Plot twist adalah kata yang tentu tak asing di telinga. Terutama buat kamu yang gemar nonton film, serial, dan baca buku. Secara umum, ia adalah bagian cerita yang memutar balik keadaan atau mengejutkan penikmat cerita. Efek kejut itulah yang membuatnya jadi primadona di berbagai karya seni yang memiliki alur.

Bagaimana sih cara membuat plot twist yang keren dan bisa membuat karyamu bernilai lebih? Simak berbagai tips membuatnya di bawah ini. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

Definisi 

plot twist adalah
Pexels

Secara harfiah, plot adalah alur cerita yang terdiri dari perkenalan, konflik, kemudian diakhiri dengan penyelesaian atau resolusi. Sementara, twist dalam bahasa Indonesia bisa diartikan perputaran atau perubahan arah. Jika disatukan plot twist dapat didefinisikan sebagai perubahan arah sebuah alur cerita. Ia bisa berupa skenario yang tidak diduga-duga, tetapi terjadi dalam film. Tentunya perlu pengemasan yang rapi agar perubahan arah plot tersebut masuk akal dan mengena di benak penonton atau penikmat karya.

-->

Jenis-jenis plot twist

plot twist adalah
Pexels

Melansir Masterclass, ada beberapa jenis plot twist yang sering dipakai kreator saat membuat karya. Mereka antara lain. 

  • Protagonis berubah menjadi antagonis atau sebaliknya. 
  • Konflik utama terselesaikan, tetapi ternyata ada konflik baru yang muncul di akhir cerita. 
  • Narator film yang tidak bisa dipercaya, tetapi baru ketahuan di tengah atau akhir cerita. 
  • Flashback yang hanya diketahui penonton, tetapi tidak diketahui tokoh utama cerita. 
  • Penggunaan red herring dalam cerita, yaitu kecenderungan kreator untuk terus membuat penonton menebak-nebak. 
  • Kemunculan tokoh baru di tengah cerita.  

Ada pula perubahan arah plot ganda. Double plot twist adalah keberadaan twist lain yang menumpuk twist sebelumnya. Misalnya twist pertama sudah terbongkar atau terungkap di tengah film, kemudian ada lagi twist baru yang muncul di akhir atau menjelang akhir. 

BACA JUGA: Arti Kiyowo dalam Bahasa Gaul Korea yang Sering Kita Temui

Contoh plot twist dalam budaya pop 

Instagram @antecheng

 

Plot twist terbaik dalam budaya pop bisa Sedulur daftar sendiri dari film dan buku yang pernah kamu nikmati. Namun, ini beberapa contoh yang mungkin bisa jadi inspirasi buatmu. 

  • Film Get Out (2017) karya Jordan Peele mengisahkan seorang pemuda kulit hitam bernama Chris yang menjalin hubungan dengan perempuan kulit putih seusianya. Hubungan mereka makin serius dan Chris pun diundang ke sebuah pesta di rumah keluarga sang kekasih. Namun, keanehan makin menjadi dan baru menuju pertengahan film penonton bersama Chris baru tahu bahwa keluarga sang kekasih memiliki niat jahat padanya. Bukan itu saja, Chris bukan korban pertama.
  • Film Parasite (2019) garapan Bong Joon Ho juga mengandung plot twist yang mencengangkan. Awalnya rencana mereka meraup untung dengan menjadi pegawai di keluarga kaya berhasil sampai di tengah film, baru mereka tahu bahwa mantan asisten rumah tangga di rumah itu menyimpan rahasia yang membuat situasi makin kacau. Ditambah character development sang ayah yang awalnya sabar, tiba-tiba tak tahan lagi mendengar dirinya terus dihina sang majikan hingga akhirnya melakukan aksi fatal. 
  • Novel Pachinko yang ditulis Min Jin Lee mengandung plot twist yaitu pada bagian di mana dua tokoh utamanya dipertemukan kembali. Saat itu dikisahkan Sunja, sang lakon sudah hidup bahagia dengan ipar dan dua putranya sepeninggal sang suami. Namun, baru ia tahu bahwa selama ini mantan kekasihnya di masa lalu yang membantunya mendapat pekerjaan layak di Jepang. Sesuatu yang susah didapat para imigran Korea di Jepang pada masa okupasi.

Sedulur bisa menambahkan berbagai jenis perubahan alur lain yang menurutmu paling mengena dalam daftar di atas. Tentu setiap orang punya versinya masing-masing, bukan? 

Kenapa penting? 

Instagram @readingbooks.withchey

Plot twist dalam film adalah salah satu daya tarik. Bahkan ia jadi salah satu yang akan dibicarakan orang sampai selesai nonton atau membaca sebuah karya. Singkatnya, twist adalah hal paling membekas yang membuat orang tak mau berpindah dari layar kaca dan terus nonton hingga tamat, bahkan mungkin menanti kelanjutan karyamu. Plot twist juga sering dijadikan cara oleh sutradara untuk mengindikasikan kemungkinan pembuatan sekuel film atau musim baru dari serial garapan mereka. 

BACA JUGA: 30 Rekomendasi TV Series Terbaik yang Wajib untuk Ditonton

Tips menulis twist yang keren 

plot twist adalah
Pexels

Berikut beberapa tips membuat plot twist yang menawan dan menyakinkan.

  • Membunuh tokoh atau karakter yang sekiranya punya kontribusi dan peran penting dalam alur cerita.
  • Kemas dalam alur yang rapi. Tidak harus mengejutkan atau tiba-tiba. Misalnya Sedulur akan  mencoba mengubah karakter protagonis menjadi sosok yang jahat di film atau novel garapanmu, maka akan lebih realistis bila dilakukan dengan perlahan, tapi pasti. 
  • Jadikan karakter minor menjadi sosok yang ternyata punya peran penting dalam cerita. Tidak harus banyak, bisa satu kontribusi kecil tapi berpengaruh ke seluruh jalan cerita. 
  • Letakkan di bagian akhir untuk membuatnya lebih dramatis dan memorable bagi penonton. Sebenarnya tidak harus di akhir cerita, tetapi setelah kamu sudah memperkenalkan set up cerita dan plot mulai tampak. Menaruhnya terlalu awal tidak disarankan.
  • Pastikan plot twist masuk akal, relevan dengan cerita dan tidak terkesan memaksa. 

Menulis twist dalam naskah cerita bukan perkara mudah. Namun, dengan latihan dan upaya yang terus menerus bukan tidak mungkin Sedulur bisa menguasai keterampilan ini. Percobaan pertama mungkin kurang menyakinkan, siapa tahu berhasil di percobaan berikutnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!