doa tahiyat akhir

Mendirikan salat merupakan Rukun Islam wajib yang ke-2. Oleh sebab itu, setiap gerakan salat harus dilakukan dengan benar. Termasuk bacaan doa tahiyat awal dan akhir. Doa ini harus dihafalkan di luar kepala karena akan dibaca setiap kali beribadah.

Sesuai dengan sebutannya, gerakan dan tahiyat akhir dilakukan di rakaat terakhir sebelum salam. Pada dasarnya, bacaan doa tahiyat akhir hampir sama dengan tahiyat awal yang dibaca pada rakaat kedua dan ditambah dengan salawat. Untuk memastikan benar bacaannya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yang sesuai dengan sunnah. 

Baca juga: Doa Berangkat Kerja Agar Semangat, Selamat dan Sukses!

Doa tahiyat akhir lengkap dan sesuai  sunah

doa tahiyat akhir lengkap
detik

Bacaan doa tahiyat akhir dalam Bahasa Arab sesuai sunnah menurut Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqh As Sunnah Jilid 1 (1997: 146) adalah sebagai berikut:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan latin:

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

allaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.”

Meskipun sudah sering menjalan kewajiban sholat, terkadang-kadang seorang muslim lupa dan melakukan kesalahan ketika membaca bacaan takhiyat awal maupun akhir.

Supaya tidak mengalami kesalahan yang nantinya hanya akan berdampak pada kurang khusuknya salat, berikut bacaan doa takhiyat akhir latin lengkap dengan artinya.

 Doa tahiyat akhir latin yang dapat  baca:

doa tahiyat akhir muhammadiyah
detik

At-Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. Assalaamu’Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’Alaina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullaah.

Allaahumma Shalli’Alaa Muhammad, Wa’Alaa Aali Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim. Wabaarik’Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil’Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid.

 Arti bacaan doa tahiyat akhir Muhammadiyah di atas adalah sebagai berikut:

“Segala kehormatan dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh.

Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad.Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.”

Setelah selesai merapalkan doa setelah tahiyat akhir, bisa langsung dilanjutkan dengan mengucap salam sambil menolehkan kepala ke kanan dan kiri. Dengan begini, salat yang kamu tunaikan sudah sah secara aturan dan sunnah.

Selain menghafalkan dan mempraktikkan doa duduk tahiyat akhir yang baik dan benar, kamu juga perlu memperluas wawasan tentang cara membeli sembako murah. Salah satunya adalah dengan berbelanja di Aplikasi Super. Pilihan yang banyak serta harga yang murah bakal membuat kamu dibahagian sebagai pelanggan. Yuk download Aplikasi Super di sini segera!