Gabut adalah sebuah frasa gaul yang memiliki makna gambaran ketika sedang jenuh. Istilah kekinian ini sudah banyak muncul baik di dunia maya maupun nyata untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selama ini, orang-orang banyak menggunakan istilah ini untuk menggambarkan situasi atau keadaan yang dirasakan. 

Penggunaan istilah ini pada dasarnya telah digunakan sejak lama, namun akhir-akhir banyak dijumpai kembali di berbagai platform media sosial. Simak pengertian dari gabut serta dampak dan tipsnya untuk mengisi waktu berikut ini, ya!

BACA JUGA: Arti Kiyowo dalam Bahasa Gaul Korea yang Sering Kita Temui

Pengertian gabut

gabut adalah
Unsplash

Gabut adalah singkatan dari gaji buta. Istilah ini pada awalnya digunakan untuk menggambarkan di kala seseorang yang bekerja atau diberikan sebuah tanggung jawab akan sesuatu hal, tapi tidak melaksanakannya dan tetap mendapatkan gaji atau imbalan.

-->

Akan tetapi, saat ini istilah gaji buta mempunyai arti yang berbeda, terutama untuk kaum milenial dan generasi Z. Istilah kekinian ini sering digambarkan sebagai gambaran perwakilan seseorang yang bingung melakukan aktivitas apa dan tidak melakukan apa-apa. Aktivitas ini secara umum digunakan apabila seseorang bingung ketika menggambarkan perasaan yang tidak jelas atau bingung untuk melakukan apa pun karena pada hari itu tidak ada satupun kewajiban atau perintah untuk melakukan sesuatu. 

Seringkali, istilah ini juga dikonotasikan sebagai hal yang berbau negatif. Alasannya adalah seringkali, orang yang merasa bosan dan jenuh akan mendapatkan pandangan dari orang lain sebagai sosok yang tidak berguna dan merepotkan. Istilah ini juga bisa diartikan sebagai seseorang yang suka bermalas-malasan dan tidak mau bekerja, padahal memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan. 

Bisa juga diartikan sebagai seseorang yang cepat bosan dan tidak mempunyai aktivitas yang lainnya selain bermalas-malasan dan tidak melakukan hal yang penting. Maka dari itu, gambaran seseorang yang sedang bosan ini tidak boleh terlalu sering dilakukan atau menjadi sebuah kebiasaan. Usahakan untuk selalu menemukan motivasi untuk melakukan sesuatu atau mencari suatu kegiatan yang memiliki manfaat dan bersifat positif.

Dampak buruk dari gabut

gabut adalah
Unsplash

Telah diketahui bahwa gabut adalah bahasa gaul yang berarti gambaran dari rasa bosan. Merasa jenuh dan bosan adalah hal yang manusiawi dan wajar. Akan tetapi, jika terus-terusan terjadi, maka bisa menimbulkan beberapa dampak negatif yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh serta mental. Beberapa dampak negatif yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Untuk jangka panjang, seseorang yang sering merasa bosan bisa membuatnya selalu kesepian. Alasannya adalah karena ketika bosan, kita tidak akan dapat berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Itulah yang membuat rasa bosan akan terus muncul. 
  • Masih dalam lingkup jangka panjang, gabut bisa membuat seseorang merasa malas untuk bisa melakukan suatu kegiatan. Tidak ada minat dan niat untuk melakukan tanggung jawab yang harus dipenuhi tersebut.
  • Selanjutnya adalah bisa membuat seseorang cenderung merasa rendah diri untuk jangka panjang karena tidak terdapat suatu hal penting yang ia lakukan. Dia merasa bahwa dirinya sendiri adalah seorang yang tidak berguna dan membuat pandangan terhadap dirinya sendiri menjadi lebih rendah.
  • Untuk jangka panjang, hal ini bisa membuat seseorang mengalami stres secara berlebihan. Jika seseorang tidak memiliki kegiatan yang bisa dilakukan, maka ia akan mulai untuk berpikir aktivitas apa yang sebaiknya dilakukan. Hal itu akan berulang secara terus menerus dan jika tidak menemukan jawaban, maka bisa memicu timbulnya stres.
  • Terakhir, hal ini bisa membuat seseorang merasa depresi. Apabila seseorang terus menerus merasa stres, maka lama kelamaan bisa menjadi depresi karena ia merasa bahwa dirinya tidak berguna baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Tips untuk menghindari gabut

gabut adalah
Unsplash

Umumnya, seseorang yang dilanda rasa gabut artinya akan merasa bosan dan ujung-ujungnya suasana hati menurun. Masih banyak orang yang bingung harus melakukan hal apa ketika merasa bosan dan jenuh. Jika merasa bingung harus melakukan aktivitas apa, maka rasa bosan tersebut akan semakin menjadi-jadi. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Sedulur lakukan sehari-hari supaya bisa mengatasi waktu luang atau ketika tidak tahu harus melakukan apa.

