Untuk memperkuat keimanan sebagai seorang muslim, Sedulur wajib memaknai apa arti dari rukun iman dalam Islam. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian rukun iman dalam Islam secara sederhana yaitu merupakan dasar keyakinan atau pilar yang menjadi tiang bagi setiap muslim untuk memperkokoh kepercayaan kepada Allah SWT dan agama Islam itu sendiri. Dalam Islam, terdapat 6 rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap muslim dan memahami makna rukun iman itu sendiri.

Banyak gambar rukun Islam dan rukun iman yang dipajang di setiap rumah umat muslim sebagai bagian untuk memperkuat keimanan itu sendiri. Rukun iman tidak serta merta hadir begitu saja, terdapat hadits tentang rukun iman. Terkait 6 rukun iman beserta dalilnya, berdasarkan pada Al-Quran itu sendiri.

Yaitu berdasarkan Q.S An-Nisa 138, yaitu:

بَشِّرِ الْمُنَافِقِينَ بِأَنَّ لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Artinya: “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih” (Q.S An-Nisa 138).

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan penjelasan rukun iman dan rukun Islam beserta dengan maknanya agar bisa Sedulur serap dan lebih dimaknai untuk memperkokoh keimanan dalam beragama. Yuk, langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Keutamaan Bulan Ramadhan, Kamu Sudah Tahu?

Urutan Rukun Iman dalam Islam, Beserta Penjelasan dan Maknanya!

1. Iman Kepada Allah SWT

1. Iman Kepada Allah SWT
detik.com

Urutan rukun iman yang pertama dan yang menjadi tiang utama setiap umat muslim adalah percaya kepada Allah SWT. Setiap umat muslim wajib meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah SWT. Pemilik alam semesta raya dan segala sesuatunNya. Iman kepada Allah SWT juga akan membuat kita tetap selalu rendah hati, sederhana dan merasa kecil di tengah luas dan tak terhingganya alam semesta raya beserta isinya ini.

Sedulur juga sebagai umat muslim harus mempercayai rukun iman yang pertama ini dan juga mengetahui 99 nama Allah beserta dengan sifatNya, yang disebut dengan Asmaul Husna. Urutan keimanan pertama ini merupakan dasar yang utama dan amat penting dipercayai oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia.

2. Iman Kepada Malaikat

2. Iman Kepada Malaikat
sindonews.net

Rukun iman kedua adalah mempercayai malaikat. Malaikat merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya dan bersifat gaib, selalu taat terhadap setiap perintah Allah SWT. Juga tidak pernah berdusta dan melawan Allah SWT. Terdapat banyak sekali jumlah malaikat dengan tugas yang berbeda-beda. Namun Setidaknya ada 10 nama malaikat yang wajib umat muslim ketahui, yaitu:

  1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu,
  2. Malaikat Mikail bertugas menyampaikan rezeki,
  3. Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala,
  4. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa,
  5. Malaikat Munkar menanya ruh di alam kubur,
  6. Malaikat Nakir bertugas menanya ruh di alam kubur,
  7. Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik manusia,
  8. Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia,
  9. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka,
  10. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Urutan 10 malaikat di atas wajib Sedulur hafal dan ketahui tugas dan perannya. Karena malaikat merupakan salah satu makhluk yang selalu taat kepada Allah SWT dan juga selalu melaksanakan tugas dengan baik. Meyakini keberadaan malaikat juga merupakan kewajiban yang akan memperkuat keimanan kita sebagai umat muslim itu sendiri.

Baca Juga: Afirmasi Positif adalah Cara Mencintai Diri Sendiri, Begini Tipsnya

3. Iman Kepada Kitab-Kita Allah SWT

3. Iman Kepada Kitab-Kita Allah SWT
detik.com

Rukun iman yang ketiga adalah mempercayai dan meyakini kitab-kitab suci Allah SWT yang diturunkan kepada setiap nabi dan rasul kekasih Allah SWT. Setiap dari kitab suci selalu melengkapi kitab suci sebelumnya. Berikut ini urutan kita suci Allah SWT:

  1. Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud AS,
  2. Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS,
  3. Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS, dan
  4. Kitab Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Alquran merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang melengkapi setiap kitab suci sebelumnya. Alquran juga merupakan kitab suci bagi umat muslim yang merupakan tuntunan bagi umat muslim untuk menjalankan kehidupan di dunia ini yang penuh rintangan dan misteri.

