Ini Keutamaan Doa Sesudah Sholat Dhuha. Umat muslim wajib tau!

Menunaikan ibadah sholat merupakan hal utama bagi semua umat muslim. Sholat juga merupakan tiang agama, karena banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan. Selain melakukan ibadah wajib yaitu sholat 5 waktu yang terdiri dari subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’, ada pula sholat sunah yang bisa dikerjakan bisa pula tidak. Sholat sunah mempunyai hukum jika dikerjakan mendapatkan pahala, namun jika tidak, tidak akan mendapatkan dosa.

Ada berbagai macam sholat sunnah yang bisa Sedulur muslim kerjakan, salah satunya adalah sholat dhuha. Sesuai namanya, sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu sekitar ketika matahari sudah naik kurang lebih 7 hasta sejak matahari terbit dan batasnya adalah waktu zuhur. Sholat sunnah ini berjumlah minimal 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat. Apa saja sih keutamaan doa sesudah sholat dhuha? Simak rangkumannya di bawah ini, ya.

Baca Juga: Bacaan Niat Mandi Wajib Haid Lengkap Dengan Tata Caranya

1. Niat sholat dhuha

Ini Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha
unsplash

Sebelum mengetahui doa sesudah sholat dhuha lengkap, alangkah baiknya kita mengetahui niat dari sholat sunnah ini. Niat diucapkan saat sebelum melaksanakan sholat dhuha, berikut adalah niat dan doa sesudah sholat dhuha latin:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.

2. Doa setelah sholat dhuha tulisan arab

Ini Keutamaan Doa Setelah Sholat Dhuha
unsplash

Setelah selesai mengerjakan sholat dhuha, berikutnya adalah doa setelah sholat dhuha yang dibaca sesudahnya. Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat dhuha tulisan arab yang bisa Sedulur baca:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَآءَ بَهَاؤُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰتِنِيْ مَااٰتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

3. Doa sesudah sholat dhuha latin dan artinya

pexels

Berikut adalah bacaan doa sesudah sholat dhuha dan artinya yang terkandung, yaitu:

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran DhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

4. Doa dan dzikir setelah sholat dhuha

pexels

Setelah membaca doa setelah sholat dhuha, ada pula bacaan dzikir yang dilafalkan setelah sholat dhuha. Berikut adalah hadist sesuai dengan penuturan dari Aisyah RA:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ‏:‏ صَلَّى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم الضُّحَى ثُمَّ قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، حَتَّى قَالَهَا مِئَةَ مَرَّةٍ

Artinya: Aisyah berkata, “Rasulullah SAW melaksanakan sholat dhuha, kemudian beliau mengucapkan: Allahummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohim (Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau maha penerima taubat dan Maha Pengampun), hingga 100 kali.” (HR Bukhari).

Baca Juga: Perbedaan Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor, Sudah Tahu?

5. Keutamaan mengerjakan sholat dhuha

pexels

Setelah membaca ulasan tentang doa sesudah sholat dhuha dan dzikirnya, alangkah baiknya jika Sedulur bisa mengerjakan sholat ini secara rutin dan khusuk. Jika sholat dhuha dikerjakan secara rutin, maka akan ada banyak keutamaan dari sholat dhuha tersebut. Hal ini dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW yang dinarasikan oleh Abu Dzar yang berbunyi:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR Muslim).

Dari bacaan hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa sholat dhuha diumpamakan sebagai kita bersedekah. Setiap ucapan dan gerakan yang sudah kita lakukan saat mengerjakan ibadah sholat dhuha dihitung oleh Allah sebagai sedekah. Jadi, kita sudah bersedekah hanya dengan melakukan ibadah sunnah ini. Selain itu, ada pula hadits lain yang menuturkan bahwa ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa didapat saat kita melaksanakan sholat dhuha, yang terkandung pada kutipan hadist berikut:

“Siapapun yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.r. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Makna dari hadits di atas adalah jika sholat dhuha dikerjakan, dosa kita akan gugur. Allah akan mengampuni dosa yang telah kita perbuat jika istiqomah serta konsisten dalam melaksanakan sholat dhuha ini. Keutamaan mengerjakan sholat dhuha yang lainnya adalah untuk melancarkan rezeki. Hal ini terkandung dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa ada 3 keutamaan sholat dhuha, yaitu sebagai pelancar rezeki, sebagai penggugur dosa yang telah kita perbuat di dunia ini, dan sekaligus dihitung sebagai sedekah di setiap gerakan dari sholat dhuha tersebut. 

6. Cara mengerjakan sholat dhuha

pexels

Disamping mengetahui bacaan doa sesudah sholat dhuha, kita juga harus mengetahui langkah dalam mengerjakan sholat sunnah ini. Apa aja sih langkahnya?

  • Yang pertama dan wajib dilakukan adalah berwudhu.
  • Setelahnya, ambil alat sholat dan mulai membaca doa niat sholat dhuha
  • Kemudian, baca doa iftitah
  • Baca surah al-fatihah
  • Baca salah satu surat dalam Al-Quran. Sebaiknya saat rakaat pertama adalah membaca surah Asy-Syam dan saat rakaat kedua membaca surah Al-Lail
  • Ruku’ dan membaca 3 kali tasbih
  • I’tidal dan baca bacaannya
  • Sujud pertama dengan membaca tasbih 3x
  • Duduk diantara dua sujud dan baca bacaannya
  • Sujud kedua lalu membaca tiga kali tasbih

Sedulur, itu tadi adalah arti doa sesudah sholat dhuha tulisan latin, beserta niat dan juga keutamaan yang terkandung ketika kita semua rutin melaksanakan sholat sunnah ini. Semoga dapat memberikan pencerahan serta wawasan baru bagi kita semua dan juga dapat mengamalkannya dengan khusuk, agar apa yang diinginkan bisa tersampaikan dan dikabulkan oleh Allah SWT. 

Setelah mengetahui doa dan niat sesudah sholat dhuha, Sedulur bisa banget mendownload  Aplikasi Super yang bisa kamu gunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, minyak, mie instan, dan masih banyak lagi.