BACA JUGA: Arti Spill dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosial Media

1. Ikuti seminar yang menarik dan edukatif

gabut adalah
Unsplash

Jangan berpikir bahwa semua seminar itu membosankan. Saat ini, Sedulur bisa dengan mudah menemukan dan mengikuti seminar ataupun workshop yang asyik dan sesuai dengan keinginan. Tidak usah ditanyakan lagi, ada berbagai macam manfaat yang bisa ditemukan dalam mengikuti sebuah workshop atau seminar. Contohnya adalah mendapatkan teman baru, ilmu baru, serta pengalaman baru pula. Ilmu baru tersebut tentu saja bisa kita cantumkan dalam CV supaya lebih menarik dan dilirik oleh perusahaan. Lumayan kan?

2. Membaca buku

gabut adalah
Unsplash

Gabut artinya bosan dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan membaca buku. Membaca buku bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk merilekskan pikiran dan bisa membantu untuk melupakan tekanan sejenak. Membaca buku tidak harus yang memiliki cerita atau konflik berat. Sedulur juga bisa memilih buku ringan seperti komik yang bisa disesuaikan dengan diri sendiri. Pilih posisi yang paling nyaman supaya membaca menjadi lebih fokus. Jika persediaan buku sudah habis, Sedulur bisa meminjamnya kepada kerabat atau teman atau pergi ke perpustakaan.

3. Membersihkan rumah

gabut adalah
Unsplash

Ketika sedang dilanda gabut, artinya adalah merupakan waktu yang tepat untuk mengecek kebersihan rumah. Hal ini bisa dimulai dengan membereskan kamar terlebih dahulu. Bereskan beberapa hal yang bisa dibereskan terlebih dahulu seperti menata rak buku, kasur, meja rias, dan sebagainya. 

Jika Sedulur sudah selesai menata kamar, maka bisa dilanjutkan dengan membereskan ruangan yang lainnya. Misalnya adalah rak buku, kasur, meja rias, dan lain sebagainya. Jika sudah selesai dengan urusan kamar, maka bisa dilanjutkan dengan membersihkan kamar mandi. 

Menjaga kebersihan adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan karena dengan menjaganya, maka secara tidak langsung bisa melindungi diri dari berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, membersihkan rumah merupakan hal yang tepat ketika sedang bosan. Selain membuat rumah atau ruangan menjadi bersih, tubuh menjadi lebih sehat.

BACA JUGA: Arti Plot Twist Dalam Suatu Cerita Beserta Cara Membuatnya

4. Mendengarkan musik favorit

Unsplash

Gabut adalah istilah yang menggambarkan perasaan bosan dan jenuh. Mendengarkan musik favorit bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Dengan mendengarkannya, maka Sedulur akan memiliki semangat kembali untuk melakukan aktivitas rutin dalam keseharian. Dengan memutar musik kesukaanmu, perasaan atau suasana hati akan dibangkitkan kembali dan tidak terjebak dalam rasa malas yang berkepanjangan.

5. Tidur

Unsplash

Tidur merupakan suatu kegiatan yang paling digemari oleh kebanyakan orang ketika sedang gabut. Ketika seseorang sedang dilanda rasa bosan, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan pergi ke kamar dan memejamkan mata. Manfaatkan waktu untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika berkualitas, maka hal itu baik untuk kesehatan.

Kebiasaan begadang atau kurang tidur dapat membuat tubuh menjadi sulit untuk berkonsentrasi dan merasa cepat lelah. Jika merasa bosan, jangan lupa untuk tidur supaya bisa menghindari berbagai penyakit. Mencukupi waktu tidur merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Ada beberapa manfaat tidur yang dapat langsung dirasakan, di antaranya adalah tubuh akan menjadi terasa lebih berenergi dan fit ketika esok tiba. Tak sampai di situ saja, tidur juga baik untuk menjaga fungsi otak. Tentunya, hal ini bisa membantu seseorang untuk menjadi lebih fokus, produktif, serta konsentrasi dalam menjalani pekerjaan sehari-hari. 

