Hari Jumat merupakan hari yang spesial bagi umat Muslim, terdapat beberapa amalan hari jumat yang memiliki kedudukan dan keutamaan yang tinggi. Simak ulasannya di bawah ini.

Hari jumat merupakan hari yang spesial bagi umat muslim. Di hari jumat ada beberapa amal ibadah yang harus dilakukan untuk meningkatkan keimanan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa amalan di hari jumat. Keutamaan amalan jumat sangat tinggi.

Bahkan beberapa menjadi amalan Rasulullah SAW. Berikut ini terdapat beberapa amalan hari jumat sesuai sunnah yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar amalan sholat jumat dan amalan lainnya. Salah satu amalan yang umum dikenal, terutama bagi pasangan suami istri, yaitu amalan malam jumat suami istri. Berikut ini daftar amalam hari jumat yang memiliki keutamaan tinggi dalam agama Islam.

Baca Juga: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Daftar Amalan Hari Jumat yang Memiliki Keutamaan Tinggi!

1. Membersihkan/Menyucikan Diri

1. Membersihkan/Menyucikan Diri
tribunnews.com

Salah amalan sunnah di hari jumat yang diwajibkan, terutama bagi para pria yang hendak melakukan ibadah jumat adalah membersihkan diri atau menyucikan diri. Amalan ini merupakan amalan nabi Muhamad yang menjadi wajib dilakukan, berdasarkan sabda Rasulullah SAW.  Sunnah hari jumat untuk wanita adalah membersihkan diri. Terutama berdandan untuk menyenangkan suami.

Amalan hari jumat terkait membersihkan diri berdasarkan pada hadis riwayat Bukhari, yaitu:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat” (HR. Bukahari).

2. Sholat Jumat

2. Sholat Jumat
tribunnews.com

Amalan rasulullah setiap hari jumat dan yang menjadi wajib bagi setiap umat muslim khususnya pria adalah sholat jumat. Hal tersebut disampaikan dalam hadits tentang hari jumat. Sholat jumat merupakan amalan hari jumat yang utama, terutama bagi pria muslim. Rasulullah bersabda:

Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit“. (HR. Abu Daud)

3. Membaca Surat Al-Kahfi

3. Membaca Surat Al-Kahfi
islampos.com

Kebaikan Rasulullah dan amalan yang dilakukan setiap hari jumat adalah membaca surat Al-Kahfi. Agar Sedulur dapat mendapatkan salah satu manfaat hari jumat, membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan hari jumat yang wajib dibaca. Dengan membaca Surat Al-Kahfi, Sedulur akan mendapatkan ketenangan selama satu minggu hingga bertemu hari jumat selanjutnya. Sedulur bisa mulai membaca Al-Kahfi dari malam jumat hingga jumat malam.

Baca Juga: Zakat Fitrah: Pengertian, Hukum, Doa & Niatnya. Terlengkap!

4. Bersedekah

4. Bersedekah
ayojakarta.com

Salah satu amalan hari jumat yang memiliki keutamaan tinggi dan dianjurkan adalah bersedekah dan berzakat. Amalan hari jumat satu ini sangat dianjurkan, terutama saat bulan puasa. Bersedekah akan memberikan manfaat bagi umat muslim lainnya yang membutuhkan, terutama bagi umat muslim yang masuk kategori penerima sedekah atau zakat.

Terutama saat ramadhan dan menjelang idul fitri, setiap umat muslim diwajibkan menunaikan zakat fitrah, yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat muslim lainnya.

5. Sholawat dan Dzikir

5. Sholawat dan Dzikir
tribunnews.com

Setiap umat muslim juga diwajibkan untuk zikir hari jumat, karena hari jumat adalah hari yang diistimewakan dan memiliki kedudukan tinggi bagi setiap umat muslim. Amalan hari jumat yang wajib ditunaikan adalah bersholawat dan berdzikir sebanyak mungkin.

Selain surat Al-Kahfi, Sedulur juga wajib mengamalkan dari sholawat dan dzikir. Di mulai setelah sholat subuh hingga menjelang sholat jumat. Amalan ini juga bukan hanya diamalkan di hari jumat saja, Sedulur juga wajib mengamalkannya setelah selesai sholat wajib lima kali sehari, agar keimanan Sedulur bisa semakin meningkat setiap harinya.

6. Membaca Surat Yasin

6. Membaca Surat Yasin
delikkalbar.com

Selain surat Al-Kahfi, terdapat juga surat Yasin yang wajib Sedulur baca di hari jumat, agar Sedulur bisa mendapatkan keistimewaan hari jumat. Surat Yasin, sama dengan surat Al-Kahfi yang bisa Sedulur baca agar bisa mendapatkan keajaiban hari jumat. Membaca surat Yasin merupakan salah satu amalan hari jumat. Selain bisa memberikan ketenangan hati, Sedulur juga bisa mendapatkan keajaiban hari jumat bagi umat yang meyakininya

7. Berdoa

7. Berdoa
tribunnews.com

Hari jumat juga merupakan hari istimewa dalam Islam, karena terdapat beberapa doa hari jumat yang bisa Sedulur baca. Terdapat beberapa doa mustajab di hari jumat. Setiap doa di hari jumat mustajab dan doa jumat berkah. Membaca doa merupakan amalan hari jumat yang wajib Sedulur lakukan agar bisa mendapatkan ketenangan.

Sedulur diwajibkan membaca surat Al-Kahfi, Surat Yasin, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, terutama dibaca ketika selesai sholat subuh agar Sedulur bisa mendapatkan amalan dan manfaat dari keistimewaan hari jumat.

8. Membaca Al-Quran

8. Membaca Al-Quran
detik.com

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan hari jumat. Diwajibkan Sedulur untuk membaca Al-Quran di hari jumat, karena hari jumat merupakan hari yang spesial bagi setiap umat muslim. Amalan hari jumat memiliki keutamaan dan kedudukan yang tinggi, karena Al-Quran merupakan kitab suci yang dapat memberikan tuntunan bagi Sedulur.

Terutama di bulan ramadhan, mengingat sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan, Sedulur bisa mulai mengutamakan dan mengusahakan untuk membaca Al-Quran. Salah satu keutamaan dari bulan ramadhan adalah membaca Al-Quran.

Ramadhan bulan Al Quran karena turunnya tuntunan bagi umat muslim agar dapat menjalani hidup sesuai dari firman Allah SWT. Bulan suci ramadhan yang sangat mulia karena bertepatan dengan turunnya Al-Quran disampaikan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185, yang artinya:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil” (Q.S Al-Baqarah: 185).

Membaca Al-Quran, terutama surat Al-Kahfi memiliki kedudukan yang tinggi. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh sabda Rasulullah SAW:

عن أبي سَعيدٍ الخُدريِّ عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتين

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi) 

Semoga penjelasan terkait amalan hari jumat dari Superapp.id di atas bisa menambah pengetahuan tentang keislam bagi Sedulur. Jangan lupa untuk terus menjalankan ibadah dan juga amalan hari jumat agar Sedulur bisa mendapatkan pahala dari setiap ibadah yang dilakukan.

Agar bisa fokus menjalankan ibadah, Sedulur juga bisa perlu memikirkan setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur, terutama bagi kebutuhan yang berkaitan dengan ibadah. Sedulur bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.