jenis kucing garang

Kucing memang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi sebagian orang. Akan tetapi, Sedulur perlu tahu bahwa ternyata terdapat beberapa jenis kucing garang yang harus diwaspadai karena memiliki tingkat keagresifan yang cukup tinggi. 

Kucing dapat menjadi garang dan agresif karena mereka lahir di alam liar. Nah, agar Sedulur tidak salah memilih jenis kucing untuk hewan peliharaan, berikut jenis kucing garang yang tidak bisa sembarangan untuk dipelihara. 

BACA JUGA : Gejala Scabies Pada Kucing Beserta Cara Mengobatinya  

1. American Wirehair

jenis kucing garang
IDN Times

Jenis kucing garang yang pertama adalah American Wirehair. Jenis ini memiliki bulu yang kuat dan kaki, akan tetapi sebenarnya mereka selembut bulu kucing jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Kucing dari jenis ras American Wirehair ini tidak perlu disisir maupun sikat setelah mandi untuk menjaga bulu mereka tetap terlihat alami.

-->

American Wirehair merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan tetapi tetap patuh kepada tuannya. Tak hanya itu, kucing ini juga terbilang cukup mudah untuk adaptasi [ada perubahan di lingkungan sekitarnya.

2. Sokoke

jenis kucing garang
cekaja.com

Kucing jenis Sokoke Afrika Nampak seperti cheetah. Memiliki tubuh berbintik-bintik dan memiliki telinga yang cukup besar serta pergerakan yang sangat aktif menjadikan kucing ini sebagai salah satu kucing tergarang. Kucing ini dapat dikatakan sebagai kucing yang mandiri dan tidak suka menuntut, akan tetapi pemiliknya harus memastikan mereka memiliki cukup ruang untuk bermain.

3. Nebelungs

jenis kucing garang
Kompas

Kucing Nebelungs awalnya berasal dari kucing biru Rusia. Nebelungs muda memiliki sifat yang sangat agresif terhadap orang baru. Meski begitu, kucing ini akan benar-benar baik kepada pemiliknya. Tak hanya itu kucing ini juga mempunyai suara yang sangat tenang dan juga lembut.

4. Minuet (Napoleon)

merdeka.com

Jenis kucing Minuet merupakan hasil dari persilangan kucing Munchkin dan Persia. Kucing Minuet juga tidak membutuhkan jenis perawatan yang khusus. Mereka memiliki kecerdasan tinggi serta tidak begitu agresif menjadikan kucing ini cukup ideal untuk dijadikan hewan peliharaan.

BACA JUGA : 10 Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara & Cara Merawatnya

5. Lapem

jenis kucing garang
katzenesia

Jenis kucing garang yang selanjutny adalah Lapem. Kucing ini merupakan salah satu jenis kucing yang palik unik di dunia. Hal ini karena kucing ini memiliki bulu keriting permanen yang sangat menggemaskan.

6. Chantilly-Tiffany

kucingmania

Jenis kucing yang satu ini mempunyai bulu yang panjang dan lembut seperti sutera dengan warna kecoklatan dan memiliki mata berwarna kuning yang sangat khusus. Kucing ini juga termasuk jenis kucing yang memiliki kecerdasan tinggi, ramah dan juga memiliki sikap baik kepada anak-anak. Kucing ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan khusus. Sedulur hanya perlu memperhatikan perawatan bulu panjangnya.

7. Bombay

Kompas

Jenis kucing tergarang selanjutnya adalah Bombay. Kucing ini terlihat seperti Bagheera dari cerita Mowgli darya Rudyard. Terlepas dari itu, mereka sebenarnya tidak dikembangbiakkan di India akan tetapi berasal dari Amerika Serikat. Kucing Bombay terlihat begitu mengesankan dengan mata yang berwarna kuning amber serta kuku berwarna gelap halus.

Dengan penampilan tersebut, kucing ini terlihat seperti macan kumbang hitam. Akan tetapi, penampilan garang kucing ini tidak membuat orang menjadi ragu untuk memeliharanya di rumah.

8. Foldex

IDN Times

Jenis kucing Foldes diklaim sebagai kucing maian. Kucing Foldex merupakan jenis kucing yang berasal dari kombinasi British Shorthair, Scottish Fold dan juga Persia. Kucing ini mempunyai bulu tebal. Tak hanya itu, jenis ini juga terkenal sangat friendly kepada siapa saja termasuk dengan orang baru. Hanya saja, kucing Foldex tidak dapat hidup tanpa tuannya.

BACA JUGA : 12 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Dijamin Ampuh

9. American Curl

merdeka.com

Jenis kucing ini memiliki ciri khas yaitu memiliki telinga yang sangat melengkung dengan bulu yang panjang dan pendek dan berbagai warna. Kucing jenis ini juga disebut sebagai kucing yang sangat loyal, aktif berkomunikasi dan juga mempunyai Kesehatan yang bagus.

10. Selkirk Rex

Grid.id

Tak hanya kucing jenis LaPem, kucing jenis Selkirk Rex juga salah satu jenis kucing yang memiliki bulu keriting. Jenis ini berasal dari kombinasi kucing jenis Persia dan kucing eksotis lainnya. Kucing Selkirk Rex juga memiliki sikap yang baik, ramah dan juga loyal. Mereka memiliki bulu yang harus selalu dirawat setiap hari.

