tiap bilah agar cahaya lampu yang keluar tidak terlalu terang.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

12. Inisial nama dari kancing baju

hiasan kamar buatan sendiri
iDEA

Membuat hiasan kamar mudah, murah, dan estetik juga bisa dilakukan dengan membuat inisial nama dari kancing baju. Sedulur hanya perlu menyediakan berbagai bentuk kancing baju dan menyusunnya menjadi inisial huruf pertama nama. Setelah itu, pajang hiasan pada dinding kamar dengan menggunakan piguran ataupun tidak.  

13. Keset dari kain perca

Dr Sampah

Keset bukan hanya alat untuk mengeringkan kaki yang sudah makan, namun juga menjadi salah satu perabot kamar yang keberadaannya sangat penting. Bila selama ini keset yang Sedulur miliki sudah rusak, cobalah membuat keset dari kain perca yang ada di rumah. Sedulur bisa menjahitnya secara manual ataupun menggunakan mesin jahit agar lebih mudah.

14. Hiasan gantung dari benang wol

The Global Genie

Hiasan kamar berikutnya adalah hiasan gantung dari benang wol. Sedulur cukup menyediakan  benang wol dan tali yang kuat untuk membuat ornamen ini. Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan ada, mulailah menalikan benang wol pada setiap tali dan sisir benang hingga terlihat menjuntai ke bawah. 

15. Karakter favorit dari styrofoam

Zona Visual

Tak hanya mencetaknya dalam gambar, Sedulur juga bisa membuat karakter favorit tersebut menjadi bentuk tiga dimensi menggunakan styrofoam. Cara membuatnya tentu saja sangat mudah, yakni dengan memotong styrofoam menjadi bentuk yang diinginkan dan menghiasnya dengan ornamen-ornamen lain agar terlihat semakin nyata.   

BACA JUGA: 18 Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Kamu Punya

16. Berbagai bentuk origami

iStock

Origami juga bisa menjadi hiasan kamar yang indah bila dibuat dengan benar. Mulai dari bentuk bunga, burung, kipas, hingga pesawat, semuanya bisa Sedulur pilih sesuai selera masing-masing. Tak hanya bisa ditempel langsung pada tembok, origami juga bisa dirangkai menggunakan benang dan dipasang secara menggantung. 

17. Acrylic sign

Otellollasercut

Hiasan kamar buatan sendiri lainnya adalah acrylic sign. Sedulur bisa membuatnya sendiri dengan menuliskan atau menggambar sesuatu di atas akrilik menggunakan spidol putih, lalu mewarnai sisi yang tidak terkena spidol dengan warna-warni cat akrilik yang indah. Tunggu beberapa saat agar kering, dan acrylic sign siap dipajang.

18. Tipografi

Arafuru

Ide hiasan kamar lainnya adalah tipografi. Sedulur bisa membuat aneka tipografi, seperti nama diri, kata-kata motivasi, hingga arti dari ayat Al-Quran favorit pada kertas berukuran besar. Setelah itu, hias dengan pigura dan tempelkan pada bagian dinding yang masih kosong.

19. Doodle 

hiasan kamar buatan sendiri
David Wijaya

Bila tidak suka tulisan, Sedulur juga bisa menggambar doodle sebagai hiasan kamar buatan sendiri. Cobalah dengan menggambar doodle menggunakan pensil terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan. Bila sudah, tebalkan menggunakan spidol dan doodle siap dipajang. Tak hanya menggunakan kertas dalam pigura, Sedulur juga bisa menggambarnya langsung pada bagain tembok yang kosong.

BACA JUGA: 10 Hiasan Dinding dari Kertas Origami yang Mudah Dibuat

20. Pigura baju bayi

hiasan kamar buatan sendiri
Cara Profesor

Ide hiasan kamar buatan sendiri yang terakhir adalah pigura baju bayi. Sedulur bisa mengabadikan momen tumbuh kembang anak dengan memajang baju-baju bayi milik si kecil menggunakan pigura yang cukup besar. Selain memperindah kamar, si Kecil juga berkesempatan untuk mengetahui baju-baju yang digunakannya di masa lalu.

Itu tadi 20 ide hiasan kamar buatan sendiri yang mudah dibuat, murah biayanya, dan estetik. Semoga informasi ini dapat memberikan insipirasi bagi Sedulur yang sedang mencari referensi untuk menghias kamar menjadi lebih nyaman dan sedap dipandang. Selamat mencoba, ya!