cepu artinya

Bagi Sedulur yang aktif di media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cepu. Istilah ini sering disisipkan warganet dalam suatu percakapan. Cepu artinya menggambarkan orang atau tindakan suka membocorkan informasi rahasia yang seharusnya tidak disebarkan. Istilah ini meluas penggunaannya sebagai bahasa gaul.

Hingga saat ini, penggunaan kata cepu kerap dipakai di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Bagi yang belum paham mengenai arti kata cepu, tenang saja, Sedulur bakal tahu soal arti dan asal kata cepu di artikel ini. Yuk, langsung simak pembahasannya!

BACA JUGA: Arti AFK adalah? Kepanjangan & Penjelasannya

Apa itu cepu?

cepu artinya
Freepik

Cepu artinya bahasa gaul untuk menyebut orang yang menyebarkan informasi bersifat rahasia kepada orang lain. Bisa dibilang, orang cepu adalah “tukang mengadu” ke orang lain. Kata ini akrab dalam kehidupan anak muda dan menjadi istilah lazim yang digunakan dalam sebuah obrolan.

-->

Dari istilah cepu ini, muncullah kata lain yaitu dicepuin. Dicepuin adalah si korban yang informasinya telah disebarkan. Dari artian ini, bisa disimpulkan bahwa cepu adalah perbuatan negatif. Pasalnya, privasi yang seharusnya tidak dibagikan ke orang lain menjadi bocor dan merugikan si korban.

Dalam pertemanan, perilaku cepu dianggap menusuk dari belakang atau “teman dalam selimut”. Kalau perilaku ini dilakukan, dampaknya bisa sampai merusak pertemanan. Bahaya banget, ya!

Cepu artinya dalam KBBI

Freepik

Dalam KBBI, cepu memiliki dua pengertian. Pengertian pertama, cepu bermakna cembul, benda yang terbuat dari kayu, perak, dan sebagainya. Kedua, cepu artinya informan polisi. Artian kedua ini yang menjadi asal kata cepu bahasa gaul yang banyak dikenal orang.

Informan polisi adalah orang yang biasanya bertugas membocorkan informasi penting untuk kepentingan kepolisian, misalnya menelusuri peredaran narkoba. Namun seiring perkembangannya, khususnya di media sosial, cepu memiliki arti “tukang mengadu”. Dapat juga berarti gemar membocorkan rahasia orang lain.

BACA JUGA: Arti Kata Gocap, Goceng, Cepek, Seceng, Noceng, Jangan Salah!

Contoh penggunaan dalam percakapan

Freepik

Istilah cepu sempat heboh di media sosial beberapa waktu lalu. Hal ini karena beberapa selebritas, salah satunya Prilly Latuconsina, yang membagikan curhatannya secara close friends di akun Instagram. Curhatan yang sebenarnya bersifat khusus dan cukup privat tersebut ternyata disebarkan oleh salah satu teman close friends Instagramnya ke publik. Akhirnya, warganet menilai bahwa teman yang menyebarkan hal tersebut adalah cepu.

Contoh perilaku cepu dapat pula dijumpai dalam obrolan sehari-hari. Berikut salah satu contoh penggunaannya.

A: “Teman kita nyontek waktu ujian. Jangan cepu-in ke orang lain, ya.”
B: “Tenang aja, bakal aku simpan rahasia ini.”
A: “Tahu enggak? Teman kelasku banyak yang nyontek waktu ujian, parah banget!”
C: “Yuk, laporin ke guru.”

Istilah bahasa gaul lainnya selain cepu

cepu artinya
Freepik

Selain cepu, ada pula istilah bahasa gaul lainnya yang biasa digunakan di media sosial. Berikut beberapa istilah bahasa gaul yang populer di kalangan anak muda.

  • ASAP, merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu “as soon as possible”. Jika diterjemahkan berarti “sesegera mungkin” atau “secepat mungkin”.
  • Mager, merupakan singkatan dari “malas gerak”. Biasa digunakan saat orang malas melakukan sesuatu, tidak tertarik, atau tidak semangat melakukan suatu hal. Istilah bahasa gaul ini identik dengan bermalas-malasan.
  • FYI, merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu “for your information”. Digunakan untuk memberi tahu informasi kepada orang lain.
  • Bengek, sebenarnya kata ini berarti penyakit sesak napas. Hanya saja, dalam bahasa gaul, bengek diartikan sebagai kondisi di mana seseorang sedang tertawa lepas. Istilah ini dapat digunakan untuk merespon lawakan yang dianggap sangat lucu, baik dalam bentuk meme atau video.

Itulah pembahasan mengenai kata cepu dan bahasa gaul lainnya. Sekarang, Sedulur makin paham cepu artinya apa. Jadi, bila ada warganet yang menggunakan istilah ini di media sosial, Sedulur tidak akan bingung lagi. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!