Apakah Sedulur ada yang tahu apa saja fakta unik Singapura? Singapura merupakan sebuah negara pulau kecil yang berbentuk republik di ujung Semenanjug Malaysia. Negara tersebut lepas dari kolonialisme Inggris pada 3 Juni 1959, kemudian menjadi negara independen terpisah dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Walaupun Singapura merupakan negara kecil dengan total luas area 733 km2 dan penduduk sebanyak 5,453,600 orang, tetapi keberadaan negara tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata. 

Singapura merupakan salah satu negara termaju di wilayah Asia, terutama Asia Tenggara. Berbagai prestasi telah dicetak oleh negara tersebut, mulai dari aspek politik, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tidak heran bahwa terdapat beberapa fakta unik yang harus Sedulur ketahui tentang negara Singapura. Penasaran dengan apa saja fakta unik Singapura? Simak informasi kesepuluh faktanya dalam pembahasan berikut ini!

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Instagramable!

-->

1. Arti di balik bendera nasional Singapura

fakta unik singapura
Unsplash

Fakta unik Singapura yang pertama adalah berkaitan dengan bendera nasional negara tersebut. Warna merah dan putih menjadi warna dasar dari bendera tersebut. Terdapat juga hiasan lambang bulan sabit dan bintang di kiri atasnya.

Ternyata, warna merah dalam bendera Singapura melangkang persaudaraan dan kesetaraan manusia. Warna putih melambangkan kemurnian dan kebajikan abadi. Sedangkan untuk bulan sabit, ia merujuk kepada sebuah negara yang sedang berkembang. Bintang-bintang yang ada di dalam bendera tersebut melambangkan demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, dan kesetaraan.

2. Tidak hanya terdiri dari satu pulai, namun ada 64 pulau di wilayah Singapura

fakta unik singapura
Hotels.com

Mungkin sebagian orang mengira bahwa Singapura adalah negara dengan hanya 1 pulau yang dihuni. Tetapi, ternyata ada setidaknya 64 pulau dalam wilayah kedaulatan tersebut. Salah satunya adalah Pulau Sentosa, dimana ia menjadi destinasi pariwisata andalan Singapura. Terdapat juga pulau-pulau lain seperti Pulau Ubin, Pulau St. John, dan juga Pulau Sisters.

BACA JUGA: Daftar Harga Listrik per KWH Terbaru untuk Non-Subsidi

3. Singlish, logat bahasa Inggris khas Singapura

fakta unik singapura
The Hindu

Singlish, logat bahasa Inggris khas Singapura, menjadi fakta unik negara kecil tersebut yang akan kita bahas. Bahasa Melayu adalah bahasa nasional Singapura (selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Tamil). Akan tetapi, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling lazim digunakan masyarakatnya untuk beraktivitas sehari-hari.

Uniknya, bahasa Inggris di Singapura memiliki logat dialeknya sendiri. Ia sering dikenal sebagai Singaporean English (disingkat Singlish). Dialek tersebut merupakan dialek bahasa Inggris yang dipengaruhi oleh kebudayaan setempat. Jadi, jangan heran ketika Sedulur berkunjung ke negara tersebut tetapi agak kesulitan untuk memahami bahasa Inggris warga setempat, ya!  

4. Membeli mobil di Singapura harus memiliki sertifikat kepemilikan khusus

fakta unik singapura
The Guardian

Tahukah Sedulur bahwa untuk memiliki satu unit mobil di Singapura, warga setempat setidaknya harus rela merogoh kocek lima sampai tujuh kali lipat biaya yang dikeluarkan warga Jakarta untuk membeli satu mobil?

Ya, fakta unik Singapura tersebut benar adanya. Pemerintah Singapura sejak dahulu telah mengatur kepemilikan mobil dengan aturan khusus. Setiap orang yang hendak membeli mobil diharuskan membuat COE atau Certificate of Entitlement. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan COE tersebut bervariasi, mulai dari $68,000 untuk mobil di bawah 1600cc dan $95,800 untuk mobil di atas 1600cc. Itu juga belum termasuk biaya pendaftaran, pajak jalan, dan juga asuransi mobil yang wajib dimiliki.