11. Dwelf

idx channel

Jenis kucing Dwelf merupakan kucing kombinasi dari jenis Sphynx, Munchikns dan juga Curl. Oleh karena itu, jenis kucing ini bertubuh kecil dan kaki yang pendek, telinga melengkung dan tanpa bulu. Karena bentuk tubuhnya kucing ini tampak seperti makhluk ajaib. Jika Sedulur memiliki kucing jenis ini, harus selalu memperhatikan perawatannya ya. Karena kucing ini sangat menyukai kehangatan. Mereka juga sering dimandikan untuk membersihkan mata, hidung agar kesehatannya selalu terjaga.

12. Singapura

Kompas

Jenis kucing garang  yang selanjutnya adala kucing Singapura. Kucing ini merupakan salah satu jenis kucing terkecil di dunia. Kucing ini mempunyai kesehatan yang sangat baik sehingga mereka tidak membutuhkan perawatan khusus. Banyak orang menyukai kucing ini karena ukuran tubuhnya yang kecil.

13. Lykoi

IDN Times

Kucing jenis Lykoi mirip seperti serigala. Kucing ini mempunyai jenis bulu hitam yang unik dan terlihat seperti rambut possum. Fakta menarik lainnya dari kucing ini yaitu mereka tidak memiliki bulu di wajah yang membuat mereka terlihat seperti manusia serigala, dan dari sinilah nama ras itu berasal. Akan tetapi, terlepas dari penampilan mereka, kucing Lykoi merupakan hewan peliharaan yang sangat loyal dan ramah.

14. Kinkalow

Pintarpet

Kombinasi Munchkins dan American Curls ini memiliki fitur campuran dari kedua ras tersebut. Perawakannya yang kecil dan mungil dengan kaki pendek berasal dari Munchkins sedangkan telinga mereka yang melengkung berasal dari Curls. Saat ini, hanya ada sekitar 100 ekor kucing Kinkalow di dunia. Tapi tenang saja, kucing jenis ini semakin populer kok!

15. Maine Coon

merdeka.com

Maine Coon juga merupakan salah satu jenis jenis kucing garang. Tak hanya itu, jenis ini juga disebut-sebut sebagai kucing paling cantik di dunia. Tak hanya cantik, kucing dengan tubuh besar ini juga mempunyai aura mistis dengan bulu-bulunya yang lebat dan panjang berwarna gelap.

Kucing Maine Coon juga diklaim sebagai kucing bulu panjang Amerika. Mereka adalah salah satu ras kucing tertua dan alami yang berasal dari wilayah Maine, Amerika Serikat. Nenek moyang dari kucing Maine Coon dipercaya berasal dari ras Anggora dan juga kucing hutan Norwegia.

BACA JUGA : 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

Cara mengatasi kucing garang

Freepik

Setelah mengetahui apa saja jenis kucing garang yang harus diwaspadai. berikut cara mengatasi kucing yang memiliki tingkat keagresifan yang tinggi. 

1.  Menjauhi induk kucing

Cara mengatasi kucing garang dan juga agresif yang pertama adalah dengan mengelola perilaku kucing dengan lebih baik. Salah satu alasan kucing menjadi agresif yang bersifat sementara dan agak lebih mudah diatasi, seperti agresi induk kepada bayinya. Maka dari itu,Sedulur perlu menjauhi induk kucing dan biarkan dia melindungi anaknya.

2. Tidak kasar dan memberi mainan

Cara selanjutnya yang dapat Sedulur lakukan adalah dengan tidak bertindak kasar kepada kucing.Sedulur dapat mengalihkan perhatian mereka ke mainan pengganti seperti boneka binatang dari bahan yang lebih kuat.

3. Memisahkan kucing

Setelah kucing dapat dengan bebas berkeliaran, mereka akan memastikan hewan lain dan manusia)tahu bahwa mereka adalah bosnya. Jika sesama kucing memperlihatkan tingkah laku yang agresif setelah mereka hidup bersama dalam waktu yang cukup lama, Sedulur sebisa harus memisahkan area makan, tempat tinggal, dan kotak kotorannya dan memperkenalkannya kembali secara perlahan.

4. Tidak mengganggu kucing

Kucing yang sangat agresif dapat membahayakan orang lain, jadi Sedulur tidak boleh menganggunya. Jika Sedulur melihat beberapa kucing sedang bergumul, buatlah suara keras singkat atau gangguan lain yang akan memisahkan mereka. Jika kucing takut dan sendirian, Sedulur mungkin akan tergoda untuk membelainya dan memainkannya, tetapi mereka mungkin akan menganggap gerakan tersebut sebagai ancaman. Sehingga Sedulur jangan pernah mencoba untuk mendekati atau menyentuh kucing saat mereka belum siap.

5. Jangan hukum kucing

Ketika Sedulur melihat perilaku agresif pada kucing, jangan mencoba sekali-kali untuk menghukumnya, karena hal ini justru dapat menyebabkan kucing menjadi takut pada orang atau dapat ditafsirkan sebagai permainan merespons baik perilaku agresifnya. Menjauh dan mengabaikan kucing yang berperilaku agresif dapat mengajarkan bahwa tindakan mereka tidak tepat dan merugikan tuannya. 

 Demikianlah penjesalan tentang jenis kucing garang dan juga cara mengatasi kucing yang memiliki tingkat keagresifan yang tinggi. Apakah Sedulur berminat menjadikan kucing garang sebagai hewan peliharaan? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.