4. Iman Kepada Nabi dan Rosul

4. Iman Kepada Nabi dan Rosul
sindonews.net

Urutan rukun iman yang keempat adalah iman kepada nami dan rosul atau kekasih Allah SWT. Nabi dan Rosul merupakan penyampai pesan dari Allah SWT untuk setiap umat di setiap zaman, agar tidak melenceng dan tetap beriman kepada Allah SWT. Setidaknya ada 25 nabi dan rosul yang wajib diketahui oleh umat muslim, yaitu:

  1. Nabi Adam
  2. Nabi Idris
  3. Nabi Nuh
  4. Nabi Hud
  5. Nabi Saleh
  6. Nabi Ibrahim
  7. Nabi Luth
  8. Nabi Ismail
  9. Nabi Ishaq
  10. Nabi Yakub
  11. Nabi Yusuf
  12. Nabi Ayub
  13. Nabi Syuaib
  14. Nabi Musa
  15. Nabi Harun
  16. Nabi Zulkifli
  17. Nabi Daud
  18. Nabi Sulaiman
  19. Nabi Ilyas
  20. Nabi Ilyasa
  21. Nabi Yunus
  22. Nabi Zakaria
  23. Nabi Yahya
  24. Nabi Isa
  25. Nabi Muhammad

Urutan 25 nama nabi dan rasul di atas harus Sedulur hafal dan ketahui sejarahnya, agar bisa diambil hikmah perjalanan hidup dan kesulitan dari setiap nabi dan rasul dalam menegakkan agama Allah SWT di setiap zaman dan peradaban.

5. Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)

5. Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)
merdeka.com

Rukun iman yang kelima adalah percaya kepada hari akhir atau kiamat. Setiap umat muslim harus mempercayai hari kiamat, sebagai hari akhir sebelum Sedulur memasuki kehidupan kekal dan abadi di akhirat nantinya. Hari akhir merupakan hari ketika seluruh alam semesta hancur dan kehidupan sementara di dunia ini berakhir.

Perihal ini, Allah SWT sampaikan dalam Q.S Al-A’raf ayat 197, yang menjelaskan tentang hari akhir atau hari kiamat. Penekanannya bahwa setiap umat manusia tidak ada yang pernah mengetahui kapan tepatnya hari kiamat akan terjadi, bahkan nabi dan rasul sekalipun. Setiap umat muslim harus meyakininya dan mempercayainya. Dan, juga mempersiapkan segala sesuatunya untuk bekal di hari abadi kemudian.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar

6. Iman Kepada Qada dan Qadar
tirto.id

Urutan rukun iman terakhir adalah percaya kepada Qada dan Qadar, yaitu mempercayai bahwa apapun yang terjadi di muka bumi kepada setiap manusia merupakan kehendak dari Allah SWT. Hal ini menunjukan bahwa betapa tinggi dan agungNya Allah SWT sebagai pemilik dari segala sesuatu yang ada di seluruh alam semesta raya ini.

Secara bahasa, Qada merupakan hukum, ketetapan dan kehendak Allah SWT, yang bermakna segala sesuatu yang terjadi berasal dari Allah SWT dan kita sebagai umatnya harus menyadarinya dan menerimanya. Karena sesungguhnya, sebelum adanya segala sesuatu yang terjadi di alam semesta raya, Allah SWT telah menuliskan semuaNya.

Sedangkan Qadar itu sendiri secara bahasa merupakan sebuah ketentuan atau kepastian dari Allah SWT. Namun secara istilah, Qadar juga merupakan sebuah penentuan yang sudah pasti dan sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Bahwa segala sesuatu tidak terlepas dari ketentuan dan kehendak Allah SWT.

Sekian penjelasan mengenai rukun iman dalam Islam, Sedulur wajib memahami dan memaknainya dengan baik, agar dapat memperkuat keimanan Sedulur itu sendiri. Jangan lupa juga untuk selalu menjalankan ibadah sebagai mungkin dan tetap berpegang teguh pada rukum iman dan rukum Islam itu sendiri.

Sebelum artikel ini berakhir, satu hal penting yang wajib Sedulur ketahui yaitu terkait kebutuhan harian Sedulur yang harus dipenuhi. Sedulur bisa memenuhinya dengan membelinya di Aplikasi Super. Sebelumnya, Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super dan download sekarang juga.

Segera lakukan pembelian setiap bahan kebutuhan harian Sedulur, baik itu sembako atau kebutuhan harian di rumah Sedulur lainnya, Semoga Aplikasi Super bisa memberikan manfaat dan keberkahaan bagi Sedulur, terutama menjelang bulan ramadhan yang akan segera kita jalani.