Fenomena ini terjadi karena berbagai faktor, mulai dari wilayah Singapura yang sempit, mahalnya harga bahan bakar, serta regulasi kota untuk menjaga Singapura agar tetap menjadi negara dengan emisi rendah.

BACA JUGA: Ini Provider Internet Terbaik yang Bisa Kamu Pasang di Rumah!  

5. Lagu kebangsaan Singapura diciptakan oleh musisi berdarah Minang

fakta unik singapura
VOI

Tahukah Sedulur salah satu fakta unik Singapura adalah lagu kebangsaan Singapura ditulis oleh orang Bukittinggi? Zubir Said, sang pencipta, merupakan kelahiran 22 Juli 1907 di Fort De Kock, Dutch East Indies. Saat ini, wilayah Fort De Kock dikenal dengan nama Bukittinggi, Sumatra Barat. 

6. Fakta unik Singapura, banyak air terjun buatan manusia

Highsnobiety

Harus diakui bahwa Singapura tidak banyak memiliki wisata alam seperti air terjun. Maka dari itu, solusinya adalah membuat destinasi wisata dengan unsur-unsur alam yang natural. Contohnya air terjun di Jurong Bird Park, Cloud Forest di Gardens by the Bay, atau HSBC Rain Vortex di Jewel Changi Airport.

BACA JUGA: 30 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk WA Group

7. Fakta unik Singapura, negara dengan IQ tertinggi di dunia

SmileTutor

Fakta unik Singapura yang satu ini memang patut diacungi dua jempol, pasalnya negara tersebut digadang-gadang menjadi negara dengan rata-rata IQ penduduk tertinggi di dunia. Rata-rata IQ penduduk Singapura berada pada angka 108. Hasil tersebut sama dengan rerata yang diperoleh penduduk Hong Kong.

8. Tidak boleh mengunyah permen karet di Singapura, benarkah?

Culture Trip

Ya, peraturan tersebut benar. Sejak tahun 1992, mengunyah permen karet adalah tindakan ilegal. Namun, pada tahun 2004 peraturan tersebut diperbaharui dengan pengecualian terhadap permen karet untuk terapi, kesehatan gigi, atau pengganti nikotin pada rokok yang telah mendapatkan resep khusus dari tenaga kesehatan.

BACA JUGA: Serealia: Pengertian, Manfaat, Kandungan, Jenis & Contohnya

9. Singapore Changi Airport, salah satu bandara terbaik di dunia

Airport Industry-News

Salah satu fakta unik Singapura yang sering menjadi perbincangan banyak orang adalah bandara Singapore Changi Airport. Banda tersebut ternyata masuk ke daftar 10 bandara terbaik di dunia, loh Sedulur!  

10. Fakta unik Singapura merupakan importir pasir terbesar ke-11 di dunia, mengapa?

The New York Times

Salah satu dari 5 fakta menarik tentang negara Singapura yang jarang diketahui adalah bahwa Singapura sering mengimpor pasir dari luar negeri. Tujuan utamanya adalah untuk memperluas wilayah daratan negara pulau tersebut. Jangan khawatir, perluasan wilayah tetap Singapura lakukan dalam wilayah air di kedaulatannya, kok!

Demikian pembahasan mengenai 10 fakta unik Singapura yang harus Sedulur ketahui. Fakta-fakta di atas mencakup arti di balik bendera nasional Singapura, pulau-pulau yang membentuk negara tersebut, logat Singlish yang digunakan, air terjun buatan manusia, dan juga fakta bahwa negara Singapura merupakan salah satu importir pasir terbesar dunia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur serta menambah pengetahuan dan wawasan umum, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.