Hal ini didukung dengan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa orang yang kurang tidur bisa menjadi lebih sulit ketika melakukan aktivitas secara mandiri. Seseorang juga jadi membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk menyelesaikan tugas jika dibandingkan dengan yang cukup tidur.

Manfaat yang lainnya adalah memudahkan seseorang dalam mengingat hal-hal secara detail. Tanpa adanya tidur atau istirahat yang cukup, maka akan sulit fokus dalam menerima informasi baru. Selain itu, otak pun juga tidak mempunyai cukup waktu untuk mengingat sesuatu dengan baik. Alasannya, tidur yang berkualitas sangat penting untuk otak dalam memproses memori. Sehingga, nantinya bisa lebih mudah untuk mengingat berbagai macam hal.

6. Merawat peliharaan

Unsplash

Banyak pertanyaan yang timbul dari diri sendiri ketika sedang bosan, seperti “aku gabut harus ngapain ya?” Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan merawat peliharaan. Sebelum memutuskan untuk merawatnya, jangan lupa untuk juga merawat diri sendiri terlebih dahulu.

Ketika sedang dilanda gabut, maka Sedulur bisa merawat hewan. Mulailah dengan membersihkan kandang dan lanjut dengan memandikannya. Setelah bersih, maka jangan lupa untuk mengajaknya bermain, memanjakannya, atau mengajaknya jalan-jalan.

Dengan melakukan aktivitas bersama hewan peliharaan seperti merawat atau mengajaknya bermain minimal setengah jam, maka tubuh akan melepaskan hormon kebahagiaan dalam otak. Pada akhirnya, kondisi tersebut akan membantu seseorang untuk memperbaiki suasana hati. 

Bermain bersama hewan peliharaan juga bisa dijadikan sebagai terapi yang sangat baik untuk menjaga suasana hati supaya tetap stabil dan menghindari perubahannya secara tiba-tiba. Memilikinya juga bisa menghindarkan diri dari rasa kesepian yang bisa menurunkan suasana hati.

BACA JUGA: Arti Cepu yang Biasanya Kita Temui di Media Sosial

7. Pergi ke tempat makan terdekat

Unsplash

Jika Sedulur sedang gabut namun malas untuk memasak sendiri atau bosan berada di rumah, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan pergi ke restoran atau kafe terdekat. Pergi bersama teman atau sendirian tidak menjadi masalah. Di sana, Sedulur bisa menenangkan pikiran dengan secangkir kopi atau teh ditemani dengan aneka jajan yang bisa meningkatkan suasana. Jangan takut untuk mengeluarkan uang berlebih karena Sedulur bisa berhemat dengan mengunjungi berbagai restoran dan kafe yang murah.

8. Mencoba resep masakan baru

Unsplash

Cara mengatasi dan mencegah orang gabut adalah dengan mencoba resep masakan yang baru. Apalagi jika Sedulur sedang dalam keadaan lapar, maka bisa memanfaatkan waktu luang dengan bereksperimen. Cobalah untuk memasak menu yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Ambil peralatan dan perlengkapan memasak dan coba tuangkan ide kreatif yang Sedulur miliki. Tidak menjadi masalah jika hasil dari masakan tersebut enak atau tidak. Yang terpenting adalah dengan membebaskan otak dalam hal berkreasi. Dijamin, Sedulur akan menjadi lebih baik lagi untuk melakukan aktivitas berikutnya.

Kreasi baru yang bisa didapatkan bisa dari berbagai sudut pandang. Misalnya adalah dalam mencampur bumbu masakan, memilih bahan, serta teknik pengolahannya. Setelah itu, daya kreativitas akan menjadi lebih meningkat dan akan menular pada bidang keterampilan yang lainnya. 

9. Mengasah kemampuan menulis

Unsplash

Ketika sedang dilanda rasa gabut, maka cobalah untuk melakukan pemanasan jari dan mulai menulis. Tak harus bertemakan curhatan keseharian, Sedulur bisa melihat isu atau permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan di sekitar dan menuangkan opini tersebut dalam bentuk tulisan. Sedulur juga bisa membuat blog pribadi dan mempublikasikan tulisan yang telah dibuat di sana.

Nah, itu dia arti gabut beserta beberapa tips untuk menghindari rasa bosan. Pastinya, setiap orang pernah dilanda rasa bosan dan hal tersebut merupakan wajar. Untuk menghindari dan mengatasi rasa bosan, ada baiknya untuk melakukan hal-hal yang positif seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga membantu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!